Usaha Kuliner
05 May 2023

Panduan Cepat Buka Cabang Usaha Kuliner dengan KTA

KTA dari bank saat ini bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan usaha. Termasuk untuk membuka cabang usaha baru bagi kamu yang menggeluti dunia usaha kuliner dan ingin merangkul lebih banyak konsumen.

Tentunya dibutuhkan strategi yang tepat agar pembukaan cabang usaha baru ini bisa berjalan lancar sesuai harapan. Kamu juga harus tahu seperti apa cara yang efektif untuk mengelola cabang tersebut agar bisa berkembang dengan baik.

5 Langkah Membuka Cabang Usaha Pakai KTA

Bagi seorang pebisnis, pembukaan cabang usaha baru tentu menjadi sebuah pencapaian yang memuaskan. Kamu bisa menerapkan 5 langkah ini jika ingin membuka cabang usaha dengan lancar:

●     Pastikan Bisnis Sudah Berjalan Stabil

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuka cabang bisnis adalah memastikan bahwa bisnis utamamu sudah berjalan stabil. Jika belum stabil, maka akan sulit untuk membuka cabang baru.

Di sini kamu tentu harus melakukan banyak evaluasi dan menganalisis apakah memang bisnismu sudah cukup stabil atau belum. Kamu bisa melihat laporan keuangan bisnis untuk mendapatkan jawabannya.

Tentu ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar bisnismu bisa mulai membuka cabang baru. Ini dilakukan supaya kamu benar-benar siap dan tidak kewalahan mengurusi cabang bisnismu nantinya.

Kamu juga bisa melakukan evaluasi pendapatan dan minat pasar terhadap bisnis utama yang kamu kelola. Dari sini kamu bisa tahu apakah nantinya cabang bisnismu bisa mendapatkan minat yang besar dari masyarakat atau tidak.

Pertimbangan-pertimbangan semacam ini sangat penting untuk dilakukan supaya pembukaan cabang tidak berakhir sia-sia. Jangan sampai kamu tidak membuat perhitungan dan asal membuka cabang padahal bisa berpotensi rugi.

●     Persiapkan Modal Pembukaan Cabang

Jika bisnis utama sudah stabil dan kamu memang siap untuk membuka cabang baru maka segera persiapkan modal. Sudah bisa dipastikan bahwa pembukaan cabang bisnis pasti akan membutuhkan modal yang tidak kecil.

Penawaran KTA di bank bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan. Melalui pinjaman ini kamu bisa mendapatkan modal yang memadai untuk membuka cabang usaha baru dengan lebih leluasa.

Jika memang ingin mengajukan pinjaman, maka kamu harus benar-benar mempersiapkan diri. Pastikan memilih pinjaman dari sumber yang tepat dan terpercaya kemudian dipenuhi persyaratannya dengan lengkap.

Jangan lupa, kamu juga harus membuat perhitungan yang matang sehingga tahu berapa modal yang memang harus dipersiapkan. Saat persiapan modalnya bagus, maka akan lebih mudah untuk menyusun strategi dalam membuka cabang baru.

Tentunya besar modal yang kamu butuhkan untuk membuka cabang baru bisa bervariasi. Sebaiknya kamu membuat anggaran yang lebih besar jadi persiapan modalnya tidak akan kurang.

●     Lakukan Riset Pasar untuk Menentukan Lokasi

Dalam proses membuka cabang baru, kamu harus melakukan riset pasar. Sama halnya seperti saat kamu memulai bisnis tersebut. Kamu harus mengenali bagaimana target pasar dan seperti apa tren yang berlaku di pasar saat ini.

Bisnis kuliner itu sendiri adalah jenis bisnis yang perkembangannya terbilang pesat. Jika dilihat-lihat kembali, persaingan bisnis di bidang kuliner begitu ketat. Jadi, kamu harus pandai menilai kondisi pasar.

Riset pasar juga penting untuk dilakukan agar kamu bisa menentukan mana lokasi cabang bisnis yang potensial. Kamu bisa memilih lokasi cabang yang paling sesuai dengan target pasar bisnismu sendiri.

Saat memilih lokasi cabang, kamu bisa mengetahui apakah lokasi tersebut berada di tengah-tengah target pasarmu atau tidak. Kamu juga sudah tahu seperti apa kondisi di sana sehingga bisa menilai sejauh apa potensinya.

Pembukaan cabang bisnis seharusnya dilakukan dengan jarak yang tidak terlalu dekat dari bisnis utama. Itulah mengapa kamu harus melakukan riset pasar agar bisa mengetahui mana pilihan lokasi paling potensial dan menguntungkan.

●     Sediakan Sumber Daya yang Memadai

Selanjutnya cobalah untuk mulai menyediakan sumber daya memadai agar cabang bisnis bisa segera beroperasi. Sumber daya ini bisa terpenuhi dengan baik jika kamu sudah menyediakan modal yang mencukupi.

Kebutuhan sumber daya saat membuka cabang bisnis baru bisa dikatakan cukup banyak. Kamu pasti akan sangat sibuk untuk memenuhi semua kebutuhan sumber daya tersebut.

Mulai dari peralatan bisnis yang pastinya begitu banyak. Kemudian ada juga perabotan untuk interior tempat bisnis lalu yang tidak kalah penting adalah sumber daya manusia alias karyawan.

Dalam hal ini kamu harus benar-benar mempersiapkannya dengan baik. Buatlah daftar untuk mencatat apa saja yang akan kamu butuhkan di cabang bisnis tersebut. Pastikan tidak ada yang terlewat agar operasional berjalan lancar.

Sebenarnya untuk pembukaan cabang hal ini bisa lebih mudah untuk dilakukan. Sebelumnya kamu sudah punya pengalaman membuka bisnis kuliner jadi kamu bisa mengulanginya lagi untuk cabang baru tersebut.

Kecuali jika memang ada beberapa perubahan operasional untuk cabang yang akan kamu buka. Bisa jadi ada peralatan atau kebutuhan lain yang harus dipenuhi di cabang baru.

●     Susun Strategi Marketing untuk Cabang Baru

Setelah persiapan membuka cabang baru selesai dan operasional bisa segera dijalankan, maka kamu butuh strategi marketing yang efektif. Ini menjadi sebuah tantangan yang harus kamu taklukkan dalam dunia bisnis.

Jika kamu ingin bisnismu mendapatkan lebih banyak pelanggan dan angka penjualan meningkat, maka kamu harus melakukan promosi. Promosinya harus benar-benar menarik dan bisa memberikan efek yang optimal bagi bisnismu.

Apakah bisa menerapkan strategi marketing pada bisnis utama ke cabang baru ini? Tentu saja bisa namun kamu perlu sesuatu yang jauh lebih fresh dan bisa meningkatkan rasa ingin tahu masyarakat terutama target konsumenmu.

Buatlah strategi untuk memperkenalkan cabang bisnis ini kepada masyarakat. Gunakan media sosial dan platform digital lain untuk membuat cabang bisnismu populer.

Sebagai awal pembukaan cabang bisnis, kamu bisa memberikan harga promosi. Ini biasanya cara promosi yang efektif dan bisa menarik perhatian publik. Apalagi kalau penawaran harga promonya cukup menarik.

5 Tips Sukses Mengelola Cabang Bisnis

Jika kamu sudah berhasil membuka cabang bisnis baru, lalu apa yang harus dilakukan? Tentu kamu harus mengelolanya dengan sebaik mungkin. Berikut ini 5 tips sukses mengelola cabang bisnis yang dapat kamu lakukan:

●     Tingkatkan Sistem Manajemen Bisnis

Saat memutuskan untuk membuka cabang bisnis, berarti tanggung jawab dalam mengelola bisnis akan semakin besar. Apalagi jika kamu memiliki lebih dari 2 cabang bisnis dan akan terus bertambah ke depannya.

Cobalah untuk meningkatkan sistem manajemen bisnis agar lebih efektif dan mudah untuk dikelola tanpa perlu ribet. Apalagi sekarang kemajuan teknologi semakin pesat dan sebaiknya memang kamu manfaatkan.

Belajarlah dari pelaku bisnis kuliner lain yang sudah memiliki banyak cabang bisnis. Kamu bisa mempelajari sistem manajemen yang mereka jalankan dan menerapkannya pada bisnismu sendiri.

Lakukan evaluasi secara berkala untuk melihat apakah sistem manajemen yang berlaku memang sudah efektif atau belum. Jika dirasa belum efektif apalagi untuk cabang yang jumlahnya banyak maka lakukan pembaruan.

●     Optimalkan Performa Tim yang Bekerja

Penting sekali untuk terus mengoptimalkan performa tim yang bekerja. Apalagi jika bisnismu sudah punya banyak cabang. Semua tim di setiap cabang harus bisa memiliki performa yang stabil.

Dalam hal ini kamu perlu melakukan manajemen SDM yang baik dan benar. Jangan hanya menuntut mereka untuk bekerja dengan baik, namun berikan juga fasilitas yang memadai untuk upgrade diri.

Kamu bisa memberikan pelatihan agar para karyawan bisa bekerja dengan baik. Perbaiki juga sistem rekrutmen sehingga kamu bisa benar-benar memilih tim yang kompeten.

Evaluasi kinerja karyawan juga perlu dilakukan secara berkala. Kamu harus bisa melihat seperti apa cara kerja mereka lalu melakukan perbaikan jika memang performa tim belum efektif.

●     Jaga Konsistensi dalam Promosi

Dalam mengelola sebuah bisnis, apalagi bisnis dengan banyak cabang, promosi sangatlah penting untuk dilakukan. Kamu harus bisa menjaga konsistensi dalam promosi demi merangkul lebih banyak konsumen.

Ada banyak sekali strategi promosi yang bisa kamu terapkan dalam berbisnis. Apalagi sekarang media digital semakin banyak dengan fitur promosi yang menarik, kamu harus memanfaatkannya secara optimal.

Jangan menurunkan semangat promosi hanya karena sudah berhasil menjalankan bisnis secara stabil dan bisa membuka cabang. Justru kamu harus lebih semangat lagi melakukan promosi agar semua cabang bisa berkembang dengan baik.

Jika promosi tidak dilakukan secara konsisten, maka bisnis kuliner yang kamu kelola bisa tenggelam karena kalah dari bisnis-bisnis lainnya. Bentuklah tim marketing yang bekerja secara khusus menyusun strategi promosi tersebut.

●     Terus Lakukan Inovasi Produk dan Layanan

Bisnismu bisa berkembang dengan baik jika kamu terus melakukan inovasi. Bisnis-bisnis yang berhenti di tengah jalan sebagian besar merasa puas dengan pencapaian mereka dan enggan melakukan inovasi.

Saat ini masyarakat cepat merasa bosan apalagi dengan produk kuliner yang perkembangannya begitu pesat. Jika kamu tidak mencoba berinovasi dengan produk dan layananmu, maka pelanggan bisa beralih ke tempat kuliner lain.

Namun penting untuk diketahui bahwa inovasi produk dan layanan membutuhkan persiapan yang matang. Salah satunya persiapan modal dan kamu bisa mendapatkannya dari KTA di bank.

Tidak hanya modal, kamu juga harus mempersiapkan strategi yang tepat. Cari tahu bentuk inovasi seperti apa yang nantinya akan diminati oleh masyarakat terutama target konsumenmu.

Jangan asal-asalan melakukan inovasi karena pada akhirnya kamu hanya akan membuang banyak uang tanpa mendapat keuntungan. Lebih baik perhitungkan baik-baik dan hasilkan inovasi produk maupun layanan yang benar-benar bagus.

●     Lakukan Manajemen Keuangan secara Efektif

Pengelolaan keuangan adalah poin penting untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Jika kamu sudah menyusun manajemen bisnis yang bagus dan bisnis berjalan stabil, maka pastikan keuangannya dikelola dengan baik.

Bentuklah tim manajemen yang bisa mengelola finansial bisnismu secara optimal. Apalagi jika kamu sudah memiliki banyak bisnis, jangan sampai cash flow tidak dipantau dengan baik dan malah jadi berantakan.

Manfaatkan aplikasi keuangan bisnis yang saat ini banyak beredar dan banyak digunakan oleh para pebisnis. Ini akan membantu kamu untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi dengan jumlah cabang yang lebih banyak.

Pembukaan cabang bisnis dan pengelolaannya akan berjalan lebih mudah jika kamu punya modal yang mencukupi. Jangan ragu untuk mendapatkan modal hingga 200 juta Rupiah dari KTA digibank by DBS. Silakan klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai digibank KTA.

 

 

Apply digibank KTA