kontraktor
29 Oct 2023

Cara Kembangkan Bisnis Kontraktor Rumah dengan Pinjaman KTA

Kebutuhan akan pembangunan infrastruktur tentu semakin besar dan masif dari waktu ke waktu. Hal tersebut membuat kebutuhan jasa kontraktor juga semakin dicari. Terlebih jika kamu memiliki bisnis kontraktor yang dapat dikembangkan menjadi lebih luas lagi.

Mungkin banyak yang belum familiar secara teknis tentang bisnis kontraktor. Maka dari itu, pada artikel ini akan dijelaskan tentang bisnis kontraktor yang menggiurkan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai tips mengembangkan bisnis tersebut dengan bantuan budget dari pinjaman kilat.

Mengenal Bisnis dan Bidang Jasa Kontraktor yang Menggiurkan

Mengenal bisnis jasa kontraktor wajib mengetahui secara detail teknis dan harfiahnya. Definisi kontraktor sendiri adalah badan hukum atau perorangan yang dikontrak oleh pemilik proyek untuk melakukan pekerjaan seperti pembangunan infrastruktur atau bangunan hunian.

Secara teknis, bisnis jasa kontraktor mendapatkan sebuah proyek melalui dua cara, yaitu lelang proyek atau dipilih langsung oleh pemilik proyek. Hal tersebut tentu dipengaruhi oleh kapabilitas dan keahlian masing-masing kontraktor yang dipilih.

Terdapat berbagai macam bidang jasa konstruksi yang bervariasi dan perlu kamu ketahui. Seperti yang dikutip pada situs Tugu, terdapat 5 bidang pelaksanaan jasa kontraktor. Berikut ini penjelasan keenam bidang tersebut:

●       Kontraktor Sipil

Bidang kontraktor satu ini tentu familiar bagi kamu, karena bisnis kontraktor sipil berarti merancang infrastruktur yang berkaitan dengan penggunaan umum. Contoh mudahnya adalah pembangunan rancangan jalan raya, rel kereta api, sistem drainase bendungan atau irigasi.

Selain itu, pada skala yang lebih mikro, kontraktor sipil bertanggung jawab untuk melakukan pekerjaan pelaksanaan pondasi rumah, pemasangan baja, dan aspek lain yang berhubungan dengan dasar pembangunan sebuah bangunan.

●       Kontraktor Elektrikal

Jika kamu seorang teknisi elektrikal atau electrical engineering, tidak ada salahnya untuk memperluas bisnis kontraktor kamu pada bidang elektrikal. Bidang kontraktor satu ini berfokus pada sistem kelistrikan pada sebuah bangunan atau gedung.

Contoh mudahnya adalah pemasangan sistem kelistrikan, lift, eskalator dan instalasi fire alarm merupakan tugas dari para kontraktor elektrikal. Peran kontraktor elektrikal yang sangat penting ini menjadikan prospek pengembangan bisnis yang lebih luas.

●       Kontraktor Mekanikal

Bidang kontraktor ketiga adalah kontraktor mekanikal yang job description berfokus pada instalasi mekanik. Contohnya, instalasi pipa gas, instalasi alat-alat gedung seperti lift dan eskalator dan fasilitas vital sebuah infrastruktur lainnya.

Agar dapat lebih mudah membedakan antara kontraktor sipil dan mekanikal, kamu cukup melihat objek yang sedang dibangun. Jika kontraktor sipil berfokus pada pembangunan rancangan awal sebuah gedung atau hunian. Maka, kontraktor mekanikal berfokus pada benda atau aspek pendukung agar sebuah bangunan berfungsi sebagaimana mestinya.

●       Kontraktor Tata Lingkungan

Kontraktor tata lingkungan merupakan bidang kontraktor yang berfokus pada perancangan alat untuk pembuangan limbah sebuah infrastruktur. Contoh konkritnya adalah perancangan pipa minyak, gas dan instalasi pengelolaan limbah.

Tidak hanya berkaitan tentang limbah, kontraktor tata lingkungan juga bertanggung jawab untuk pembangunan perpipaan air bersih dan pengeboran air tanah. Bidan kontraktor satu ini memiliki peran yang sangat penting, baik untuk pembangunan infrastruktur skala makro maupun mikro.

●       Kontraktor Arsitektur

Bidang jasa kontraktor satu ini berfokus pada perancangan bangunan yang akan dibangun. Contoh, pada level makro, para kontraktor arsitektur akan berfokus pada perancangan tata kota, landscape dan perencanaan infrastruktur kota.

Namun, pada level kontraktor arsitektur mikro, desain yang dibuat adalah seperti desain produk, desain interior dan sebagainya. Kontraktor pada bidang ini masih berfokus pada gambar saja dan belum merujuk pada instalasi.

5 Tips Mengembangkan Bisnis Jasa Kontraktor

Apabila informasi lebih detail tentang bisnis jasa kontraktor sudah kamu pahami, maka selanjutnya kamu wajib untuk mengetahui berbagai tips untuk mengembangkan bisnis jasa kontraktor. Seperti yang dikutip dari situs Lalamove, berikut ini 5 tips yang dapat kamu pelajari yaitu:

●       Merancang Budget dan Rencana Bisnis

Hal pertama yang kamu wajib tentukan adalah rancangan budget dan rencana pengembangan bisnis kamu. Tujuannya adalah agar kamu memiliki catatan untuk periode tertentu yang nantinya dapat digunakan sebagai evaluasi bisnis kamu.

Aspek budgeting ini juga berkaitan erat dengan dana yang dapat kamu alokasikan untuk mengembangkan bisnis jasa kontraktor. Kamu tidak perlu sulit mencari budget untuk dana awal mengembangkan bisnis karena kamu dapat memanfaatkan pinjaman kilat langsung cair dari bank yang tepat.

●       Mengumpulkan Pengalaman

Bisnis jasa kontraktor tidak terlepas dari bertahun-tahun pengalaman di lapangan. Persiapan perbekalan yang matang akan menjamin kamu untuk dapat mengembangkan bisnis secara sukses.

Pada awalnya, memang bisnis jasa kontraktor pasti mengerjakan proyek-proyek kecil seperti rumah minimalis dan sebagainya. Namun, seiring waktu dan pengalaman maka proyek yang dijalani dapat semakin besar.

●       Membangun Reputasi di Mata Klien

Tips ketiga adalah membangun reputasi di mata klien, yang mana untuk bisnis jasa hal satu ini menjadi vital sekali. Reputasi seorang kontraktor dapat dibangun dari aspek ketepatan waktu dalam pengerjaan.

Selain itu, membangun relasi yang kuat di mata klien juga penting karena reputasi sebuah jasa pasti tergantung dari testimoni masing-masing klien. Maka dari itu, jika kamu sudah memiliki reputasi yang baik terus kembangkan dan tingkatkan.

●       Melakukan Promosi Offline dan Online

Melakukan promosi secara offline dan online juga penting sekali karena salah satu aspek untuk mengembangkan sebuah bisnis adalah memperluas pasar. Untuk promosi offline, kamu dapat mulai membuat brosur atau spanduk yang mencantumkan kontak bisnis kamu.

Sedangkan untuk promosi online, kamu dapat mengoptimalkan media sosial, website dan memanfaatkan ulasan dari klien. Kedua cara promosi tersebut dapat lebih efektif jika kamu memiliki reputasi terbaik dalam pasar bisnis kontraktor.

●       Menjaga Kualitas Pekerjaan

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah menjaga kualitas pekerjaan kamu. Karena ketika mengembangkan sebuah bisnis apapun, hal yang wajib kamu pertahankan adalah kualitas. Misal, reputasi jasa kamu yang selalu tepat waktu dan mengutamakan kesempurnaan bangunan.

Menjaga reputasi ini yang menjadi bekal bisnis kamu berkembang menjadi lebih luas. Jika kamu dapat membangun reputasi, tentu erat kaitannya dengan interaksi kamu sebagai kontraktor kepada klien.

Kembangkan Bisnis Jasa Kontraktor dengan Pinjaman Kilat

Bagi kamu yang sudah merencanakan untuk mengembangkan bisnis jasa kontraktor, sudah saatnya untuk merealisasikannya sekarang juga. Kamu dapat memanfaatkan pinjaman dari salah satu produk bank terbaik seperti digibank KTA.

Berbagai kemudahan dan kelebihan dari digibank KTA dapat mendukung pengembangan bisnis kamu. Contohnya seperti nominal pinjaman dapat mencapai Rp200 juta dan approval cuma membutuhkan waktu 60 detik.

Hal ini tentu membantu sekali untuk mempercepat proses pengembangan bisnis jasa yang kamu inginkan. Pinjaman kilat dari digibank KTA selalu menjadi pendukung paling tepat bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis. Untuk informasi lebih lanjut dan cara pengajuannya, kamu dapat klik di sini.

 

 

Apply digibank KTA