villa
29 Sep 2023

7 Tips Mengembangkan Bisnis Villa agar Lebih Menarik

Kredit tanpa agunan merupakan opsi tepat dalam mendukung usaha, salah satunya bisnis villa. Villa merupakan tempat singgah yang identik dengan suasana tenang dan alami. Seiring berjalannya waktu, bisnis ini memiliki banyak pesaing yang menawarkan keunggulan lebih baik kepada pengunjung.

Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan agar bisnis yang kamu miliki ramai peminat dan mampu bersaing. Untuk mempertahankan eksistensi villa, kamu bisa menghadirkan diferensiasi yang kuat dan penawaran yang tidak tersedia di tempat lain.

Nah, apa saja upaya mengembangkan bisnis villa dan menciptakan diferensiasi dari pesaing? Mari intip tips berikut dan terapkan pada villa milikmu.

Inilah 7 Tips Membuat Villa Lebih Menarik bagi Pengunjung

Sebagai tempat singgah selama staycation, pengunjung tentu memilih villa terbaik yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan mereka. Semakin banyaknya pesaing, maka peluang bisnis semakin menyempit.

Keuntungan bisnis villa dapat berkembang dengan berbagai upaya tepat. Mulai dari manajemen hingga promosi, apa saja tips untuk mengembangkan bisnis ini? Mari simak dan ikuti.

●       Meningkatkan Pelayanan dan Fasilitas

Pelayanan yang dilakukan pada pengunjung dapat menjadi faktor penting dalam menunjukkan image villa. Pelayanan yang baik membuat pengunjung tertarik untuk singgah di lain waktu.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu sikap atau keramahan staff hingga pengelola villa. Keramahan membuat pengunjung merasa nyaman dan diterima.

Selain dari segi pelayanan langsung kepada pengunjung, beberapa hal lain seperti kebersihan hingga kerapian kamar dapat menjadi diferensiasi kuat dari villa pesaing. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa mengadakan training rutin dan evaluasi staf secara berkala.

Kemudian, fasilitas yang tepat juga harus dipikirkan dengan matang. Salah satu fasilitas yang wajib ada yaitu kolam renang. Kolam tersebut adalah sarana melepas penat dan sekedar menikmati pemandangan yang indah. Oleh karena itu, hal ini tidak dapat dipisahkan dalam villa.

●       Memaksimalkan Promosi

Promosi dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnis villa. Upaya ini memungkinkan kamu menjaring pengunjung dengan lebih luas. Selain itu, dengan promosi dan memanfaatkan sosial media membuat calon pengunjung dapat mengetahui kondisi dan keadaan villa secara detail.

Promosi dapat dilakukan dengan mencantumkan semua fasilitas villa yang ditawarkan. Kemudian, kamu bisa menonjolkan beberapa kelebihan villa yang tidak dimiliki pesaing. Contohnya lokasi strategis, pemandangan yang asri dan sebagainya.

Selain secara daring, promosi luring juga masih relevan pada bisnis villa. Hal ini dapat dilakukan dengan mencetak brosur dan menulis deskripsi lengkap mengenai villa.

●       Perbarui Interior yang Ada

Interior villa harus didesain mengikuti perkembangan zaman. Identik dengan suasana natural, beberapa gaya interior seperti rustic, tropis, hingga japandi dapat diterapkan. Interior yang lebih mengikuti tren membuat pengunjung tertarik untuk singgah. Apalagi, jika tampilan villa eye catching dan instagramable.

Dalam memperbarui interior, dibutuhkan perencanaan yang tepat. Bahkan, kamu perlu menyewa jasa desain interior agar suasana yang diinginkan dapat tercipta dengan baik.

Tenang saja, kini pengembangan bisnis dapat didukung dengan KTA. Apa itu kredit tanpa agunan? KTA adalah kredit yang dapat kamu ajukan tanpa menyerahkan jaminan pada pihak bank. Bagaimana? Praktis bukan?

●       Pertimbangkan Harga yang Kompetitif

Kurangnya minat pengunjung dapat disebabkan oleh tarif villa yang tidak kompetitif. Oleh karena itu, kamu bisa menentukan harga sewa dengan mempertimbangkan beberapa hal. Harga sewa dapat ditentukan dengan mengetahui target atau sasaran pengunjung.

Dikutip dari onlist.id, villa yang disewakan untuk kalangan muda tentu berbeda dengan villa yang disewakan bagi keluarga. Selain itu, villa yang berada di dekat destinasi wisata dan lebih strategis memiliki harga yang berbeda dari kawasan lainnya.

Jika tarif yang dipasang sebanding dengan kebutuhan dan fasilitas yang lengkap, maka pengunjung tidak perlu pikir panjang untuk singgah. Dalam beberapa kesempatan, kamu bisa menaikkan tarif selama musim liburan.

Hal tersebut tidak akan mengurangi minat pengunjung. Sebaliknya, mereka lebih tertarik untuk menginap di tempat yang ekslusif. Terlebih, di musim liburan sulit untuk menemukan villa dengan fasilitas terbaik. Bagaimana? Apakah tarif bisnis villa kamu sudah tepat?

●       Tawarkan Paket yang Menguntungkan

Paket penginapan dapat menjadi alat ampuh untuk menarik banyak pengunjung. Kamu bisa membagi beberapa jenis paket bersamaan dengan keuntungannya. Contohnya, paket penginapan villa dengan pelayanan breakfast, pelayanan kebersihan, hingga tour ke wisata terdekat.

Dikutip dari bioma.id, pastikan paket tersebut sebanding dengan harga yang ditawarkan. Selain itu, strategi marketing yang tepat juga harus diterapkan dalam pembagian paket ini.

Pastikan juga informasi yang dicantumkan jelas serta pengunjung dapat melakukan pemesanan lebih mudah. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir akan penurunan minat pelanggan terhadap villa.

●       Memperkuat Personal Branding

Setelah semua hal terpenuhi dengan baik, kini saatnya kamu membuat personal branding villa yang dapat melekat di ingatan pengunjung. Personal branding dapat dibangun melalui beberapa hal. Di antaranya yaitu logo villa, warna dominan, hingga hal-hal kecil seperti seragam staff hingga pengelola.

Personal branding yang baik tidak hanya membuat villa diingat oleh pengunjung. Hal ini membuat bisnis kamu semakin berkarakter dan eksklusif. Bagaimana? Apakah vila milikmu sudah memiliki personal branding yang tepat?

●       Membuka Cabang Baru

Terakhir, kamu bisa membuka cabang baru untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki. Upaya ini dapat dilakukan jika vila yang sudah ada telah memiliki promosi, interior, pelayanan, hingga fasilitas yang baik.

Saat membuka villa baru di tempat lain, personal branding yang telah dibangun membuat kamu tidak perlu repot mempromosikan villa.

Pengunjung yang melihat vila tentu akan teringat dengan personal branding yang dibangun. Hanya melihat logo saja, mereka dapat mengetahui bahwa villa tersebut adalah bisnis milikmu.

Ketika membuka cabang baru, beberapa langkah awal seperti menentukan lokasi, interior yang tepat, hingga tarif harga harus dilakukan. Setiap vila tidak harus memiliki suasana dan tampilan yang persis dengan cabang lainnya. Kamu bisa menyesuaikan villa dengan target pasar dan keadaan lokasi sekitar.

Terdapat banyak upaya untuk meningkatkan bisnis villa Anda. Namun, konsistensi dalam hal pemasaran, penjualan, serta mencari peluang baru menentukan keberhasilan bisnis. Dengan menerapkan poin-poin di atas, kamu dapat memastikan bisnis yang telah ada dapat bersaing dan memiliki keuntungan yang meningkat.

Bagaimana? Sudah siap mengembangkan bisnis villa milikmu? Beberapa tips di atas dapat membuat vila memiliki kelebihan daripada milik pesaing. Dengan begitu, bisnismu tidak hanya bertahan, tetapi juga semakin luas.

Kini, mengembangkan villa dapat dilakukan dengan dukungan kredit digibank KTA. Kredit berlimit hingga Rp200 juta ini tidak memerlukan jaminan dan tentunya praktis untuk diajukan. Selain itu, terdapat banyak keunggulan yang akan kamu dapatkan. Dapat dikatakan, digibank KTA adalah solusi tepat untuk mengembangkan bisnis.

Bersama kredit tanpa agunan digibank KTA, bisnis semakin berkembang dan memiliki dukungan dana yang memadai. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, bisa cek di sini. Ayo ajukan sekarang juga.

 

 

Apply digibank KTA