KTA
30 Aug 2023

Cermati Plus Minus Menggunakan Pinjaman KTA Bunga Rendah

Pinjaman bunga rendah seperti KTA merupakan salah satu produk perbankan yang banyak diminati saat ini. Proses pengajuan yang terbilang praktis serta jumlah pinjaman yang bernilai ratusan juta menjadi alasan mengapa banyak kalangan lebih memilih pinjaman KTA dibandingkan produk perbankan lainnya.

Sama seperti produk pinjaman lainnya, KTA pada dasarnya juga memiliki kelebihan dan keunggulan. Agar kamu lebih paham tentang plus minus dari produk pinjaman yang satu ini, lebih baik jangan lewatkan pembahasan berikut.

Keuntungan Mengajukan Pinjaman KTA

Sebelum membahas kekurangan dari pinjaman tanpa agunan, mari mengulas tentang kelebihannya lebih dulu. Apa saja? Di bawah ini merupakan poin-poin dan penjelasannya:

●       Persyaratan yang Mudah

Jika dibandingkan jenis dana pinjaman lainnya, KTA memang menawarkan persyaratan yang lebih gampang dan anti ribet. Para calon nasabah bahkan tak perlu repot lagi  menunggu survei dari pihak perbankan untuk mengunjungi rumah atau usaha yang mereka miliki.

Lembaga penyedia KTA hanya akan memberikan formulir yang perlu diisi yang dilengkapi dengan bukti keuangan berupa riwayat keuangan dari kartu kredit milik nasabah.

Seiring berjalannya waktu, banyak pemberi pinjaman KTA juga menawarkan pengajuan KTA secara online di mana nasabah hanya perlu mengisi formulir lewat aplikasi pada smartphone.

Tanpa berkas fisik, proses pengajuan pinjaman bebas agunan bisa dilakukan dengan mengupload dokumen yang diminta oleh lembaga penyedia KTA.

●       Proses Pencairan Cepat

Selain proses apply yang terbilang sangat simple, proses pencairan pinjaman KTA juga termasuk sangat cepat jika dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya.

Beberapa jenis produk pinjaman perbankan seperti pinjaman usaha, umumnya membutuhkan banyak tahap untuk sampai pada proses pencairan dana. Pasalnya, pihak perbankan akan melakukan survei usaha dan tempat tinggal lebih dulu.

Adapun proses pencairan modal pinjaman KTA membutuhkan waktu yang cukup singkat. Kamu bahkan bisa mendapatkan modal pinjaman dalam waktu tiga hari saja setelah pihak pemberi KTA melakukan analisa dan klarifikasi keuangan.

●       Tanpa Nilai Jaminan

Nilai plus selanjutnya yang bisa dinikmati nasabah saat mengajukan dana pinjaman KTA ialah tidak adanya jaminan apapun dari pinjaman yang diajukan.

Beberapa produk pinjaman lain biasanya akan meminta jaminan berupa kendaraan, rumah dan barang berharga lainnya sebagai jaminan.

Syarat jaminan ini dianggap cukup menjadi beban bagi banyak kalangan. Terlebih jika nasabah tersebut memang tak memiliki barang berharga yang bisa dijadikan sebagai jaminan. Oleh sebab itu, pinjaman KTA menjadi opsi terbaik untuk mengajukan pinjaman hari ini.

Tanpa memberikan jaminan apapun dan hanya bermodalkan besaran gaji tiap bulan, kamu pun sudah bisa mendapatkan pinjaman hingga ratusan juta rupiah.

Kekurangan Mengajukan Pinjaman KTA

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dari pengajuan pinjaman KTA, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui kekurangan yang dimiliki oleh KTA.

●       Jangka Tenor KTA Tidak Begitu Panjang

Jika kamu berniat mengajukan KTA dalam dekat, maka kamu perlu tahu bahwa KTA  menyediakan tenor yang cukup singkat di antara produk pinjaman lainnya.

Umumnya, tenor yang ditawarkan penyedia KTA ialah sekitar 3 hingga 5 tahun saja. Semuanya tergantung dari kebijakan lembaga pemberi pinjaman dan total pinjaman yang diajukan.

Masa tenor yang relatif singkat ini tentu memberikan kesulitan bagi nasabah yang membutuhkan durasi yang lebih lama untuk melunasi pinjamannya.

●       Wajib Memiliki Kartu Kredit

Syarat yang satu ini memang cenderung merepotkan banyak kalangan sehingga mereka pun lebih memilih untuk mengajukan pinjaman pada produk lainnya yang tak membutuhkan kartu kredit.

Calon nasabah diwajibkan untuk memiliki kartu kredit bukan tanpa alasan. Lembaga perbankan umumnya menjadikan kartu kredit sebagai acuan data finansial yang dimiliki oleh nasabah.

Dengan adanya laporan keuangan bulanan dari kartu kredit tersebut, maka penerbit pinjaman KTA pun memiliki gambaran dan perkiraan yang lebih jelas mengenai jumlah pinjaman yang bisa kamu ajukan.

Kemudian, jika pihak perbankan menemukan riwayat pinjaman bermasalah yang belum terselesaikan sebelumnya, maka kemungkinan besar pinjaman yang diajukan akan tertolak.

Tips Penting Menggunakan Pinjaman Bunga Rendah KTA

Agar kamu bisa menggunakan pinjaman KTA secara bijak, maka ada baiknya jika kamu menerapkan beberapa tips penting berikut.

●       Tentukan Tujuan Penggunaan yang Jelas

Sebelum mengajukan pinjaman KTA, kamu sebaiknya benar-benar sudah memiliki tujuan yang jelas terkait pinjaman yang akan diajukan. Cobalah untuk mempertimbangkan secara matang, apakah pinjaman tersebut sangat penting atau masih bisa ditunda.

Jangan sampai kamu mengajukan modal pinjaman bunga rendah hanya berlandaskan keinginan saja, apalagi jika hanya untuk memenuhi gengsi semata. Namun, jika tujuan pengajuan KTA memang untuk kebutuhan yang sangat krusial seperti renovasi rumah hingga modal bisnis, maka memang tak ada salahnya untuk mengajukan KTA.

Lebih dari itu, kamu tetap wajib memperhitungkan segala risiko yang akan ditanggung selama mengajukan KTA termasuk urusan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

●       Cek Kondisi Keuangan

Jangan tergiur dengan jumlah pinjaman yang bisa kamu dapatkan dari pengajuan KTA. Kamu harus tahu, dibalik total pinjaman bernilai ratusan tersebut, kamu wajib mencicilnya secara rutin setiap bulannya. Pastikan juga untuk melunasinya sesuai tenggat waktu yang ditentukan.

Jadi, ceklah kondisi keuanganmu lebih dulu. Apakah kamu benar-benar mampu atau tidak untuk melunasi semua cicilan tersebut.

●       Ajukan KTA dalam Jumlah yang Tepat

Total jumlah pinjaman bunga rendah KTA memang bernilai ratusan juta rupiah. Namun, ada baiknya jika kamu mengajukan KTA sesuai kebutuhan dan dalam jumlah yang tepat.

Perhitungkan jumlah pinjaman dengan kemampuan keuanganmu. Hindarilah jumlah cicilan pinjaman yang terlalu besar. Hal ini justru memberikan beban tersendiri bagi kondisi finansialmu.

Jangan sampai jumlah cicilan pinjaman yang harus kamu keluarkan mengganggu kebutuhan lainnya yang harus terpenuhi. Bisa jadi, kamu tidak sanggup membeli barang kebutuhan sehari-hari seperti makanan karena harus membayar cicilan KTA setiap bulannya.

●       Memiliki Komitmen untuk Melunasi KTA

Tips terakhir ini merupakan kunci utama yang perlu kamu terapkan sebelum dan sesudah mengajukan KTA. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa KTA merupakan produk pinjaman dengan masa tenor yang sudah ditentukan oleh pihak perbankan.

Karena memiliki durasi waktu cicilan, maka pastikan untuk berkomitmen penuh dalam melunasi cicilan tersebut setiap bulannya. Komitmen ini penting untuk kamu miliki agar terhindar dari perilaku “gali lobang tutup lobang”. Jangan sampai kamu malah berhutang pada orang lain demi menutupi cicilan KTA.

Pengajuan KTA Bernilai Ratusan Juta Rupiah Lebih Praktis

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik di tanah air. Komitmen ini bisa diwujudkan dengan proses pengajuan KTA yang terbilang mudah dan cepat melalui Aplikasi digibank by DBS. Dalam hitungan detik, pengajuanmu akan langsung di-approve.

Tak hanya proses pengajuan yang terbilang cepat, kamu juga bisa menikmati total pinjaman KTA hingga Rp200 juta. Jika kamu membutuhkan pinjaman bunga rendah dalam waktu dekat ini, segera apply DBS KTA. Informasi lebih lengkap bisa kamu cek di sini.

 

 

Apply digibank KTA