Mobil Baru
21 Jun 2022

Beli Mobil Baru dengan Hasil Reksadana Saham, Ini Tipsnya

Sudah menemukan merk mobil impian yang ingin dibeli? Saatnya Anda menentukan budget dan cara pembeliannya. Investasi seperti Reksadana Saham bisa jadi pilihan tepat ketika Anda ingin membeli mobil secara cash. Tanpa harus menunggu terlalu lama untuk mengumpulkan uang tambahan, investasi bisa jadi jalan pintasnya.

Khususnya untuk Reksadana Saham yang memiliki kelebihan dari sisi keuntungannya yang relatif lebih tinggi dari pada jenis investasi Reksadana lain meskipun memiliki sejumlah risiko yang tak bisa Anda abaikan. Tergantung bagaimana cara Anda berinvestasi, Reksadana ini bisa menguntungkan dan membantu Anda menyiapkan dana pembelian mobil. Mari simak bagaimana Reksadana Saham menguntungkan untuk membeli mobil dan cara memanfaatkannya.

Mengapa Investasi Reksadana Saham Cocok untuk Membeli Mobil Baru?

Ada beberapa alasan yang membuat investasi saham Reksadana lebih cocok bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk membeli mobil. Pertama adalah imbal hasil Reksadana relatif lebih tinggi diantara jenis Reksadana lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh harga saham di dalamnya yang cukup fluktuatif di waktu yang sangat cepat.

Return yang relatif lebih tinggi inilah yang menjadi acuan utama mengapa Anda perlu memilihnya. Apalagi mengingat harga mobil saat ini tidaklah murah. Alasan selanjutnya adalah Reksadana ini tidak membutuhkan modal besar layaknya Anda membeli saham langsung di pasar modal.

Investasi bisa dimulai dengan modal uang ratusan ribu saja yang tentu tidak akan memberatkan atau mengganggu financial bulanan. Reksadana Saham juga investasi yang bebas pajak, jadi keuntungan yang didapatkan 100% bisa Anda gunakan.

Satu hal yang pasti adalah selama investasi Anda tidak perlu melakukan analisis sendiri karena akan ada Manajer Investasi yang akan membantu. Manajer Investasi inilah yang akan mengelola portofolio Reksadana yang telah Anda pilih.

Jadi cara kerja Reksadana Saham adalah Anda sebagai investor hanya perlu menyetor uang, memilih produk Reksadana dan pengelolaan dana Anda akan dilakukan oleh profesional yakni Manajer Investasi. Inilah berbagai alasan mengapa Anda perlu memilih investasi Reksadana dalam proses mengumpulkan uang untuk membeli mobil.

Sekarang tinggal bagaimana Anda bisa memanfaatkan investasi ini untuk memperoleh keuntungan optimal dan mobil impian bisa segera didapatkan.

Tips Investasi Reksadana Saham untuk Bisa Segera Membeli Mobil

Sudah dibantu oleh Manajer Investasi dalam pengelolaan namun bukan artinya Anda bisa sangat bersantai. Investor disarankan tetap ikut memantau pergerakan aset dan membaca teliti laporan dari Manajer Investasi. Jika tidak kesalahan pembelian produk yang membawa kerugian bisa terjadi.

Adapun beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam memanfaatkan investasi saham Reksadana agar cepat membeli mobil berikut ini bisa diikuti.

1.    Memperhitungkan Dana yang Harus Dikumpulkan

Anda bisa menggunakan Reksadana untuk mengumpulkan uang muka pembelian mobil kemudian melanjutkan dengan kredit, bisa juga agar uang terkumpul penuh. Baru setelah itu Anda membeli mobil secara tunai. Oleh karena itu memperhitungkan dana yang harus dipenuhi jadi langkah yang sangat penting.

Biasanya untuk uang muka disesuaikan dengan 20%-30% dari harga mobil. Jika Anda sudah tahu berapa perkiraan harga mobil tersebut maka akan lebih mudah menghitungnya. Dana inilah yang jadi tujuan Anda investasi di Reksadana Saham, yang harus terkumpul sesuai jangka waktu yang diinginkan.

2.    Menerapkan Strategi

Kunci utama supaya dana lebih cepat terkumpul adalah dengan melakukan pembelian produk secara rutin. Kegiatan ini disebut dengan strategi cost averaging yakni membeli investasi dengan bertahap atau rutin. Selama Anda melakukan pembelian dengan rutin, maka lama kelamaan aset yang dimiliki juga bertambah.

Semakin banyaknya unit Reksadana yang dimiliki maka ketika nilainya naik Anda bisa langsung menjual dan mendapat keuntungannya. Anda tidak perlu langsung menjual Reksadana setelah nilainya naik, tunggu sampai unit terkumpul banyak dan nilainya tumbuh.

3.    Mengecek Kinerja Reksadana

Sangat penting untuk mengecek kinerja Reksadana sebelum membelinya. Anda bisa mengecek langsung melalui prospektus atau berdasarkan analisis Manajer Investasi. Data tersebut akan memperlihatkan bagaimana konsistensi dari produk Reksadana. Khususnya Reksadana Saham yang investasinya dalam periode menengah panjang.

Reksadana yang bisa memberikan hasil konsisten berpotensi untuk menguntungkan di masa depan. Baik itu dari perusahaan domestik maupun global semuanya memiliki prospektus yang cukup jelas untuk Anda pelajari. Cek juga pemeringkatan Reksadana dari masing-masing perusahaan tersebut.

4.    Memiliki Perusahaan dengan Sektor yang Diminati

Pada saat Anda melihat produk Reksadana Saham ada banyak sekali perusahaan dari berbagai sektor terlihat. Selain memperhatikan prospektus Anda juga bisa memilih produk dari sektor yang banyak diminati. Contohnya saja sektor teknologi, barang konsumsi, transportasi dan masih banyak lagi.

Mengetahui mana sektor yang paling banyak dibutuhkan akan sangat membantu pemilihan produk Anda. Demi memperluas wawasan akan hal ini Anda bisa lebih sering membaca berita terkini atau mengenai ekonomi nasional dan internasional. Selain sektor Anda juga bisa memilih berdasarkan kapitalisasi pasar.

5.    Membuat Jadwal Pengecekan Portofolio

Terlalu sering membaca portofolio kurang bagus untuk investor, juga bagi investor yang tidak pernah membacanya sama sekali. Jika terlalu sering justru akan membuat Anda bisa mengambil langkah impulsif yang menimbulkan kerugian. Namun tidak membaca sama sekali juga tidak disarankan karena Anda tetap harus tahu perkembangannya.

Cara paling tepat adalah dengan menentukan jadwal mengecek portofolio. Setidaknya Anda perlu membaca portofolio investasi saham Reksadana ini setiap tiga atau enam bulan sekali. Baru dalam jangka waktu tersebut ketika hasilnya tidak sesuai harapan Anda bisa switch atau menjual produk tersebut.

Tips mana saja yang sudah Anda terapkan selama investasi di Reksadana Saham selama ini? Jika belum sama sekali Anda bisa mengubah cara berinvestasi dengan yang lebih tepat dari sekarang. Mengingat jangka waktu investasinya sendiri cukup lama.

Jika untung lebih tinggi maka keinginan untuk membeli mobil akan lebih cepat dilakukan. Anda tidak perlu menunggu lama menyisihkan uang setiap bulannya dengan menabung kembali. Tinggal manfaatkan saja pengelolaan investasi yang sudah dilakukan.

digibank by DBS: Platform Investasi Reksadana Saham yang Tepat

Hal yang tak kalah pentingnya dari kelima tips di atas adalah menentukan platform investasinya. Aplikasi digibank by DBS bisa menjadi pilihan tepat Anda untuk investasi dan mengumpulkan dana pembelian mobil. Aplikasinya praktis digunakan dan mencakup semua jenis Reksadana termasuk Reksadana Saham.

Mulai dari cara pembelian, penjualan atau pengalihan produk bisa dilakukan dengan cepat. Simak kelebihan-kelebihan yang ditawarkan berikut ini:

1.     Ketersediaan Produk yang Sangat Lengkap

Banyak jenis Reksadana tersedia di Aplikasi digibank by DBS. Anda akan menemukan 50 lebih produk Reksadana yang bisa dipilih lengkap dengan prospektusnya. Ada beberapa informasi yang akan Anda temukan di setiap produknya seperti strategi umum investasinya, mata uang, jenis dan risiko produk.

Informasi yang sangat lengkap ini tentu akan memudahkan Anda dalam menentukan mana produk paling tepat untuk dibeli saat ini.

2.     Pemilihan Produk Berdasarkan Kategori

Aplikasi digibank by DBS juga telah mengkategorikan produk-produknya yang akan mempermudah investor dalam memilih. Terdapat tiga kategori utama yang akan Anda dapatkan. Pertama adalah Reksadana kinerja terbaik, isinya adalah daftar Reksadana yang disesuaikan dengan kinerja terbaiknya dalam satu tahun terakhir.

Kedua adalah Reksadana terpopuler yang isinya merupakan daftar Reksadana dengan hasil pembelian terbanyak nasabah dalam satu tahun terakhir. Ketiga adalah Reksadana scoring terbaik yaitu daftar Reksadana yang disesuaikan dengan scoring produk.

Scoringnya sendiri diterbitkan PT. Infovesta Utama yang juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan PT. Bank DBS Indonesia. Penilaiannya sendiri dilakukan satu tahun yang prosesnya dilakukan setiap bulannya.

3.     Aktivitas Transaksi yang Mudah

Anda bisa melakukan transaksi mulai dari penjualan, pembelian dan pengalihan produk di satu aplikasi. Jika ingin melakukan pembelian, Anda bisa pilih produknya kemudian baca lengkap prospektus serta ringkasan informasi Reksadana dan pilih beli. Pastikan jika Anda sudah memiliki Single Investor Identification (SID)

Apabila Anda belum memilikinya, Anda bisa mendaftarkan diri dengan Aplikasi digibank by DBS ini. Caranya, tinggal login ke aplikasi, kemudian pilih menu investasi dan klik buat sekarang. Sisanya Anda hanya perlu mengisi informasi yang diperlukan dan selesaikan pendaftaran.

4.     Investasi dengan Modal Mulai Rp100.000

Tak perlu menunggu lama atau menunda untuk investasi karena Reksadana Saham yang bisa dimulai dengan modal Rp100.000 saja. Anda bisa menyisihkan gaji bulanan dengan sangat mudah bukan. Pastinya juga tidak akan memberatkan kondisi keuangan.

5.     Akses Pembelian Berkala

Mempermudah Anda untuk berinvestasi rutin, disediakan juga fitur pembelian berkala yang bisa Anda akses untuk produk apa saja. Cara menggunakannya Anda bisa masuk ke menu Pembelian Berkala setelah menentukan produknya.

Jangan lupa untuk isi bagian informasi seperti nominal investasinya, tanggal pendebetan serta rekening pendebetan. Pihak bank akan melakukan pendebetan otomatis sesuai dengan nominal yang sudah Anda tentukan di awal tersebut. Apabila tidak ingin menggunakan fitur ini lagi tinggal klik Hapus Reksadana berkala.

Jadi apakah Anda sudah siap untuk investasi Reksadana Saham hari ini? Investasi jangka panjang ini membutuhkan perencanaan yang cukup matang dan teliti. Mengingat dana yang diharapkan tidak sedikit.

Selama Anda sudah mengetahui berapa dana yang harus dikumpulkan dan selektif dalam memilih produk Reksadana maka tidak akan menjadi masalah. Anda akan dibantu oleh Aplikasi digibank by DBS terkait informasi lengkap seputar produk dan juga analisis investasinya.

Teliti dalam memilih produk Reksadana akan membantu Anda terhindar dari kerugian. Aplikasi digibank by DBS yang mudah digunakan ini membuat Anda tidak perlu mengakses aplikasi lain untuk membuat Single Investor Identification. Semuanya bisa diakses langsung di satu aplikasi kapan saja dan di mana saja.

Anda bisa langsung mengunduh Aplikasi digibank by DBS ini di Play Store atau Appstore secara gratis. Isi formulir pendaftaran dan daftarkan diri Anda untuk membuat akun sehingga investasi Reksadana Saham bisa segera dilakukan.

Apabila Anda merasa ingin menambah investasi di Reksadana lain juga bisa langsung dilakukan karena ketersediaan produknya yang lengkap. Tak perlu menunda lagi, capai impian membeli mobil Anda dengan digibank by DBS.