bisnis
29 Oct 2023

Ayo Kembangkan Bisnis Buket dengan Tips Ini

Buket bunga adalah salah satu bisnis yang banyak dimiliki oleh masyarakat. Oleh sebab itu, para pelaku bisnis ini seperti kamu perlu mengetahui tips jitu agar dapat bersaing dengan didukung oleh pinjaman KTA.

Kalau kamu bisa bersaing dengan para kompetitor, maka bisnismu akan semakin berkembang. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap pendapatanmu. Oleh sebab itu, simak berbagai tipsnya di bawah ini.

Tips Mengembangkan Bisnis Buket Bunga dengan KTA

Menurut buku Ragam Inovasi Usaha Kecil Via Marketplace, Rika Suprapty, S.E., M.M (2022: 54), buket bunga merupakan bisnis yang selalu ada permintaan di pasar. Hal ini disebabkan dengan selalu adanya konsumen yang membutuhkan bunga.

Sayangnya seiring berjalannya waktu, akan ada lebih banyak orang yang mempunyai bisnis serupa. Maka dari itu, kamu memerlukan tips jitu agar bisa bersaing dengan mereka sehingga bisnismu akan semakin berkembang. Berikut di antaranya:

●     Inovasi Produk

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan inovasi. Saat ini kamu bisa menyediakan berbagai jenis buket bunga. Ide ini bisa kamu cari di internet maupun kompetitor.

Selain itu, kamu bisa merambah ke jenis produk lainnya seperti buket makanan ringan atau boneka. Jenis-jenis buket ini sedang naik daun di kalangan masyarakat terutama anak muda.

●       Inovasi Pelayanan

Tak hanya produk saja yang butuh inovasi, namun juga pelayanan. Caranya dengan memperbaikinya agar menjadi semakin lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan membuat akun chat khusus bisnis yang memuat berbagai info tentang usahamu serta bisa membalas konsumen dengan otomatis.

Selain itu, kamu juga bisa mulai mencoba berbagai marketplace serta media sosial untuk menjual produkmu. Hal ini terbilang efektif karena konsumen tak perlu repot-repot datang ke toko untuk membeli produkmu.

●     Analisis Pasar

Analisis pasar merupakan hal yang penting agar kamu punya gambaran untuk menyusun strategi bisnis. Maka dari itu, cobalah untuk menentukan dan mengamati kondisi pasar

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah konsumenmu. Lihatlah bagaimana perilaku serta kebutuhan konsumen akan bisnismu. Jangan lupa untuk mencatatnya agar kamu tidak lupa.

Selain itu, kamu juga bisa mengamati kondisi kompetitor dan persaingannya. Bahkan, kamu juga bisa meniru dan memodifikasi cara serta produk yang dijual oleh kompetitor tersebut.

●     Pertimbangkan Distributor

Apakah kamu puas dengan distributormu selama ini? Atau jangan-jangan kamu sering bermasalah dengan mereka? Kalau iya, kamu perlu mempertimbangkan untuk mengganti distributormu.

Cobalah untuk mencari di internet mengenai informasi distributor yang terpercaya. Kamu juga bisa bertanya kepada orang lain jika dibutuhkan.

Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan produk dari distributor tersebut, pastikan kamu sudah mencoba sample-nya. Jadi, kamu bisa mengetahui bagaimana kualitas produk dari distributor tersebut. Pastikan juga distributor tersebut mempunyai ulasan yang baik.

Sekali pun tak punya masalah dengan distributor saat ini, kamu tetap bisa mempertimbangkan distributor lainnya. Siapa tahu kamu bisa menemukan yang lebih baik, bukan?

●     Susun Strategi Pemasaran

Menyusun strategi pemasaran untuk mengembangkan bisnis dengan pinjaman KTA merupakan hal yang tak kalah penting. Kalau kamu tak mempunyai strategi yang baik, maka penjualan produkmu tak akan maksimal, kan?

Oleh sebab itu, cobalah untuk membuatnya dengan menulis apa saja yang kamu harapkan dari pemasaran ini. Lalu, break down satu per satu mengenai hal-hal yang harus kamu lakukan untuk mencapainya.

Usahakan untuk menyusun strategi yang terukur. Maksudnya, tulislah angka yang nyata dalam strategimu. Jadi, kamu bisa memastikan apakah strategi yang kamu terapkan sudah sesuai dengan keinginanmu atau tidak.

Jangan lupa untuk menulis penggunaan media sosial atau aplikasi lainnya dalam memasarkan bisnismu. Pemasaran melalui internet dinilai lebih efektif daripada secara offline.

●     Pahami Ilmunya

Sekali pun sudah memahami bunga-bunga yang dijual serta teknik merangkainya, kamu tetap perlu terus belajar. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui berbagai jenis bunga yang sedang tren hingga teknik merangkai terkini.

Kamu bisa mempelajari hal ini dengan berbagai cara seperti mengikuti workshop atau pelatihan. Selain itu, kamu bisa menambah ilmumu dengan mencarinya di internet.

Kalau kamu punya pegawai, maka kamu perlu mengajari mereka akan hal-hal tersebut. Jadi, mereka bisa mempunyai ilmu yang cukup untuk mendukungmu dalam mengembangkan bisnis.

●     Pertimbangkan Lokasi

Apakah lokasi yang kamu gunakan saat ini sudah tepat? Atau malah jarang ada pengunjung yang datang ke tokomu? Kalau kamu mengalami masalah tersebut, kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk pindah lokasi.

Bisnis buket bunga memang banyak ditemukan di daerah perkotaan besar. Bagaimanapun juga, kamu bisa mempertimbangkan daerah yang lebih kecil karena sedikitnya kompetitor di sana.

Namun, kamu tetap perlu memperhatikan lokasi yang akan kamu pilih. Misalnya, usahakan lokasi tersebut di dekat jalan raya dan dilewati banyak orang.

Kamu pun bisa mempertimbangkan lokasi yang spesifik seperti dekat dengan pemakaman atau krematorium. Biasanya orang-orang yang pergi ke kedua tempat tersebut akan membutuhkan buket bunga.

●     Perhatikan Perlengkapan

Perlengkapan dengan jumlah yang cukup serta berkualitas akan membawa keuntungan bagi bisnismu. Oleh sebab itu, perhatikan apakah kamu sudah memiliki perlengkapan dengan ciri-ciri tersebut.

Kamu juga bisa membeli perlengkapan baru yang belum pernah kamu punya sebelumnya serta dapat meningkatkan kinerjamu dan pegawai. Pastikan kamu membeli perlengkapan tersebut di toko yang terpercaya.

●     Perhatikan Pegawai

Pegawai adalah salah satu aspek penting dalam pengembangan bisnis apapun. Hal ini disebabkan pegawai lah yang turut bekerja secara langsung dalam mengelola bisnis itu sendiri.

Oleh sebab itu, perhatikan apakah para pegawaimu sudah kerja dalam waktu yang sesuai dengan peraturan dari pemerintah. Selain itu, perhatikan juga apakah mereka sudah mendapatkan gaji yang layak.

Kalau para pegawaimu sudah kewalahan dalam mengelola bisnismu, maka kamu bisa melakukan rekrutmen. Pastikan kamu merekrut orang yang berkualitas untuk membantumu dalam menjalankan bisnis.

●     Pertimbangkan Layanan Custom

Terkadang konsumen menginginkan buket yang sesuai dengan keinginannya namun tak ada di katalog. Maka dari itu, kamu perlu mempertimbangkan untuk membuka layanan custom.

Layanan custom ini bisa meningkatkan kepuasan para konsumen. Dengan demikian, peluang untuk mereka kembali lagi ke tokomu akan semakin tinggi. Selain itu, kamu juga berpeluang untuk menjangkau pasar lebih luas. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan bisnismu.

Menyiapkan Dana untuk Mengembangkan Bisnis Buket

Dalam mengembangkan bisnis buket, tentu kamu perlu menyiapkan sejumlah dana. Dana itu bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan seperti penambahan peralatan, proses rekrutmen, hingga promosi.

Pinjaman dana bunga rendah bisa kamu manfaatkan dalam hal ini. Salah satu pihak yang menyediakan hal tersebut adalah digibank KTA.

Kamu bisa memeroleh banyak keuntungan dan manfaat. Limit pinjaman yang bisa cair pun cukup tinggi, yakni hingga Rp200 juta. Waktu approval hanya 60 detik. Klik di sini untuk dapatkan info detail tentang pinjaman KTA terbaik, digibank KTA.

 

 

Apply digibank KTA