transaksi digital
01 Oct 2023

5 Perubahan Perilaku Pelanggan di Era Transaksi Digital

Adanya kemudahan transaksi digital menggunakan QRIS Gopay dan fitur lainnya saat ini benar-benar dinikmati oleh masyarakat. Prosesnya mudah dan aman serta tidak perlu ribet lagi membawa uang tunai. Hal tersebut ternyata juga ikut berpengaruh pada perilaku pelanggan saat ini.

Bagaimanapun juga kita memang tidak bisa menghindar dari perubahan zaman dan kemajuan teknologi. Termasuk kemajuan teknologi di bidang transaksi digital. Yuk, cari tahu apa saja perubahan perilaku pelanggan saat ini di tengah adanya kecanggihan fitur transaksi digital.

Perubahan Perilaku Pelanggan Berkat Adanya Transaksi Digital

Adanya fitur transaksi digital secara langsung memberi pengaruh besar terhadap perilaku pelanggan. Tanpa disadari, perilakumu sendiri juga mungkin sudah berubah saat harus membeli sesuatu di pasaran. Berikut ini beberapa perubahan perilaku pelanggan di era digital menurut gobiz:

● Jarang Transaksi Pakai Uang Tunai

Berkembangnya layanan transaksi digital membuat banyak orang kini jarang melakukan transaksi dengan uang tunai. Para pelaku bisnis pasti menyadari kondisi ini. Dari banyaknya pelanggan yang datang, pasti sebagian besar melakukan transaksi non-tunai.

Sebelum layanan transaksi digital berkembang dengan pesat, masyarakat masih suka menggunakan uang tunai untuk jual beli. Mereka membawa uang tunai kemana saja dan melakukan transaksi dengan uang tersebut. Namun kini situasi berubah dan hal seperti ini semakin jarang dijumpai.

Orang-orang lebih suka membawa kartu kredit atau bahkan hanya mengandalkan aplikasi ponsel untuk bertransaksi. Mereka mulai meninggalkan uang tunai karena dianggap kurang praktis. Bahkan ada semakin banyak orang yang sudah tidak lagi memegang uang tunai sedikitpun.

Sebenarnya fenomena seperti ini tidak merugikan siapapun. Bagaimanapun juga transaksi digital memang sangat mudah untuk dilakukan dan menguntungkan. Pelanggan juga tidak perlu repot-repot membawa uang tunai lagi saat ingin membeli sesuatu.

Salah satu layanan transaksi digital yang jadi favorit jika malas memakai uang tunai adalah QRIS. Cara bayar dengan QRIS ini sangat praktis dan cepat. Tidak heran banyak orang yang memilih untuk menggunakannya.

● Menganggap Transaksi Non-Tunai Lebih Aman

Pelanggan di era transaksi digital seperti sekarang juga menilai bahwa transaksi non-tunai jauh lebih aman. Dibandingkan harus membawa uang tunai kemana-mana, transaksi dengan aplikasi digital dianggap jauh lebih baik. Keamanannya lebih terjaga dan mereka juga merasa lebih nyaman.

Teknologi saat ini memang berkembang semakin canggih. Sistem keamanan pada layanan transaksi non-tunai juga semakin berkembang. Kamu bisa menggunakan layanan tersebut dengan aman dan nyaman kapan saja tanpa perlu khawatir.

Banyak orang enggan membawa uang tunai kemana-mana karena mereka merasa risikonya jauh lebih besar. Lebih aman jika mereka tidak perlu membawa uang tunai dan menyelesaikan pembayaran secara digital. Apalagi layanan transaksi digital kini menggunakan sistem keamanan berlapis-lapis.

Tidak hanya dinilai lebih aman, transaksi digital juga dianggap jauh lebih mudah. Banyak orang beralih ke cara transaksi ini karena merasa jauh lebih praktis. Tinggal buka aplikasi lalu selesaikan pembayaran sesuai kebutuhan.

Salah satu contoh mudahnya adalah QRIS. Cara bayar dengan QRIS sangatlah mudah dan prosesnya juga bisa berjalan cepat. Jadi tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk menyelesaikan transaksi yang kamu butuhkan.

● Lebih Berminat Belanja Online

Salah satu perubahan perilaku pelanggan yang cukup mencolok di era transaksi digital ini adalah minat untuk belanja online jadi lebih besar. Perkembangan layanan transaksi digital juga diikuti dengan munculnya platform belanja online.

Banyak orang kini lebih suka berbelanja lewat marketplace atau mungkin melalui website toko yang bersangkutan. Mereka menganggap ini sebagai cara berbelanja yang praktis dan mudah. Apalagi cara bayarnya semakin praktis dengan layanan transaksi digital.

Hal ini sebenarnya cukup menjadi alasan kuat mengapa saat ini toko-toko offline sepi pelanggan. Banyak konsumen beralih ke toko online dan lebih nyaman bertransaksi di sana. Tidak perlu capek keluar rumah dan tinggal menunggu barang pesanan sampai di tangan.

Ditambah lagi sekarang marketplace atau platform belanja online banyak yang bekerja sama dengan penyedia layanan transaksi digital. Selain bisa bayar dengan mudah, mereka juga biasanya menawarkan promo menarik. Hal inilah yang membuat banyak orang ketagihan belanja online.

Bahkan meskipun ada toko offline-nya, masih banyak orang yang tetap belanja lewat platform online demi dapat promo. Jadi sekarang banyak pelanggan yang datang langsung ke toko hanya untuk melihat produk tapi tetap pesan secara online dan bayar pakai QRIS Gopay.

● Lebih Tertarik dengan Pemakaian Aplikasi saat Transaksi

Pelanggan saat ini juga lebih tertarik dengan pemakaian aplikasi untuk bertransaksi. Biasanya mereka merasa bahwa transaksi lewat aplikasi jauh lebih mudah dan praktis. Apalagi banyak promo yang bisa dimanfaatkan dan membuat harga belanjaan jadi lebih murah.

Saat ini ada banyak sekali jenis aplikasi transaksi digital yang bisa kamu temukan. Bahkan untuk top up atau pengisian saldo pada akun transaksi digital saja sangat praktis. Jadi tidak heran jika banyak pelanggan yang beralih ke sistem transaksi seperti ini.

Misalnya saja pengguna Gopay yang bisa top up dari berbagai aplikasi dengan mudah. Tinggal cari aplikasi atau layanan yang memberikan fasilitas tersebut. Pastikan juga biaya QRIS Gopay yang diberlakukan tidak terlalu besar sehingga transaksi tidak bertambah mahal.

●  Mobile Payment Diandalkan Setiap Saat

Adanya kemajuan layanan transaksi digital membuat masyarakat jadi lebih mengandalkan mobile payment. Fasilitas seperti ini memang memberi banyak kemudahan karena kamu bisa bayar apapun dari mana saja. Bahkan kamu bisa menyelesaikan transaksi jarak jauh sekalipun.

Hal ini membuat para pelaku bisnis mulai memutar otak. Mereka harus berpikir untuk bekerja sama dengan layanan transaksi digital. Bagaimanapun juga mereka perlu menyediakan fasilitas transaksi yang praktis agar pelanggan tidak lari ke bisnis lain hanya karena pilihan metode transaksi.

Bisa dilihat sendiri saat ini sebagian besar orang mulai mahir menggunakan layanan mobile payment. Langkah pendaftaran berbagai layanan transaksi digital pun memang dibuat mudah untuk saat ini. Misalnya saja cara daftar QRIS Gopay yang benar-benar praktis dan tidak memakan waktu lama.

Lebih Praktis dan Aman Pakai QRIS dari Bank Digital

Bagi kamu yang merasa bahwa transaksi digital memang jauh lebih aman dan mudah, langsung saja manfaatkan layanan QRIS digibank by DBS. Kamu bisa sat set top up saldo Gopay di digibank QRIS. Ada juga keunggulan lainnya yang bisa kamu rasakan saat menggunakan digibank QRIS, yaitu:

  • Bayar apapun jadi sat set pakai digibank QRIS.

  • Limit mencapai Rp10 juta/transaksi/hari.

  • Bisa menikmati aneka promo menarik di merchant pilihan.

Bayar pakai QRIS Gopay kini jadi semakin mudah berkat adanya layanan digibank by DBS. Kamu bisa bertransaksi dimana saja dengan cepat dan jauh lebih praktis. Langsung klik di sini untuk informasi lebih lengkap.