Obligasi Pemerintah
23 Aug 2023

Tips Memilih Sekolah Internasional untuk Buah Hati

Kualitas pendidikan buah hati adalah hal yang perlu dipertimbangkan. Kini, Anda dapat mendukungnya dengan keuntungan investasi Obligasi Pemerintah. Perencanaan pendidikan anak merupakan hal penting yang harus direncanakan demi masa depan yang lebih cerah bagi mereka. Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik.

Oleh karena itu, sekolah internasional kian diminati karena kualitas dan mutu yang tinggi. Sekolah ini tentu berbeda dengan pendidikan lokal. Di sini, anak Anda akan mendapatkan pendidikan lebih tinggi bertaraf internasional. Namun, bagaimana cara memilih sekolah yang tepat? Simak selengkapnya di sini!

Mengapa Harus Sekolah Internasional?

Sekolah memiliki peran untuk mengenalkan pengetahuan, mengajarkan keterampilan, serta pengembangan diri untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi. Anda dapat memilih beragam sekolah dengan reputasi, kurikulum, dan fasilitas yang sesuai dengan keinginan.

Mendapatkan pendidikan berkualitas dapat dilakukan dengan bersekolah di international school. Sekolah internasional adalah institusi yang memberikan kurikulum bertingkat internasional. Secara umum, sekolah ini memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi.

Pengalaman belajar yang didapatkan tentu berbeda dari sekolah pada umumnya. Hal ini karena kurikulum yang berbeda dan telah diakui secara internasional. Di sini, anak akan berfokus pada pembentukan pola pikir yang kritis dan kreatif dengan mengedepankan proses. Adapun beberapa alasan kuat untuk memilih sekolah internasional yaitu:

●       Standar yang Tinggi

Sekolah berskala internasional dibekali dengan standar pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini membantu anak berkembang dengan baik. Pendidikan berstandar ini juga menunjang kemajuan studi dan mendorong siswa selangkah lebih maju dari anak-anak seumurannya.

●       Keberagaman Budaya

Di sekolah umum, anak tentu akan bertemu dengan teman-teman sebaya yang kebanyakan berasal dari daerah yang sama. Hal ini tentu berbeda dengan sekolah internasional yang memiliki siswa dari beragam budaya dan negara.

Pengalaman yang didapat tentu membuat anak memiliki toleransi yang lebih tinggi. Mereka dapat bertukar pikiran dan menghargai perbedaan yang ada. Di masa depan mereka juga dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan baru.

●       Kemampuan Bahasa Inggris

Beberapa sekolah internasional menerapkan Bahasa Inggris dalam pembelajaran sehari-hari. Hal ini membuat siswa terdorong untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Keterampilan Bahasa Inggris yang diasah sejak dini adalah bekal penting, terutama untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Pada awalnya, international school terbentuk sebagai sekolah staf kedutaan suatu negara. Namun, sekolah internasional menerima siswa-siswa lokal seiring berjalannya waktu. Perkembangan sekolah bertaraf internasional meningkat pesat dan semakin diminati masyarakat.

Dikutip dari DITPSD Kemdikbud, seluruh sekolah berlabel internasional yang ada di Indonesia harus mengganti nama mereka menjadi Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK) mulai 1 Desember 2014.

Adapun perbedaan paling mencolok dari sekolah umum yaitu biaya pendidikan, keberagaman siswa, fasilitas, standar pendidikan, dan kurikulum yang diakui internasional.

Selain keunggulan yang dapat terlihat jelas, lulusan international school dipandang lebih luas dan mendapat nama yang baik. Hal ini juga penting sebagai gerbang untuk membuka peluang di masa depan. Contohnya mengikuti berbagai kegiatan internasional, berkuliah di luar negeri, dan sebagainya.

Tips Memilih Sekolah Internasional

Sekolah internasional dapat memperbesar peluang anak di masa depan. Dalam memilih sekolah tersebut, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal. Apa saja tips menentukan sekolah internasional terbaik? Simak selengkapnya di bawah ini!

●       Kualitas Pengajar

Guru berperan penting dalam proses pembelajaran anak. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan suatu sekolah memiliki tenaga kerja yang andal. Guru yang kompeten tentu mampu menjaga pembelajaran berjalan efektif dan optimal.

Pengajar yang berkualitas juga dapat mendukung potensi yang dimiliki anak Anda. Pastikan juga pembelajaran yang dilakukan bersifat interaktif dan siswa mampu memahami materi dengan baik.

●       Pelayanan yang Baik

Pelayanan yang diberikan oleh sekolah juga harus menjadi pertimbangan. Pastikan pihak sekolah dapat bekerja sama dan menjalin komunikasi yang baik. Hal ini karena anak akan menghabiskan sebagian banyak waktu di sekolah. Komunikasi yang baik membuat Anda dapat memantau anak dengan mudah.

●       Fasilitas Lengkap dan Bermutu

Sekolah internasional memang memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Namun, Anda perlu untuk meninjaunya dengan saksama. Pastikan fasilitas yang diberikan juga bermutu tinggi, memiliki keamanan yang baik, dan tentunya menunjang kegiatan pembelajaran.

Saat ini, fasilitas yang berperan penting adalah peralatan digital, ruang kelas nyaman, laboratorium, ruang seni, hingga fasilitas olahraga. Beberapa elemen penting tersebut tidak hanya menunjang pembelajaran, tetapi juga bakat yang dimiliki anak.

●       Kurikulum Sekolah yang Tepat

Setiap sekolah internasional memiliki kurikulum tersendiri. Tentunya kurikulum yang dipakai sudah berstandar internasional. Walaupun begitu, kurikulum internasional juga memiliki jenis yang berbeda.

Salah satu yang paling banyak digunakan yaitu International Cambridge dan Baccalaureate. Anda dapat memilih sekolah dengan kurikulum yang paling tepat dan sesuai dengan kemampuan anak.

●       Kegiatan Ekstrakurikuler

Sekolah juga menjadi tempat anak untuk mengasah bakat. Pastikan ekstrakurikuler yang tersedia sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Perhatikan pula akreditasi dan reputasi setiap kegiatan ekstra yang ada.

Itulah hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih sekolah internasional. Sekolah yang tepat dapat mendukung perkembangan anak dan mendorongnya menuju kesuksesan. Kini, Anda dapat mendukung dana pendidikan dengan investasi Obligasi. Ini merupakan investasi dengan keuntungan berupa kupon Obligasi yang dibayarkan secara berkala.

Dukung Biaya Pendidikan Anak dengan Investasi Obligasi

Kini, Anda dapat berinvestasi Obligasi dengan mudah di perbankan prioritas DBS Treasures. Bersama mitra tepercaya ini, Anda dapat berinvestasi dengan aman. Selain itu, Anda pun bisa memperoleh beragam keuntungan dan kemudahan.

DBS Treasures menyediakan Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dan dijamin dalam undang-undang. Ada berbagai pilihan Obligasi. Tentunya dengan jangka waktu sesuai preferensi serta mata uang IDR, USD, dan EUR.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannva. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Obligasi merupakan opsi tepat karena memiliki risiko minim dan potensi keuntungan yang stabil. Tunggu apalagi? Mari investasi Obligasi Pemerintah bersama DBS Treasures. Dengan investasi ini, pendidikan anak di sekolah internasional dapat berjalan lancar. Klik di sini untuk dapatkan informasi lengkapnya.