Restoran
30 Aug 2023

Ingin Restoranmu Dapat Penghargaan Michelin? Cek Syaratnya!

Para pencinta kuliner pasti sudah tidak asing dengan penghargaan Michelin. Penghargaan ini menjadi suatu hal yang berharga bagi pemilik bisnis kuliner karena bisa menjadi simbol prestise. Kenapa bisa demikian?

Ketika restoran mendapatkan label Michelin, biasanya akan lebih banyak diminati masyarakat. Bahkan sebagian orang rela mengeluarkan banyak uang untuk mencicipi hidangan di tempat makan yang mendapat penghargaan ini.

Apakah kamu ingin restoran milikmu juga dapat penghargaan Michelin? Kamu harus mempersiapkannya terlebih dulu, caranya tingkatkan kualitas dan perbaikan kekurangan restoranmu dengan KTA online.

Syarat-syarat Mendapat Penghargaan Michelin

Mendapat penghargaan Michelin memang tidak mudah namun bukan berarti tidak bisa dicapai. Kamu pasti bisa mendapatkannya asalkan punya tekad yang kuat dan bersungguh-sungguh mempersiapkannya.

Sebelum mendaftarkan restoranmu ke pihak Michelin ada baiknya jika kamu mengetahui syarat-syaratnya terlebih dulu. Beragam syaratnya adalah:

1.    Menonjolkan Keunggulan

Tempat makan yang mendapat penghargaan Michelin biasanya menawarkan hidangan yang tidak biasa. ‘Tidak biasa’ maksudnya yaitu memiliki hidangan istimewa yang mempresentasikan inovasi, dedikasi dan bakat para chef yang membuatnya.

Jadi intinya, kamu harus membuat hidangan yang mempunyai cita rasa memukau, sehingga bisa memberi pengalaman baru yang tak terlupakan. Memang tidak mudah tapi bisa dilakukan jika memiliki keahlian memasak yang mumpuni.

2.    Menggunakan Bahan Baku Berkualitas

Syarat selanjutnya yaitu berkaitan dengan kualitas bahan baku makanan yang dipakai. Dilansir dari travel.tempo.co restoran yang ingin mendapat penghargaan Michelin harus menggunakan bahan baku segar berkualitas.

Kenapa harus memakai bahan baku segar? Karena bahan baku bisa mempengaruhi cita rasa hidangan yang dihasilkan.

3.    Memiliki Inovasi & Kreativitas

Selain dua hal tadi, penilaiannya juga meliputi inovasi dan kreativitas dalam menyajikan hidangan. Staf dapur khususnya chef harus bisa menciptakan kombinasi rasa yang unik.

Dengan sentuhan kreatif mereka harus menggabungkan bahan-bahan segar berkualitas tinggi untuk menghasilkan hidangan yang istimewa dan terlihat menarik.

4.    Rasa & Kualitas Hidangan Harus Konsisten

Kamu pasti sering mendapati tempat makan yang tidak konsisten dalam menyajikan hidangan. Di awal pembukaan outlet, makanan dibuat dengan baik sehingga memiliki cita rasa yang lezat.

Tapi setelah populer dan mendapat banyak pelanggan mereka menurunkan kualitas hidangannya. Tentu tipe restoran yang seperti ini tidak akan mendapat penghargaan Michelin.

Karena juri Michelin sangat mengutamakan konsisten dalam menjaga cita rasa dan kualitas hidangan yang disajikan. Jika berhasil menerapkan hal ini, itu artinya kamu sukses memberi pengalaman kuliner yang luar biasa ke semua pelanggan secara berkelanjutan.

5.    Mempunyai Identitas & Karakter

Tak hanya mengedepankan konsistensi rasa dan kualitas tapi juga perlu memperkuat identitas dan karakter restoran. Kamu harus bisa menunjukkan style kuliner yang berbeda dan unik dari restoran yang sejenis.

Tempat makan dengan branding dan visi kuliner yang kuat akan berpeluang besar mendapat penghargaan ini.

6.    Memberi Pelayanan yang Terbaik

Pelayanan yang kamu berikan juga mempengaruhi penilaian juri Michelin. Selain mengutamakan cita rasa mereka juga melihat bagaimana caramu memperlakukan pelanggan. Untuk mendapat penghargaan ini staf restoran harus memberi pelayanan yang sempurna.

Bagaimana cara memberi pelayanan yang sempurna? Sebenarnya mudah, kamu harus ramah, profesional dan sigap dalam melayani pelanggan. Berikan penjelasan tentang menu dan jawab semua pertanyaan pelanggan dengan baik. Bila perlu berikan rekomendasi menu andalan restoranmu.

Setelah mengetahui syarat-syaratnya, semoga kamu bisa memperbaiki kekurangan restoranmu dengan baik. Memperbaiki kualitas bisnis memang tidak mudah apalagi jika kamu tidak ditunjang dengan modal yang memadai. Tapi jangan khawatir kamu bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan mengajukan KTA online.

Cara Mendapat Penghargaan Michelin

Penghargaan Michelin bisa disebut sebagai gelar bergengsi bagi restoran-restoran berkualitas. Rumah makan yang mendapat predikat ini tentu akan mengalami peningkatan daya jual. Tak hanya itu, citra restoran juga ikut meningkat berkat label tersebut.

Maka tak heran jika banyak pengusaha kuliner yang mendambakan penghargaan ini, bahkan berbagai cara dilakukan demi mendapatkannya. Kalau ingin restoranmu berhasil mendapat penghargaan Michelin, coba ikuti cara-cara di bawah ini:

1.    Renovasi Interior Restoran

Sebenarnya tampilan interior restoran tidak mempengaruhi penilaian secara langsung. Tapi akan menjadi nilai tambah jika kamu menatanya dengan baik. Ruangan yang tertata rapi dan terlihat estetik akan membuat pelanggan merasa nyaman serta betah saat menyantap makanan di restoranmu.

Biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi interior restoran sebenarnya lumayan besar. Apalagi jika ada banyak elemen yang harus dirombak ulang. Tapi jangan takut karena karena kamu bisa apply kta online dengan mudah untuk merealisasikannya.

Saat mengubah tampilan interior restoran kamu harus memikirkan konsepnya terlebih dulu. Bila perlu mintalah pendapat pelanggan mengenai konsep interior yang mereka inginkan.

Agar hasil renovasinya maksimal sebaiknya gunakan jasa desain interior profesional yang sudah berpengalaman.

2.    Undang Pihak Michelin

Setelah berhasil membuat hidangan berkualitas yang unik dan inovatif. Selanjutnya kamu perlu mengundang pihak Michelin untuk datang ke restoranmu. Cara mudah mengundang mereka yaitu dengan mengirim email atau surat tertulis.

Umumnya surat yang masuk akan ditinjau oleh staf Michelin dalam waktu 12 bulan ke depan. Namun, kamu tidak akan diberi tahu mengenai tanggal kedatangan perwakilannya. 

Mereka akan datang layaknya pelanggan pada umumnya dan merahasiakan nama orang tersebut. Hal ini bertujuan agar mereka bisa menilai kualitas hidangan dan layanan restoran dari sudut pandang konsumen sehingga penilaiannya lebih transparan.

3.    Jangan Fokus Mencari Perhatian

Pihak Michelin mendapat banyak rekomendasi dari masyarakat tentang tempat-tempat makan yang perlu mereka kunjungi. Tapi sayangnya banyak restoran yang membuat hidangan berkualitas pada jangka waktu tertentu saja untuk mencari perhatian publik.

Kalau kamu berencana melakukannya sebaiknya jangan, karena restoran yang seperti ini tidak akan mendapat penghargaan Michelin.

4.    Utamakan Kualitas Hidangan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pihak perwakilan Michelin tidak akan memberi tahu kapan mereka akan datang dan merahasiakan orang tersebut. Itu artinya kamu harus memberi kualitas terbaik ke semua pelanggan tanpa terkecuali.

Penting diingat, hidangan pembuka harus seenak menu utama, agar pelanggan merasa puas dengan kualitas makanan di restoranmu.

5.    Jaga Konsistensi Rasa

Hal tak kalah penting yang harus diingat yaitu pihak perwakilan Michelin tidak hanya datang sekali. Melainkan berkali-kali dalam jeda waktu yang tidak bisa kamu prediksi.

Bahkan mereka bisa datang sampai 6 kali untuk menilai 1 restoran. Orang yang menjadi perwakilannya pun tak hanya satu tapi ada beberapa orang.

Itulah tadi beberapa cara mendapat penghargaan Michelin yang bisa dicoba. Ajukan pinjaman digibank KTA jika kamu membutuhkan modal untuk memperbaiki interior restoranmu. Dapatkan pinjaman hingga Rp200 juta tanpa perlu melewati proses pengajuan yang rumit.

Melalui digibank kamu bisa mengajukan KTA online dengan mudah kapan saja dan di mana saja loh. Yuk cari tahu syarat dan langkah-langkah pengajuannya di sini. Segera ajukan pinjaman dan mulai persiapkan restoranmu untuk mendapat penghargaan Michelin.

 

 

Apply digibank KTA