Investasi Reksadana Saham: Pengertian dan Tips Cara Investasi Reksadana Saham

Investasi Reksadana Saham: Pengertian dan Tips Cara Investa

Saat berinvestasi, niat saja tidak cukup loh karena kamu harus langsung melakukan aksi nyata. Namun, sebelum terjun ke dunia investasi, alangkah lebih baik jika kamu mencari tahu dan menggali informasi terlebih dahulu terkait investasi yang akan kamu pilih. Jika kamu masih pemula dan merasa awam, reksadana merupakan instrumen yang cocok untuk kamu pilih.

Reksadana sendiri memiliki banyak jenis instrumen, salah satunya investasi reksadana saham yang akan kita bahas lebih lanjut lagi termasuk cara investasi reksadana jenis ini.

Kenali Reksadana Saham

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Hal ini juga berlaku dalam investasi. Sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus mengenal terlebih dahulu mengenai reksadana saham agar lebih mudah memahami cara investasi reksadana. Reksadana saham adalah jenis reksadana yang melakukan investasi pada instrumen saham-saham yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Reksadana saham merupakan salah satu jenis investasi yang memiliki tingkat risiko cenderung lebih tinggi. Namun, hal ini juga sejalan dengan tingkat keuntungan yang lebih tinggi juga. Meskipun memiliki risiko relatif tinggi, namun reksadana saham ini juga bisa dilakukan oleh pemula loh.

Pahami Risiko Reksadana Saham

Sebelum membahas cara investasi reksadana saham, sebaiknya kamu harus memahami risiko dari reksadana saham itu sendiri. Sebelum memilih investasi reksadana saham, pastikan bahwa kamu harus sabar agar hasilnya maksimal. Sehingga investasi ini lebih cocok dijadikan sebagai pilihan investasi jangka panjang. Selain itu, kamu juga harus mengetahui bahwa terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi performa saham perusahaan naik-turun. Mulai dari kondisi pasar baik itu global maupun regional, persoalan ekonomi hingga isu-isu politik di dalam maupun luar negeri.

Jadi jangan heran apabila harga saham bisa tiba-tiba anjlok, tiba-tiba meroket atau tidak beranjak sama sekali selama beberapa waktu. Intinya, kamu harus sabar dalam investasi reksadana saham.

Menggali Informasi Lebih Dalam

Meski masih pemula, kamu tidak perlu minder terjun ke dunia investasi. Asalkan rajin menggali dan mempelajari informasi baru lama-lama kamu akan terbiasa dan dapat mengetahui cara investasi reksadana yang tepat dan sesuai dengan profil risiko kamu.

Untuk mempelajari reksadana saham serta cara investasi reksadana lebih dalam lagi, kamu dapat memanfaatkan teknologi dan sosial media.

Tentukan Tujuan

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, reksadana saham ini cocok untuk kamu yang memiliki tujuan investasi jangka panjang. Sebelum memulainya, kamu dapat menentukan tujuan investasi reksadana saham untuk simpanan saja atau untuk tujuan tertentu misalnya dana pendidikan anak, dana pensiun atau dana untuk liburan.

Setelah mengenal dan memahami risiko serta memiliki tujuan pasti, sekarang kamu bisa mulai mencari tahu cara investasi reksadana yang akan kita bahas lebih lanjut lagi.

Cara Investasi Reksadana Bersama Digibank by DBS

  1. Akses aplikasi digibank by DBS untuk daftar SID, jual, beli, dan switch dalam sekali klik

Digibank by DBS dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang masih pemula ataupun berpengalaman. Sebab digibank by DBS menyediakan banyak fitur yang dapat memudahkan kamu saat bertransaksi hanya dalam 1 aplikasi saja mulai dari beli, jual dan switch. Jika ini pembelian pertamamu, maka kamu perlu daftar Single Investor Identification atau SID yang dapat kamu lakukan langsung di aplikasi digibank by DBS. Untuk registrasi, kamu bisa langsung klik di aplikasi dan tunggu email konfirmasi maksimal 2x24 jam.

SID atau nomor ID investasi ini penting karena merupakan nomor bukti bahwa seseorang resmi terdaftar sebagai investor pasar modal dan menjadi salah satu syarat utama untuk kamu berinvestasi Surat Berharga Negara. Pindah platform atau aplikasi saat bertransaksi sangat merepotkan. Oleh karena itu digibank by DBS memangkas alur tersebut guna memudahkan para investor sehingga kini nasabah dapat langsung melakukan jual, beli, dan switch investasi secara mudah hanya dengan satu aplikasi saja.

Melalui aplikasi digibank by DBS, sebelum memutuskan untuk membeli, menjual, ataupun switch investasimu, kamu akan mendapat informasi lengkap setiap produk, berupa prospektus dan ringkasan informasi reksadana, serta syarat dan ketentuan dari Bank tersedia dalam dokumen di aplikasi digibank by DBS.

 

  1. Pilihan lebih dari 50 produk reksadana

Digibank by DBS menyediakan ragam pilihan lebih dari 50 produk sehingga kamu dapat leluasa memilih reksadana saham yang kamu inginkan. Beberapa contoh produk reksadana yang bisa kamu dapatkan di digibank by DBS yaitu Batavia Dana Kas Maxima, BNP Paribas Rupiah Plus, Mandiri Investa Pasar Uang, Schroder Dana Likuid dan masih banyak yang lainnya.

 

  1. Pilih kategori untuk memudahkan kamu menemukan produk reksadana sesuai kebutuhanmu dengan 3 pilihan kategori reksadana: berkinerja terbaik, terpopuler, scoring terbaik.

Digibank memberimu kemudahan dalam menentukan pilihan reksadana saham dengan cara menyediakan 3 pilihan kategori reksadana yaitu kategori berkinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik.

Dengan memilih kategori kinerja terbaik, kamu dapat melihat daftar reksadana saham yang menunjukan kinerja terbaiknya selama satu tahun terakhir, sampai tanggal tertera atas produk reksadana yang dijual melalui digibank by DBS.

Kemudian kategori terpopuler yaitu daftar reksadana saham berdasarkan hasil pembelian terbanyak oleh nasabah selama satu bulan terakhir sampai tanggal tertera atas produk reksadana yang dijual melalui PT Bank DBS Indonesia. Sedangkan kategori scoring terbaik yaitu berdasarkan scoring produk yang diterbitkan oleh PT Infovesta Utama, sebuah perusahaan riset dan teknologi independen yang memberikan solusi bagi pasar modal dan disesuaikan dengan kebutuhan PT Bank DBS Indonesia. Scoring produk ini berdasarkan penilaian selama satu tahun dan proses penilaiannya dilakukan secara berkala setiap bulan.

 

  1. Fitur Pembelian Secara Berkala Agar Lebih Fleksibel

Jika kamu tidak punya cukup waktu, kamu bisa memanfaatkan fitur pembelian secara berkala agar lebih efisien melalui aplikasi digibank by DBS. Caranya, pilih produk reksadana saham yang kamu inginkan,  kemudian pilih pembelian berkala tanpa harus mendaftar lagi saat melakukan pembelian berikutnya. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mengubah nominal investasi reksadana saham per bulan dan tanggal pendebetan langsung di aplikasi digibank by DBS. Di sana kamu juga bisa melihat informasi lengkap terkait transaksi reksadana kamu serta dokumen reksadana lainnya.

  1. Bisa Mulai Investasi Dari Rp100.000

 Tidak perlu menunggu dana yang besar, kamu sudah bisa memulai investasi reksadana saham bersama digibank by DBS mulai dari Rp 100.000 saja.

Fitur ini juga cocok untuk para pemula yang masih ingin mempelajari lebih lanjut terkait investasi reksadana saham, tapi masih ragu untuk berinvestasi dengan jumlah besar.

 

Setelah mengetahui tips dan cara investasi reksadana, sebaiknya kamu jangan menunda lagi untuk melakukan investasi reksadana saham. Ayo segera download dan lakukan investasi kamu bersama digibank by DBS. Jangan lupa juga untuk follow akun instagram @digibankid untuk informasi-informasi menarik lainnya!

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /