Mudahnya Investasi Reksadana, Cocok untuk Pemula

Mudahnya Investasi Reksadana, Cocok untuk Pemula

Banyak kesempatan terlewatkan jika tidak disiplin dalam mengatur keuangan sejak muda. Adanya anggapan bahwa persoalan keuangan esok dapat diselesaikan tanpa persiapan yang cukup  sejak dini kerap kali menggoda sehingga membuat orang terlena. Padahal, berinvestasi bukan persoalan besaran jumlah saja.

Tak sekadar seberapa banyak yang sudah kamu simpan, investasi merupakan kesempatan untuk mengajarkan disiplin dan membangun karakter tangguh. Untuk itu, kesadaran investasi harus dimulai ditumbuhkan sejak sekarang.

Salah satu instrumen investasi yang dapat dipercaya membawa kemakmuran bagi investornya adalah reksadana. Selain kemudahaan pembelian, reksadana juga memiliki fleksibilitas dalam pengelolaannya karena mudah disesuaikan dengan kondisi perekonomian.

Saat ekonomi sedang tumbuh, reksadana pasar saham atau reksadana campuran dapat menjadi andalan. Produk ini memberi imbal hasil di atas bunga deposito. Begitu juga sebaliknya, saat makro ekonomi menunjukkan perlambatan, bahkan menuju resesi, maka reksadana pendapatan tetap dapat menjadi solusi pengelolaan kekayaan.

 

Kelebihan Investasi Reksadana

Bagaimana reksadana bisa menyelamatkan pundi ekonomi? Jawabannya sederhana saja. Reksadana menawarkan kemudahan dan berbagai keuntungan bagi para investor bahkan untuk pemula sekalipun. Sebagai instrumen keuangan yang diatur secara resmi melalui undang-undang, reksadana memiliki sejumlah kelebihan yaitu:

 

1. Mudah dicairkan

Reksadana adalah produk keuangan berupa penitipan dana secara kolektif untuk ditempatkan pada aset-aset keuangan oleh investor kepada manajer investasi. Manajer investasi di sini adalah pihak yang mendapatkan izin secara resmi dari pemerintah dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Sebagai pengawas tertinggi dalam industri keuangan.

Atas pengaturan yang ketat dari sejumlah lembaga, maka investor reksadana dapat tenang dalam mengumpulkan aset karena dana yang ditempatkan relatif aman. Otoritas Jasa Keuangan telah mewajibkan dana nasabah terpisah dari rekening perusahaan, sehingga dapat dicairkan segera sesuai dengan kesepakatan jenis produk.

 

2. Pertumbuhan aset terpantau setiap hari

Reksadana memiliki konsep yang memberi kemudahan bagi investornya untuk memantau aset. Investor bisa memantau perkembangan asetnya setiap hari melalui nilai aktiva bersih (NAB). Nilai kekayaan yang dihitung per unit penyertaan ini akan naik turun sesuai kondisi pasar keuangan.

 

3. Pilihan produk beragam

Reksadana memiliki tiga jenis produk secara garis besar yakni penitipan dana kolektif (reksadana) yang dikhususkan membeli saham-saham perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia atau biasa disebut reksadana saham. Ada juga reksadana yang khusus menempatkan dananya di deposito dan surat utang yang disebut reksadana pasar uang.

Jenis investasi reksadana pasar uang memiliki risiko rendah karena deposito bank maupun surat utang berupa obligasi ataupun medium term noted yang menjadi dasar pengelolaan telah memiliki tanggal jatuh tempo pembayaran yang pasti. Lainnya adalah reksa dana campuran. Produk yang dirancang oleh manajer investasi terdiri dari sebagian deposito hingga obligasi, sisi lainnya adalah saham dengan rasio yang telah ditentukan di awal.

Nah, saat memilih investasi reksadana, kamu tinggal menyesuaikan dengan keberanian yang dimiliki. Kamu bisa  menentukan instrumen investasi di reksadana yang paling sesuai dengan karakter diri. Jika kamu tipe yang suka main aman, pilihlah reksadana pasar uang yang relatif minim risiko. Namun bila kamu penyuka tantangan dan siap dengan risiko besar bisa pilih reksadana saham.

 

4. Pembelian online

Investasi reksadana kini menjadi jauh lebih mudah karena kamu bisa mengaksesnya secara online. Jadi untuk cara investasi reksadana kamu tidak perlu repot antri di perusahaan manajer investasi untuk mulai bertransaksi. Kamu juga tidak perlu mengisi berlembar-lembar berkas untuk kelengkapan administrasi. Kamu hanya perlu mengunduh Aplikasi digibank by DBS dan mulai berinvestasi.

Aplikasi digibank by DBS merupakan inovasi dari DBS Bank untuk mempermudah masyarakat mengelola aset dan berinvestasi dari mana saja dan dimana saja. Pengelolaan secara digital memungkinkan pengguna untuk mengakses transaksi reksadana selama 24 jam non stop.

 

Cara Mudah Investasi Reksadana  

Untuk kamu yang sudah punya keyakinan untuk mulai berinvestasi reksadana, tak perlu menunda lagi. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi digibank by DBS dan melakukan registrasi. Selanjutnya saatnya kamu membuat Single Investor Identification atau SID yang akan menjadi nomor unik kamu sebagai investor di pasar modal.

Cara mendapatkan SID lewa aplikasi digibank by DBS terbilang mudah. Kamu hanya perlu mengawali dengan log in ke aplikasi digibank by DBS, pilih tombol investasi, tekan buat sekarang dan isi data diri sesuai dengan formulir yang tersedia. Jangan lupa juga untuk membaca seluruh syarat dan ketentuan yang ada sebelum klik tanda setuju.

Setelah formulir didaftarkan selanjutnya kamu tinggal menunggu email konfirmasi SID. Selanjutnya pendaftaran kamu akan diproses dan menunggu verifikasi maksimal 2 x 24 jam. Bila pendaftaran sukses, kamu akan menerima notifikasi dan sudah bisa mulai melakukan transaksi investasi reksadana. Mudah sekali bukan caranya?.

Buat kamu yang sudah memiliki SID, kamu bisa langsung melakukan pembelian reksadana pertama. Selalu ingat untuk membaca semua detail informasi produk reksadana yang akan dipilih sebelum pencet tombol buy. Selanjutnya kamu bisa klik “Beli” jika merasa sudah mengerti dan menemukan produk yang sesuai selera.

Hal yang menarik saat membeli reksadana lewat aplikasi digibank by DBS kamu akan selalu dipandu untuk memperhatikan profil risiko reksadana yang dipilih. Sebagai contoh, apabila tingkat risiko produk reksadana yang akan dibeli lebih tinggi dari profil risiko kamu, maka akan ada pop up notifikasi di aplikasi digibank by DBS yang menginformasikan perbedaan risiko tersebut. Bila kamu setuju lajut, maka pembelian dapat diteruskan.

Demi keamanan transaksi, kamu bisa memeriksa ulang detail pembelian sebelum konfirmasi pembayaran. Bila ternyata kamu ingin membatalkan pembelian produk reksadana yang telah dipilih kamu masih bisa melakukan dan memilih produk investasi lain. Setelah proses kroscek pembelian dilakukan selanjutnya kamu tinggal klik konfirmasi dan tara pembelian reksadana berhasil dilakukan.

 

Keuntungan Investasi Reksadana di digibank by DBS  

Saat memutuskan untuk mulai berinvestasi biasanya yang jadi pemicu utama adalah karena ingin mendapatkan keuntungan dari modal yang diinvestasikan alias cuan. Karena itu memilih tempat dan cara investasi yang tepat akan sangat membantu kamu dalam mewujudkan impian.

Investasi reksadana lewat aplikasi digibank by DBS menjadi pilihan yang tepat karena menawarkan banyak keuntungan. Ibarat makan di rumah makan padang, kamu akan disuguhkan sajian lengkap yang bisa membuatmu kenyang sampai puas. Dalam investasi reksadana, aplikasi digibank by DBS akan memberimu banyak pilihan dan nilai tambah sehingga bisa merasakan cuan maksimal. Selain itu cara investasi reksadana di digibank by DBS juga terbilang mudah.

Apa saja keuntungan investasi reksadana di digibank by DBS? Berikut rinciannya

 

1. Terdapat 3 pilihan reksadana

Di aplikasi digibank by DBS kamu akan terbantu dengan adanya daftar reksadana pilihan yang telah disusun dan disaring berdasarkan kategori kinerja terbaik, populer dan scoring terbaik. Kamu tinggal membaca rincian kelebihan, profil risiko dan performa masing-masing produk reksadana. Kamu bisa memilih lebih dari satu produk reksadana sesuai selera.

 

2. Pilihan lebih dari 50 produk reksadana

Bayangkan saja kamu makan dengan hidangan ala rumah makan padang yang penuh dengan menu yang menggoda selera. Setiap menu diracik dengan bumbu dan bahan dasar istimewa. Nah, saat memilih produk reksadana di aplikasi digibank by DBS kamu juga bisa melihat profil lengkap setiap produk reksadana. Ada lebih dari 50 produk yang bisa jadi pilihanmu.

 

3. Pembelian fleksibel

Untuk pemula mungkin kamu akan mencoba dengan pembelian pertama. Selanjutnya, setelah melihat aset kamu bertumbuh dan muncul keinginan untuk menambah nilai investasi, kamu akan terbantu. Di aplikasi digibank by DBS kamu bisa dengan mudah mengganti nominal investasi dan melakukan pengaturan untuk setting pembelian berkala. Jadi kamu tidak perlu update aplikasi setiap bulan tetapi sudah otomatis menjadi pembelian berkala.

 

4. Mudah dari satu aplikasi

Aplikasi digibank by DBS menjadi solusi praktis untuk kamu yang sudah hidup serba digital dan ingin kepraktisan. Kamu bisa melakukan berbagai transaksi seperti beli, jual dan switch transaksi hanya dari satu aplikasi. Selain hemat waktu kamu juga jadi bisa hemat kuota data karena tak perlu install banyak aplikasi.

 

5. Terjangkau

Untuk investor pemula, minimal investasi Rp 100 ribu yang ditawarkan aplikasi digibank by DBS akan sangat membantu. Kamu juga tidak perlu ragu untuk mulai investasi pertama karena kamu memiliki risiko yang sedikit.

Selanjutnya bila merasa cocok dengan investasi reksadana, kamu bisa menambah nilai investasi menjadi lebih besar. Enaknya investasi reksadana, kamu bisa melihat pertumbuhan aset dan belajar langsung dari para manajer investasi dalam menentukan produk investasi reksadana terbaik. 

Berbagai keuntungan dengan investasi reksadana melalui aplikasi digibank by DBS merupakan kesempatan yang sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa mulai jalan menjemput masa depan yang lebih baik dengan mulai langkah pertama dengan download aplikasi digibank by DBS.

Setelah aplikasi terinstall di gawai, waktunya kamu mulai investasi untuk mendapatkan cuan berlipat. Dengan kemauan untuk belajar bukan tidak mungkin kamu akan meraup cuan lebar dan sukses menjadi miliarder baru. Selamat berinvestasi. ***

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /