Pinjaman KTA terbaik
30 Jan 2024

Ingin Punya Anak Kembar? Ini Program dan Estimasi Biayanya

Menjalani program bayi kembar memang tidak mudah dan biaya yang dibutuhkan bisa jadi sangat mahal. Untungnya ada produk pinjaman KTA yang saat ini bisa kamu manfaatkan untuk menjalani program tersebut.

Bagi sebagian pasangan, memiliki bayi kembar bisa jadi merupakan impian yang sangat ingin diwujudkan. Demi mencapai hal tersebut, mereka bisa mulai menjalani program yang spesifik bisa memperbesar peluang kehamilan bayi kembar.

Apa Itu Program Bayi Kembar?

Program bayi kembar merupakan langkah yang dilakukan untuk memperbesar peluang kehamilan kembar. Jadi dalam program ini diharapkan akan terjadi dua kali pembuahan yang nantinya menjadi bayi kembar.

Sebenarnya kehamilan kembar bisa terjadi secara alami namun dengan kemungkinan yang terbilang kecil. Jika orang tua memang sangat ingin memiliki bayi kembar, maka peluang tersebut bisa diperbesar lewat program khusus.

Program yang bisa dijalani untuk menghasilkan kehamilan kembar adalah program bayi tabung atau IVF (In Vitro Fertilization). Nantinya sel telur sang ibu akan diambil dan dibuahi sperma di dalam alat khusus.

Demi mendapatkan bayi kembar, maka dokter akan melakukan pembuahan lebih dari satu sel telur. Selanjutnya sel telur yang sudah dibuahi akan ditunggu perkembangannya sampai bisa berkembang menjadi embrio.

Dokter akan memasukkan lebih dari satu embrio di dalam rahim karena tidak semua embrio pasti tumbuh dengan baik. Nantinya diharapkan ada dua embrio yang bisa melekat di rahim dan berkembang menjadi bayi kembar.

Teknik IVF ini sangat umum digunakan untuk mendapatkan bayi kembar dalam satu kehamilan. Namun tetap saja ada peluang kegagalan karena banyak faktor yang akan berpengaruh terhadap keberhasilan program ini.

Faktor yang Memengaruhi Potensi Punya Bayi Kembar

Sampai saat ini belum ada alasan pasti bagaimana seseorang bisa mendapatkan kehamilan kembar. Setiap orang bisa memiliki peluang yang sama dan ada beberapa faktor yang akan memperkuat kesempatan tersebut.

Tidak ada salahnya untuk menjalani program kehamilan kembar lewat IVF, namun faktor-faktor yang berpengaruh tetap harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi potensi kehamilan kembar:

●     Usia Ibu

Pertama ada faktor usia ibu yang sangat berpengaruh terhadap peluang adanya kehamilan bayi kembar. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon FSH yang bisa terjadi seiring bertambahnya usia.

FSH merupakan hormon yang akan merangsang folikel dan punya peran penting dalam perkembangan sel telur. Jika usia wanita semakin bertambah, maka dibutuhkan tingkat FSH lebih tinggi agar bisa terjadi stimulasi sel telur.

Peluang kehamilan kembar bisa lebih besar terjadi pada wanita yang berusia di atas 30 tahun. Pada usia ini, seorang wanita punya potensi melepaskan lebih dari satu sel telur sehingga peluang kehamilan kembar bisa terjadi.

●     Genetik

Orang yang memiliki riwayat genetik kehamilan kembar kemungkinan besar juga akan mengalami hal serupa. Artinya jika ada saudara atau mungkin orang tua yang pernah punya anak kembar, maka kemungkinannya akan lebih besar.

Peluang semakin meningkat pada orang yang terlahir dengan saudara kembar. Bahkan peluang kehamilan kembar pada orang-orang dengan riwayat genetik seperti ini bisa terjadi secara alami.

●     Pola Hidup

Faktor lain yang juga bisa berpengaruh pada keberhasilan program bayi kembar adalah pola hidup. Sebenarnya ini tidak hanya pada program bayi kembar namun juga pada program kehamilan lainnya.

Dokter umumnya akan memberi arahan tersendiri terkait pola hidup agar pasiennya bisa berhasil menjalani program bayi kembar. Mulai dari pola makan yang harus dijaga agar lebih sehat hingga pola tidur yang lebih teratur.

Estimasi Program Bayi Kembar

Jika memang ingin menjalani program bayi kembar, maka IVF bisa jadi pilihan tepat. Hanya saja biaya yang dibutuhkan tidak sedikit jadi harus dipersiapkan sebaik mungkin.

Sebenarnya jika dibandingkan dengan biaya bayi tabung untuk kehamilan tunggal, program bayi kembar ini tidak jauh berbeda. Proses yang dijalani sama dan tahapannya juga sama jadi rata-rata biaya yang dibutuhkan pun sama.

Setiap rumah sakit akan memberlakukan biaya yang berbeda untuk program bayi tabung. Namun rata-rata total biaya yang dibutuhkan bisa sampai Rp70 hingga 80 juta untuk satu siklus proses bayi tabung.

Dalam hal ini calon orang tua masih harus menyediakan biaya tambahan untuk keperluan lain. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan suplemen dan asupan gizi yang harus dikonsumsi selama masa program berlangsung.

Demi mewujudkan kehamilan kembar melalui program bayi tabung, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan pinjaman KTA terbaik dari bank terpercaya. Pinjaman ini bisa menjadi sumber dana untuk membayar program tersebut.

Namun pastikan untuk membuat perhitungan yang matang. Carilah rumah sakit yang benar-benar punya fasilitas memadai dan menawarkan biaya program bayi tabung sesuai ekspektasi.

Tips Mengumpulkan Dana untuk Program Bayi Kembar

Memang benar bahwa program bayi kembar khususnya melalui IVF tidaklah murah. Belum lagi jika terjadi kegagalan pada satu siklus program dan harus ada pengulangan yang butuh biaya tambahan.

Tapi sebesar apapun kebutuhan biayanya tetap saja bisa diusahakan. Biaya untuk menjalani program bayi kembar ini bisa terpenuhi dengan beberapa tips berikut ini.

●     Cari Informasi Lengkap Terkait Biaya

Pertama-tama, cari dulu informasi lengkap mengenai biaya yang harus dikeluarkan. Dalam hal ini penting sekali untuk melakukan riset dan mencari informasi sebanyak mungkin.

Ingatlah bahwa setiap rumah sakit akan memberi penawaran biaya yang berbeda-beda. Jadi tidak ada salahnya meluangkan waktu lebih banyak untuk mencari informasi dan membandingkan biaya di beberapa rumah sakit.

●     Cek Tabungan dan Aset

Selanjutnya silakan cek tabungan dan aset yang dimiliki. Biaya untuk menjalani program bayi tabung dan bayi kembar tidaklah murah jadi ini saat yang tepat untuk menggunakan tabungan sekaligus aset.

Tentunya akan jauh lebih baik lagi jika pelaksanaan program ini sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari. Artinya ada waktu yang cukup untuk mempersiapkan biaya baik itu lewat menabung dan berinvestasi.

●     Pertimbangkan Pinjaman

Cobalah untuk mempertimbangkan pinjaman dana dari bank. Bisa saja nilai aset dan tabungan yang dimiliki masih kurang untuk membayar biaya program bayi kembar.

Meskipun ada tabungan dan aset yang cukup, namun jangan terlalu tergesa-gesa menggunakan semuanya. Jadi lebih baik pertimbangkan produk pinjaman agar kebutuhan dana bisa tercukupi dengan baik.

Produk pinjaman KTA dari digibank by DBS bisa jadi solusi bagi orang tua yang menginginkan program bayi tabung dan kehamilan kembar. Lewat produk pinjaman ini, ada beragam kemudahan yang bisa didapatkan.

Limit pinjaman yang ditawarkan yakni mencapai Rp200 juta dengan approval 60 detik. Selain itu, apply pinjaman juga mudah tanpa perlu dokumen fisik dan cicilannya fleksibel sampai 36 bulan.

Melalui digibank KTA, para orang tua bisa mewujudkan harapan mereka untuk menjalani program bayi tabung dan kehamilan kembar. Informasi lebih lanjut tentang pinjaman KTA ini, klik di sini!