Cerdik Menabung Pasangan Muda untuk Wujudkan Hunian Impian
01 Jan 2024

Cerdik Menabung Pasangan Muda untuk Wujudkan Hunian Impian

Perencanaan finansial yang baik dan pengelolaan tabungan yang tepat bisa membantu pasangan muda untuk mewujudkan hunian impian mereka. Namun tentunya hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi apalagi sekarang kebutuhan hidup semakin mahal.

Tak hanya itu, tantangan lain yang harus dihadapi adalah harga rumah dan properti yang semakin meningkat. Dalam situasi seperti ini, pasangan muda perlu menyusun strategi cerdik untuk menabung secara konsisten agar hasilnya bisa sesuai harapan. Mari simak apa saja strategi yang bisa diterapkan demi mencapai hunian impian!

Strategi Menabung Pasangan Muda Demi Hunian Impian

Memang terdengar mudah namun pada kenyataannya menabung tidaklah semudah yang dibayangkan. Apalagi jika kamu adalah pasangan muda yang saat ini punya banyak kebutuhan untuk dipenuhi. Namun jangan menyerah, cobalah untuk menerapkan beberapa strategi cerdik berikut ini.

  • Tentukan Target Menabung

    Langkah pertama, tentukan dulu target menabungmu. Kamu dan pasangan pasti sudah tahu rencana hunian seperti apa yang ingin ditempati. Sebaiknya mulailah sedini mungkin mencari referensi, rumah seperti apa yang kamu inginkan.

    Saat ini harga properti sangat bervariasi tergantung tipe, lokasi, ukuran, dan masih banyak lagi. Jadi kamu dan pasangan harus melakukan riset atau pencarian secara detail. Cari tahu jenis rumah seperti apa yang kalian inginkan, dimana lokasinya, dan berapa bujet yang siap untuk dikeluarkan.

    Dari sini kamu dan pasangan bisa tahu berapa banyak uang yang harus dikumpulkan. Jika memang sulit untuk menentukan secara spesifik maka kamu bisa membuat perkiraan. Misalnya, kamu belum bisa menentukan properti seperti apa yang ingin dibeli maka paling tidak tentukan berdasarkan lokasinya.

    Target menabung ini sangat penting untuk kamu pahami agar nantinya bisa lebih konsisten. Kamu dan pasangan bisa lebih konsisten mengumpulkan uang jika tahu berapa target dana yang harus dicapai. Selain itu kalian juga jadi tahu berapa banyak uang yang harus dialokasikan per bulannya.

  • Buat Pos Alokasi Gajimu dan Pasangan

    Pembuatan pos alokasi gaji ini sangat bagus untuk mengatur keuangan dan bisa meningkatkan efektivitas dalam menabung. Kamu dan pasangan sebaiknya saling terbuka mengenai berapa besar pendapatan kalian. Setelah itu kalian bisa mulai menyusun alokasi pos-pos gaji yang dimiliki misalnya, pos atau alokasi untuk biaya hidup harian, tabungan, hiburan, proteksi dan donasi.

    Namun pembagian ini bisa sangat fleksibel disesuaikan kebutuhan masing-masing. Apalagi jika kamu dan pasangan punya cicilan lain, maka pastikan ada pos alokasi untuk membayar cicilan juga. Porsinya bisa bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

    Salah satu pos yang disebutkan tadi adalah menabung. Menabung ini bisa dibagi lagi menjadi simpanan dana darurat dan simpanan lain untuk mencapai target finansial tertentu. Misalnya saja untuk membeli hunian impian bersama pasangan.

  • Miliki Passive Income

    Semakin cepat nilai tabungan terkumpul maka akan semakin cepat pula kamu dan pasangan bisa membeli rumah. Demi mencapai kondisi ini maka kamu perlu menambah pemasukan. Ini menjadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan alokasi dana yang bisa ditabung.

    Tidak ada salahnya untuk mencoba mendapatkan passive income. Kamu dan pasangan bisa saja sama-sama bekerja secara aktif namun akan jauh lebih baik lagi jika ada sumber pemasukan pasif. Nantinya passive income ini bisa kamu jadikan sebagai penghasilan tambahan.

    Passive income adalah jenis penghasilan atau pemasukan yang didapatkan tanpa bekerja aktif. Jadi kamu tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama. Justru kalian bisa mengelola keduanya secara seimbang sehingga nilai pemasukan jadi lebih besar.

    Jika kamu dan pasangan benar-benar ingin memiliki rumah impian, maka passive income ini bisa dialokasikan untuk tujuan tersebut. Jadi semua nominal yang masuk dari pendapatan pasif akan langsung dipakai untuk menabung biaya membeli rumah.

    Apa saja jenis passive income yang bisa kamu dapatkan? Kamu dan pasangan bisa mengandalkan bakat atau hobi kalian. Misalnya dengan monetisasi blog, membuat konten, mengikuti program afiliasi, dan masih banyak lagi.

  • Gunakan Beberapa Rekening Tabungan

    Saat ini ada beragam jenis-jenis tabungan yang bisa kamu jumpai. Bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan penawaran beberapa rekening di bank yang sama. Lebih baik kamu manfaatkan saja layanan ini untuk meningkatkan efektivitas dalam menabung.

    Jika kamu dan pasangan memiliki beberapa rekening untuk menabung, maka kalian bisa memisahkan dana tersebut sesuai tujuan finansial yang ingin dicapai. Biasanya pasangan muda punya banyak tujuan finansial, tidak hanya membeli rumah impian. Jadi akan jauh lebih baik jika menabung di beberapa rekening.

    Di sini kamu dan pasangan bisa mengatur sesuai pemasukan kalian. Jika keduanya sama-sama punya pemasukan maka kalian bisa membagi satu orang mengisi satu akun rekening. Namun jika yang bekerja aktif hanya satu orang maka kalian bisa berdiskusi mengenai porsi nominal untuk masing-masing akun rekening.

  • Lakukan Investasi

    Strategi terakhir yang juga sangat penting untuk dipertimbangkan adalah investasi. Bagi pasangan muda, investasi ini bisa sangat efektif membantu mereka untuk mencapai tujuan finansial. Termasuk salah satunya adalah membeli rumah impian yang mungkin harganya tidak bisa dibilang murah.

    Dalam hal ini kamu dan pasangan perlu berdiskusi dengan matang. Selain itu persiapannya juga tidak bisa dilakukan terburu-buru. Investasi bukanlah hal yang bisa mendatangkan keuntungan dalam waktu singkat. Jadi lebih baik kamu dan pasangan memulai sedini mungkin agar investasi bisa memberi profit di waktu yang tepat.

    Pilihlah instrumen investasi yang punya prospek bagus di masa depan. Perhitungkan juga jangka waktu serta profit yang bisa dihasilkan dari instrumen investasi tersebut. Selain itu kamu dan pasangan juga harus memperhatikan risikonya. Pastikan untuk memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko masing-masing.

Kamu dan pasangan bisa menyusun strategi menabung untuk membeli hunian impian dengan memanfaatkan beragam fitur dari digibank by DBS. Salah satunya adalah Goal-culator untuk merencanakan strategi investasimu di masa depan. Kemudian kamu juga bisa berinvestasi lewat digibank by DBS untuk mencapai tujuan tersebut.

Jika menabung lewat digibank by DBS, ada produk Tabungan Maxi yang bisa kamu manfaatkan untuk menabung di 20 dompet. Cara buka rekeningnya 100% digital hanya butuh e-KTP dan swafoto. Selain itu bunga tabungan tinggi per tahun dan dananya fleksibel bisa ditarik kapan saja.

Setelah berhasil membeli rumah impian, kamu bisa memanfaatkan digibank KTA untuk mengisi rumah dengan beragam jenis perabot. Kredit ini juga bisa kamu manfaatkan untuk renovasi rumah agar bisa selesai lebih cepat.

Tunggu apa lagi? Langsung saja buka tabungan di digibank by DBS dan nikmati beragam keuntungannya. Silakan klik di sini untuk informasi lebih lengkap.