qris
01 Oct 2023

Penggunaan Pembayaran QRIS di Toko Kelontong

Penggunaan sistem pembayaran digital seperti QRIS Gopay saat ini semakin berkembang dan meluas. Tidak hanya toko retail dan pusat perbelanjaan modern, toko kelontong yang ada di sekitar rumah atau komplek pun sudah banyak yang menggunakan sistem pembayaran QRIS. Transaksi cashless ini menguntung semua pihak, baik pembeli maupun pemilik toko.

Pembayaran Gopay yang fleksibel turut mempermudah transaksi karena sekarang juga tersedia dalam bentuk QRIS. Menurut Spesialis Keamanan Teknologi Vaksincom, Alfons Tanujaya, QRIS memang membuat transaksi menjadi lebih efisien.karena itu tepat sekali jika saat ini penggunaannya semakin meluas.

Keuntungan Menerima Pembayaran dengan QRIS bagi Toko Kelontong

Toko kelontong yang maju dalam satu hari bisa melayani banyak transaksi. Sistem pembayaran konvensional dengan menggunakan uang cash yang sebelumnya dilayani oleh toko kelontong membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Karena itu, sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada konsumen banyak yang menerima pembayaran dengan QRIS.

Perkembangan QRIS yang cukup pesat dimana semakin banyak orang yang paham dan tertarik untuk menggunakannya merupakan peluang bagi toko kelontong. Selain itu, menyediakan sistem pembayaran melalui QRIS, konsumen akan mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan terpercaya. Keuntungan penggunaan QRIS di toko kelontong adalah:

1. Menghindari peredaran uang palsu

Meski sudah menggunakan detector, ternyata tidak bisa menghindari penyebaran uang palsu. Toko kelontong yang menerima uang palsu tentu akan dirugikan. Sebab itu untuk meminimalkan resiko tersebut perlu menggunakan teknologi dalam pembayaran, salah satunya dengan menggunakan QRIS, termasuk QRIS Gopay.

Meski penggunaanya sudah meluas, namun masih banyak pertanyaan, apakah Gopay bisa pakai QRIS? Ya, kini kamu bisa bertransaksi dengan menggunakan QRIS, bahkan sudah banyak toko kelontong yang menerima pembayaran dengan transaksi digital tersebut.

2. Mempermudah pencatatan transaksi

Pengelola toko perlu membuat catatan yang rinci mengenai semua transaksi sehingga mengetahui perkembangan bisnis yang dijalankan tersebut. Sebelumnya, banyak pemilik toko kelontong yang mencatat semua transaksi secara manual dengan buku tulis atau menggunakan excel biasa yang cukup merepotkan.

Namun jika menggunakan QRIS, untuk mengetahui semua transaksi sangat mudah, bahkan pemilik toko tidak perlu membuat catatan manual karena semua sudah langsung terekam oleh sistem. Kelebihan lainnya, pemilik toko juga tidak perlu membuat bukti pembayaran karena sistem akan langsung menyediakan bukti transaksi, jadi praktis, mudah dan cepat.

3. Pembayaran lebih cepat dan mudah

Lamanya pelayanan di toko kelontong bisa membuat pembeli malas untuk berbelanja kembali. Transaksi yang lama bisa terjadi karena konsumen membayar dengan uang cash sehingga kasir harus menghitung uang yang diterima kemudian menyiapkan uang kembali jika sisa.

Transaksi ini cukup merepotkan pemilik toko, karyawan maupun konsumen. Konsumen perlu menunggu lama untuk proses transaksi tersebut. Sedangkan karyawan juga mempunyai banyak tugas yang kurang efisien. Ini juga menyebabkan pemilik toko kelontong perlu lebih banyak karyawan untuk melayani konsumen.

Berbeda jika menggunakan fasilitas cashless dari QRIS, transaksi bisa berjalan mudah dan cepat sehingga tenaga kerja lebih efisien, konsumen pun tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menyelesaikan transaksinya.

4. Transaksi lebih aman

Bertransaksi secara cashless atau tidak menggunakan uang cash lebih aman. Pada saat akan berbelanja konsumen tidak perlu membawa uang dalam jumlah banyak yang berpotensi mengundang pelaku kejahatan. Begitu juga dengan pemilik toko, tidak perlu menyimpan uang dalam jumlah banyak yang bisa mengundang penjahat.

Pemilik toko pada saat berbelanja untuk kebutuhan toko kelontong tidak harus membayar uang dalam jumlah banyak. Bahkan bisa bertransaksi hanya menggunakan smartphone yang mempunyai aplikasi pembayaran cashless seperti dari QRIS Gopay

5. Menekan biaya operasional toko

Meski penggunaannya semakin luas namun masih banyak pertanyaan, QR Gopay ada dimana? Sedangkan saat ini untuk menemukan toko atau merchant yang menerima pembayaran secara digital ini sangat banyak.

Oleh karena itu dengan menggunakan pembayaran secara digital tersebut pemilik toko bisa menghemat biaya operasional. Salah satunya dari tenaga kerja karena tidak perlu banyak orang yang menerima pembayaran, sebab pembayaran dari konsumen sudah diterima dengan sistem.

Pada saat tutup toko juga bisa lebih cepat karena tidak terlalu banyak uang cash yang harus dihitung. Karena setiap transaksi secara otomatis tercatat oleh sistem, meminimalkan kemungkinan selisih cash dan catatan sehingga proses tutup toko lebih cepat.

Karyawan yang bekerja pun tidak perlu lembur hanya untuk menghitung pemasukan toko dan mencocokkan catatan dengan uang cash.

6. Banyak promo menarik

Perusahaan keuangan penyedia jasa QRIS banyak yang memberikan promo menarik bagi penggunanya. Ini tentu sangat menguntungkan konsumen sebab bisa berbelanja dengan aman, mudah, cepat dan berpeluang mendapat promo menarik tersebut.

Oleh karena itu dengan menggunakan promo konsumen bisa berbelanja lebih hemat sehingga dapat membeli banyak keperluan keluarga. Ini secara langsung akan meningkatkan keuntungan dari toko kelontong tersebut.

7. Membantu toko kelontong agar lebih maju

Perkembangan teknologi dan digitalisasi keuangan membantu toko kelontong untuk lebih berkembang. Ketika menerima pembayaran cashless tersebut, toko kelontong semakin maju dan modern.

Berdasarkan perkembangan teknologi yang digunakan, konsumen akan semakin senang berbelanja sehingga meningkatkan volume bisnis yang dijalankan. Dengan demikian juga akan meningkatkan pendapatan toko tersebut.

8. Mudah digunakan

QRIS merupakan teknologi keuangan yang mudah digunakan oleh siapa saja. Dengan sistem digitalisasi ini semua bisa mendapat keuntungan. Karena mudah, siapa saja bisa berbelanja dan membayarnya menggunakan QRIS.

Selama pada akun tersedia saldo yang cukup, pengguna bisa mendapatkan aneka barang dari toko kelontong yang menyediakan pembayaran jenis ini.

9. Meminimalkan penyebaran penyakit

Uang merupakan salah satu media yang bisa menyebarkan kuman penyakit. Jika salah satu karyawan terjangkit kuman yang beredar melalui uang, bisa jatuh sakit dan mengganggu pekerjaannya. Selain itu, karyawan yang sakit juga bisa menularkan penyakitnya pada rekan kerja dan konsumen.

Penggunaan sistem pembayaran digital dengan QRIS merupakan pilihan yang tepat.  Pemilik toko akan semakin mudah mengembangka usahanya dan mendapatkan banyak keuntungan karena pembayaran dengan QRIS aman, mudah, cepat dan praktis.

Isi Saldo QRIS dengan Bank Digital yang Aman dan Terpercaya

Penggunaan QRIS yang terus meluas, termasuk QRIS Gopay menuntut kamu untuk juga menggunakannya sehingga bisa bertransaksi dengan aman, mudah dan cepat, tak terkecuali toko kelontong.

Namun pada saat pengisian saldo, kamu harus memilih penyedia fasilitas top up yang terpercaya, seperti digibank by DBS. Pasalnya, pada Aplikasi digibank by DBS menyediakan fitur khusus untuk proses top up pembayaran Gopay, yaitu melalui digibank QRIS.

Kenapa digibank QRIS? Ada beberapa keunggulan yang dimilikinya, antara lain:

  • Kamu bisa bayar sat set pakai digibank QRIS.

  • Limit untuk bertransaksi besar, mencapai 10 juta/transaksi/hari.

  • Kamu pun bisa menikmati promo menarik di merchant pilihan.

Dengan semakin banyaknya toko kelontong yang menerima pembayaran menggunakan QRIS Gopay memudahkan siapa saja untuk berbelanja. Apalagi untuk melakukan top up Gopay dengan digibank by DBS sangat mudah, aman dan cepat. Cek di sini untuk mendapat info lebih lanjut.