KTA
13 Apr 2023

Pahami 4 Hal yang Membuat Pengajuan KTA Ditolak

KTA atau pinjaman tanpa agunan dikenal sebagai salah satu produk pinjaman yang cukup mudah untuk didapatkan. Namun, bukan berarti pengajuan pinjaman ini bisa dilakukan asal-asalan.

Ada banyak orang yang ternyata mengalami kesulitan saat harus mengajukan pinjaman tanpa agunan tersebut. Pengajuan pinjaman mereka ditolak dan pada akhirnya tidak bisa mencairkan dana pinjaman sesuai rencana.

Penyebab Pengajuan Pinjaman Ditolak

Bagaimana bisa pengajuan pinjaman ditolak? Tentu hal ini tidak terjadi begitu saja melainkan ada faktor penyebabnya. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan pengajuan pinjamanmu ditolak:

●     Ada Tunggakan Kredit Lain

Masalah paling sering dijumpai dalam proses pengajuan pinjaman adalah tanggungan kredit lain yang masih berlaku. Sudah pasti pengajuan pinjamanmu akan langsung ditolak jika kamu masih memiliki riwayat kredit yang belum selesai.

Sebaiknya pastikan kamu tidak memiliki tanggungan kredit apapun. Apalagi jika ada riwayat kredit macet, sebaiknya segera diselesaikan agar tidak mengganggu proses pengajuan pinjaman berikutnya.

Kondisi semacam ini sebenarnya bisa jadi pertimbangan pribadi saat kamu akan mengajukan pinjaman. Penolakan pinjaman karena ada tunggakan kredit lain sebenarnya bagus untuk dirimu sendiri.

Bayangkan saja, bagaimana jika kamu mendapat pinjaman baru padahal ada tunggakan kredit lain yang belum selesai. Hal semacam ini tidak hanya merugikan pihak bank, namun juga merugikan dirimu sendiri.

●     Identitas Tidak Valid

Faktor lain yang bisa menyebabkan pinjaman tidak disetujui adalah identitas yang dikumpulkan ternyata tidak valid. Hal ini juga berpengaruh karena pihak bank pasti akan melakukan pengecekan ulang untuk memastikan data peminjam.

Pastikan kamu mengumpulkan data diri yang asli dan bisa dipertanggungjawabkan. Perhatikan baik-baik apa saja data yang harus dikumpulkan dan pastikan kamu melengkapi semua data tersebut.

Demi memastikan semua data valid, biasanya akan dilakukan verifikasi. Beberapa produk pinjaman juga akan menyelenggarakan survei untuk memastikan data diri peminjam sudah benar.

●     Tidak Memenuhi Syarat

Pengajuan KTA bank online cepat cair juga bisa ditolak apabila kamu tidak memenuhi syarat. Setiap produk pinjaman pasti memiliki aturan syarat yang berbeda. Pastikan untuk membaca apa saja syaratnya dan penuhi sesuai ketentuan.

Jika kamu tidak memenuhi syarat pengajuan pinjaman, maka pihak pemberi pinjaman juga pasti tidak bisa melakukan approval. Itulah mengapa sangat disarankan untuk lebih teliti dalam memilih produk pinjaman terutama masalah syarat.

●     Ada Indikasi Pemalsuan Data

Banyak kasus dimana peminjam melakukan pemalsuan data agar bisa memenuhi syarat pengajuan pinjaman. Hal semacam ini jelas tidak bisa diterima dan sudah pasti akan langsung ditolak oleh bank.

Biasanya pemalsuan data dilakukan agar peminjam bisa segera mendapatkan dana sesuai kebutuhan. Padahal pemalsuan data sangat berbahaya dan bisa menyebabkan pengajuan pinjamanmu ditolak.

Periksa baik-baik produk pinjaman apa yang ingin kamu ajukan. Setiap produk pinjaman pasti memiliki aturan masing-masing. Jika kamu tidak bisa mematuhi aturan tersebut maka secara otomatis pengajuan akan ditolak.

Tips Agar Pengajuan Pinjaman Berjalan Lancar

Lalu apa yang perlu dilakukan agar pengajuan pinjaman berjalan lancar dan sesuai harapan? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat mengajukan pinjaman:

●     Pilih Produk Pinjaman yang Tepat

Pertama-tama, kamu harus memilih produk pinjaman yang tepat. Ini sangat penting untuk diperhatikan karena tidak semua produk pinjaman mudah didapatkan. Ada beberapa yang syaratnya banyak dan peraturannya cukup ketat.

Jika memungkinkan, kamu bisa pilih produk KTA bank online cepat cair yang relatif mudah untuk didapatkan. Produk pinjaman seperti ini tidak butuh agunan atau jaminan dan bisa diajukan secara online.

Kamu juga harus memperhatikan bank yang menawarkan produk pinjaman tersebut. Pastikan sumber pinjamannya aman dan legal sehingga tidak akan ada masalah di kemudian hari.

●     Perhatikan Syarat yang Dibutuhkan

Tentu saja kamu harus memperhatikan syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan agar bisa mencairkan pinjaman. Setiap produk pinjaman bisa saja memberlakukan syarat yang berbeda jadi kamu harus teliti.

Pastikan kamu memenuhi semua syarat yang ditetapkan tadi. Jangan lupa perhatikan juga dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan. Semua syarat tadi harus dipenuhi agar kamu bisa langsung lolos dan mendapatkan approval.

Lebih mudah memenuhi syarat pinjaman jika kamu memilih produk pinjaman sesuai kebutuhan. Itulah mengapa kamu harus lebih cermat memilih jenis pinjaman yang memang persyaratannya sesuai kondisimu sendiri.

●     Pastikan Data Lengkap dan Valid

Saat mengajukan pinjaman, kamu biasanya akan diminta untuk memasukkan data diri dan informasi lain yang dibutuhkan pihak bank. Pastikan untuk memasukkan semua data secara lengkap dan valid.

Input data adalah proses yang sangat penting saat mengajukan pinjaman. Jika ada data yang tidak lengkap atau tidak valid maka proses pengajuan bisa saja ditolak oleh pihak bank.

Pastikan juga kamu tidak melakukan pemalsuan data apapun. Pemalsuan data saat mengajukan pinjaman akan membuat kamu mendapat citra buruk dan pinjaman bisa saja gagal mendapat approval.

●     Pastikan Riwayat Kredit Bagus

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa riwayat kredit akan berpengaruh pada proses pengajuan pinjaman di masa depan. Jika kamu ingin mengajukan pinjaman, maka pastikan dulu riwayat kreditmu bagus.

Setiap kali mengajukan pinjaman, kamu harus punya komitmen untuk membayar pinjaman tersebut tepat waktu. Hal ini dilakukan supaya kamu punya riwayat kredit yang bagus dan bisa lebih mudah mengajukan pinjaman lagi.

Lalu bagaimana jika kamu sudah punya riwayat gagal bayar atau kredit macet? Perbaiki dulu skor kreditmu dengan melakukan pembayaran kredit secara teratur sehingga nantinya bisa jadi pertimbangan bank untuk memberi approval.

Setelah memenuhi syarat dan memastikan proses pengajuan sudah benar sesuai ketentuan, maka kamu bisa menunggu. Ikuti saja prosesnya karena kemungkinan besar kamu akan mendapatkan approval jika sudah memenuhi persyaratan.

Lakukan Pengajuan KTA secara Mudah dan Cepat

Kini kamu bisa melakukan pengajuan pinjaman dengan mudah dan cepat berkat adanya penawaran dari digibank KTA. Produk pinjaman tanpa agunan ini sangat mudah untuk didapatkan dan memiliki banyak kelebihan.

Kamu bisa mengajukan pinjaman kapan saja selama 24 jam lewat website go.dbs.com/kta atau Aplikasi digibank by DBS. Hanya butuh 60 detik sampai pengajuan pinjaman di-approve dan kamu bisa langsung mencairkan dana sampai Rp200 juta.

Kamu juga bisa mengatur nominal pinjaman sesuai kebutuhan. Tenor cicilan juga fleksibel bisa sampai 36 bulan. Ditambah lagi kamu tidak perlu mengumpulkan dokumen fisik apapun saat proses pengajuan pinjaman.

Syarat pengajuannya sangat simple. Pastikan kamu memiliki e-KTP dan NPWP. Kamu juga harus berdomisili di Semarang, Surabaya, Bandung, atau Jabodetabek. Selain itu, syarat minimal penghasilan adalah Rp5 juta.

Produk digibank KTA ini akan memberi banyak kemudahan. Kamu bisa mendapatkan KTA dengan cepat dan praktis. Langsung lakukan pengajuan sekarang dan gunakan dana sesuai kebutuhan. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

 

 

Apply digibank KTA