Jenis Obligasi
12 Jul 2023

5 Langkah Terapkan Prinsip Kaizen untuk Stabilitas Finansial

Jenis Obligasi merupakan salah satu opsi untuk memiliki kestabilan finansial. Selain itu, Anda juga dapat menerapkan beberapa prinsip self improvement, seperti prinsip Kaizen. Ini merupakan suatu filosofi dan ajaran yang datang dari masyarakat Jepang. Prinsip tersebut banyak menjadi kunci kesuksesan orang Jepang dalam finansial mereka.

Prinsip Kaizen tidak hanya membantu Anda mencapai kestabilan finansial, tetapi juga memperbaiki setiap aspek dalam hidup. Lantas, bagaimana menerapkan prinsip ini dengan tepat? Mari intip selengkapnya di sini!

Mari Ketahui Prinsip Kaizen untuk Stabilitas Finansial Anda!

Terkadang, mencapai puncak kesejahteraan finansial tampak hampir mustahil, dan kita akhirnya melangkah mundur karena tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Mengubah gaya hidup dan kebiasaan memang membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun, kita tidak boleh meremehkan upaya yang terlibat. Perlu diketahui, filosofi bisnis Jepang Kaizen dapat membantu dalam hal ini.

Kaizen adalah metode dimana Anda dapat terus meningkatkan perbaikan dalam langkah-langkah kecil. Perusahaan besar telah mengadopsi Kaizen untuk memperbaiki organisasi mereka. Kaizen bisa sama efektifnya bila diterapkan pada kehidupan pribadi kita, terutama dalam hal pengelolaan keuangan.

Kaizen berasal dari Bahasa Jepang yang berarti perubahan baik. Menurut Forbes, Kaizen merupakan cara untuk memperbaiki kekurangan diri dengan tindakan kecil yang dilakukan bertahap untuk dijadikan kebiasaan.

Tindakan-tindakan kecil ini mungkin terasa sepele pada awalnya. Namun, hal tersebut akan memberikan dampak besar jika dilakukan secara kontinu. Untuk menerapkan prinsip Kaizen dalam hidup kita, dibutuhkan disiplin tinggi untuk berprogress secara pasti.

Kaizen dapat diterapkan dalam langkah sederhana di kehidupan sehari-hari. Prinsip ini sangat efektif untuk meningkatkan produktivitas. Tentunya, hasil yang diharapkan harus didukung dengan komitmen yang tinggi.

Prinsip Kaizen sama saja dengan membangun kebiasaan. Jika tidak dilakukan dengan rutin, Anda tidak akan terbiasa dengan langkah perbaikan yang dilakukan.

Kaizen banyak diterapkan dalam usaha, bisnis, hingga sistem perusahaan besar karena terbukti efisien. Bahkan, prinsip ini menjadi kunci kesuksesan mereka. Tidak hanya itu, ternyata prinsip Kaizen dapat diterapkan untuk pengembangan diri. Salah satunya mempersiapkan kestabilan finansial.

Bagaimana Prinsip Kaizen Bekerja?

Kaizen memiliki cara kerja dengan bentuk perbaikan secara terus menerus. Prinsip ini akan membantu Anda memperbaiki kekurangan diri. Dalam hal finansial, Kaizen atau perubahan baik dapat dilakukan dengan meminimalisir perilaku konsumtif, memperbaiki perencanaan keuangan, dan masih banyak lagi.

Perubahan kecil yang dilakukan secara terus-menerus dengan intensitas cukup tinggi akan memberikan perubahan dalam hidup. Prinsip Kaizen harus dilakukan dengan kesabaran tinggi. Hal ini karena cara kerjanya tidak akan memberikan perubahan signifikan dalam waktu yang cepat.

Oleh sebab itu di atas dijelaskan bahwa disiplin tinggi dapat mendukung tercapainya keberhasilan penerapan Kaizen. Agar sukses dalam menerapkan Kaizen pada kehidupan Anda, terdapat beberapa nilai prinsip ini yang dapat menjadi pedoman. Di antaranya yaitu:

●       Kaizen adalah Upaya Memperbaiki Diri Menjadi Lebih Baik

Kaizen, bahasa Jepang untuk perubahan (kai) menjadi lebih baik atau menjadi lebih baik (zen), didefinisikan sebagai "filosofi berdasarkan perubahan positif yang kontinu untuk meningkatkan produktivitas." Ini juga berarti pendekatan terhadap kehidupan pribadi yang berorientasi pada perbaikan terus-menerus.

Hal ini tentu dapat memicu rasa jenuh selama melakukan perbaikan. Namun, tujuan bahwa Kaizen adalah upaya memperbaiki diri akan membuat diri kita semangat dalam menjalani setiap perubahan baik.

●       Kaizen merupakan Tujuan Hidup

Menerapkan Kaizen dalam hidup Anda mungkin tidak menghasilkan hasil yang langsung atau dramatis. Namun, perubahan kecil dan efektif yang terus-menerus dilakukan pada pada akhirnya menghasilkan dampak serta kesuksesan Anda dalam mencapai tujuan. 

Hal ini juga dapat dilihat dalam upaya mencapai kestabilan finansial Anda. Dengan prinsip Kaizen yang tercapai, maka kestabilan finansial juga dapat Anda miliki.

●       Perubahan Kecil Memberikan Dampak Besar

Prinsip Kaizen berfokus pada perubahan-perubahan kecil. Banyak yang tidak disiplin dalam menerapkan prinsip Kaizen sehingga perubahan yang mereka mulai tidak menemukan keberhasilan. Namun, dengan kesabaran dan disiplin tinggi, Kaizen akan memberikan dampak besar bahkan menumbuhkan kebiasaan baik.

Demikianlah cara kerja dan beberapa pedoman untuk menerapkan prinsip Kaizen dengan disiplin tinggi. Sebanyak apapun perubahan yang dilakukan tidak akan membuahkan hasil jika dilakukan dalam waktu yang singkat dan tidak rutin.

5 Langkah Terapkan Prinsip Kaizen untuk Stabilitas Finansial

Kesejahteraan finansial ternyata dapat dicapai dengan prinsip Kaizen. Prinsip ini akan mendukung Anda dalam mengembangkan kebiasaan untuk membangun finansial yang stabil. Hal ini tentu membutuhkan kesabaran dan waktu. Namun, hasil akan terlihat jika Anda memiliki konsistensi yang tinggi.

Untuk mendapatkan kestabilan finansial dengan prinsip Kaizen, mari simak tips dan langkah berikut ini!

●       Menurunkan Kebiasaan Konsumtif

Gaya hidup konsumtif adalah permasalahan yang membuat Anda sulit mencapai kestabilan ekonomi. Alokasi dana untuk keperluan yang tidak dibutuhkan seperti shopping dan barang mewah lain dapat diminimalisir dari sekarang.

Misalnya, Anda kesulitan menabung karena menghabiskan banyak uang untuk membeli pakaian terbaru, Anda perlu bertanya pada diri sendiri mengapa berpenampilan menarik lebih penting bagi Anda daripada tujuan uang Anda.

Apakah Anda memiliki masalah harga diri yang harus diselesaikan atau apakah Anda benar-benar yakin bahwa Anda pantas mendapatkan kestabilan finansial?

Untuk itu, Anda dapat menerapkan prinsip Kaizen dalam kehidupan. Cobalah sedikit demi sedikit menekan keinginan untuk berbelanja. Sebaliknya, biasakan untuk mengalokasikan dana sebagai tabungan atau uang darurat agar finansial stabil.

●       Meminimalisir Cicilan

Cicilan tentu penting untuk hal-hal yang kamu butuhkan seperti membeli kendaraan, property, dan sebagainya. Namun, membayar cicilan atau kredit untuk hal-hal konsumtif harus dikurangi dari sekarang. Banyaknya cicilan membuat Anda tidak dapat mengalokasikan penghasilan ke hal-hal yang lebih positif.

Untuk itu, Anda perlu mencari peluang untuk peningkatan keuangan. Jadi ketika pengeluaran yang tidak direncanakan membahayakan arus kas, Anda harus membuat anggaran terperinci yang akan membantu pengelolaan uang dan hidup sesuai kebutuhan yang diperlukan.

Sebaiknya, tetap kontrol tagihan cicilan yang masuk ke rekening. Nilainya harus lebih sedikit dari penghasilan yang didapatkan. Jika tidak, cicilan ini akan memicu hutang baru ketika gagal dilunasi.

●       Memulai Bisnis Baru

Banyak dari kita mungkin memiliki ide untuk memulai bisnis baru (paruh waktu atau penuh waktu) atau bahkan mempertimbangkan perubahan karier. Tapi hal itu bisa jadi menakutkan, jadi Anda menundanya.

Tetapi mendekati tujuan seperti itu dengan langkah-langkah kecil relatif mudah. Habiskan waktu secara teratur untuk bersosialisasi, membaca, dan mempelajari keterampilan baru sambil duduk di kedai kopi, atau hanya berfokus pada impian jangka panjang Anda.

●       Mengelola Waktu dan Mengapresiasi Hal Kecil

Mengelola waktu dengan baik juga bisa menjadi awal dalam membangun kestabilan finansial. Seperti pepatah, waktu adalah uang. Anda perlu memanfaatkannya dengan maksimal untuk lebih produktif dan mencapai kesuksesan kerja.

Pikirkan ke depan dan buatlah daftar hal-hal yang ingin Anda capai selama satu bulan. Bersikaplah realistis jika Anda ingin memiliki kestabilan uang. Misalnya, tetapkan anggaran pasti di bulan tertentu agar efisien dan hemat.

Terlepas dari segala upaya yang dilakukan, Anda memegang kendali dan memutuskan apa hal terbaik untuk keuangan Anda. Tidak ada jawaban benar atau salah. Ini tentang mencari cara terbaik memiliki keuangan yang stabil.

Cobalah untuk mengalokasikan waktu setiap hari dengan terencana. Jangan sampai sebagian besar waktu digunakan untuk hal tidak perlu. Anda mungkin akan jenuh pada tahap ini. Oleh karena itu, apresiasi kecil terhadap progress yang diraih harus dilakukan agar Anda lebih bersemangat.

●       Investasi dengan Strategi yang Matang

Terakhir, Anda dapat memulai kebiasaan investasi. Tentunya diiringi dengan kesiapan dan strategi yang baik. Investasi akan menumbuhkan aset Anda secara produktif. Ini juga bisa menjadi opsi kestabilan finansial jangka panjang atau di hari tua.

Berbicara investasi, Obligasi dapat menjadi pilihan. Investasi ini memiliki risiko rendah dengan kestabilan yang tinggi. Selain itu, harga Obligasi stabil sehingga Anda dapat menjualnya sebelum jatuh tempo tiba. Tentunya dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang terjadi saat itu.

Beberapa hal di atas merupakan langkah untuk mencapai kestabilan finansial yang berpegang pada prinsip Kaizen. Perubahan-perubahan kecil di atas akan membuat Anda menjadi pribadi lebih baik dengan kesiapan finansial yang matang.

Setiap orang tentu menginginkan kestabilan finansial yang sejahtera. Untuk itu, prinsip Kaizen ada dan mendukung tujuan Anda. Bagaimana? Siap menerapkan langkah-langkah di atas? Jangan sampai Anda terlambat untuk memulainya.

Kestabilan Finansial dengan Investasi Obligasi DBS Treasures

Obligasi yang merupakan instrumen cukup stabil ini merupakan opsi untuk banyak investor. Mengalokasikan aset Anda pada instrumen Obligasi merupakan pilihan yang tepat. Apalagi jika Anda mempercayakannya pada perbankan prioritas DBS Treasures!

DBS Treasures dapat mendukung investasi Anda dengan berbagai keunggulan. Adapun keunggulan investasi Obligasi di sini yaitu:

  • Kupon Reguler

DBS Treasures memberikan penawaran berupa kupon reguler yang akan dibayarkan secara berkala selama melakukan investasi pada penerbit Obligasi yang dipilih.

  • Terdapat Potensi Capital Gain

Beberapa jenis Obligasi bisa Anda jual kapanpun bahkan sebelum jadwal waktu jatuh tempo yang telah ditentukan. Selain itu, investor juga akan diberikan potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

  • Kupon Kompetitif

DBS Treasures juga akan memberikan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito Berjangka.

  • Tidak Ada Biaya Tambahan

Para investor tidak dikenai biaya tambahan apapun. Hanya terdapat spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer).

  • Transaksi 24/7

Anda bisa menikmati beragam jenis produk Obligasi yang dapat diperjualbelikan lewat Aplikasi digibank by DBS. Menarik, bukan?

Selain itu, Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannva. Dapatkan pula peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Investasi yang dilakukan dengan persiapan dan pengetahuan memadai tentu akan berjalan lebih lancar. Investasi yang Anda lakukan adalah upaya paling realistis untuk mencapai kestabilan finansial. Apalagi, jika Anda sedang mempersiapkan dana di hari tua.

Berinvestasi jenis Obligasi bersama DBS Treasures memang memiliki berbagai keunggulan. Tertarik investasi Obligasi? Mari simak informasi lengkapnya di sini. Mari berinvestasi sebagai upaya mencapai kestabilan finansial yang sejalan dengan prinsip Kaizen!