Begini Cara Investasi Reksadana Pasar Uang yang Tepat Agar Untung Maksimal

Begini Cara Investasi Reksadana Pasar Uang yang Tepat

Dari berbagai macam jenis investasi, Reksadana menjadi instrumen yang paling banyak diminati masyarakat di Indonesia, produk Reksadana pasar uang salah satunya. Tidak hanya menjadi instrumen investasi yang mudah dilakukan, Reksadana pasar uang juga memiliki potensi pertumbuhan yang cukup baik.

Cara investasi Reksadana pasar uang yang mudah serta peluang pertumbuhannya yang kian hari terus meningkat, sudah sewajarnya jika banyak orang tertarik menginvestasikan uangnya pada jenis Reksadana  satu ini. Peluang keuntungan yang akan kamu dapatkan cenderung stabil bahkan dalam beberapa waktu ini Reksadana pasar uang mengalami peningkatan kinerja yang signifikan.

Tidak hanya memiliki peluang pertumbuhan yang terus meningkat, Reksadana pasar uang juga sangat cocok bagi para investor yang tidak mau menanggung risiko investasi yang tinggi. Melakukan investasi di Reksadana pasar uang juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang baru ingin terjun ke dunia investasi.

Pertumbuhan Reksadana Pasar Terus Meningkat

Investasi Reksadana pasar uang menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang ingin mendapatkan keuntungan besar tapi tidak mau dihadapkan dengan risiko yang terlalu tinggi. Supaya kamu lebih yakin tentang peluang keuntungan yang ada, sebaiknya kamu mengetahui data-data kenaikan atas kinerja Reksadana pasar uang pada pembahasan kali ini.

Total dana kelolaan Reksadana pasar uang sepanjang tahun 2021 melesat cukup tinggi dibandingkan dengan jenis Reksadana yang lain. Pada jumlah dana kelolaan Reksadana pasar uang telah mengalami kenaikan hingga 14,26 persen sepanjang tahun 2021 pada bulan Oktober lalu jumlah dana kelolaannya mencapai angka Rp108 triliun.

Tentunya pencapaian tersebut bukan titik akhir dari pertumbuhan Reksadana pasar uang, pada bulan dan tahun selanjutnya bisa jadi pencapaian tertinggi bisa diraihnya kembali. Menurut data yang terkumpul di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan bahwa Reksadana pasar uang mencatat pertumbuhan yang terus meningkat, baik dari segi dana kelolaan maupun total unit penyertaan.

Dari segi jumlah dana kelolaan yang terkumpul Reksadana pasar uang mencatat mengalami pertumbuhan tertinggi dibandingkan jenis Reksadana lain dalam sepanjang tahun berjalan atau yang disebut YtD (Year to date). Dilihat dari YtD  jumlah dana kelolaannya naik sebanyak 14,26 persen menjadi Rp107,96 triliun pada bulan Oktober 2021 lalu.

Pada bulan sebelumnya yakni pada bulan Juli dana kelolaan Reksadana pasar uang tercatat masih di angka Rp104,7 triliun. Kemudian kembali mengalami peningkatan di bulan Agustus menjadi Rp106 triliun dan pada bulan September mengalami sedikit penurunan menjadi Rp104 triliun. Namun angka penurunan tersebut tidak terlalu signifikan dibandingkan pada jenis Reksadana yang lain.

Pada bulan Mei 2021 lalu Reksadana pasar uang untuk pertama kalinya berhasil mencatat jumlah dana kelolaan mencapai angka Rp100 triliun yang lebih tepatnya berjumlah Rp100,3 triliun. Untuk pertumbuhan secara bulanan atau MoM jumlah dana kelolaan Reksadana pasar uang mengalami peningkatan hingga 4 persen sedangkan secara tahunan atau YoY mencatat peningkatan sebesar 21 persen.

Peningkatan pada jumlah dana kelolaan Reksadana pasar uang juga diiringi dengan meningkatkannya jumlah unit penyertaan. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pada saat ini minat masyarakat terhadap investasi Reksadana pasar uang terus meningkat. Kesadaran mereka akan pentingnya investasi mulai tumbuh dengan baik, ditambah lagi cara investasi Reksadana terbilang mudah dan bisa dilakukan dengan modal ratusan ribu.

Sehingga banyak orang yang tertarik menginvestasikan uangnya di Reksadana pasar uang, sebagian besar dari mereka ingin melakukan investasi dalam jangka pendek yakni kurang dari 1 tahun. Investasi jangka pendek sangat cocok bagi kamu yang ingin menyimpan uang tabungan dengan imbal hasil yang lebih tinggi dari suku bunga bank. Reksadana pasar uang juga bisa kamu jadikan alternatif untuk menyimpan dana darurat karena bersifat fleksibel dan mudah dicairkan.

Cara Investasi Reksadana yang Tepat

Ketika kamu hendak melakukan investasi pada instrumen apa pun, hal penting yang harus diperhatikan pertama kalinya adalah cara dan strategi yang harus kamu gunakan. Dalam melakukan investasi dibutuhkan berbagai cara agar keuntungan yang didapatkan bisa lebih maksimal. Untuk melakukan cara investasi Reksadana yang tepat sebenarnya tidaklah sulit.

Sebenarnya kamu tidak perlu mengatur strategi yang terlalu rumit ketika melakukan investasi di Reksadana. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli produk Reksadana pasar uang. Agar keuntungan yang kamu dapatkan bisa maksimal sebaiknya kamu menerapkan tips cara investasi Reksadana berikut ini:

  1. Tentukan Tujuan Terlebih Dulu
    Ketika kita melakukan berbagai hal pasti didasari oleh sebuah tujuan, contohnya ketika kamu melakukan olahraga tentu tujuanmu melakukannya agar tubuh lebih sehat. Tindakan kecil yang dilakukan setiap orang pasti memiliki tujuan yang pasti apalagi tindakan pada skala yang lebih besar, seperti saat melakukan investasi.
    Oleh karena itu dalam melakukan tindakan yang lebih besar kamu perlu memiliki tujuan utama yang mendasarinya. Sebelum memutuskan untuk menginvestasikan uangmu tentukan tujuan utamanya terlebih dulu. Tujuan bisa diibaratkan sebagai fondasi yang memperkuat diri dalam melakukan investasi.
    Misalnya tujuanmu melakukan investasi adalah untuk menyimpan dana darurat dalam jangka pendek dan membutuhkan instrumen investasi yang fleksibel dan mudah dicairkan. Maka pilihlah produk yang memiliki keunggulan yang sesuai dengan kebutuhanmu tadi, salahnya anda Reksadana pasar uang.

  2. Pilih yang Sesuai dengan Profil
    Apa kamu termasuk orang yang tidak suka menghadapi risiko investasi yang tinggi? Jika demikian adanya jangan paksa dirimu melakukan investasi di instrumen yang memiliki fluktuasi yang tinggi. Bagi orang-orang yang suka mencari Investasi yang aman dari risiko kerugian yang fatal, investasi di Reksadana pasar uang bisa menjadi pilihan yang paling sesuai.
    Cara investasi Reksadana pasar uang juga tidak rumit kamu tidak perlu memikirkan strategi  tertentu untuk melakukannya. Jadi sangat cocok untuk orang-orang yang suka cari aman saat melakukan investasi. Reksadana pasar uang juga bisa menjadi pilihan yang sesuai bagi para pemula karena biasanya pemula cenderung memilih investasi yang rendah risiko.

  3. Lakukan Riset Sebelum Memilih Manajer Investasi
    Di era serba digital seperti sekarang semua hal bisa dilakukan dengan mudah, termasuk dalam pembelian produk Reksadana pasar uang. Sekarang banyak platform yang menyediakan layanan pembelian Reksadana secara online. Namun dibalik kemudahan tersebut kadang membuat beberapa orang tidak berpikir panjang saat membeli produk Reksadana.
    Sering kali ditemui para pemula yang asal membeli produk Reksadana dan tidak memperhatikan detail produk dan manajer investasi yang mengelola. Sehingga bukan keuntungan yang mereka dapatkan melainkan kekecewaan. Cara investasi Reksadana yang tepat yaitu dengan melakukan riset dan mencari informasi terkait manajer investasi yang akan dipilih sebelum memutuskan untuk membelinya.
    Pastikan kamu mengecek legalitas manajer investasi tersebut dengan mengunjungi situs resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan), jika nama perusahaan manajer investasi yang kamu maksud tidak ada di sana. Bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut ilegal yang sebaiknya kamu hindari. Selain mengecek legalitasnya, kamu juga perlu menelusuri rekam jejak dari perusahaan tersebut.
    Pilihlah perusahaan yang memiliki rekam jejak yang positif dan jangan lupa untuk mengecek kinerjanya melalui portofolio hasil investasi yang pernah mereka kelola. Disarankan pilihlah manajer investasi yang sudah memiliki nama dan reputasi yang baik agar kamu bisa melakukan investasi dengan tenang dan aman.

  4. Cek Nilai Draw Down pada Produk yang Dipilih
    Cara investasi Reksadana online yang juga sangat penting dan tidak boleh kamu lewatkan yaitu mengecek nilai draw down pada produk yang akan kamu beli nantinya. Nilai draw down adalah tingkat kerugian paling besar yang pernah dialami oleh sebuah produk Reksadana. Jika produk yang kamu pilih memiliki nilai draw down sekitar 30 persen dalam satu tahun itu artinya kinerjanya mengalami penurunan hingga 30 persen.
    Pada umumnya produk Reksadana yang memiliki nilai draw down yang tinggi ditemukan pada produk Reksadana saham dan Reksadana campuran. Sedangkan pada produk Reksadana pasar uang secara umum memiliki nilai draw down yang rendah, yakni sekitar nol koma sekian persen saja atau bahkan tidak memiliki nilai draw down sama sekali.

  5. Ketahui Expence Ratio pada Produk yang Dipilih
    Dalam melakukan investasi Reksadana pasar uang kamu juga harus mengetahui hal-hal detail dari produk yang akan dibeli. Cara investasi Reksadana online yang tidak boleh kamu lewatkan yang terakhir yaitu mengecek Expence Ratio pada produk Reksadana pasar uang yang dipilih, sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Expence Ratio merupakan jumlah biaya yang digunakan oleh manajer investasi untuk mengelola produk Reksadananya.
    Biaya tersebut meliputi dari biaya marketing dan biaya operasional yang lainnya. Cara investasi Reksadana online yang tepat yaitu dengan memilih produk Reksadana pasar uang yang memiliki Expence Ratio rendah. Tingkat Expence Ratio yang rendah menandakan bahwa manajer investasi tersebut cukup baik dalam mengelola produknya.

Investasi di Reksadana Pasar Uang dengan Mudah Lewat Aplikasi digibank by DBS

Melakukan investasi Reksadana secara online memang sangat mudah, tapi kebanyakan platform pembelian produk Reksadana pada umumnya memiliki cara pembayaran yang agak merepotkan. Di mana kamu perlu melakukan transfer pembayaran secara manual untuk menyelesaikan transaksi pembelian produk Reksadana.

Meskipun terbilang sepele ada baiknya jika kamu mencari cara investasi Reksadana yang praktis dan mudah melalui satu aplikasi saja. Aplikasi digibank by DBS bukan hanya sekedar aplikasi digital banking biasa karena telah menyediakan berbagai layanan yang menarik. Salah satunya adalah layanan pembelian produk investasi Reksadana yang mudah dan praktis hanya dalam satu aplikasi saja.

Kamu tidak perlu melakukan transfer pembayaran secara manual untuk menyelesaikan transaksi pembelian produk Reksadana di aplikasi digibank by DBS karena akan secara otomatis memotong saldo di rekening digibank by DBS milikmu. Ini kelebihan membeli produk Reksadana di aplikasi digibank by DBS:

  • Ada 3 macam kategori Reksadana yaitu kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik yang bisa dipilih dengan mudah
  • Pembelian Reksadana berkala yang fleksibel
  • Pembelian Reksadana mulai dari Rp100 ribu
  • Tersedia 50 lebih pilihan produk Reksadana
  • Semua proses dilakukan dalam 1 aplikasi mulai dari daftar SID, jual, beli, dan switch

Kini kamu tidak perlu repot lagi mentransfer pembayaran saat membeli Reksadana karena cara investasi Reksadana di digibank by DBS mudan dan bisa langsung memotong saldo dari rekeningmu.

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /