Reksadana Saham
29 Aug 2022

Apakah Reksadana Saham Harus Rutin Investasi Setiap Bulan?

Investasi Reksadana menjadi salah satu investasi yang banyak dipilih oleh para investor. Dengan berinvestasi, uang yang dimiliki bisa tumbuh dan berkembang sehingga mampu mencapai target finansial di masa depan. Salah satu pertanyaan yang sering muncul di benak para investor adalah apakah Reksadana Saham harus rutin investasi setiap bulan? Anda sebaiknya mengetahui tentang hal ini agar semakin yakin berinvestasi.

 

Pengertian Reksadana Saham

 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang strategi investasi yang sering dilakukan investor, Anda juga perlu tahu apa itu Reksadana Saham. Investasi Reksadana Saham adalah salah satu jenis instrumen investasi yang sebagian besar portofolionya akan ditempatkan pada saham perusahaan yang sudah terdaftar dalam bursa saham.

Untuk bisa mendapatkan keuntungan optimal dalam investasi ini, setiap investor harus memahami strategi investasi yang tepat. Para investor yang mengetahui tentang tata cara serta strategi investasi yang tepat, nantinya juga mampu meminimalisir risiko. Investasi Reksadana Saham adalah investasi yang banyak dipilih karena dapat mewujudkan impian masa depan dengan potensi profit yang baik.

Perlu untuk diketahui bahwa sebenarnya jika Anda memutuskan melakukan investasi Reksadana, Anda tidak wajib rutin investasi setiap bulan. Anda bisa memilih strategi investasi terbaik yang paling sesuai dengan kondisi finansial Anda.

 

Strategi Investasi Reksadana Saham

 

Di dalam dunia investasi Reksadana, terdapat dua strategi populer yang sering dipakai oleh para investor. Strategi tersebut yaitu Dollar Cost Averaging dan juga lump sum.

 

Strategi investasi merupakan cara yang dilakukan oleh investor untuk memaksimalkan keuntungan serta meminimalisir risiko. Supaya Anda memahami strategi investasi, langsung saja kita bahas dua strategi tersebut.

 

1.     Strategi Investasi Sekaligus (lump sum)

Strategi yang pertama disebut dengan strategi lump sum yang artinya investor menempatkan dana sekaligus. Jadi, Anda tidak harus menempatkan dana setiap bulan akan tetapi langsung menempatkan dana dalam jumlah besar di satu waktu saja.

Strategi ini cukup efektif karena mampu memberikan keuntungan terutama jika investor mengetahui waktu paling tepat untuk membeli Reksadana Saham. Waktu terbaik untuk membeli saham biasanya adalah ketika harga sedang turun. Akan tetapi jika memilih Reksadana Saham sebaiknya Anda melihat pada kondisi harga Nilai Aktiva Bersih atau NAB. Jika harga produk tersebut sedang turun, itu bisa menjadi waktu tepat untuk menambah investasi.

Dengan memilih jenis strategi ini, maka Anda bisa mendapatkan potensi keuntungan yang menarik. Anda bisa memperhitungkan berapa keuntungan yang didapatkan setelah meletakkan dana pada investasi tersebut. Para investor tetap harus jeli ketika melakukan investasi Reksadana.

Strategi investasi ini cocok untuk investor yang memiliki keberanian mengambil risiko. Biasanya investor yang menempatkan dana sekaligus memiliki orientasi jangka panjang dan atau menengah.

2.     Strategi Investasi Rutin (Dollar Cost Averaging)

Strategi ini berbeda dengan lump sum. Investor bisa menempatkan dana secara rutin misalnya saja setiap bulan. Cara ini cukup menarik karena tidak terlalu memperdulikan naik turunnya NAB.

Investasi ini cocok untuk investor yang ingin berinvestasi dengan cara yang lebih minim risiko. Konsepnya hampir mirip seperti menabung. Akan tetapi keuntungannya relatif lebih besar.

Banyak yang memilih cara ini karena memberikan kesempatan untuk mengambil keputusan secara hati-hati dalam berinvestasi. Selain itu, juga dapat menghindarkan dari Fear of Missing Out atau FOMO yang sering dialami oleh para investor.

Investasi dengan strategi ini memang relatif lebih kecil risikonya. Namun keuntungan yang didapatkan juga berpotensi lebih sedikit dibandingkan yang berani menanam modal sekaligus dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, untuk investasi jangka panjang, metode lump sum berpotensi memberikan keuntungan relatif lebih tinggi.

Memilih Strategi Terbaik untuk Investasi Reksadana Saham

Dari dua strategi tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika Anda termasuk orang yang berani mengambil risiko dan memiliki modal yang besar maka strategi lump sum bisa menjadi pilihan tepat.

Investasi Reksadana Saham merupakan investasi fleksibel dan cocok untuk para investor dengan modal berapapun. Apabila Anda termasuk orang yang lebih senang dengan konsep menabung, maka bisa memilih strategi yang kedua yaitu Dollar Cost Averaging.

Strategi tersebut memiliki risiko relatif lebih rendah dan juga memberikan ketenangan. Apalagi Anda mengetahui bahwa investasi pada saham memiliki risiko yang cukup tinggi karena sebanding dengan keuntungan yang akan didapatkan.

Hal terpenting apabila ingin mendapatkan keuntungan optimal dari investasi ini adalah memiliki kemampuan untuk menganalisis pasar. Dengan begitu Anda mampu menentukan kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi.

Bagi pemilik modal besar, investasi Reksadana Saham memang sangat menarik. Anda bisa menempatkan dana misalnya saja Rp500 juta sekali investasi. Dalam jangka waktu tertentu maka akan berpotensi mendapatkan imbal hasil cukup besar jika produk Reksadana Saham yang Anda miliki mengalami kenaikan nilai. Konsep seperti ini merupakan strategi lump sum. Biasanya investor profesional menggunakan strategi ini karena bisa menganalisis risiko serta keuntungannya.

 

Investasi Reksadana Saham Tepat di DBS Treasures

 

Jika Anda berencana untuk melakukan investasi di Reksadana Saham, penting untuk memilih mitra manajemen kekayaan yang mampu menghadirkan investasi tepercaya dan mudah. Mitra yang bisa dipilih untuk melakukan investasi Reksadana adalah di DBS Treasures.

 

Banyak investor yang memilih investasi bersama dengan DBS Treasures karena mudah dan fleksibel. Berikut tiga keuntungan yang bisa dinikmati oleh investor, mencakup:

 

1.     Pengelolaan Investasi oleh Ahlinya

Para investor tidak perlu merasa terlalu khawatir dengan uang yang diinvestasikan karena investasi akan dikelola oleh tenaga profesional yang berpengalaman yaitu Manajer Investasi yang bermitra dengan DBS Treasures.

 

2.     Tersedia Wawasan Investasi

Melakukan investasi bersama dengan DBS Treasures juga semakin mudah karena terdapat wawasan atau insight investasi. Terdapat tim ahli finansial yang proaktif mengomunikasikan analisa pasar dan peluang sesuai preferensi serta aspirasi tiap Nasabah.

 

3.     Meminimalisir Risiko dengan Diversifikasi

Dana yang diinvestasikan oleh investor nantinya akan disebar ke berbagai jenis aset investasi. Teknik ini disebut diversifikasi yang bertujuan untuk meminimalisir risiko.

Jadi, dana yang diinvestasikan tidak diletakkan hanya pada satu aset saja. Jika terjadi kerugian, Anda masih tetap bisa mendapatkan keuntungan dari aset investasi jenis lainnya.

Selain itu, Anda juga dimudahkan dalam bertransaksi karena semua bisa dilakukan hanya melalui satu Aplikasi digibank by DBS. Setiap investor bisa menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk menganalisa Reksadana. 

Di dalam aplikasi ini juga terdapat informasi yang membantu mempermudah transaksi jual, beli dan switching. Bagi investor yang belum memiliki Single Investor Identification atau SID maka bisa mendaftar melalui aplikasi ini.

Syarat Melakukan Investasi di DBS Treasures

Jika Anda ingin melakukan investasi melalui DBS Treasures maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa persyaratannya adalah:

  1. Syarat yang pertama adalah memiliki usia minimal 18 tahun.
  2. Syarat selanjutnya yaitu sudah memiliki e-KTP.
  3. Mempersiapkan NPWP
  4. Selanjutnya Anda juga harus memiliki rekening perbankan prioritas di DBS Treasures.
  5. Berikutnya Anda akan diminta untuk mengisi Formulir Transaksi Reksadana dan mengisi Kuesioner Profil Risiko.

Seorang investor memang perlu mengetahui strategi mana yang paling sesuai ketika menanamkan modal. Reksadana Saham termasuk investasi dengan risiko cukup tinggi. Namun potensi keuntungan yang didapatkan juga merupakan salah satu yang terbesar.

Anda tidak perlu merasa bingung ketika memilih mitra berinvestasi yang tepat. Bersama dengan DBS Treasures, Anda akan dimudahkan dengan adanya Manajer Investasi profesional. Transaksi juga sangat mudah karena dapat dilakukan menggunakan Aplikasi digibank by DBS.

Anda bisa mulai berinvestasi Reksadana Saham dengan memahami terlebih dahulu strategi seperti yang telah disebutkan di atas. Selanjutnya memutuskan apakah ingin menempatkan dana sekaligus atau menempatkan dana secara rutin setiap bulannya. Demikian informasi tentang strategi investasi Reksadana yang penting diketahui