Pebisnis
06 Jul 2022

Tips Agar Pebisnis Konsisten Menabung Reksadana Pasar Uang

Investasi dengan Reksadana Pasar Uang merupakan salah satu cara untuk membangun dan memastikan masa depan yang sesuai aspirasi. Hal tersebut terjadi karena dengan berinvestasi sejak dini akan mengamankan kondisi finansial yang dimiliki.

Bagi para pebisnis, mengamankan penghasilan yang dimiliki agar kondisi finansial tetap stabil sangatlah penting. Karena gaya hidup yang berlebihan akan membuat para pebisnis secara tidak sadar menghabiskan banyak pengeluaran.

Oleh karena itu, cara mengamankan uang yang tepat bagi para pebisnis yaitu dengan cara mengimbangi pengeluaran sehari-hari dengan investasi berkala. Salah satunya yaitu dengan menggunakan instrumen investasi Reksadana Pasar Uang.

Instrumen investasi Reksadana cukup banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Tidak hanya itu, Reksadana bahkan dimiliki oleh hampir semua kalangan masyarakat mulai dari kalangan menengah ke atas. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada banyak pihak yang minim informasi dan pengetahuan tentang Reksadana.

Apa Itu Reksadana?

Sebelum membahas tentang tips bagi para pebisnis agar konsisten menabung di Reksadana, Anda juga perlu mengetahui apa itu Reksadana. Reksadana merupakan salah satu wadah investasi yang menghimpun dana atau modal bisnis dari investor yang kemudian dikelola oleh pihak Manajer Investasi dalam portofolio efek.

Pada umumnya, pihak Manajer Investasi akan dibantu oleh tenaga profesional dalam proses pengelolaan investasi Reksadana. Tenaga profesional tersebut biasanya terdiri dari tim pengelola investasi dan juga komite investasi.

Pengelolaan dana investasi oleh Manajer Investasi tersebut membuat para pebisnis yang menjadi investor dengan menggunakan instrumen investasi Reksadana akan mendapatkan kemudahan. Karena setelah mengalokasikan dana investasi di Reksadana, investor tidak perlu mengelola investasi tersebut secara mandiri.

Sehingga penggunaan instrumen investasi Reksadana sangatlah cocok bagi para pebisnis yang memiliki jam kerja cukup padat. Para investor tidak perlu meluangkan waktunya setiap saat untuk memantau pergerakan harga aset investasi yang dimiliki.

Alokasi dana dari investasi Reksadana Pasar Uang biasanya ditempatkan pada beberapa instrumen pasar uang. Mulai dari Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Deposito, Obligasi dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun, dan juga Surat Berharga Pasar Uang (SBPU).

Selain itu, ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan produk Reksadana Pasar Uang terbaik. Keunggulan pertama dengan menggunakan produk ini yaitu memiliki risiko kerugian yang relatif rendah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati NAB (Nilai Aktiva Bersih) yang relatif stabil dan likuiditas yang tinggi.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mulai berinvestasi dengan nominal yang fleksibel dan bisa dicairkan kapan pun sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, waktu investasi menggunakan Reksadana juga termasuk relatif fleksibel dan cocok digunakan sebagai investasi jangka pendek.

Cara Mengelola Uang dengan Reksadana Pasar Uang

Selain memahami informasi dasar tentang Reksadana, Anda juga perlu mengetahui cara tepat mengelola uangnya. Berikut ini 3 cara mengelola uang investasi di Reksadana.

  • Menentukan Tujuan Investasi

    Cara pertama dalam mengelola uang di Reksadana yaitu dengan menentukan tujuan investasi. Anda bisa menentukan tujuan investasi Reksadana dalam jangka waktu panjang maupun pendek dan menyesuaikannya dengan pembelian produk investasi agar potensi keuntungan yang didapat bisa maksimal.

  • Membuat Strategi Investasi

    Selanjutnya, Anda juga perlu membuat strategi investasi yang tepat agar sukses mengelola uang di Reksadana. Pembuatan strategi investasi sangatlah penting untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi. Namun bagi para pebisnis, strategi investasi yang biasanya dipakai adalah jenis strategi investasi yang bersifat sekaligus.

    Strategi ini sangatlah cocok bagi para pebisnis yang memiliki modal untuk investasi dalam jumlah besar. Sehingga bisa melakukan investasi dengan tepat pada saat Nilai Aktiva Bersih (NAB) suatu aset Reksadana mengalami penurunan.

  • Mengikuti Perkembangan Informasi Investasi Reksadana

    Terakhir, Anda juga perlu mengikuti perkembangan informasi terkait investasi Reksadana. Sehingga bisa melakukan prediksi dan analisa sekaligus membaca kondisi pasar agar mendapatkan peluang investasi yang menguntungkan.

Tips Pebisnis Agar Konsisten Menabung di Reksadana

Selain mengetahui beberapa informasi terkait instrumen investasi Reksadana, Anda juga perlu mengetahui tips untuk para pebisnis agar tetap konsisten menabung di Reksadana. Simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja tips menabung di Reksadana agar tetap konsisten.

  1. Mengatur Gaya Hidup Sehari-hari

    Tips pertama yang bisa dilakukan agar bisa menabung di Reksadana secara konsisten yaitu dengan mengatur gaya hidup sehari-hari. Kurangi pengeluaran yang tidak penting dan bersifat konsumtif.

    Pengaturan gaya hidup yang tepat akan menekan rasa konsumtif berlebihan dalam diri. Sehingga perilaku dan gaya hidup berlebihan yang biasanya dijalani bisa dikurangi atau bahkan dihindari.

  1. Membedakan Hal yang Berhubungan dengan Kebutuhan dan Keinginan

    Tips kedua agar konsisten dalam menabung Reksadana yaitu dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal tersebut terjadi karena dalam kehidupan sehari-hari, tentunya ada sesuatu yang dibutuhkan seperti kebutuhan pokok ataupun sesuatu yang hanya sebatas keinginan.

    Walaupun demikian, cukup banyak masyarakat yang seringkali sulit membedakan antara sesuatu yang benar-benar dibutuhkan dengan sesuatu yang diinginkan. Anda bisa membeli barang sesuai dengan tingkat kebutuhan terkini untuk menekan biaya pengeluaran setiap bulannya.

    Akan tetapi, Anda juga bisa membeli sesuatu yang diinginkan dengan budget tertentu dan dalam jangka waktu yang ditentukan. Sehingga Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan sekaligus mengendalikan pembelian barang yang diinginkan.

  2. Membuat Catatan Pengeluaran dengan Sistem Budgeting

     

    Sistem budgeting seringkali digunakan oleh masyarakat tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi sistem ini juga seringkali digunakan saat ada acara atau kegiatan tertentu yang membutuhkan pengeluaran tidak sedikit.

    Pembuatan catatan biaya pengeluaran dengan sistem budgeting merupakan pondasi dari perencanaan finansial Anda. Sehingga setiap biaya yang Anda belanjakan bisa teralokasikan dengan tepat sesuai dengan rencana anggaran.

    Anda bisa membuat tiga alokasi pendapatan untuk biaya hidup, investasi, dan dana darurat. Ketiga alokasi dana tersebut bisa Anda terapkan dalam jangka waktu panjang agar biaya pengeluaran tetap stabil.

  3. Memiliki Tujuan Investasi yang Pasti dan Terarah

     

    Selanjutnya, Anda juga perlu memiliki tujuan investasi yang pasti dan terarah untuk bisa tetap konsisten dalam menabung di Reksadana. Seperti halnya menanamkan tujuan investasi dalam diri untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan investasi dan sebagai dana jaminan untuk masa depan.

    Jika Anda memiliki tujuan yang pasti dan terarah, maka dalam menjalankan investasi Anda akan tetap bersemangat dan serius mencari peluang investasi yang menguntungkan. Bahkan, bagi investor yang memiliki tujuan investasi yang pasti dan terarah akan membuat Anda lebih menjalankan investasi dalam jangka panjang.

  4. Menjadikan Aktivitas Menabung di Reksadana sebagai Kebiasaan

    Terakhir, tips yang bisa Anda lakukan agar tetap konsisten dalam berinvestasi yaitu dengan cara menjadikan aktivitas menabung di Reksadana sebagai kebiasaan. Sehingga Anda akan menganggap aktivitas menabung di Reksadana sebagai kebiasaan yang harus dilakukan setiap bulannya.

Alasan Utama Investasi Reksadana Pasar Uang di DBS Treasures

DBS Treasures merupakan salah satu perbankan prioritas yang menyediakan berbagai jenis pilihan instrumen investasi, termasuk produk Reksadana Pasar Uang. Berikut ini beberapa alasan utama yang perlu Anda ketahui tentang investasi Reksadana di DBS Treasures.

  1. Dana Investasi Dikelola oleh Profesional

    Bersama perbankan prioritas DBS Treasures, Anda bisa mendapatkan akses ke Manajer Investasi yang profesional dan ahli di bidangnya.

    Sehingga, dana yang Anda investasikan bisa dialokasikan secara maksimal. Selain itu, pengelolaan oleh Manajer Investasi profesional juga bisa membantu dan memudahkan para investor dari kalangan pebisnis yang terkenal memiliki jam kerja cukup padat.

  1. Mendapatkan Wawasan Luas yang Berkaitan dengan Investasi

    Alasan berinvestasi Reksadana Pasar Uang terbaik untuk Anda di DBS Treasures lainnya yaitu kemudahan untuk mendapatkan wawasan terkait investasi. Bagi para investor yang berinvestasi di DBS Treasures akan mendapatkan berbagai bimbingan dan dukungan agar yakin dalam mengambil keputusan.

    Bimbingan dan dukungan tersebut berasal dari para tim ahli finansial di DBS Treasures yang profesional dan andal. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mengetahui cara analisa pasar dan peluang terkini yang disesuaikan dengan aspirasi maupun preferensi tiap pribadi.

  2. Menekan Tingkat Risiko Investasi dengan Cara Diversifikasi

     

    Setiap investasi memiliki tingkat risiko kerugian yang berbeda-beda. Oleh karena itu, berbagai cara bisa Anda lakukan untuk menghindari kerugian yang terjadi. Seperti halnya dengan cara diversifikasi dalam investasi. Diversifikasi merupakan penyebaran dana pada berbagai jenis aset investasi. Sehingga Anda dapat mengurangi tingkat risiko yang bisa saja terjadi.

    Terakhir, alasan utama pentingnya berinvestasi Reksadana Pasar Uang di DBS Treasures yaitu bisa melakukan proses transaksi yang mudah dan praktis. Hal tersebut terjadi karena Anda tidak perlu mengunjungi bank dan mengantri untuk melakukan transaksi, cukup dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS.

    Penggunaan Aplikasi digibank by DBS bisa Anda manfaatkan untuk melakukan proses analisa Reksadana dengan didukung oleh data Infovesta. Investor juga lebih mudah melakukan transaksi jual, beli dan switching.

    Tidak hanya itu, investor baru yang belum memiliki Single Investor Identification (SID) yang dikeluarkan oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) bisa membuatnya di aplikasi ini. Sehingga investor baru tidak perlu mengakses platform lain untuk membuat Single Investor Identification.

Bagaimana, mudah bukan tips untuk menabung di Reksadana agar tetap konsisten seperti pada ulasan di atas? Demikian ulasan singkat mengenai tips untuk pebisnis agar tetap konsisten menabung di Reksadana Pasar Uang.

Mari Diskusi

Hubungi kami Relationship Manager kami akan menghubungi Anda.

Lokasi Kami Kunjungi cabang terdekat kami di kota Anda.