Investasi Reksadana, Simak Cara Kerja dan Langkah-Langkahnya!

Investasi Reksadana, Simak Cara Kerja dan Langkah-Langkahnya

Serial paling populer di Netflix, Squid Game menunjukkan bahwa mengelola keuangan sangat penting. Salah mengelola keuangan akan membawa diri dalam jebakan utang yang akhirnya justru membahayakan.

Dalam kasus film Squid Game malah dalam kondisi sangat ekstrem. Film ini menggambarkan tentang 456 kontestan yang ikut dalam kompetisi harus melewati enam jenis permainan mempertaruhkan nyawa. Harapannya tentu saja memenangkan pertandingan yang memberi hadiah sangat besar guna membayar tumpukan utang yang dimiliki.

Poinnya adalah jangan sampai persoalan uang menjadi utang karena kurangnya persiapan. Untuk itu, sangat penting menyiapkan investasi yang dapat disesuaikan guna mengantisipasi pengeluaran di masa depan. Terutama biaya yang sudah dipastikan akan dihadapi seperti uang pangkal untuk anak masuk sekolah hingga dana resepsi pernikahan.

Untuk menghindari persoalan utang di masa depan, maka menyisihkan sebagian pendapatan ke dalam instrumen investasi adalah salah satu bentuk persiapan rencana jangka panjang. Salah satu instrumen yang memberikan keleluasaan adalah reksadana.

Reksadana adalah instrumen keuangan berupa dana kumpulan yang dikelola oleh manajer investasi. Oleh manajer profesional itu, kumpulan dana kemudian ditempatkan pada instrumen yang sesuai dengan pilihan kamu. Bisa berupa deposito, obligasi, saham atau campuran dari instrumen yang ada.

Dalam produk keuangan sebagaimana sudah diatur dalam undang-undang, cara investasi reksadana cukup membuka rekening dana investor pada manajer investasi. Selanjutnya dana akan dikelola secara profesional untuk dikembangkan semaksimal mungkin.

 

Lalu bagaimana langkah untuk mulai berinvestasi di reksadana?  

Simak beberapa cara investasi reksadana yang bisa kamu jadikan literasi sebelum memutuskan untuk berinvestasi:

1. Tentukan tujuan investasi

Reksadana menawarkan fleksibilitas investasi. Artinya kamu dapat membeli beberapa produk sekaligus yang disesuaikan dengan tujuannya. Penentuan tujuan ini sekaligus untuk mengelola risiko. Semakin dekat waktu target penggunaan dana, semakin kecil risiko produk reksadana yang dipilih.

Misalkan tujuan adalah dana menikah yang akan digunakan dalam 1-3 tahun ke depan. Maka penempatan reksadana dipilih yang berisiko rendah seperti reksadana pendapatan tetap yang sebagian besar asetnya ditempatkan di obligasi dan deposito. 

 

2. Pahami produk dan risiko

Secara garis besar terdapat tiga produk reksadana yakni reksadana pendapatan tetap, reksadana saham dan reksadana campuran. Perbedaan dari jenis reksadana itu terletak pada aset yang dikelola.

Reksadana pendapatan tetap merupakan aset yang memiliki risiko terendah. Manajer investasi biasanya akan mengarahkan dana yang dikelola kepada instrumen relatif aman seperti deposito dan obligasi. Meski demikian, sejumlah manajer investasi menempatkan juga pada instrumen dengan risiko menengah seperti medium term noted (MTN) namun jenis aset ini memberikan imbal hasil lebih tinggi.

Selanjutnya adalah reksadana saham. Seperti namanya, reksadana saham menempatkan dana kelolaan yang kamu titipkan di saham-saham yang dipercaya oleh manajer investasi dapat naik tinggi dan aman sehingga memberi hasil sebesar mungkin bagi kamu sebagai investor.

Akan tetapi, seiring fluktuasi harga saham yang naik turun, maka nilai investasi kamu akan mengikuti mekanisme pasar. Jenis reksadana terakhir adalah reksadana campuran, jenis ini merupakan gabungan dari reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap. Dengan model campuran ini, maka investor tetap merasakan lonjakan investasi ketika pasar saham naik dan meminimal risiko ketika saham turun karena sebagian investasi ditempatkan pada deposito dan obligasi.

 

3. Investasi secara rutin dan selalu evaluasi

Meski menyerahkan pengelolaan dana kepada manajer investasi. Kamu tetap harus bertanggung jawab dengan arah investasi kamu. Caranya dengan memantau secara rutin dana yang ditempatkan di reksadana termasuk jenis investasinya.

Kondisi ini dapat dilakukan karena investasi reksadana hasil pengembangannya akan langsung diketahui di akhir hari melalui naik turun nilai aktiva bersih (NAB). Jadi jika pengembangan yang diterima dari manajer investasi tidak sesuai dengan target, maka kamu dapat memilih reksadana lain yang memberi imbal hasil lebih menarik.

 

4. Buka Rekening semakin mudah

Sekarang buka rekening reksadana menjadi lebih mudah. Kemajuan teknologi informasi membuat berbagai terobosan dan inovasi terus dikembangkan. Sebagai contoh, kamu bisa berinvestasi reksadana real time lewat aplikasi digibank by DBS .

Aplikasi digibank by DBS merupakan terobosan dari DBS Bank untuk memudahkan cara investasi reksadana maupun berinvestasi di pasar modal. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi digibank by DBS untuk mulai bertransaksi dan investasi reksadana. Investasi di digibank by DBS menjadi lebih menarik karena terjamin keamanannya.Saat ini DBS Bank merupakan bank terdepan dan mendapat predikat sebagai bank teraman di Asia sejak 12 tahun berturut-turut versi Global Finance.

Berinvestasi reksadana lewat aplikasi digibank by DBS juga akan sangat menguntungkan bagi para pemula karena menawarkan banyak kemudahan dan pilihan. Seperti halnya menu makan di warung nasi padang, kamu bisa memilih dan memanfaatkan beragam fitur untuk mendapatkan racikan investasi reksadana terbaik.

Setidaknya, terdapat lima keuntungan saat kamu memilih aplikasi digibank by DBS untuk investasi reksadana,

 

1. Tiga Pilihan Reksadana

Ibarat makan siang di rumah makan padang, memilih produk reksadana pilihan akan menjadi langkah pertama. Kamu tentu ingin menu utama yang akan dipilih menjadi sajian terbaik dan dengan nilai gizi sesuai kebutuhan dan selera.

Nah agar kamu bisa memilih sesuai keinginan, kamu bisa mendapatkan pilihan investasi reksadana incaran dengan mencermati daftar reksadana yang sudah disusun berdasarkan tiga kategori. Untuk memudahkan para pengguna aplikasi digibank by DBS akan menyajikan informasi reksadana berdasarkan kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik.

Untuk reksadana kinerja terbaik biasanya didasarkan pada rasio risiko yang minim dengan potensi pendapatan yang besar. Sedangkan kebutuhan reksadana berdasarkan kategori terpopuler  didasarkan pada peringkat reksadana yang banyak dipilih oleh pengguna. Selanjutnya untuk daftar reksadana dengan scoring terbaik merupakan hasil penilaian dari tim digibank by DBS.

 

2. Lebih dari 50 produk

Ada banyak pilihan produk reksadana yang bisa kamu pilih di digibank by DBS, lebih dari 50. Kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai pilihan produk reksadana tersebut karena digibank by DBS menyajikan prospektus reksadana yang bisa kamu baca dan pelajari.

 

3. Pembelian berkala dan fleksibel

Sebagai pemula kamu bisa jadi ragu untuk berinvestasi dalam jumlah besar. Maka kamu bisa mulai dari pembelian pertama dengan nominal seadanya. Setelah merasa cocok kamu bisa upgrade nominal investasimu.

Kamu juga bisa melakukan pengaturan pembelian berkala agar investasimu bisa langsung terdebet tanpa takut lupa. Sayang dong, bila kesempatan investasi terlewatkan hanya karena kamu lupa untuk upgrade saldo investasi.

 

4. Investasi mudah dari satu aplikasi

Tidak perlu repot keluar masuk aplikasi untuk berinvestasi. Di digibank by DBS semua proses mulai dari pembuatan Single Investor Identification sebagai syarat utama untuk mulai berinvestasi bisa dilakukan secara online. Kamu hanya perlu mengisi formulir pendaftaran dan menunggu verifikasi.

Setelah mendapatkan SID kamu bisa langsung mulai bertransaksi dan berinvestasi. Jual, beli dan switch investasi bisa dilakukan dari satu aplikasi secara real time 1 x 24 jam non stop.

 

5. Mulai dari Rp 100 ribu

Nominal transaksi yang terjangkau akan memberi kesempatan bagi banyak orang termasuk investor muda dan pemula untuk mulai berinvestasi. Setelah merasa cocok kamu tentunya bisa meningkatkan nilai investasi secara bertahap.

Menjadi investor pemula di era serba mudah seperti sekarang memang menjadi keuntungan buat kamu untuk mulai langkah kecil menjadi investor  untuk mewujudkan sukses di masa depan. Dengan adanya aplikasi digibank by DBS yang memberi kemudahan tak ada lagi alasan buat kamu untuk mulai berinvestasi.

Pastikan bahwa kamu telah mengunduh aplikasi digibank by DBS di ponselmu. Segera buat SID dan lakukan transaksi pertamau. Jangan lupa juga untuk membantu info terbaru mengenai berbagai promosi dna produk reksadana pilihan dari digibank by DBS di instagram @dbsbankid. ***

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /