Mengapa Harus Investasi Mulai dari Sekarang
11 Mar 2024

Mengapa Harus Investasi Mulai dari Sekarang

4 Alasan Harus Berinvestasi Sedini Mungkin 

Mempertahankan Nilai Aset dari Inflasi

Memperoleh Pendapatan Tambahan

Mendapatkan Lebih Banyak Pengalaman Investasi

Melatih Kedisiplinan dalam Menggunakan Uang

Apa Saja Tujuan Investasi?

Mengumpulkan Dana Darurat

Mempersiapkan Masa Pensiun

Mengumpulkan Modal Usaha

Mengembangkan Keuntungan Bisnis

Semua orang menginginkan masa depan yang mapan, namun tidak sedikit yang bingung mencari cara mewujudkannya. Berinvestasi secara rutin di Reksadana merupakan salah satu cara mempersiapkan masa depan sesuai aspirasi. 

Fungsi investasi lebih dari sekedar menabung, karena dari kegiatan tersebut, seseorang dapat memperoleh keuntungan. Selanjutnya, Anda berpotensi mendapatkan peningkatan nilai dari aset yang diinvestasikan. 

Peningkatan aset yang terjadi secara terus-menerus akan membantu mempersiapkan finansial di masa depan. Apakah Anda masih ragu untuk memulai investasi? Coba simak penjelasan berikut agar lebih paham tentang pentingnya investasi.

4 Alasan Harus Berinvestasi Sedini Mungkin  

Meskipun sudah banyak yang sadar akan pentingnya investasi, ternyata masih ada yang ragu memulainya. Rasa ragu tidak akan membuat masa depan menjadi lebih baik, melainkan justru akan menghambat perkembangan.

Bagi Anda yang ragu memulai investasi, sebaiknya pahami beberapa alasan pentingnya investasi berikut ini.

  • Mempertahankan Nilai Aset dari Inflasi 

Tidak ada hal buruk dari menabung, tapi jangan lupa bahwa nilai uang yang Anda simpan akan mengalami penurunan seiring berjalannya waktu karena termakan oleh inflasi. Jika ingin mempertahankan nilainya, maka uang tersebut perlu diinvestasikan agar menghasilkan keuntungan.

Keuntungan yang didapat dari investasi dapat membantu menutup penurunan nilai aset akibat inflasi. Meskipun tidak memperoleh keuntungan yang sangat besar, setidaknya Anda dapat menjaga nilai aset tersebut. 

Mulai dari sekarang, coba alihkan sebagian tabungan untuk diinvestasikan ke instrumen yang rendah risiko. Contohnya Reksadana, Deposito, Obligasi, dan investasi lainnya.

  • Memperoleh Pendapatan Tambahan 

Alasan selanjutnya mengapa Anda harus berinvestasi mulai dari sekarang yaitu agar memperoleh pemasukan tambahan di luar pendapatan bulanan. Keuntungan dari investasi dapat membantu menghasilkan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan.

Masing-masing instrumen investasi memiliki metode yang berbeda dalam menghasilkan keuntungan. Pada umumnya, keuntungan dapat diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual atau yang biasa disebut capital gain.

Selain melalui capital gain, ada beberapa produk investasi yang menawarkan keuntungan atau dividen setiap waktu tertentu secara berkala. Namun, perlu diingat bahwa jumlah pendapatan tambahan yang diperoleh dari investasi dipengaruhi oleh jumlah atau nilai aset, jangka waktu, dan jenis instrumen yang dipilih. 

  • Mendapatkan Lebih Banyak Pengalaman Investasi  

Melakukan investasi sedini mungkin akan membuat seseorang memperoleh lebih banyak pengalaman tentang seluk-beluk investasi dibandingkan orang lain. Dengan demikian, orang tersebut memiliki banyak pengetahuan, sehingga lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Dengan banyaknya pengalaman dan pengetahuan, Anda tidak akan mudah tergiur dan tertipu oleh investasi ilegal. Jam terbang yang tinggi akan membantu mengasah insting dalam menentukan produk investasi yang potensial.

Pengalaman investasi juga sangat dibutuhkan dalam menganalisis kondisi pasar dan menentukan langkah investasi yang tepat secara bijak. Tanpa pengalaman investasi yang cukup, Anda akan kesulitan memperoleh keuntungan secara maksimal. 

Tapi jangan khawatir, bagi yang belum memiliki pengalaman yang cukup, Anda dapat memulai investasi di Reksadana. Melalui instrumen tersebut, Anda bisa memperoleh keuntungan secara maksimal karena investasi dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang sudah berpengalaman. 

  • Melatih Kedisiplinan dalam Menggunakan Uang 

Secara tidak langsung, investasi dapat membantu seseorang lebih disiplin dalam mengelola uang. Investasi akan mengajari Anda mengatur keuangan secara bijak. Berinvestasi secara rutin dapat mencegah pengeluaran impulsif yang bersifat konsumtif dan boros.

Investasi yang dilakukan secara terukur dan terencana akan menghindarkan Anda dari utang. Orang yang suka berutang untuk kebutuhan konsumtif biasanya memiliki kondisi keuangan yang kurang baik. 

Baca Juga: 4 cara untuk mulai menjelajahi dunia investasi

Apa Saja Tujuan Investasi?  

Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda saat memulai investasi, sehingga membutuhkan strategi dan jangka waktu yang berbeda pula. Berikut beberapa tujuan investasi yang mungkin Anda miliki. 

  • Mengumpulkan Dana Darurat 

Seberapa penting dana darurat bagi seseorang? Tentu sangat penting, terutama bagi yang sudah berumah tangga. Dana darurat berbeda dengan tabungan, karena uang tersebut tidak boleh dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Dana darurat hanya boleh dipakai untuk kebutuhan mendesak, misalnya terkena PHK, mengalami musibah kecelakaan, kebakaran, atau hal buruk lainnya. Melalui investasi, Anda tidak hanya mengumpulkan dana darurat, melainkan juga bisa memperoleh keuntungan, sehingga nilainya akan terus bertambah. 

  • Mempersiapkan Masa Pensiun 

Ketika mendekati masa pensiun, sebagian orang akan menabung untuk bekal di hari tuanya. Agar hasilnya maksimal, hindari menyimpannya dalam rekening tabungan. 

Coba mulai kumpulkan dana pensiun melalui investasi jangka panjang agar memperoleh potensi keuntungan berlipat untuk meningkatkan nilainya. Dengan demikian, Anda dapat mencapai target lebih cepat sehingga bisa memutuskan untuk pensiun dini. 

  • Mengumpulkan Modal Usaha 

Jika belum ada rencana untuk mempersiapkan dana pensiun, mungkin Anda bisa memanfaatkan investasi untuk mengumpulkan modal usaha. Daripada menggunakan pinjaman, lebih baik melakukan investasi untuk mendapatkan modal tanpa perlu memikirkan angsuran. 

  • Mengembangkan Keuntungan Bisnis 

Melakukan investasi merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan nilai keuntungan bisnis. Keuntungan bisnis yang diinvestasikan bisa digunakan sebagai jaminan dan dana darurat perusahaan.

Ketika sewaktu-waktu perusahaan mengalami kemunduran dan memerlukan pasokan dana, maka Anda tidak perlu bingung mencari pinjaman. Agar sewaktu-waktu dapat diambil dengan mudah, sebaiknya pilih instrumen investasi yang menawarkan tingkat likuiditas tinggi.

Tiada yang salah melakukan investasi sedini mungkin, karena melalui hal tersebut Anda dapat memperoleh berbagai hal positif. Selain mendapatkan pengalaman dan wawasan yang lebih luas, berinvestasi sejak dini juga membantu Anda mencapai financial freedom lebih cepat.

Apa itu Reksadana? Ini merupakan sebuah instrumen investasi yang tepat untuk investor dari semua kalangan. Untuk berinvestasi pada instrumen ini secara aman, maka Anda bisa mengandalkan mitra yang tepat, yaitu perbankan prioritas DBS Treasures. 

Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh mitra satu ini. Tersedia Manajer Investasi terkemuka yang mampu mengelola pilihan investasi Anda secara profesional, sehingga performa produk maksimal. Selain itu, ada upaya diversifikasi penyebaran dana ke berbagai aset investasi sehingga risiko bisa ditekan seoptimal mungkin.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Selain itu, kini Anda dapat melakukan aktivitas investasi secara mudah dan praktis, karena proses pembelian, penjualan, switching, hingga registrasi SID (Single Investor Identification) dapat dilakukan secara langsung melalui Aplikasi digibank by DBS.  

Melalui kemudahan-kemudahan tersebut, Anda dapat mempersiapkan finansial yang mapan di masa mendatang dengan berinvestasi Reksadana bersama DBS Treasures. Dapatkan wawasan dan informasi selengkapnya mengenai investasi di sini!

 

Baca Juga: 

Tips Agar Pebisnis Konsisten Menabung Reksadana Pasar Uang

Siapkan Dana Pernikahan, Salah Satunya dengan Investasi

Apakah Reksadana Saham Harus Rutin Investasi Setiap Bulan?

 

Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS.

Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.