Bioskop
27 Sep 2022

Bioskop Mini, Ladang Bisnis Tak Kalah Menguntungkan

Ternyata, membuka usaha bioskop mini di rumah pakai pinjaman KTA bisa jadi usaha tambahan yang tidak kalah menguntungkan. Usaha bioskop mini terlahir lantaran adanya sebagian orang yang senang menonton tapi tidak terlalu suka keramaian.

Ada sebagian besar orang yang menganggap jika menonton di bioskop yang besar seringkali dipenuhi dengan suara yang gaduh. Akibatnya, suasana menonton jadi kurang nyaman. Karena itu, bioskop mini hadir sebagai solusi dari permasalahan tersebut.

Kisaran Modal Bisnis Bioskop Mini

Dalam mengelola bioskop mini, sebetulnya kita tidak membutuhkan banyak waktu. Kita bisa membukanya di waktu-waktu tertentu seperti hari libur atau akhir pekan. Ini merupakan waktu dimana orang-orang biasanya pergi ke bioskop untuk menonton film. Karena itu, bisnis ini sangat cocok jika dijadikan usaha tambahan di samping penghasilan utama.

Sebagai langkah awal memulai bisnis bioskop mini, tentu ada cukup banyak elemen yang harus dipersiapkan. Selain memilih target pasar, kamu juga harus mempersiapkan modal yang cukup untuk menyulap ruangan kosong di rumahmu menjadi sebuah bioskop mini yang keren.

Namun, sebagai tahap awal kamu hanya membutuhkan modal sekitar Rp60-80 juta saja. modal ini sudah mencakup untuk membeli televisi dengan layar yang cukup lebar, tempat duduk, sound system, peredam suara, dan beberapa ornamen lainnya untuk mendekorasi ruang bioskop tersebut.

Untuk ruangannya sendiri, sebaiknya gunakan ruangan berukuran minimal 4 x 6 meter atau 6 x 8 meter. Ukuran tersebut bisa muat 15 sampai 20 orang untuk satu session. Usahakan untuk membatasi jumlah kapasitas penonton. Tujuannya agar ruangan tidak terlalu sesak dan penonton tetap nyaman di ruang bioskop tersebut.

Keuntungan Bisnis Bioskop Mini

Selain berbicara modal, hal lainnya yang dibicarakan dalam berbisnis adalah keuntungannya. Bioskop mini digadang-gadang sebagai salah satu bisnis yang mampu memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Pelaku bisnis bioskop mini ini bisa meraup keuntungan sekitar 60% hingga 80% dari bisnis tersebut. Tentu saja persentase keuntungan tersebut menunjukan jika bisnis ini cukup menjanjikan. Umumnya, untuk sebuah bioskop mini biasanya kita bisa menarik harga tiket mulai dari Rp60 ribu hingga Rp100 ribu per filmnya.

Jika dalam satu kali pemutaran film ada 15 orang saja yang membeli tiket, maka kamu sudah bisa mengantongi Rp900 ribu sampai Rp1,5 jutaan. Jika dalam sehari kamu memutar hingga 5 kali penayangan film, maka kamu sudah bisa mengantongi Rp4,5 juta sampai Rp6 jutaan per hari. Fantastis bukan?

Hambatan Bisnis Bioskop Mini

Di balik keuntungannya yang fantastis, tentu tidak terlepas dari hambatan yang perlu kita hadapi. Dalam menjalankan sebuah bisnis, kita pasti akan menemukan berbagai hambatan, termasuk dalam membuka bisnis bioskop mini.

Sebenarnya, hambatan yang akan kamu temui dalam bisnis bioskop mini ini tidak terlalu banyak. Namun, cukup berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis tersebut. Beberapa hambatan yang paling sering dialami ialah kesulitan dalam mencari film terbaru, menjalin kerja sama dengan produser, serta perawatan alat-alat elektronik yang digunakan.

Karena itu, pastikan kamu telah menemukan jalan keluarnya terlebih dahulu sebelum mulai menjalankan bisnis ini. Tujuannya, agar saat bisnis bioskop ini dibuka kamu sudah tahu bagaimana cara mengatasi hambatan tersebut.

Tips Sukses Bisnis Bioskop Mini

Meskipun tampak menggiurkan, menjalankan bisnis bioskop mini tetap tidak dapat dilakukan sembarangan. Kamu tetap membutuhkan tips sukses agar bisnis tersebut bisa berjalan sesuai dengan harapan. Nah, di bawah ini kami ada segelintir tips sukses dalam menjalankan bisnis bioskop mini untuk kamu.

1. Pilih Ruangan yang Memadai

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam membuka bisnis bioskop mini ialah dengan menentukan ruangan terlebih dahulu. Jika akan membukanya di rumah, maka pilihlah ruangan yang memadai. Sebaiknya, jangan gabungkan ruangan tersebut dengan ruangan yang lain. Tujuannya yaitu untuk menghindari gangguan lain saat pemutaran film dimulai.

Karena itu, pilihannya kamu bisa menggunakan kamar tidur cadangan yang tidak terisi, gudang, atau ruangan kosong lainnya. Jika Anda memiliki ruang bawah tanah, itu bisa jadi pilihan terbaik untuk dijadikan sebagai ruang bioskop mini.

2. Persiapkan Peralatan dan Perangkat Elektronik

Hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan bisnis bioskop mini ialah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, baik itu furniture ataupun perangkat elektronik. Adapun beberapa perangkat elektronik yang dibutuhkan biasanya terdiri dari televisi, proyektor, dan beberapa perangkat audio.

Beberapa perangkat tersebut bisa dipilih sesuai dengan lokasi bioskop tersebut. Perihal dana, kamu bisa menyesuaikannya dengan jumlah pinjaman KTA yang diajukan. Pilihlah secara bijak agar semua peralatan tersebut semuanya bisa dimanfaatkan dengan baik.

Misalnya, kamu bisa memilih TV LED yang besar atau proyektor HD sebagai media untuk menampilkan film. Kedua pilihan tersebut dapat disesuaikan dengan keinginan atau desain yang kamu usung dari bioskop mini tersebut.

Selain itu, agar memberikan pengalaman yang lebih nyaman saat menonton kamu bisa menyediakan beberapa kursi yang yang empuk. Biasanya, kursi yang digunakan juga memiliki lengan pada sisi kiri dan kanannya.

3. Tata Ruang dengan Tepat

Setelah menemukan ruangan yang tepat dan peralatan sudah siap, selanjutnya pastikan untuk membuat tata ruang yang nyaman. Dalam hal ini Anda perlu mempertimbangkan secara matang elemen apa saja yang akan digunakan. Pasalnya, hal ini akan mempengaruhi jumlah modal yang dibutuhkan.

Anda juga harus memperhatikan penempatan perangkat audio, meja, kursi, hingga layar pemutaran film. Selain itu, pertimbangkan jarak pandang dari tempat duduk ke layar. Buatlah posisi paling nyaman, jangan terlalu jauh ataupun terlalu dekat. Anda bisa mencobanya dengan simulasi terlebih dahulu.

Untuk membuat para penonton nyaman, cobalah untuk mendekorasi ruang bioskop tersebut dengan tema tertentu. Anda bisa memilih tema klasik, scandinavian, modern, rustic, atau tema lainnya yang menarik.

4. Atur Pencahayaan

Pencahayaan merupakan sebuah kunci penting kenyamanan dalam ruang bioskop mini. Seperti yang kita ketahui, ruang bioskop selalu terisolasi dari cahaya luar. Karena itu, bioskop mini yang Anda miliki juga harus dipastikan demikian.

Pastikan tidak ada cahaya dari luar yang masuk ke ruangan tersebut. Jika ada jendela, Anda dapat menutupnya dengan gorden atau furniture yang memadai. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan lampu redup di ruangan tersebut.

Pencahayaan seperti ini bisa membuat suasana yang lebih fokus untuk menikmati movie yang sedang ditayangkan. Intinya, semakin sedikit cahaya luar yang masuk maka akan semakin baik pula pengalaman menonton yang akan didapatkan. 

5. Kondisikan Suara dan Audio

Selain pencahayaan, audio juga memegang kunci penting dalam usaha bioskop mini di rumah. Perlu diketahui, bahwa suara bising dari luar akan memberikan pengalaman menonton yang kurang nyaman. Karena itu, pastikan kamu mengatasi hal ini dengan baik.

Kamu bisa mengatasinya dengan memasang panel akustik atau peredam suara pada dinding ruangan. Hal ini bisa membantu meminimalisir masuknya suara dari luar ke dalam dan suara dari dalam ke luar.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan pintu solid dan tirai tebal untuk menghalangi suara. Melapisi lantai menggunakan karpet juga bisa membantu untuk membuat ruangan menjadi kedap suara. Dengan begitu, pengunjung akan mendapatkan pengalaman menonton yang menyenangkan.

6. Gunakan Strategi Promosi Terbaik

Setelah semua persiapan sudah selesai, kamu membutuhkan sebuah strategi promosi terbaik agar bisnis tersebut bisa harum kemana-mana. Bisnis apapun jika tidak diiringi dengan strategi promosi yang andal, kemungkinan akan sulit berkembang. Karena itu, kamu perlu sebuah strategi yang andal untuk mempromosikan bisnis bioskop mini tersebut.

Kamu bisa mulai dari memilih beberapa film yang sedang cukup populer di wilayah tersebut. Jangan lewatkan pula untuk menayangkan film baru yang sedang booming di masyarakat. Untuk mendapatkan film tersebut secara legal, kamu bisa menjalin kerja sama dengan produser film agar lebih efektif.

Untuk mempertahankan para pelanggan, kamu bisa membuat sistem member. Cara ini cukup efektif untuk membuat mereka kembali nonton di bioskop mini yang kamu kelola. Sebagai pemanis, kamu juga bisa menyediakan voucher gratis nonton bioskop bagi pelanggan yang sudah beberapa kali menonton film di tempatmu.

Cara ini cukup efektif untuk membuat mereka datang lagi dan lagi karena ingin mendapatkan voucher gratis nonton tersebut. Agar lebih efektif, jangan lupa untuk mempromosikan bisnis bioskop mini ini di sosial media. Kamu juga bisa menjalin kerja sama dengan pihak lainnya untuk mendapatkan promosi bisnis mini bioskop tersebut.

Garap Usaha Bioskop Mini bersama digibank KTA

Tertarik membuka usaha bioskop mini sebagai usaha tambahan? digibank KTA mengajak kamu untuk membangunnya bersama pinjaman dengan bunga rendah. Hal ini karena DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Tidak hanya memiliki bunga rendah, pinjaman ini juga menawarkan beberapa keuntungan di bawah ini.

  • Pengajuan Online 24 Jam

Pengajuan pinjaman ini tidak mengharuskan kamu untuk pergi kemana-mana. Kamu bisa mengajukannya kapan saja dan dari mana saja melalui Aplikasi digibank by DBS. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi go.dbs.com/kta untuk melakukan pengajuan secara online.

  • Approval Cepat

Tidak harus menunggu lama-lama, selama semua syarat dan data pengajuan yang kamu isi benar maka pengajuan apa disetujui dalam waktu 60 detik saja.

  • Langsung Cair hingga Rp80 Juta

Jika pengajuan telah disetujui, pinjaman yang kamu ajukan bisa cair hingga Rp80 juta. Selain itu, dana tersebut akan langsung masuk ke rekening digibank yang kamu miliki. Karena itu, pada tahap registrasi biasanya kamu juga akan diminta untuk buka rekening digibank terlebih dahulu.

  • Atur Jumlah Pinjaman

Atur jumlah pinjaman sesuai kebutuhan melalui Aplikasi digibank by DBS dengan mudah dan cepat.

  • Tenor 36 Bulan

Pilih tenor sesuai jumlah angsuran yang diinginkan. Kamu bisa memilih waktu pinjaman hingga 36 bulan.

  • Tidak Perlu Dokumen Fisik

Pengajuan pinjaman digibank KTA dilakukan secara online. Karena itu, kamu tidak membutuhkan dokumen fisik apapun.

  • Syarat Pengajuan Mudah

Siapkan dirimu untuk mengajukan pinjaman dengan mudah bersama digibank KTA. Kamu hanya perlu memiliki NPWP, e-KTP, dan berpenghasilan minimal Rp5 juta. Selain itu, pastikan kamu tinggal di Jabodetabek, Surabaya, Semarang, atau Bandung.

Lalu, bagaimana tahap-tahap mengajukan pinjaman KTA? Berikut selengkapnya di sini:

https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/pinjaman-digibank-kta

 

Siap untuk meraup keuntungan dari bisnis bioskop mini? Yuk, ajukan pinjaman KTA-mu sekarang bersama digibank KTA!

Transaksi

Tentang Kami

Hubungi - 0804 1500 327 atau 
+6221 29852888 (dari luar negeri)
Business hour pukul 09.00 WIB - 17.00 WIB

Prosedur Pengaduan Nasabah

Download Now

Countries and regions

PT Bank DBS Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)