Kolam Renang
22 May 2022

Bangun Bisnis Kolam Renang dengan Kredit Tanpa Agunan

Salah satu usaha yang potensial dan terus berkembang di berbagai wilayah Indonesia adalah bisnis kolam renang. Kolam renang sering dijadikan sebagai sarana melepas penat sehingga masih banyak peminatnya hingga saat ini. Kendala modal untuk membangun bisnis kolam renang tidak perlu dikhawatirkan karena dapat diatasi dengan Kredit Tanpa Agunan

Bisnis kolam renang merupakan bisnis yang istimewa karena memiliki banyak konsumen potensial namun operasionalnya tergolong mudah. Diiringi dengan pertumbuhan penduduk, kolam renang pun semakin banyak diminati atau dikunjungi. Menarik bukan?

Tidak bisa dipungkiri, berenang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain itu, berenang juga telah terbukti baik bagi kesehatan dan cocok untuk menyegarkan pikiran. Suatu kolam renang bisa digunakan untuk banyak orang.

Bisnis kolam renang merupakan bisnis yang menarik tapi masih sedikit yang melirik bisnis ini karena mungkin banyak yang belum tahu cara memulainya.  Beberapa prospek yang dimiliki bisnis kolam renang dapat kamu simak sebagai berikut.

  1. Aset Bisnis Utuh
    Bisnis ini pada dasarnya dapat dikatakan sebagai penyewaan suatu tempat. Bisnis ini tergolong sebagai bisnis properti karena pengunjung yang datang menyewa kolam renang selama mereka berenang.
    Konsep bisnis kolam renang menjadi sistem sharing place sehingga pengunjung sudah mengetahui bahwa meskipun telah membayar harga menikmati kolam renang, mereka juga harus bersedia berbagi dengan pengunjung lainnya.
    Pemilik bisnis kolam renang mempunyai hak utuh mengelola kolam renang sehingga kolam akan tetap terjaga dengan baik dan minim kerusakan. Menarik bukan?
  2. Biaya Operasional Murah
    Dibandingkan dengan bisnis dalam usaha jasa yang lain, bisnis kolam renang termasuk usaha dengan biaya operasional yang murah. Pengelolaan kolam renang hanya membutuhkan air dan penjagaan lingkungan kolam renang agar tetap bersih.
  3. Tidak Membutuhkan Tenaga yang Ahli
    Jika kamu berencana membuka bisnis kolam renang, kamu tidak perlu khawatir terkait karyawan yang akan kamu rekrut karena untuk menjalankan kolam renang tidak memerlukan orang yang ahli.
    Beberapa karyawan yang diperlukan adalah penjaga loket, cleaning service dan penjaga parkir. Jika kamu mempunyai program seperti les renang maka kamu baru membutuhkan tenaga ahli perenang.
  4. Mudah Mencari Pelanggan
    Kamu tidak perlu repot mencari pelanggan karena pada umumnya kolam renang memang menjadi kebutuhan untuk beberapa kelompok seperti pelajar. Secara tidak langsung pelajar yang mempunyai pelajaran renang di sekolahnya akan menjadi pelanggan tetap. Menarik bukan?

Tips Sebelum Membangun Kolam Renang

Setelah memantapkan hati untuk membuka bisnis kolam renang, kamu perlu mengetahui beberapa tips sebelum membukanya. Simak tipsnya berikut ini.

  1. Persiapkan Modal Usaha
    Luas kolam renang akan menjadi acuan estimasi biaya mendirikan bisnis kolam renang. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan pengajuan kredit tanpa agunan bunga rendah untuk kelancaran usaha.
  2. Perawatan Kolam Renang
    Walaupun perawatan kolam renang terlihat sangat simple, namun kamu harus benar-benar detail ya! Kolam renang harus dibersihkan secara rutin agar kolam renang tidak menjadi sumber penyakit.
  3. Tingkat Keselamatan
    Keselamatan pada bisnis kolam renang kamu harus diperhatikan. Sebagai bentuk antisipasi, pemilik kolam renang ataupun beberapa karyawan harus bisa berenang agar jika ada kasus tenggelam dapat langsung ditangani.
  4. Keamanan Lingkungan Kolam Renang
    Selain keselamatan untuk pengunjung, keamanan juga menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan oleh pemilik kolam renang.
    Salah satu aspek keamanan bisa berupa keamanan barang-barang pengunjung. Untuk menunjang keamanan maka pemilik sebaiknya memasang sistem CCTV. Jangan ragu untuk melengkapi fasilitas di bisnis kolam renang kamu karena kamu bisa mendapatkan biaya dari Kredit Tanpa Agunan.
  5. Legalitas Kolam Renang
    Bisnis kolam renang dikategorikan sebagai bisnis yang cukup besar sehingga legalitas merupakan hal yang wajib. Jangan lupa untuk mendaftarkan bisnis kolam renang kamu ke pemerintahan terkait.
    Izin yang kamu dapatkan akan menjadi bukti sah kepemilikan usaha dan izin kolam renang yang kamu bangun. Selain itu, izin berguna untuk menghindari gangguan legal.
  6. Fasilitas Kolam Renang
    Untuk mendukung kelancaran usaha kolam renang dan juga meningkatkan kepuasan pelanggan maka suatu kolam renang harus didukung dengan fasilitas yang memadai.
    Beberapa fasilitas yang perlu dimiliki adalah fasilitas ruang ganti baju, kamar bilas serta kaca, ruang tunggu, tempat menyewa alat-alat renang seperti ban dan kacamata, adanya loker penitipan, loket tiket, kantin hingga wahana permainan.
  7. Dapat Melakukan Perluasan Bisnis
    Dalam suatu kawasan kolam renang, kamu memungkinkan mengembangkan usaha lain seperti menyewakan tempat bagi pedagang makanan. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu akan mendapatkan dua aliran pendapatan.
    Menggunakan dana dari kredit tanpa agunan kau bisa menyiapkan lokasi untuk nantinya menjadi tempat bagi para pedagang makanan.
  8. Strategi Promosi
    Walaupun pelanggan kolam renang umumnya akan datang dengan sendirinya, kamu harus tetap memiliki strategi antisipasi seperti jika ada pesaing lain. Promosi ini bisa dilakukan secara mulut ke mulut, menggunakan selebaran ataupun melalui media sosial.
    Strategi promosi juga bisa dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan pihak-pihak sekolah yang potensial.

Rekomendasi Tempat Strategis Membangun Kolam Renang

Setelah mengatur segala rencana, jangan lupakan lokasi kolam renang yang akan kamu bangun dengan kredit tanpa agunan bunga rendah. Lokasi kolam renang haruslah di tempat strategis dan ramai. Berikut beberapa rekomendasi tempat strategis membangun kolam renang.

  1. Pusat Kota
    Selain pelajar, pelanggan kolam renang secara umum adalah masyarakat kekinian yang sudah terbuka dengan fasilitas hiburan. Semakin dekat dengan pusat kota atau pusat keramaian maka akan semakin besar peluang kolam renang kamu dipilih sebagai alternatif melepas penat.
  2. Dekat dengan Sekolah
    Seperti yang telah disebutkan, sekolah dapat menjadi penyalur pelanggan tetap untuk sebuah bisnis kolam renang. Kamu harus melakukan riset untuk penentuan lokasi kolam renang yang strategis dan potensial.
    Semakin dekat suatu kolam renang dengan sekolah maka akan semakin besar kesempatan terpilih sebagai kolam renang untuk memenuhi nilai pelajaran olahraga.
  3. Dekat dengan Fasilitas Hiburan
    Semakin dekat dengan fasilitas liburan maka keberadaan kolam renang akan semakin terlihat dan menjadi destinasi untuk berenang.

Bisnis kolam renang dinilai memiliki omset per bulan yang menggiurkan. Hal yang perlu dilakukan adalah menarik pengunjung sebanyak mungkin. Sebagai contoh jika tiket dihargai dengan Rp20 ribu per orang maka jika ada 100 orang, pendapatan kotornya bisa mencapai Rp2 juta.

Kolam renang yang sudah populer bisa menarik pengunjung hingga ribuan orang. Menarik bukan?

Estimasi Biaya Membangun Bisnis Kolam Renang

Sebelum melakukan pengajuan kredit tanpa agunan bunga rendah untuk membangun kolam renang, kamu perlu mengestimasikan biaya pembangunannya agar estimasi sesuai dengan ekspektasi. Simak estimasinya berikut ini.

  1. Persiapan Lahan Usaha Kolam Renang
    Lahan usaha akan lebih baik jika kamu sudah memilikinya karena jika belum kamu harus mempersiapkan dana yang lebih besar untuk mendapatkan lahan yang strategis. Dalam rincian estimasi ini, kamu digambarkan telah memiliki lahan.
  2. Pembangunan Kolam Renang
    Biaya pembangunan kolam renang akan disesuaikan dengan luasan dan desain dari kolam renang itu sendiri. Kamu memerlukan dana sekitar Rp50 juta untuk desain kolam renang sekitar 4 x 2 meter persegi.
    Jangan khawatir untuk modal awal pembangunan kolam renang karena kamu bisa memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan.
  3. Biaya Operasional
    Biaya operasional suatu kolam renang dapat terdiri dari upah atau gaji karyawan, biaya air dan listrik, perizinan usaha kolam renang hingga biaya tak terduga. Persiapkan setidaknya Rp20 juta untuk biaya operasional.

Rekomendasi digibank KTA Untuk Rencana Bangun Bisnis Kolam Renang

DBS Indonesia memiliki komitmen menghadirkan digibank sebagai sebuah digital banking terbaik. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir dengan produk yang ditawarkan. Salah satu produk digibank by DBS adalah digibank KTA. Berikut berbagai keunggulan digibank KTA yang harus kamu ketahui, antara lain:

  1. Prosesnya sangat mudah karena sistem online 24 jam. Kamu bisa mengajukan kredit ini kapan saja serta dimana saja, baik dari website go.dbs.com/kta atau dari Aplikasi digibank by DBS yang dapat kamu akses dari smartphone.
  2. Approval sangat cepat karena hanya membutuhkan waktu 60 detik
  3. Dana dapat langsung cair ke rekening digibank by DBS kamu hingga Rp80 juta
  4. Pengguna dapat mengatur jumlah pinjaman
  5. Cicilan hingga 36 bulan
  6. Tanpa membutuhkan dokumen fisik
  7. Syarat yang dimiliki untuk mengajukan pinjaman sangat mudah. Pastikan kamu berdomisili di daerah Jabodetabek, Semarang, Bandung serta Surabaya. Kemudian identitas diri yang dibutuhkan hanya e-KTP serta NPWP. Kamu juga harus memiliki penghasilan minimal 5 juta serta mengantongi kartu kredit dari bank lain dengan minimal limit 10 juta.

Dengan berbagai keunggulan di atas, sudah semakin yakin memilih produk ini? Berikut langkah pengajuan Kredit Tanpa Agunan digibank KTA bagi kamu yang belum menjadi nasabah, antara lain:

  1. Pada laman https://secure.id.dbsdigibank.com/ kamu bisa klik apply disini, kemudian isi seluruh data dengan lengkap. Pastikan alamat URL yang kamu buka sudah tepat.
  2. Tunggu proses persetujuan dalam waktu 60 detik. Agar proses persetujuan ini berjalan lancar, hindari menutup atau memindah layar websitemu ya.
  3. Pilih berapa jumlah pinjaman beserta dengan cicilan yang kamu inginkan, kemudian buat username serta password akun digibank. Pastikan membuat password yang tidak mudah ditebak, selain itu hindari menggunakan password yang sama dengan aplikasi lain di handphonemu.
  4. Isi serta lengkapi seluruh data diri yang kamu miliki, kemudian atur janji temu dengan agen digibank.
  5. Pinjaman akan langsung cair ke rekening digibank yang kamu milik

Namun, jika kamu sekarang ini sudah menjadi nasabah, berikut langkah mengajukan Kredit Tanpa Agunan digibank KTA, antara lain:

  1. Di bagian Menu Utama aplikasi, kamu bisa klik Personal Loan
  2. Lengkapi semua data diri yang dibutuhkan
  3. Tunggulah proses konfirmasi persetujuan hanya dalam waktu 60 detik saja
  4. Pilih jumlah pinjaman serta tenor yang kamu ingini
  5. Dana akan cair dalam waktu itu juga sampai Rp80 juta.

Itulah beberapa informasi mengenai langkah mudah melakukan pengajuan Kredit Tanpa Agunan di digibank KTA. Yuk, lakukan pengajuannya agar kamu bisa mewujudkan bisnis kolam renang yang potensial dan menghasilkan banyak keuntungan!