Home Gym
21 Nov 2022

Hal yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Bangun Home Gym di Rumah!

Olahraga adalah aktivitas yang penting untuk dilakukan manusia. Dengan berolahraga, manusia bisa menjaga kesehatan dan kebugaran fisik. Belum lagi bentuk fisik yang atletis bisa juga didapatkan dari olahraga. Oleh sebab itu, sudah saatnya kamu membuat home gym sendiri di rumah bersama kredit tanpa agunan.

Mengapa harus memiliki home gym? Mengapa tidak pergi saja ke tempat gym yang kini sedang marak di berbagai kota? Simak manfaat memiliki home gym serta peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya di bawah ini.

Manfaat Memiliki Home Gym

Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika memiliki home gym pribadi di rumah dengan kredit tanpa agunan. Simak beragam manfaat tersebut:

  • Praktis

Dengan memiliki home gym di rumah, kamu tidak perlu repot-repot keluar dari rumah untuk berolahraga. Kamu pun tidak perlu bersiap-siap untuk pergi ke tempat gym terdekat dan membawa segala macam kebutuhan ke sana.

Bandingkan jika kamu harus ke tempat gym setiap kamu ingin berolahraga. Minimal kamu harus menyiapkan kendaraan terlebih dahulu agar bisa sampai sana. Belum lagi harus menyiapkan handuk dan air minum ke dalam tas.

  • Hemat Waktu

Waktu adalah uang. Oleh sebab itu, kamu harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Apalagi jika kamu adalah seorang pekerja yang sibuk dengan waktu terbatas. Kamu benar-benar akan merasakan bahwa waktu adalah sesuatu yang berharga.

Nah bagaimana bila kamu ingin berolahraga? Bukankah pergi ke tempat gym akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit? Maka dari itu, kamu perlu memiliki home gym di rumah untuk menghemat waktumu ketika ingin berolahraga.

Di samping itu, kamu juga dapat menghemat waktu ketika berolahraga karena kamu tidak perlu mengantri alat gym seperti yang orang-orang lakukan di tempat gym umum.

  • Higienis

Di tempat gym kita pasti menemukan berbagai macam orang yang kita tidak tahu darimana asalnya. Belum lagi mereka akan berkeringat ketika berolahraga. Tentu hal-hal ini akan membuat tempat gym umum tampak kotor.

Dengan memiliki home gym sendiri, kamu bisa meminimalisirnya karena hanya kamu dan orang-orang yang kamu ijinkan saja yang bisa memakainya. Kamu pun bisa berolahraga dengan nyaman dan lebih higienis tanpa bercampur keringat orang-orang tak dikenal.

  • Lebih Hemat

Memang dalam membangun home gym kamu akan memerlukan sejumlah biaya. Namun biaya ini bisa lebih murah dibandingkan kamu harus membayar gym setiap ingin berolahraga atau membayar iuran keanggotaan bulanan.

Di samping itu, dengan berolahraga di rumah kamu juga dapat menghemat biaya lainnya, seperti biaya bensin, biaya parkir, dan lain sebagainya. Jadi, home gym ibarat menjadi investasi dalam jangka panjang.

  • Lebih Rajin

Kita sering merasa malas untuk berolahraga di gym. Hal ini disebabkan kita harus bersiap-siap dan keluar dari rumah terlebih dahulu. Belum lagi tempat gym yang ramai dan penuh antrian akan membuat kita semakin malas.

Namun bila memiliki home gym, kita dapat lebih rajin berolahraga karena kita tidak perlu repot-repot melakukan hal-hal di atas. Belum lagi kita akan sering melihat home gym tersebut saat kita di rumah. Tentu hal ini bisa menarik minat kita untuk berolahraga.

  • Privasi Terjaga

Di tempat gym kita akan bertemu dengan banyak orang. Hal ini bisa membuat kita tidak nyaman karena kita tidak mengenal mereka. Belum lagi kita harus bersosialisasi di waktu-waktu tertentu agar suasana tidak canggung.

Namun dengan memiliki home gym di rumah, kamu tidak perlu melakukan hal-hal tersebut. Sekalipun ada orang yang berolahraga bersamamu, pastinya kamu sudah mengenal orang tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat berolahraga dengan tenang tanpa khawatir gangguan dari orang lain atau merasa tidak enak karena orang lain sudah banyak mengantri untuk menggunakan alat.

  • Sesuai Keinginan

Dengan memiliki home gym sendiri, kamu dapat membeli dan mengatur peralatannya sesuai keinginanmu. Kamu juga dapat mengatur ruangan seperti cat tembok, posisi cermin, dan lain sebagainya sesuai apa yang kamu mau.

Di samping itu, kamu juga dapat berolahraga kapanpun kamu mau dengan home gym di rumah. Berbeda bila kamu harus pergi ke tempat gym karena tempat tersebut pasti memiliki waktu tutup.

  • Bisa Mengajak Orang Terdekat

Ketika kita hendak berolahraga di tempat gym umum, kita sering mengalami kesulitan dalam mengajak orang terdekat untuk berolahraga bersama. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti mungkin mereka tidak nyaman dengan tempat ramai.

Namun dengan memiliki home gym pribadi, kamu bisa mengajak orang-orang terdekat untuk berolahraga bersama dengan lebih leluasa. Tentu hal ini juga mampu meningkatkan hubunganmu dengan mereka.

Alat-Alat Home Gym

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari memiliki home gym sendiri, saatnya kamu memikirkan alat-alat gym apa saja yang seharusnya ada di rumah. Jika kamu masih bingung, kamu bisa melihat rekomendasinya di bawah ini.

  • Treadmill

Treadmill adalah salah satu alat gym dasar yang harus dimiliki di rumah. Dengan treadmill, kamu bisa memulai olahraga dengan ringan terlebih dahulu. Treadmill juga bisa digunakan oleh pemula yang belum terbiasa dengan alat-alat gym.

Ada banyak fungsi dari treadmill, seperti dapat membakar lemak dalam tubuh dan memperkuat otot kaki. Treadmill juga dapat diatur kecepatan dan kemiringannya agar dapat disesuaikan dengan penggunanya.

  • Sepeda Statis

Alat gym dasar lainnya yang juga perlu dimiliki di rumah adalah sepeda statis. Sepeda statis juga bisa digunakan untuk memulai olahraga dengan sesuatu yang ringan atau oleh pemula yang belum terbiasa berolahraga dengan alat gym.

Sepeda statis bermanfaat untuk memperkuat otot paha hingga betis. Di samping itu, sepeda statis juga bermanfaat untuk membakar lemak dan latihan kardio. Sepeda statis dapat diatur kecepatannya sesuai kebutuhan pengguna.

  • Elliptical

Elliptical bisa menjadi pilihan untuk alat gym dasar di rumah. Alat ini dapat digunakan dengan meletakkan kaki di pedal dan tangan di pegangan tiang. Dengan alat ini, kamu akan merasakan berolahraga seperti naik tangga.

Alat ini cocok bagi pemula yang ingin belajar berolahraga. Selain itu, alat ini juga berfungsi sebagai olahraga kardiovaskular.

  • Barbell

Bila kamu mulai membutuhkan olahraga untuk membentuk otot, maka kamu bisa membeli barbell. Barbell berfungsi untuk melatih otot tangan, kaki, bahu, punggung, dan dada.

Ada berbagai macam barbell yang bisa kamu beli. Mulai dari barbell yang bisa diangkat oleh satu tangan seperti dumbbell hingga barbell panjang untuk latihan otot lebih lanjut.

  • Gym Ball

Apakah kamu pernah melihat bola besar yang biasa digunakan untuk berolahraga? Bila iya, itulah gym ball atau swiss ball. Bola ini mempunyai tujuan utama untuk melatih keseimbangan dan otot tubuh.

Ada beragam latihan yang dapat kamu lakukan dengan gym ball, yakni pullovers, crunches, bench press, shoulder press, lateral raises, dan lain sebagainya. Latihan-latihan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

  • Bench Abdominal

Jika kamu suka latihan sit up namun sering merasa kesulitan dalam melakukannya, maka kamu perlu memiliki bench abdominal. Alat gym yang satu ini berguna untuk membentuk otot perutmu.

Bench abdominal dilengkapi roller di bagian kaki sehingga kamu bisa menggantungkan kakimu. Dengan demikian, kamu tidak mudah tergelincir ketika sedang berolahraga.

  • Bench Press

Bench press adalah alat gym yang fleksibel karena bisa digunakan untuk beberapa macam latihan. Dengan alat ini kamu bisa melatih otot dada, punggung, bahu, tangan, dan lain sebagainya.

Ada tiga jenis bench press yang bisa kamu pilih, yakni flat bench atau yang berbentuk datar, decline bench atau yang berbentuk menurun, dan incline bench atau yang berbentuk menanjak. Beberapa bench press dapat diatur sesuai kebutuhanmu.

  • Leg Press Machine

Seperti namanya, alat gym satu ini berguna untuk membentuk otot kaki, yakni paha dan betis. Kamu bisa mengatur beban dan tingkat kesulitan dari alat ini sesuai keinginanmu.

  • Lat Pulldown Machine

Bila kamu ingin melatih otot punggung, maka pilihlah lat pulldown machine. Alat ini bertujuan untuk melatih otot punggung penggunanya, seperti Teres Major, Latissimus Dorsi, Posterior Deltoid, dan otot-otot lainnya.

Alat ini berbentuk pegangan yang bisa ditarik sembari duduk Oleh sebab itu selain melatih otot, kamu juga bisa memperbaiki postur tubuh, melangsingkan pinggang, dan membuat punggung lebih bidang.

  • Peck Deck Fly

Jika kamu mencari alat untuk melatih otot dada, maka kamu perlu membeli peck deck fly. Perlu diingat bahwa alat ini kurang tepat bila digunakan untuk mengembangkan massa otot, namun lebih berguna untuk menciptakan dada yang terlihat berotot.

Dengan alat ini, kamu bisa berolahraga dengan menarik beban menggunakan lengan. Bebannya pun dapat diatur sesuai kebutuhanmu.

  • Rowing Machine

Seperti namanya, alat ini berfungsi seperti mendayung dengan cara menariknya menggunakan lengan dan mendorongnya menggunakan kaki. Oleh sebab itu, alat ini cocok untuk latihan kardiovaskular.

Selain itu, alat ini juga berguna untuk melatih koordinasi tubuh dan membakar kalori. Bagaimanapun juga kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan alat ini karena tidak disarankan bila kamu sedang tidak sehat atau jarang berolahraga.

  • Tricep Bar

Alat gym satu ini berbentuk oval dengan memiliki pegangan paralel di kedua sisinya. Cara kerja alat ini adalah dengan memegang pegangan tersebut dan cobalah untuk mengangkat tubuhmu ke atas.

Seperti namanya, alat ini digunakan untuk melatih otot tricep-mu. Selain itu, alat ini juga dapat melatih otot dari berbagai sudut.

Membeli Gym Home dengan Kredit Bunga Rendah

Setelah mengetahui manfaat memiliki home gym dan beragam rekomendasi peralatannya, kini saatnya kamu mulai memikirkan untuk membelinya. Kamu bisa membeli peralatan tersebut dengan biaya dibawah Rp200 juta.

digibank by DBS siap membantumu untuk mewujudkannya dengan kredit bunga rendah. Apalagi DBS Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik sehingga akan memberimu beragam keuntungan dengan produk digibank KTA, seperti:

  • Bebas mengajukan kapan saja melalui go.dbs.com atau Aplikasi digibank by DBS
  • Proses pengajuan cepat, hanya 60 detik
  • Dapat langsung cair ke rekening digibank by DBS
  • Bebas menentukan jumlah pinjaman hingga Rp200 juta
  • Bebas menentukan jatuh tempo hingga 36 bulan
  • Tanpa dokumen fisik
  • Syarat mudah, yakni berpendapatan minimal Rp5 juta, mempunyai e-KTP dan NPWP, serta berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang.

Maka dari itu, klik di sini untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan dapatkan home gym dengan kredit tanpa agunan dari digibank KTA! Jangan lupa untuk siapkan ruangan yang memadai untuk home gym juga ya!