Gagal Berkali-kali, Natali Ardianto Akhirnya Sukses Bersama tiket.com

Di balik kesuksesan aplikasi tiket.com, ada peran Natali Ardianto yang dulu merupakan pendiri sekaligus CTO tiket.com.

ardianto-natali

Saat ini, siapa sih, yang tidak tahu aplikasi online tiket.com? Di balik kesuksesan aplikasi pembelian tiket tersebut, ada peran Natali Ardianto yang dulu merupakan pendiri sekaligus CTO tiket.com. Sebelum usahanya sukses, ada sebuah perjuangan yang bisa dikatakan harus jatuh bangun.

Setelah lulus Perguruan Tinggi pada tahun 2008, Natali mencoba peruntungannya dengan mendirikan bisnis direktori lifestyle online di Jakarta bernama Urbanesia bersama beberapa teman lainnya. Namun, Natali melihat masa depan bisnisnya tidak terlalu menjanjikan, sehingga ia memutuskan keluar dan mewujudkan bisnis start-up barunya yaitu Golfnesia, sebuah situs untuk mem-booking lapangan golf secara online pertama di Indonesia.

Hanya saja, alasan yang sama membuat Natali harus merasakan pahitnya gagal berbisnis. Sikap pantang menyerahnya terlihat saat ia memutuskan bergabung bersama beberapa rekannya yaitu Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, dan Mikhael Gaery Undarsa untuk kembali membangun bisnis start-up. Disinilah tiket.com bermula.

Belajar dari dua kegagalan sebelumnya, Natali memfokuskan strategi bisnisnya pada sisi promosi. Ia gencar memanfaatkan berbagai media iklan baik digital maupun konvensional. Terbukti, hingga pada suatu waktu di tahun 2013, tiket.com yang bergerak di bidang pemesanan berbagai macam tiket seperti kereta api, hotel, ataupun tiket event berhasil meraih keuntungan 13 kali lipat dari tahun sebelumnya.

Tidak ingin berpuas diri, Natali terus belajar dari setiap kegagalan dan kesuksesannya. Baginya, tiket.com ialah bentuk investasi bisnis. Soal prinsip, Natali lebih suka memikirkan bagaimana perusahaannya tersebut bisa bertahan setidaknya 10 tahun mendatang walaupun tanpa adanya investasi baru, bukan mencari sebanyak-banyaknya investasi agar bisa bertahan.

Salah satu hal yang ia pelajari melalui pengalamannya berbisnis di bidang start-up yaitu start-up Indonesia sering mengabaikan kontrol terhadap arus keuangan bisnis mereka. Sementara menurut Natali, setiap pebisnis harus mampu memanfaatkan dengan baik investasi awal mereka barulah berpikir cara memperluasnya jika kondisi bisnis sudah berada di posisi yang terbaik.

Anda juga bisa menjadi seperti Natali Ardianto yang sukses membangun bisnisnya sendiri. Perkara modal atau investasi, DBS bisa membantu mendanai pertumbuhan bisnis Anda dengan menyediakan solusi pembiayaan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Info selengkapnya kunjungi laman ini.

Sumber :