keunggulan dari Reksa Dana
22 Feb 2022

Apa keunggulan dari Reksa Dana dibandingkan ETF?

Reksa Dana membantu para investor, termasuk para investor pemula, untuk mendiversifikasi portofolio investasi mereka dan berpotensi mengamankan kinerja pasar jangka panjang dalam perjalanan mencapai tujuan keuangan mereka.

Namun, ada pilihan investasi lain di pasar yang serupa - salah satu alternatif yang sering dijadikan perbandingan adalah Exchange Traded Fund (ETF). Dikelola oleh manajer investasi profesional, baik Reksa Dana maupun ETF memiliki risiko bawaan yang lebih kecil kepada para investor dengan menawarkan solusi berinvestasi ke aset yang berbeda-beda dalam satu produk. ETF juga menawarkan biaya pengelolaan yang lebih rendah dibandingkan Reksa Dana. Jadi, apa yang membedakan Reksa Dana dan mengapa Reksa Dana dapat dianggap sebagai pelengkap yang lebih baik untuk portofolio investor?

keunggulan reksa dana


Bagaimana Reksa Dana berbeda dari Exchange Traded Fund (ETF)?

Beda reksa dana dan UT

Keunggulan DBS

Ada berbagai jenis investasi reksa dana bagi investor untuk dipilih. Saham Big Cap dan Small Mid Cap memenuhi keyakinan investasi yang berbeda dari masing-masing investor, dari perspektif risiko versus hasil. Saham Syariah offshore di sisi lain memungkinkan investor untuk mengekplorasi peluang diversifikasi yang lebih besar. Berikut adalah rincian lebih lanjut tentang dana ini:

Saham Big Cap: dikenal sebagai saham blue chip

Dana kelolaan terdiri dari daftar saham yang dikategorikan dalam first liner karena kapitalisasi pasar yang besar (di atas 10 triliun rupiah) dan sangat likuid. Saham-saham ini adalah nama yang menonjol di pasar dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik. Sebagian besar saham memiliki kinerja dan profitabilitas yang stabil dan biasanya membayar dividen regular kepada investor.

Saham Small Mid Cap: dikenal sebagai saham second liner

Dana kelolaan terdiri dari daftar saham yang dikategorikan sebagai saham second liner yang memiliki kapitalisasi pasat dari 500 miliar rupiah hingga 10 triliun rupiah. Saham-saham ini biasanya memiliki valuasi yang lebih murah dibandingkan saham blue chip dan menawarkan peluang pertumbuhan dan apresiasi harga yang lebih tinggi.

Saham Berbasis USD: Offshore Sharia

Dana kelolaan terdiri dari saham offshore (di luar Indonesia). Mereka membolehkan investor untuk berinvestasi di saham pasar negara berkembang untuk menangkap peluang pertumbuhan dan diversifikasi di seluruh dunia. Pemilihan saham sesuai dengan prinsip Syariah dan dapat dianggap sebagai jenis investasi yang bertanggung jawab secara sosial.

Tetapi sebelum Anda menyelam dan membeli Reksa Dana, mengetahui strategi dan mengapa perencanaan jangka panjang dapat menguntungkan menjadi hal yang sangat penting.

Bersama perbankan prioritas DBS Treasures, temukan produk yang paling sesuai dengan tujuan investasi, sehingga Anda dapat yakin mengambil keputusan akurat di saat yang tepat

article mengenai investasi di reksa dana untuk diversifikasi portofolio investasi Anda.


Diskusikan lebih lanjut mengenai berbagai pilihan produk investasi di reksa dana dengan para ahli di DBS Treasures.


Aplikasi Digibank by DBS untuk menikmati kemudahan transaksi reksa dana dalam mata uang Rupiah maupun Dolar Amerika yang tersedia 24/7.