Diversifikasi di Reksa Dana akan membantu memperkuat keseluruhan portofolio Anda
10 Mar 2022

Bagaimana cara membangun portofolio Reksa Dana yang tangguh?

Dalam artikel sebelumnya mengenai investasi Reksa Dana, kita telah melihat mengapa Reksa Dana lebih unggul dibanding ETF dan bagaimana Anda dapat memilih Reksa Dana yang tepat untuk Anda. Sekarang setelah Anda membeli Reksa Dana bagaimana Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya: membangun portofolio yang tangguh melalui diversifikasi dan mengamankan hasil yang didapat secara efektif atau mengurangi risiko pasar dalam jangka panjang.

Mengadopsi pendekatan portofolio dapat menjadi cara efektif dalam melakukan hal ini.

KERAGAMAN ADALAH KUNCI

Kita tahu bahwa cara untuk memaksimalkan hasil dalam situasi yang melakukan pendekatan risk to reward adalah dengan diversifikasi portofolio berdasarkan tujuan investasi, preferensi, jangka waktu, dan toleransi risiko Anda. Pendekatan portofolio selaras dengan strategi ini dan membantu Anda mengenali tujuan Anda dan berinvestasi pada kelas aset yang berbeda. Ini mengurangi kemungkinan kinerja kurang baik dari suatu aset akan mempengaruhi keseimbangan seluruh kinerja portofolio investasi Anda.

Dengan kata lain, diversifikasi di Reksa Dana akan membantu memperkuat keseluruhan portofolio Anda dan memastikan bahwa hasil yang Anda dapat tidak bergantung dari satu investasi. Reksa Dana dapat didiversifikasi berdasarkan geografi, manajer investasi, sektor, atau aset yang dimiliki oleh Reksa Dana tersebut. Selama mereka sejalan dengan tujuan investasi Anda dan diimplementasikan dengan strategi yang jelas, investasi Anda dalam portofolio Reksa Dana yang terdiversifikasi diharapkan bisa bekerja sesuai dengan harapan Anda.

BUAT INVESTASI REKSA DANA BEKERJA UNTUK ANDA!

Pertama-tama, seorang manajer investasi yang terinformasi dan pendekatan strategis yang tepat dapat membantu Anda memilih Reksa Dana yang sesuai dengan tujuan dan preferensi Anda.

Kedua,disarankan untuk memperhatikan komposisi portofolio saat ini untuk memastikan pilihan baru Anda melengkapinya.

Ketiga, satu metode dari diversifikasi Reksa Dana dapat berupa pendekatan Core-Satellite:

  • Portofolio "Core" atau Inti, terdiri dari banyak aset untuk mengurangi volatilitas secara keseluruhan, untuk mendapatkan yang terbaik di kelas aset dan membangun untuk jangka panjang.

  • Portofolio "Satellite" atau Satelit, menjadi aset yang dikelola lebih aktif untuk jangka pendek hingga menengah, dengan memanfaatkan peluang dan keuntungan dari beberapa faktor seperti valuasi, tema dan sektor yang sedang tren.

Strategi konstruksi portofolio ini dirancang untuk memberikan kesempatan bagi investor untuk mengungguli pasar sembari meminimalkan risiko.

FAKTA-FAKTA DALAM MELAKUKAN PEMILIHAN REKSA DANA "SATELLITE"

Saat mencari Reksa Dana 'satelit', Anda dapat mencari industri dan pasar yang sedang berkembang dengan potensi keuntungan yang lebih tinggi.

Keunggulan DBS

Menemukan Unit Trust yang tepat dan sesuai dengan tujuan investasi Anda mungkin terlihat sulit. Namun hal tersebut tidak mustahil jika dilakukan dengan benar dan dengan strategi yang jelas untuk hasil dan manajemen risiko.

Untuk memulai, rencana investasi Reksa Dana secara berkala dapat membantu Anda menjadikan investasi sebagai kebiasaan, sekaligus menurukan potensi risiko dari fluktuasi pasar. DBS Regular UT Savings Plan dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk mendalami dan mempelajari lebih dalam tentang diversifikasi portofolio Reksa Dana.

Untuk wawasan lebih lanjut mengenai Reksa Dana dan bagaimana mengembangkan portofolio Anda secara efektif, hubungi tim ahli DBS Treasures.

tentang solusi keuangan komprehensif DBS Treasures

untuk mendapatkan strategi manajemen kekayaan yang dipersonalisasikan dan dikomunikasikan secara konsisten kepada Anda.

Aplikasi Digibank by DBS untuk menikmati kemudahan transaksi reksa dana dalam mata uang Rupiah maupun Dolar Amerika yang tersedia 24/7