Pernikahan
24 May 2022

Siapkan Dana Pernikahan, Salah Satunya dengan Investasi

Anda tengah menyiapkan biaya pernikahan agar bisa melangsungkan pesta sesuai impian? Sudahkah Anda mencoba berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap untuk mengumpulkan dana pernikahan agar lebih konsisten dan aman?

Investasi menjadi suatu langkah tepat yang berguna untuk menyiapkan kebutuhan finansial di masa depan. Terutama kondisi keuangan di tengah ketidakpastian yang mungkin melanda dan kebutuhan yang akan datang.

Salah satu contohnya adalah rencana pernikahan. Fakta bahwa biaya menikah kini makin mahal, maka tak heran jika banyak calon pengantin harus menabung untuk mewujudkan konsep pernikahan yang diinginkan.

Setiap pasangan pasti menginginkan momen yang sempurna dari pesta pernikahan yang berlangsung. Banyak cara yang bisa Anda coba untuk mewujudkan mimpi tersebut mulai dari menabung secara konvensional atau menempatkan dana dalam instrumen investasi.

Selanjutnya, ketahui biaya apa saja yang mungkin Anda butuhkan dan berapa kisarannya. Dengan begini, Anda bisa memperkirakan dana yang harus Anda persiapkan untuk melangsungkan pernikahan.

Tips Menyiapkan Dana Pernikahan

Mempersiapkan dana pernikahan yang tertarget bukanlah suatu hal yang mudah. Untuk Anda yang saat ini tengah menyiapkan dana pernikahan, beberapa tips ini bisa dicoba.

  1. Membuat Rincian Anggaran Pernikahan

    Tips pertama yang harus Anda ingat ketika menyusun rincian anggaran pernikahan, yakni membuat daftar kebutuhan. Pasalnya, biaya tak terduga seringkali akan muncul. Alhasil, anggaran juga akan terus bertambah seiring dibuatnya rincian dan perencanaan.

    Dengan dibuatnya perencanaan ini, diharapkan nantinya Anda akan memiliki perkiraan atas berapa biaya yang dibutuhkan. Anda juga bisa memberikan perkiraan biaya tambahan yang mungkin akan muncul. Dengan memiliki rincian biaya, maka Anda agar lebih mudah dalam menargetkan dana yang akan dikumpulkan.

  2. Tentukan Jangka Waktu Mengumpulkan Dana

    Setelah membuat anggaran, selanjutnya Anda perlu menentukan jangka waktu untuk mengumpulkan dana tersebut. Penting bagi Anda untuk memperkirakan waktu tersebut dengan target Anda akan menikah.

    Misalkan saja direncanakan dalam waktu 2 tahun mendatang. Maka dari itu, Anda harus mampu untuk mengumpulkan dana yang ditargetkan kurang dari jangka waktu yang direncanakan.

    Akan lebih baik bila Anda menargetkan waktu kurang lebih 1,5 tahun. Pasalnya, menyiapkan dana jauh-jauh hari akan membuat Anda lebih tenang. Terutama ketika harus mulai untuk membayar DP (Down Payment) atau berbagai keperluan terkait persiapan pernikahan.

    Jangan sampai Anda terburu-buru membuat persiapan menjelang hari pernikahan, lantaran dana yang terkumpul belum mencukupi dan membuat Anda terpaksa mengajukan pinjaman.

  3. Mulai Menabung

    Sejak dulu, tentunya kita sudah sering diajarkan untuk melakukan kegiatan menabung. Terlepas dari apapun konsep pernikahan Anda, yang jelas harus tetap mengalokasikan dana pernikahan sebaik mungkin.

    Salah satunya adalah dengan menabung, supaya dana lebih cepat terkumpul. Selain itu, semakin dini Anda mulai menabung, maka akan semakin baik untuk kebutuhan finansial Anda nantinya. Dalam menabung, pastikan untuk selalu konsisten dan jangan hanya bersemangat di awal-awal saja.

    Jangan sampai pula mencampurkan tabungan pernikahan dengan berbagai kebutuhan lainnya. Dan satu lagi yang tak kalah pentingnya, yakni jangan lupa untuk menabung di bank dibanding menyimpannya di rumah.

  4. Konsisten Berinvestasi

     

    Seperti pada poin sebelumnya, menabung sangatlah diperlukan untuk menyimpan dan mengumpulkan dana yang sudah direncanakan. Namun dalam menabung, sebaiknya hindarilah menggunakan cara konvensional yang berisiko mengalami penurunan nilai di hadapan inflasi.

    Persiapan biaya pernikahan sekarang ini dapat dilakukan dengan melakukan investasi. Investasi merupakan suatu aktivitas yang dilakukan dengan menempatkan modal yang berupa uang maupun aset berharga dalam suatu lembaga atau pihak tertentu.

    Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan atas penanaman modal yang Anda lakukan. Adapun salah satu jenis investasi yang bisa Anda pilih untuk mempersiapkan biaya pernikahan adalah dengan memilih Reksadana.

    Apa itu Reksadana? Reksadana adalah suatu wadah dan juga pengelolaan dana atau modal milik para investor. Dana ini nantinya akan dikelola oleh Manajer Investasi untuk kemudian diinvestasikan pada portofolio investasi.

    Penting diperhatikan untuk memilih jenis investasi, produk maupun instrumen yang cocok sesuai kebutuhan. Lihat apakah pilihan Anda tersebut sudah terdaftar dan mendapatkan jaminan perlindungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    Hal ini memungkinkan investor bisa menginvestasikan dana secara aman sesuai yang tertera pada prospektus Reksadana.

    Misalkan saja Anda mengalokasikan dana penghasilan per bulannya sebesar 10% untuk diinvestasikan di Reksadana. Lakukan investasi ini hingga Anda bisa memperoleh dana sesuai yang ditargetkan untuk biaya acara pernikahan yang direncanakan.

  5. Memilih Jenis Reksadana yang Tepat

     

    Tips selanjutnya adalah dengan memilih jenis Reksadana yang tepat sesuai kebutuhan finansial Anda. Semisal jika Anda punya target menikah dalam waktu 2 tahun mendatang. Sementara untuk budget pernikahan yang ditetapkan maksimal adalah Rp100 juta.

    Maka pilihan berinvestasi yang cocok untuk jangka waktu tersebut, Anda bisa memilih untuk berinvestasi pada instrumen Reksadana Pendapatan Tetap. Jenis Reksadana ini pas untuk berinvestasi dalam jangka waktu 1-3 tahun.

    Reksadana Pendapatan Tetap adalah instrumen investasi yang sebagian besar alokasinya adalah pada efek utang yang memberi pendapatan tetap.

    Misalkan saja seperti surat utang atau obligasi yang memiliki jatuh tempo dengan jangka waktu lebih dari 1 tahun. Baik itu surat utang yang diterbitkan oleh korporasi ataupun pemerintah.

    Adapun kenapa disebut sebagai pendapatan tetap, hal ini karena surat utang atau obligasi tersebut dapat memberikan imbal hasil yang pasti dan rutin. Semisal selama sebulan atau 3 bulan sekali.

    Dengan demikian, memilih berinvestasi pada Reksadana Pendapatan Tetap bisa dibilang cocok untuk persiapan biaya pernikahan. Anda bisa mengumpulkan dana terencana sekaligus mendapat keuntungan dari berinvestasi.

Kenapa Menyiapkan Dana Pernikahan dengan Reksadana Pendapatan Tetap

Berbicara mengenai Reksadana, maka Anda juga haruslah mempertimbangkan jenis Reksadana mana yang sekiranya cocok. Sehingga nantinya lebih mudah untuk mencapai tujuan perencanaan keuangan.

Salah satu investasi Reksadana yang cocok untuk persiapan biaya pernikahan, yakni menggunakan instrumen Reksadana Pendapatan Tetap. Reksadana Pendapatan Tetap adalah instrumen Reksadana yang sekitar 80% alokasi dananya ditempatkan pada instrumen surat utang atau obligasi.

Pilihan instrumen ini cocok bagi investor yang menginginkan investasi dalam jangka waktu menengah sekitar 1-3 tahun. Sehingga bagi Anda yang merencanakan pernikahan, Anda masih memiliki waktu yang cukup untuk untuk mengumpulkan biayanya.

Adapun keunggulan memilih berinvestasi pada instrumen tersebut, yakni potensi return hingga 7-8% per tahun. Bahkan ada yang return-nya mencapai 9%.

Selain itu, instrumen ini juga menawarkan keunggulan seperti investasi modal fleksibel, cocok untuk Anda yang mencari keamanan finansial. Dengan pilihan investasi ini, Anda bisa mengumpulkan biaya pernikahan sesuai sesuai target.

Siapkan Dana Pernikahan bersama DBS Treasures

Setelah Anda tahu apa itu Reksadana, kini sudahkah Anda berinvestasi untuk menyiapkan dana pernikahan yang direncanakan di instrumen ini? Berinvestasi memang menjadi pilihan terbaik bila Anda mempercayakan pada mitra investasi yang tepat.

DBS Treasures adalah layanan perbankan prioritas dari Bank DBS Indonesia yang bisa menjadi pilihan mitra investasi Anda. Dapatkan pertimbangan investasi Reksadana Pendapatan Tetap ini berdasarkan analisis tren dan momentum, hingga Reksadana sesuai dengan profil risiko Anda. Berbagai keuntungan menempatkan dana pada pilihan investasi Reksadana di DBS Treasures, di antaranya seperti berikut.

  1. Pengelolaan Investasi Dilakukan oleh Profesional

    Semua pilihan investasi yang tersedia, pengelolaannya dilakukan secara profesional oleh Manajer Investasi yang bermitra dengan DBS Treasures. Sehingga nantinya, setiap nasabah akan mendapatkan kinerja produk yang optimal.

  2. Panduan Berinvestasi

    Dapatkan wawasan untuk memandu Anda agar yakin berinvestasi pada pilihan Reksadana yang tepat. Bersama DBS Treasures, maka aktivitas investasi akan didukung oleh para ahli finansial yang bersikap proaktif dalam mengkomunikasikan seperti apa analisa pasar dan juga peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan preferensi dan tujuan Anda.

  3. Pengurangan Risiko Melalui Diversifikasi

     

    Anda dapat melakukan diversifikasi atau penyebaran dana ke jenis aset investasi Reksadana Pendapatan Tetap. Dengan melakukan diversifikasi ini dapat mengurangi risiko investasi.

Kemudahan dalam melakukan transaksi dari satu Aplikasi digibank by DBS menjadi salah satu keuntungan yang dapat Anda manfaatkan.Mulai dari registrasi SID, beli, jual, hingga switching produk Reksadana dapat dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Menjawab kebutuhan para nasabah, pasti akan selalu menjadi prioritas. DBS Treasures selalu menganalisa dan menghadirkan solusi dalam memenuhi aspirasi finansial yang dimiliki oleh nasabah. Siapkan dana tabungan Anda dengan berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap di DBS Treasures.

Mari Diskusi

Hubungi kami Relationship Manager kami akan menghubungi Anda.

Lokasi Kami Kunjungi cabang terdekat kami di kota Anda.