MUA
20 Nov 2023

Inilah 12 Tips untuk Mengembangkan Bisnis MUA

MUA adalah salah satu bisnis yang menguntungkan untuk dikembangkan bersama kredit tanpa agunan. Bahkan menurut IDX Channel, seorang MUA profesional bisa memperoleh upah hingga belasan juta untuk satu orang. Belum lagi permintaan pasar yang semakin tinggi akan bisnis ini.

Namun kamu perlu beberapa tips jitu untuk mengembangkannya dengan baik. Jangan lewatkan ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya!

Tips Mengembangkan Bisnis MUA

Mengembangkan bisnis MUA memang merupakan hal yang gampang-gampang susah. Terlebih lagi banyak kompetitor yang turut bersaing di bisnis ini. Namun kamu tak perlu khawatir karena ada berbagai tips yang bisa diterapkan bersama kredit tanpa agunan, yaitu:

●     Tingkatkan Kemampuan

Pasti kamu sudah mempunyai kemampuan merias saat memulai bisnis ini. Namun jangan mudah puas akan kemampuanmu sekarang. Kalau kamu mudah puas, maka karirmu di bidang ini akan stagnan.

Oleh sebab itu, selalu tingkatkan kemampuanmu. Kamu bisa melihat berbagai tutorialnya di internet. Namun untuk hasil belajar yang lebih baik, maka kamu bisa ikut berbagai kursus secara daring maupun luring.

Selain itu, jangan sungkan untuk bertanya kepada para profesional. Bahkan kamu bisa memintanya untuk membagi tips merias. Tentu kamu harus memintanya dengan sopan dan jangan memaksa jika ia tak berkenan untuk menceritakannya.

●     Perbarui Peralatan

Apakah kamu sudah mengecek peralatan meriasmu akhir-akhir ini? Bagaimana keadaannya? Kalau memang sudah tidak layak karena rusak atau umur, segeralah menggantinya.

Selain itu, kamu juga perlu mengecek apakah telah memiliki peralatan rias yang lengkap. Kalau belum, kamu bisa melengkapinya dengan membeli peralatan baru. Nah, kredit tanpa agunan adalah solusi untuk hal ini.

Saat memperbarui atau melengkapi peralatan, perhatikan kualitas dan merek dari peralatan tersebut. Pastikan kamu membeli peralatan dengan kualitas terbaik dan merek ternama karena bisa mempengaruhi hasil riasanmu.

●     Pahami Tren Saat Ini

Kamu harus selalu up to date dengan tren riasan terkini. Jangan sampai cara dan gaya meriasmu ketinggalan zaman sehingga konsumen pun tak menyukainya.

Caranya pun beragam, seperti melihat tren di media sosial atau internet. Kamu pun bisa mengikuti berbagai akun maupun situs yang menyediakan berbagai ide riasa masa kini.

Selain itu, kamu juga bisa berlangganan majalah fashion. Perhatikan bagaimana riasan para model di majalah tersebut. Lalu, cobalah untuk ikut seminar agar kamu bisa mengetahui tren riasan masa kini.

●     Memahami Konsumen

Memahami perasaan orang lain adalah hal yang penting dalam bisnis, termasuk MUA. Dengan memahaminya, kamu bisa memberikan hasil riasan yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Oleh sebab itu, cobalah untuk mendengarkan kebutuhan  konsumen terlebih dahulu untuk mengetahuinya. Setelah itu, kamu bisa mencoba untuk menuruti kemauan konsumen tersebut.

Dalam tahap ini, kamu bisa saja memberikan saran kepada konsumen terkait riasan yang terbaik. Terlebih lagi jika konsumen tersebut tak paham dengan make up. Namun jangan memaksanya kalau konsumen mempunyai pendapat lain.

●     Cari Ciri Khas

Kamu memang bisa mengikuti tren yang ada hingga kemauan konsumen. Namun, carilah ciri khas dari riasanmu. Ciri khas ini bisa menjadi personal branding yang membuat konsumen selalu ingat dengan riasanmu.

Memang mencari ciri khas ini tidaklah mudah. Oleh sebab itu, cobalah untuk terus latihan sampai kamu menemukan atau membuat ciri khas yang cocok. Kamu juga bisa mempelajari para MUA profesional terkait bagaimana mereka menemukan ciri khasnya.

●     Jalin Kerja Sama

Bisnis MUA-mu akan sia-sia jika tidak mendapatkan konsumen, bukan? Maka dari itu, kamu bisa mulai kerja sama dengan pihak lain untuk memperolehnya. Salah satunya dengan wedding organizer.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat bekerja sama dengan wedding organizer. Salah satunya adalah kerja sama tersebut harus memiliki dokumen tertulis yang telah disepakati kedua belah pihak dengan cara ditandatangani di atas materai.

Cara seperti di atas bisa menghindarkanmu dari hal-hal yang tak diinginkan dan merugikan kedua belah pihak. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama jika ingin mengadakan kerja sama dengan pihak lainnya, seperti studio foto.

●     Buat Media Sosial

Pemasaran yang baik adalah kunci dari kesuksesan bisnis. Begitu pula dengan bisnis MUA-mu. Oleh sebab itu, mulailah untuk membuat media sosial agar bisnismu semakin dikenal.

Namun sebelum membuatnya, kamu perlu mempelajari berbagai media sosial yang sedang nge-hits saat ini dan apa perbedaannya. Hal ini bisa membantumu mempromosikan bisnis dengan lebih maksimal.

Selain itu, kamu juga perlu mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan optimasi pemasaran. Salah satunya adalah penggunaan SEO. Jangan lupa juga untuk mengunggah karya-karya terbaikmu di media sosial agar konsumen bisa melihat portofoliomu.

●     Buat Situs

Situs juga berperan penting dalam pemasaran produkmu. Terlebih lagi banyak orang yang akan membuka mesin pencarian di internet saat ingin mencari make up artist terbaik.

Oleh sebab itu, buatlah situs untuk bisnismu dengan tampilan semenarik mungkin. Kamu bisa meminta bantuan profesional jika masih bingung mengenai cara pengoperasiannya.

Jika sudah siap, maka kamu bisa mengisi situs tersebut dengan berbagai hal tentang bisnismu. Misalnya adalah protofoliomu, informasi harga, hingga kontak yang bisa dihubungi.

●     Jaga Harga

Menjaga harga untuk tetap kompetitif adalah hal yang penting dalam mengembangkan bisnis MUA bersama kredit tanpa agunan. Oleh sebab itu, kamu perlu mengecek kompetitor terkait harga yang mereka terapkan.

Jika diperlukan, kamu bisa mengubah harga jasa MUA-mu. Namun perhatikan bahwa harga tersebut sesuai dengan kemampuanmu sehingga konsumen bisa puas dan kamu pun tidak rugi.

●     Adakan Promo

Konsumen cenderung menyukai promo. Oleh sebab itu, kamu bisa mengadakannya dengan syarat tertentu. Kamu pun bisa membuat paket bundling dengan harga yang menarik.

●     Amati Kompetitor

Kompetitor tak selalu menjadi ancaman bisnis karena bisa kamu manfaatkan sebagai peluang. Caranya dengan mengamati bagaimana cara kompetitor menjalankan bisnisnya.

Setelah mengamatinya, kamu bisa meeniru dan memodifikasi sesuai dengan kebutuhanmu sehingga bisnismu pun bisa semakin berkembang. Selain itu, mengamati kompetitor juga bisa membantumu dalam memahami tren dan minat pasar saat ini.

●     Kembangkan Bisnis ke Bidang Lain

Kemajuan teknologi bisa membantumu untuk mengembangkan bisnis di bidang lainnya. Misalnya, kamu bisa membuat tutorial video tentang make up untuk diunggah ke media sosial atau situs video.

Jika bisa menarik banyak viewers, maka kamu bisa mendapatkan pendapatan tambahan dari endorse atau adsense. Jadi, hal ini bisa membantu kehidupanmu terutama saat tidak ada jadwal merias.

Hal terakhir yang perlu kamu pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis MUA adalah modal. Modal inilah yang berperan penting dalam pelaksanaan rencanamu. Namun kamu tak perlu khawatir karena KTA siap mendukungmu.

KTA atau kredit tanpa agunan merupakan kredit yang tak memerlukan jaminan. Contohnya adalah DBS KTA yang mampu memberikan limit hingga Rp300 juta dengan cicilan hingga 36 bulan dan bunga flat mulai 0.88% saja. Informasi lebih lanjut, klik di sini!

 

 

Apply digibank KTA