Cara Memulai Bisnis Jasa Foto Pernikahan dengan Modal Kredit
10 Jan 2022

Cara Memulai Bisnis Jasa Foto Pernikahan dengan Modal Kredit

Tahukah kamu, bahwa saat ini kamu bisa memulai bisnis jasa foto pernikahan dengan modal dari kredit pinjaman KTA? Saat ini pencairan dana KTA bisa mencapai puluhan juta rupiah. Itulah alasannya, kenapa produk pinjaman tersebut bisa memenuhi kebutuhan modal bisnismu.

Di sisi lain, potensi bisnis jasa foto pernikahan saat ini tengah naik daun. Pasalnya banyak layanan yang bisa kamu tawarkan kepada customer. Selain itu, bisnis ini juga tergolong minim kompetitor.

Keuntungan yang Bisa Didapatkan dari Bisnis Foto Pernikahan

Bisnis di bidang fotografi banyak dilirik oleh klien. Pasalnya, tidak semua orang memiliki kamera dan keahlian untuk mengambil foto dokumentasi berkualitas bagus. Selain itu juga ada beberapa kelebihan lain. Berikut apa saja kelemahan dan kelebihannya:

  1. Banyak Layanan yang Bisa Ditawarkan
    Saat ini jasa foto pernikahan tidak hanya sebatas foto pada hari pesta pernikahan berlangsung saja. Kamu juga bisa menawarkan layanan lain seperti foto pre-wedding, foto dokumentasi tunangan dan dokumentasi prosesi siraman.
  1. Jarang Sepi Job
    Jasa wedding photography merupakan layanan yang jarang sepi. Selain banyak tipe layanan, pasangan yang berencana menikah setiap bulannya tidak pernah surut. Terlebih jika kamu memiliki tempat bisnis yang strategis.
  1. Keuntungan Besar dan Cepat Balik Modal
    Harga jasa foto pernikahan tergolong besar. Satu kali proyek prosesi pernikahan saja bisa Rp1.000.000-an atau bahkan lebih.  Terutama jika kamu menggunakan kamera yang berkualitas jempolan, maka harganya pun akan lebih tinggi karena kualitasnya jauh lebih baik.
  1. Proses Menjalankan Bisnis Mudah
    Untuk kamu yang memiliki passion di bidang fotografi, pasti tidak akan kesulitan saat menjalankannya. Bahkan untuk kamu yang hobi foto-foto, bisnis ini adalah hobi yang menjanjikan keuntungan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bisnis Wedding Photography

Pada dasarnya, untuk memulai bisnis jasa foto pernikahan tidaklah sulit. Akan tetapi, alangkah baiknya kamu perhatikan hal ini sebelum memulainya. Terlebih jika kamu ingin memulai bisnis ini menggunakan modal dari kredit pinjaman. Berikut ulasannya:

  1. Perhatikan Jenis Kamera yang Kamu Gunakan
    Semua jenis foto bisa kamu gunakan untuk berbagai dokumentasi. Akan tetapi, untuk momen penting seperti pesta pernikahan, alangkah baiknya menggunakan kamera khusus untuk profesional.
    Jika kamu baru berencana terjun di bidang yang satu ini, silahkan lakukan survei kamera terlebih dahulu. Pilihlah kamera-kamera dengan spesifikasi khusus untuk profesional. Jika budget kurang mencukupi, silahkan kamu ajukan kredit online bank tanpa agunan.
    Kamera profesional untuk bisnis wedding photography minimal sudah memiliki sensor full frame. Harga kamera dengan sensor full frame terbaru yang paling murah berada pada kisaran Rp10.000.000. Kamu bisa mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan untuk membelinya.
  1. Membeli Lighting Set yang Kompeten
    Meskipun pernikahan di luar ruangan sudah mulai populer, namun faktanya, kebanyakan masyarakat masih memilih pesta pernikahan di dalam ruangan. Maka dari itu, kamu wajib mendukung kameramu dengan lighting set yang baik.
    Selain untuk di dalam ruangan, lighting set juga bisa kamu gunakan saat mengambil gambar di luar ruangan yang minim cahaya. Harga lighting set di pasaran cukup beragam, mulai dari yang jutaan hingga belasan juta rupiah.
    Jika kamu membutuhkan modal untuk membeli lighting set, silahkan ajukan kredit tanpa agunan saja.
  1. Memilih Kartu Memori Berkualitas
    Memory card atau kartu memori adalah hal yang sangat vital meskipun ukurannya kecil. Kartu memori berfungsi untuk menyimpan semua data gambar yang sudah kamu ambil melalui kamera yang digunakan.
    Pilihlah tipe memory card yang bagus untuk kebutuhan pengambilan gambar profesional. Jangan sekali-kali membeli kartu memori murah dan murahan, karena kamu tidak ingin semua proyek gagal karena error akibat kartu memori bukan?
  1. Gunakan Dua Kamera atau Lebih
    Proses pengambilan dokumentasi foto pernikahan sejatinya harus dilakukan oleh dua fotografer atau lebih. Tujuannya agar hasil gambar bisa dari berbagai sisi. Selain itu, berfungsi juga sebagai cover jika ada salah satu momen yang tidak bisa diambil gambarnya oleh salah satu kamera.
    Kamu bisa membeli dua kamera sekaligus dan merekrut satu kameramen untuk bekerjasama. Selain itu juga bisa bekerjasama dengan fotografer lain untuk menggarap proyek tersebut.
  1. Wajib Memiliki PC/Laptop untuk Editing
    Hal selanjutnya yang juga harus kamu siapkan sebelum memulai bisnis adalah membeli laptop atau komputer. Fungsinya yaitu untuk editing dan juga menyimpan file foto yang sudah kamu ambil.
    Selain itu jangan lupa juga untuk membeli software editing foto agar hasil foto lebih sempurna. Komputer atau laptop juga bisa kamu gunakan untuk mencetak foto yang diintegrasikan dengan komputer atau laptop.
    Kamu juga bisa membeli perangkat komputer atau laptop ini dengan menggunakan pinjaman kredit tanpa agunan.
  1. Memperdalam Ilmu Wedding Photography
    Perlu kamu ketahui, pengetahuan terkait cara pengambilan gambar untuk foto pernikahan dan casual itu berbeda. Contoh foto casual yaitu foto-foto yang biasa kamu lakukan sehari-hari saat hunting di jalanan, di tempat wisata, dan lainnya.
    Di sisi lain, foto pernikahan umumnya bergaya formal. Kamu harus memperhatikan view, sudut pengambilan foto, kostum, hingga make up. Itulah kenapa kamu harus memperdalam ilmu fotografi saat terjun di dunia jasa foto pernikahan.
    Untuk memperdalamnya kamu bisa mencari tutorial di internet. Atau bisa juga melalui kursus maupun sekolah yang saat ini sudah cukup banyak tersedia.

Berapa Modal yang Dibutuhkan untuk Bisnis Foto Pernikahan?

Mengulas sebuah bisnis kurang sempurna rasanya jika tidak membahas modal yang diperlukan. Untuk jasa fotografi pernikahan, modal yang diperlukan cukup beragam. Artinya kamu bisa menyesuaikannya dengan budget.

Berikut ini kami akan coba menghitung berapa kisaran modal standar untuk membuka layanan foto pernikahan.

  • Kamera mirrorless full frame: 000.000.
  • Lensa tambahan untuk kamera full frame standar: Rp3.000.000.
  • Lighting set foto studio: Rp5.000.000
  • Laptop/PC: Rp5.000.000.
  • Total modal: Rp23.000.000.

Di atas adalah budget standar untuk memulai usaha jasa foto pernikahan untuk satu unit kamera. Selain itu, budget di atas juga belum termasuk proses mencetak foto. Untuk mencetak foto, kamu bisa menggunakan jasa percetakan agar bisa menghemat budget untuk modal.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Foto Pernikahan

Ingin sukses menjalankan bisnis jasa foto pernikahan dan meraup untung besar? Berikut sudah kami rangkum tipsnya di bawah ini:

  1. Menawarkan Layanan Ekstra
    Jika kamu ingin mendapatkan untung besar, tawarkan paket layanan yang lengkap. Contohnya seperti layanan foto pesta pernikahan, dokumentasi video pernikahan, foto dokumentasi tunangan, video dokumentasi tunangan, dan lainnya.
    Semakin banyak layanan yang kamu tawarkan, maka semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.
  1. Perbanyak Portofolio
    Buatlah media untuk promosi baik itu berupa website, media sosial, dan platform lainnya. Gunakan media tersebut untuk portofolio hasil foto project yang sudah kamu garap. Tujuannya agar pelanggan yakin dengan kredibilitas dan kualitas kamu.
    Jika kamu baru terjun di bisnis ini, silahkan tawarkan promo menarik agar banyak klien yang tertarik. Tujuannya yaitu untuk memperbanyak portofolio milikmu.
  1. Gunakan Perangkat yang Mumpuni
    Untuk memiliki perangkat yang mumpuni, kamu tidak perlu mengeluarkan modal hingga ratusan juta rupiah. Modal Rp30.000.000 saja sudah cukup untuk memulainya. Selebihnya kamu bisa menabung dari penghasilan untuk melakukan upgrade perangkat.
    Jika kamu butuh modal untuk membeli perangkat-perangkat tersebut, silahkan ajukan kredit tanpa agunan saja. Suku bunganya kompetitif dengan tenor yang beragam.
  1. Pastikan Tidak Membeli Perangkat Bekas
    Ada banyak orang yang mulai menekuni bisnis di bidang fotografi bermodalkan kamera bekas. Sebenarnya hal ini sah-sah saja. Akan tetapi, kemungkinan terjadinya error pada kamera bekas semakin besar dibandingkan kamera baru.
    Selain kamera, hal ini juga berlaku dengan perangkat-perangkat yang lainnya. Terkecuali jika kamu sudah ahli dalam mengatasi error dan tahu memecahkan masalah jika ada perangkat yang rusak atau error ketika sedang digunakan.
  1. Survei dan Tentukan Harga yang Tepat
    Harga layanan tidak boleh terlalu mahal dan juga tidak boleh terlalu rendah. Jika terlalu mahal, customer akan lari dan mencari jasa lain. Sedangkan jika terlalu murah, justru malah merugikan kamu karena modal yang dikeluarkan tidak sedikit dan juga memerlukan pengetahuan yang luas.
    Silahkan kamu survei harga pasaran untuk jasa foto pernikahan. Sesuaikan harga dengan perangkat yang kamu gunakan. Semakin mahal harganya biasanya semakin banyak paket yang ditawarkan dan semakin bagus juga perangkat kamera yang digunakan.

Solusi Kredit Pinjaman untuk Modal Usaha Foto Pernikahan

Butuh modal untuk bisnis jasa foto pernikahan? Kini kamu bisa mengajukan kredit online bank langsung di Aplikasi digibank by DBS.

Perlu kamu ketahui, DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik dengan kelebihan sebagai berikut:

  • Proses pengajuan kredit online bank digital digibank bisa langsung melalui Aplikasi digibank by DBS di handphone atau website resmi go.dbs.com/kta
  • Proses approval hanya 60 detik saja.
  • Pencairan dana hingga Rp80.000.000 langsung ke rekening digibank by
  • Suku bunga mulai dari 0,95% saja per bulannya.
  • Pinjaman KTA dari digibank by DBS sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Cara Pengajuan Pinjaman digibank KTA

Ada dua cara pengajuan pinjaman kredit tanpa agunan di digibank KTA. Kedua cara tersebut yaitu khusus untuk nasabah DBS dan untuk non-nasabah DBS. Jadi, bagi yang belum menjadi nasabah, kamu tetap bisa mengajukan pinjaman di sini. Berikut  sudah kami rangkum cara-caranya.

Pengajuan Pinjaman untuk Nasabah

  • Download Aplikasi digibank by DBS melalui handphone.
  • Masuk ke menu utama aplikasi kemudian pilih “Personal Loan”.
  • Lengkapi data diri pada aplikasi.
  • Silahkan tunggu konfirmasi kurang dari 1 menit.
  • Pilih limit pinjaman sesuai kebutuhan modal.
  • Pilih tenor pinjaman.
  • Pencairan dana langsung secara real-time hingga Rp80.000.000 ke rekening digibank kamu.

Pengajuan Pinjaman Untuk Non-nasabah

  • Apply melalui situs go.dbs.com/kta.
  • Tunggu proses approval maksimal kurang dari 1 menit.
  • Setelah pengajuan disetujui, silahkan download Aplikasi digibank by DBS melalui Play Store maupun App Store.
  • Verifikasi biometrik dengan agen dari digibank by DBS yang bertujuan untuk membuka rekening pencairan
  • Pencairan langsung ke rekening digibank by DBS milikmu hingga Rp80.000.000.

Produk pinjaman pada Aplikasi digibank by DBS menawarkan solusi dana cepat untuk modal bisnis jasa foto pernikahan. Pencairan dana kredit hingga Rp80.000.000 dapat memberi keleluasaan untuk meminjam dana sebagai modal usaha. Yuk, ajukan sekarang juga!

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS