Investasi Valas, Ini Dia 5 Pilihan Mata Uang Incaran Berbuah Cuan

Investasi Valas, Ini Dia 5 Pilihan Mata Uang Incaran Cuan

Memiliki rekening valas memang memberi banyak keuntungan untukmu. Apalagi di musim pandemi seperti sekarang ini. Rekening valas memberi kesempatan kepada kamu untuk menjaga aset agar tidak tergerus inflasi. Dengan memiliki rekening valas atau tabungan dolar, kamu tidak perlu mengkhawatirkan fluktuasi mata uang dalam jangka waktu pendek.

Membuka rekening valas juga membuatmu memiliki likuid aset yang bisa digerakkan kapan saja. Kamu bisa melakukan transaksi untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan pihak luar seperti belanja online, mengikuti berbagai kursus dan kuliah yang diselenggarakan lembaga di luar negeri.

Hal lain yang tak boleh ketinggalan, kamu juga bisa meraih cuan dengan memanfaatkan rekening valas untuk berinvestasi. Yup, fluktuasi nilai tukar antar mata uang memberimu kesempatan untuk mendapatkan keuntungan atau cuan. Pilihan investasi valas ini pun kini menjadi semakin diminati karena bisa dilakukan dengan sederhana dan menawarkan hasil maksimal.

Meski begitu, perlu diingat bahwa investasi mata uang asing hanya akan menguntungkan bila kamu melakukan hal yang tepat. Kamu perlu jeli melihat perkembangan pasar internasional untuk menentukan pilihan transaksi beli atau jual. Hal yang lebih penting lagi, kamu harus bisa memilih mata yang aman dan menguntungkan untuk investasi valas:

Berikut daftar 5 mata uang pilihan yang bisa kamu incar

  1. Dolar Amerika (USD)

Dolar Amerika merupakan mata uang paling berpengaruh di dunia. Mata uang ini paling memiliki prospek karena menjadi mata uang utama dalam berbagai transaksi di dunia.

Berinvestasi dolar juga memberi kesempatan padamu meraih cuan karena memiliki sifat berlawanan dengan inflasi. Alih-alih rugi, kamu malah bisa meraih cuan berlipat saat nilai tukar terhadap rupiah sedang menguat.

  1. Euro (EUR)

Posisi Euro (EUR) menjadi semakin bagus setelah mata uang ini menjadi mata uang utama di daratan Eropa. Dengan luasnya cakupan negara penggunanya, Euro menjadi mata uang terkuat kedua di dunia setelah dolar Amerika.

Posisi Euro sebagai mata uang terkuat kedua di dunia ditopang oleh latar belakang negara penggunanya yang merupakan negara maju di dunia. Selain di Eropa, beberapa negara di Afrika juga menjadikan Euro sebagai standar mata uang mereka.

Meski tergolong mata uang baru, posisi Euro di dunia menjadi semakin menarik karena harganya yang lebih tinggi dibanding dolar Amerika.  Hal ini membuat banyak investor valas yang melirik Euro sebagai instrumen investasi. Meski begitu, dibanding dolar Amerika, fluktuasi harga Euro lebih stabil sehingga kalah pamor untuk investasi jangka pendek atau day by day.

  1. Poundsterling (GBP)

Menempati urutan ketiga, mata uang Inggris ini memiliki pamor yang tak kalah keren dijadikan pilihan investasi valas. Poundsterling menjadikan rujukan nilai tukar tidak hanya di Inggris tetapi juga di beberapa negara sehingga memiliki kekuatan di perdagangan dunia.

Mata uang ini kerap menjadi incaran para investor terutama yang memiliki modal besar karena nilai tukarnya yang jauh di atas dolar Amerika dan Euro. Poundsterling diyakini bisa memberikan keuntungan berlipat karena memiliki nilai jual dan stabilitas yang tinggi.

  1. Yen (JPY)

Tak hanya dari Eropa dan Amerika, Asia juga punya mata uang yang layak kamu pertimbangkan sebagai pilihan investasi valas. Mata uang Jepang atau Yen (JPY) merupakan mata uang yang menarik untuk diperdagangkan. Yen menjadi mata uang yang menarik lantaran memiliki pengaruh yang kuat di pasar dunia.

Tak hanya untuk kebutuhan investasi, memiliki Yen di rekening valas juga akan memudahkan kamu melakukan berbagai transaksi di berbagai negara Asia. Yen merupakan mata uang yang paling mudah diperdagangkan di berbagai negara di Asia.

  1. Dollar Singapura (SGD)

Berinvestasi valas akan terasa kurang bila kamu belum mengoleksi mata uang negara tetangga ini di rekening. Sebagai mata uang paling kuat nomor 2 di Asia, Dollar Singapura bisa menjadi alternatif investasi yang tepat.

Dibanding empat mata uang sebelumnya, dolar amerika memiliki nilai tukar paling terjangkau sehingga bisa dimiliki oleh investor valas pemula dengan modal terbatas sekalipun.

Meski nilai tukarnya jauh di bawah dolar amerika, Euro, dan Yen, mata uang Singapura ini menjanjikan keuntungan yang cukup signifikan. Pengaruh Singapura dalam perdagangan internasional cukup besar sehingga nilai tukarnya relatif stabil.

Mudahnya Berinvestasi Valas

Pilihan investasi valas menjadi lebih menarik karena kamu bisa melakukannya hanya dengan menggerakkan jari lewat ponselmu. Yup, dibanding dulu, investasi valas kini menjadi lebih mudah dan praktis.

Dahulu, untuk bisa berinvestasi valas kamu perlu datang ke bank atau lembaga penukaran mata uang lainnya untuk melakukan transaksi pembelian atau penjualan mata uang tertentu. Sekarang, lewat Aplikasi digibank by DBS kamu bisa berinvestasi valas tanpa ribet dan repot. Di digibank tersedia 10 mata uang yaitu USD, SGD, AUD, NZD, EUR, GBP, JPY, HKD, CAD, dan CHF. Dengan beragam pilihan mata uang ini, kamu bisa dengan mudah melakukan switch mata uang sesuai dengan perkembangan pasar yang berlaku saat itu.

Kamu tak perlu datang ke cabang bank DBS terdekat karena bisa bertransaksi secara online selama 24 jam 7 hari penuh tanpa henti. Transaksi lewat Aplikasi digibank by DBS lebih mudah karena otorisasi transaksi bisa dilakukan secara daring. Kamu bisa menyimpan dalam 12 mata uang dengan nilai tukar dan bunga yang kompetitif. Selain itu kamu juga tak akan dibebani biaya rekening dan biaya konversi. ***

Terima kasih atas masukan Anda

Apakah informasi ini bermanfaat?

Terima kasih atas masukan Anda
Bagaimana informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini
Beri kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!>$&-()',./

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /