Catat! 6 Keuntungan dan Tips S2 di Luar Negeri
13 Feb 2024

Catat! 6 Keuntungan dan Tips S2 di Luar Negeri

Daftar Isi

Catat! 6 Keuntungan dan Tips S2 di Luar Negeri                           1

6 Keuntungan Kuliah S2 di Luar Negeri, Dukung Studi dengan Investasi Obligasi Pemerintah!                                                        2

Tips dan Persiapan S2 ke Luar Negeri                                            3

Kesimpulan                                                                                      4

 

Keuntungan investasi Obligasi Pemerintah bisa Anda gunakan untuk keperluan pendidikan, seperti melanjutkan gelar S2 di luar negeri. Mengenyam pendidikan master di luar negeri memang memiliki sejumlah keunggulan.

Banyak universitas bergengsi dan dengan fasilitas terbaik yang bisa Anda pilih. Selain itu, berkuliah ke luar negeri juga bisa membuka banyak peluang baru dan pengalaman yang berkesan.

Apakah Anda sedang mempertimbangkan S2 di luar negeri? Beberapa keuntungan berikut bisa menjadi alasan yang tepat untuk memantapkan pilihan. Mari simak pada tulisan kali ini!

6 Keuntungan Kuliah S2 di Luar Negeri, Dukung Studi dengan Investasi Obligasi Pemerintah!

Menempuh gelar master memang memerlukan banyak pertimbangan. Terlebih, untuk mencoba studi di tempat baru yang jauh seperti luar negeri. Namun, Anda tidak perlu bimbang karena keputusan ini memiliki banyak keuntungan. Apa saja kelebihan saat memutuskan kuliah S2 di luar negeri?

●     Memiliki Keunggulan Praktikal

Gelar master atau S2 memungkinkan Anda memiliki keahlian praktikal yang lebih tinggi. Hal ini menjadi poin plus bagi pemberi kerja, terlebih jika Anda memiliki banyak pengalaman sebelumnya.

Keahlian lulusan S2 berfokus pada analisis, riset, pemecahan masalah, hingga kemampuan presentasi. Hal ini bisa menjadi peluang untuk meniti karir lebih tinggi. Apalagi, S2 memungkinkan Anda mempublikasi banyak penelitian ilmiah yang berguna dalam dunia kerja.

●     Membangun Koneksi yang Lebih Kuat

Mencoba belajar di tempat yang baru memang menjadi tantangan tersendiri. Anda akan bertemu banyak orang dengan budaya, bahasa, dan latar belakang yang berbeda. Namun, hal ini bisa menjadi poin plus yang tidak dimiliki orang lain.

Berbagai orang dan teman baru yang ditemui dapat menjadi koneksi yang membuka peluang di masa depan. Anda bisa bertukar pikiran dengan rekan maupun akademisi ahli di bidangnya

Koneksi yang didapat dari berkuliah di luar negeri juga memudahkan Anda untuk berkarir di negara tersebut. Kesempatan ini bisa Anda miliki dengan mempersiapkan dana pendidikan lewat investasi seperti Obligasi Pemerintah.

●     Peluang Kerja Terbuka Luas

Pada pendidikan sarjana, mahasiswa berfokus untuk mempelajari teori dibandingkan kemampuan praktik. Hal ini karena keahlian praktikal akan dipelajari dalam program master melalui teori yang telah didapatkan sebelumnya.

Gelar master yang diikuti keterampilan kerja memudahkan Anda bekerja pada bidang terkait. Sementara itu, gelar S2 juga menjadi langkah tepat untuk menjadi pengajar atau dosen.

●     Persiapan Menuju S3

Menempuh pendidikan master di luar negeri juga menjadi bagian dari persiapan gelar PhD atau S3. Berbagai keahlian praktikal dan teori akan membantu Anda menjalani pendidikan S3 yang lancar dengan berbagai penelitian.

Gelar master ini juga memungkinkan Anda mendapatkan informasi beasiswa, persyaratan kuliah, hingga bantuan dana dari organisasi atau badan ternama.

●     Ahli dalam Bidang Tertentu

Skill atau kemampuan yang spesifik pada gelar master serta pengalaman yang relevan semakin mengasah keahlian kita. Hal ini menjadi proses penting menuju tingkat ahli dalam bidang tertentu.

Selain semakin banyaknya pengalaman dan pengetahuan, rekan-rekan dari bidang yang sama juga mendorong perkembangan serta kemampuan diri. Hal inilah yang menjadi motivasi penting saat memutuskan kuliah di luar negeri.

●     Kesempatan Membangun Karir di Luar Negeri

Kesempatan meniti karir di luar negeri tentu akan terbuka. Terlebih jika kampus memiliki reputasi dan pencapaian yang baik.

Tidak hanya bekerja sebagai akademisi, banyak perusahaan mencari lulusan S2. Contohnya, perusahaan mobil ternama menerima ratusan pekerja dengan gelar master di setiap tahunnya. Hal ini karena perusahaan dalam bidang teknik membutuhkan praktisi yang handal di bidangnya.

Berbagai keuntungan di atas bisa menjadi alasan kuat untuk menempuh gelar S2 di luar negeri. Selain berbagai hal tersebut, masih banyak keunggulan dan pengalaman berkesan yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: Tips Memilih Sekolah Internasional untuk Buah Hati

Tips dan Persiapan S2 ke Luar Negeri

Siap menempuh pendidikan master di luar negeri? Terdapat beberapa tips dan persiapan penting yang bisa Anda jadikan acuan. Mari perhatikan pembahasan berikut.

●     Lakukan Riset Kampus Tujuan

Sebelum mendaftar, Anda bisa melakukan riset kecil mengenai kampus yang dituju. Pastikan pertanyaan mengapa Anda harus memilih kampus tersebut bisa terjawab.

Contohnya, Anda ingin berkuliah di Jepang karena kemajuan ilmu teknologi yang canggih.

●     Persiapan Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Salah satu persyaratan penting yaitu kemampuan Bahasa Inggris. Hal ini bisa dilihat dari tes seperti IELTS atau TOEFL. Tentunya terdapat skor yang harus dipenuhi.

Setiap kampus memiliki persyaratan kemampuan Bahasa Inggris yang berbeda. Selain itu, perhatikan juga informasi bidang studi terkait karena tidak semua bidang diajarkan melalui Bahasa Inggris. Jika begitu, Anda perlu mempelajari bahasa dari negara terkait.

●     Menulis Banyak Karya Ilmiah

Karya ilmiah bisa menjadi nilai tambah ketika sesi wawancara berlangsung. Terlebih jika karya sesuai bidang yang dituju dan dipublikasi oleh jurnal bereputasi tinggi.

Karya ilmiah yang relevan menunjukkan minat Anda pada bidang yang ditekuni. Selain itu, karya tersebut juga bisa menjadi persyaratan untuk mendaftar beasiswa.

●     Berkonsultasi dengan Ahli Akademik

Memerlukan mentor untuk membimbing Anda dalam melakukan persiapan gelar master? Konsultasi bersama ahli akademik maupun orang-orang berpengalaman serupa adalah langkah yang tepat.

Anda bisa bertukar pikiran melalui forum ataupun lembaga edukasi. Terdapat banyak informasi penting dari kehidupan perkuliahan maupun kehidupan sehari-hari di negara yang Anda tuju.

●     Dukung dengan Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi bisa Anda persiapkan untuk memenuhi persyaratan. Pada umumnya, diperlukan dua orang yang memberikan rekomendasi untuk berkuliah di luar negeri. Anda bisa memperoleh surat rekomendasi dari dosen untuk mendaftar gelas S2 ataupun beasiswa.

Persiapan di atas perlu dilakukan sejak jauh hari. Hal tersebut karena masih banyak hal lain yang harus dipenuhi seperti tiket pesawat, keperluan pribadi, dan masih banyak lagi.

Menempuh gelar S2 di luar negeri menjadi pilihan banyak orang. Hal ini karena pengalaman, kemampuan, dan peluang yang cerah di masa depan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan persiapan yang matang agar semua syarat dan keperluan dapat dipenuhi.

Menempuh pendidikan S2 di luar negeri memang membutuhkan banyak dana. Anda dapat mendukung studi dengan keuntungan investasi Obligasi Pemerintah bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Investasi ini memiliki berbagai keuntungan.

Terdapat pendapatan reguler berupa kupon yang dibayarkan secara berkala selama periode investasi oleh penerbit Obligasi. Selain itu, investasi memberikan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

 

Investasi Obligasi Pemerintah ini memang memiliki potensi pendapatan yang stabil dan banyak keunggulan. Tunggu apalagi? Mari berinvestasi sekarang dan ketahui informasi serta persyaratan lengkapnya di sini!

Baca Juga:

Kuliah di Luar Negeri ?

5 Langkah Terapkan Prinsip Kaizen untuk Stabilitas Finansial

Siapkan Dana Hari Tua, Ini Cara Berinvestasi di Setiap Usia

Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS.

Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.