penerbit Obligasi
30 Sep 2022

Kumpulkan Dananya dengan Investasi

Kuliah di luar negeri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dan salah satunya dengan mengikuti program beasiswa. Apabila Anda menginginkan pendidikan terbaik untuk anak, maka Anda tetap bisa memberangkatkan anak untuk melanjutkan studi di luar negeri dengan biaya yang direncanakan melalui investasi.

Saat ini investasi sudah banyak jenisnya. Beberapa jenis investasi di antaranya investasi deposito, investasi saham, investasi reksadana, serta investasi berbentuk Obligasi. Dari banyaknya jenis investasi yang ada, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatur dan memenuhi kebutuhan anak selama berkuliah di luar negeri.

Supaya aman, pastikan Anda melakukan investasi di lembaga yang terpercaya. Salah satu jenis investasi yang memiliki tingkat keamanan tinggi adalah investasi Obligasi Pemerintah. Investasi jenis ini dikatakan aman dengan alasan diterbitkan oleh negara dan ketentuannya tertuang dalam Undang–undang.

Apa pun jenis investasi yang nantinya hendak Anda pilih untuk pembiayaan kuliah anak di luar negeri, pahami dahulu syarat dan ketentuan dari investasi tersebut agar dapat meminimalisir terjadinya kerugian.

Pada artikel ini akan dibahas perihal tips apa saja yang bisa Anda jadikan acuan dalam mempersiapkan anak ketika hendak berkuliah negeri, serta faktor yang perlu diperhatikan dalam menghitung biaya kuliah dan biaya hidup selama anak Anda berkuliah di luar negeri.

Tips dalam Mempersiapkan Anak Kuliah di Luar Negeri

Mempersiapkan anak untuk berkuliah di luar negeri tentu tidak mudah. Banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari berkas dokumen hingga kebutuhan finansial. Saat menguliahkan anak menggunakan biaya sendiri, maka segala sesuatunya pun harus diurus secara mandiri.

Beberapa tips dalam mempersiapkan anak kuliah di luar negeri yang patut Anda ketahui yaitu sebagai berikut.

  1. Pilih Kampus yang Tepat

Langkah pertama dalam mempersiapkan anak kuliah di luar negeri adalah mencari kampus yang hendak dituju. Hal ini merupakan langkah awal. Setelah penentuan kampus mana yang hendak anak Anda tuju, langkah berikutnya baru bisa tergambarkan dengan jelas.

Pemilihan kampus ini bergantung kepada Anda sebagai orang tua. Apakah Anda termasuk orang tua yang membebaskan anaknya dalam menempuh pendidikan yang mereka inginkan. Atau Anda termasuk ke dalam tipe orang tua yang mengarahkan ke mana anak Anda harus pergi berkuliah, termasuk juga jurusan apa yang harus mereka ambil.

Bagaimanapun, pilihan kampus tetap harus didiskusikan dengan baik agar persiapan anak untuk bisa kuliah di luar negeri dapat berjalan dengan lancar.

  1. Ketahui Syarat yang Dibutuhkan

Setelah kampus yang dituju sudah ditentukan, maka faktor penting untuk anak Anda berangkat kuliah di luar negeri adalah mempersiapkan persyaratan yang diperlukan. Anda bisa membantu mencari tahu apa saja persyaratan yang harus disiapkan agar anak Anda dapat mendaftar kuliah di kampus-kampus yang sudah Anda dan anak Anda setujui.

Persyaratan untuk mendaftarkan diri dapat diketahui dengan melihat di situs resmi kampus yang hendak dituju. Sebisa mungkin persiapkan persyaratan dari jauh-jauh hari sebelum tenggat pengumpulan agar tidak tergesa-gesa yang berakibat kekeliruan dan tidak lengkapnya persyaratan.

  1. Pahami Proses Administrasi

Selain harus mengetahui syarat apa saja yang dibutuhkan, Anda juga perlu ketahui dan pahami terkait proses administrasi untuk mendaftarkan anak kuliah di luar negeri. Anda harus memahaminya dengan teliti, ini karena masing-masing kampus memiliki proses atau tahapan pendaftaran yang berbeda.

Pastikan Anda mencari tahu informasi dari sumber resmi dan terpercaya agar tidak keliru. Zaman sekarang juga sudah banyak tim atau lembaga yang menyediakan jasa layanan konsultasi untuk mengurus pendidikan di luar negeri.

Apabila Anda enggan direpotkan untuk mengurus segala proses pendaftaran secara mandiri, lembaga konsultan yang sudah banyak beroperasi ini bisa membantu Anda dan anak Anda. Layanan jasa ini akan membantu mulai dari persiapan dokumen hingga pengurusan visa sebelum keberangkatan anak keluar negeri.

Apabila Anda dan anak Anda memilih untuk menggunakan jasa layanan tersebut maka pastikan lembaga yang menyediakan jasa tersebut merupakan lembaga yang terpercaya agar menghindari terjadinya penipuan yang bisa merugikan.

  1. Pastikan Bahwa Anak Telah Memahami Bahasa Asing

Oleh karena akan berkuliah di luar negeri maka Anda harus memastikan kemampuan anak Anda dalam berbahasa asing. Walaupun tidak fasih, setidaknya anak Anda harus memiliki kemampuan dasar dalam berbahasa inggris. Untuk mempersiapkannya, Anda bisa mengikutkan anak Anda ke kursus bahasa apabila diperlukan.

Biasanya salah satu persyaratan untuk bisa berkuliah di luar negeri mengharuskan calon mahasiswa mengikuti tes untuk menguji kemampuan berbahasa. Tes ini bisa berupa TOEFL atau IELTS dengan batas minimal skor yang telah ditentukan.

Masing-masing kampus memiliki batas nilai tertentu, maka dari itu pastikan anak Anda bisa lulus dari ujian tersebut agar bisa melanjutkan kuliah di luar negeri dan kampus yang diinginkan.

  1. Hitung Biaya Hidup

Beralih menuju tips dalam mempersiapkan anak Anda yang hendak berkuliah di luar negeri berikutnya. Anda perlu melakukan perhitungan biaya-biaya apa saja yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan anak Anda di negeri tempatnya mengenyam pendidikan nanti.

Apabila Anda berniat menguliahkan anak di luar negeri menggunakan biaya sendiri dan tanpa beasiswa, maka faktor perhitungan biaya hidup anak selama waktu menempuh pendidikan menjadi faktor yang sangat penting.

Beberapa hal utama yang harus dihitung untuk kebutuhan hidup selama anak Anda berkuliah di luar negeri misalnya biaya pendidikan, biaya tempat tinggal dan transportasi, serta biaya untuk kebutuhan sehari-hari. Lebih lengkapnya perihal perhitungan biaya akan dijelaskan pada poin setelah ini.

Langkah Menghitung Biaya Hidup Anak Selama Berkuliah di Luar Negeri

Menimba ilmu di luar negeri membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bagi Anda yang ingin menguliahkan anak di luar negeri dengan biaya pribadi, maka Anda perlu ketahui bagaimana langkah dalam menghitungnya.

Perhatikan beberapa faktor penting berikut untuk mengetahui jumlah biaya total yang kemungkinan dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup anak selama berkuliah di luar negeri.

  1. Ketahui Fasilitas yang Didapatkan dari Kampus

Langkah pertama apabila Anda hendak menghitung biaya anak untuk berkuliah di luar negeri yaitu dengan mengetahui fasilitas apa saja yang didapatkan dari kampus. Setelah mengetahui macam-macam fasilitas yang didapatkan, maka Anda baru bisa menghitung biaya kebutuhan anak di luar fasilitas yang sudah didapatkan.

  1. Cari Tahu Biaya Tempat Tinggal

Selanjutnya jika anak Anda diterima di kampus yang tidak menyediakan tempat tinggal atau asrama di lingkungan kampus, maka Anda perlu mencari tahu atau melakukan survey terkait tempat tinggal untuk anak Anda saat sudah memulai perkuliahan.

Cari tahu pula rentang harga dan fasilitas yang didapatkan. Sebisa mungkin untuk mengedepankan kenyamanan anak agar Anda bisa merasa tenang meskipun tinggal terpisah ratusan hingga ribuan kilometer jaraknya.

  1. Biaya Transportasi

Langkah berikutnya untuk menghitung biaya seluruh kebutuhan selama anak Anda berkuliah di luar negeri adalah dengan mengetahui biaya transportasi. Dengan tidak disediakannya asrama di lingkungan kampus maupun Anda memutuskan agar anak Anda tinggal di luar wilayah kampus, berarti akan ada biaya pasti berupa uang transportasi untuk menuju kampus.

Cara lainnya yang berhubungan dengan transportasi, Anda bisa menyediakan alat transportasi untuk kepentingan anak Anda beraktivitas.

  1. Makan dan Kebutuhan Sehari-hari

Yang tidak kalah penting dan perlu dihitung dalam biaya hidup selama anak Anda berkuliah di luar negeri adalah uang makan. Pastikan Anda menghitung dan menyediakan uang untuk kebutuhan sehari-hari untuk Anda.

Perintahkan anak Anda untuk melakukan survei terkait harga makanan di sekitar kampus dan area yang nantinya hendak ditinggali. Dengan melakukan survey seperti ini maka perhitungan biaya hidup bisa lebih tepat.

  1. Dana Darurat

Anda sebagai orang tua juga perlu mempersiapkan dana darurat untuk anak Anda apabila ada kepentingan yang mendesak. Dana ini perlu untuk disiapkan agar anak Anda selalu memiliki tabungan untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu yang membutuhkan uang berlebih di waktu yang tak terduga.

Obligasi Pemerintah di DBS Treasures: Investasi untuk Biaya Pendidikan Anak

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatur biaya pendidikan anak di luar negeri adalah dengan melakukan investasi. Saat ini investasi telah berkembang dan memiliki banyak jenis serta lembaga yang menawarkan keunggulan sedemikian rupa yang tentunya menguntungkan.

DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaan hadir untuk mendukung Anda dalam melakukan investasi dengan cara yang tepat.

Fitur dan Keuntungan Investasi Obligasi Pemerintah di DBS Treasures

Anda akan merasakan beberapa keuntungan dan fitur berinvestasi seperti:

  • Kupon Reguler

Anda akan mendapatkan pendapatan reguler berupa kupon yang akan diberikan secara berkala selama periode investasi yang telah disetujui oleh penerbit Obligasi.

  • Potensi Capital Gain

Ada beberapa jenis Obligasi yang bisa Anda jual kapan saja sebelum jatuh tempo untuk mendapatkan potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

  • Kupon Kompetitif

Dapatkan kupon dengan tingkat kompetitif di atas rata-rata bunga deposito berjangka.

  • Tidak Ada Biaya Tambahan

Tidak ada biaya tambahan apapun untuk berinvestasi bersama DBS Treasures. Anda hanya akan membayar spread antara bid dan offer.

  • Transaksi 24/7

Tersedia beragam produk Obligasi yang bisa Anda jual atau beli di Aplikasi digibank by DBS.

Kunjungi tautan berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds untuk mendapatkan gambaran lebih jelas perihal investasi Obligasi Pemerintah di DBS Treasures mulai dari persyaratan hingga keuntungan yang didapatkan. Segera pahami syarat dan ketentuannya dan mulai investasi Anda di DBS Treasures dengan yakin.