Cara transfer uang
14 Nov 2023

Wujudkan Financial Goal

Manajemen keuangan saat ini bisa meliputi banyak hal. Mulai dari pengelolaan tabungan, kebijakan saat transfer uang, pemakaian kartu kredit, dan lain sebagainya. Penting sekali bagi kamu untuk merencanakan manajemen finansial ini sebaik mungkin agar tujuan kamu di masa depan tercapai.

Metode SMARTER bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mencapai tujuan finansial secara efektif. Istilah ini semakin populer di kalangan masyarakat apalagi bagi mereka yang ingin mengelola keuangannya lebih cerdik. Mari cari tahu lebih jauh apa sebenarnya konsep SMARTER itu.

Apa Itu Konsep SMARTER?

SMARTER merupakan sebuah metode yang dipakai untuk merencanakan keuangan. Seperti kita tahu bahwa semua orang pasti punya kebutuhan dan tujuan keuangan yang berbeda-beda. Demi mencapai setiap tujuan tersebut, kamu perlu melakukan upaya dan menyusun strategi yang tepat.

SMARTER bisa disebut sebagai sebuah pengembangan dari aneka jenis tujuan yang bersifat smart. Dikutip dari Okezone.com, awalnya pengelolaan keuangan dilakukan dengan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time Specific). Lalu muncul pengembangan metode yaitu SMARTER yang terdiri dari:

  • Specific

Elemen pertama yang terlibat adalah Specific. Artinya saat menyusun sebuah tujuan keuangan, kamu harus menuliskannya secara spesifik. Tujuan keuangan ini harus kamu deskripsikan sedetail mungkin dan tidak hanya bersifat umum atau ambigu.

Tuliskan apa yang ingin kamu capai, dimana kamu bisa mencapainya, alasan kamu harus mencapai tujuan tersebut dan lain sebagainya. Buat sedetail mungkin agar lebih mudah untuk mencapai tujuan keuangan yang kamu inginkan. Jika informasinya detail dan spesifik maka tujuanmu akan terlihat lebih jelas.

Seperti contohnya kamu ingin berinvestasi, hanya saja kamu pemula di bidang ini. Maka, sebelum memulai berinvestasi, setidaknya kamu harus paham konsep investasi yang cuan, dana yang dipakai seharusnya bukan dana yang digunakan keperluan sehari-hari, juga trik dalam berinvestasi dari para ahlinya wajib kamu pahami, lalu terapkan.

  • Measurable

Elemen kedua adalah measurable atau terukur. Dalam hal ini berarti tujuan keuanganmu harus terukur. Kamu harus tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan keuangan tersebut. Jika tidak bisa terukur dengan jelas maka akan lebih sulit untuk mencapainya.

Itulah mengapa kamu butuh riset yang cukup agar tahu apa tujuan keuanganmu dan berapa biaya yang harus dipenuhi. Misalnya saat kamu ingin mencapai tujuan keuangan yaitu membeli rumah. Kamu perlu melakukan banyak riset untuk mengetahui harga rumah dan nilai yang perlu dipersiapkan.

  • Achievable

Tentunya tujuan keuangan juga harus achievable atau bisa tercapai. Kamu harus memiliki tujuan keuangan yang realistis. Jangan hanya fokus pada keinginan semata namun kamu juga perlu memikirkan apakah tujuan tersebut memang bisa dicapai atau tidak.

  • Relevant

Elemen berikutnya yang terlibat dalam konsep SMARTER ini adalah Relevant. Tujuan keuanganmu harus relevan dengan berbagai hal lain. Misalnya saja waktu, sumber daya, serta pengorbanan yang harus kamu lakukan. Pastikan kamu memiliki cukup waktu, daya, dan keahlian untuk mencapai tujuan.

  • Time Specific

Berikutnya ada elemen time specific yang juga tidak kalah penting. Di sini kamu harus menentukan kapan waktu yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan tersebut. Setiap kali membuat tujuan keuangan, kamu harus menentukan kapan kamu harus mencapainya.

Hal ini dibutuhkan agar kamu lebih terpacu untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, penentuan waktu secara spesifik ini juga akan mempermudah kamu mencari cara. Cara agar bisa mencapai tujuan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

  • Evaluate

Tujuan keuangan juga perlu dievaluasi agar bisa tercapai sesuai harapan. Evaluasi ini dilakukan dalam proses melakukan upaya untuk mencapai tujuan. Jika kamu melakukan evaluasi, maka kamu tahu apakah upayamu sudah cukup bagus dan seberapa besar potensi tujuan keuanganmu akan tercapai.

Untuk evaluasi ini, nggak hanya dalam hal pemasukan saja, mengecek pengeluaran juga sangatlah penting. Bahkan jika mengacu pada evaluasi pengelolaan keuangan terperinci, urusan transfer uang beda bank yang dikenakan biaya admin pun harus kamu buat laporannya secara detail. Tapi, jika kamu ingin memanfaatkan gratis transfer tanpa biaya, ada fitur BI-FAST dari digibank by DBS yang bisa dimanfaatkan.

  • Revise

Tidak ada salahnya merevisi tujuan keuangan setelah kamu melakukan evaluasi. Jika dalam proses evaluasi tersebut kamu menemukan adanya banyak kesulitan dan hal yang tidak realistis, maka revisi saja. Ubah tujuan keuanganmu agar lebih mudah dicapai dan tidak merugikan diri sendiri.

Namun dalam hal ini bukan berarti kamu perlu mengubah tujuan keuangan secara drastis. Bagian yang diubah adalah elemen-elemen atau faktor yang terlibat di dalamnya. Misalnya saja jumlah dana yang harus kamu capai atau waktu untuk mencapai tujuan tersebut.

Contoh Tujuan Keuangan SMARTER

Penting untuk diketahui bahwa metode SMARTER ini sangat membantu kamu untuk mencapai tujuan keuangan. Jadi kamu bisa mulai mencoba untuk menerapkannya. Jika kamu masih merasa bingung, mari cari tahu seperti apa contoh penerapan SMARTER ini dalam mencapai tujuan keuangan.

Misalnya saja tujuan keuangan yang kamu miliki adalah membangun rumah sendiri dalam kurun waktu 10 tahun mendatang (2033). Biaya yang dibutuhkan dalam hal ini kurang lebih Rp800 juta. Demi mencapai tujuan tersebut maka kamu melakukan investasi dana sebesar Rp20 juta per tahun dalam instrumen Reksadana.

Selain melakukan investasi lewat Reksadana kamu juga melakukan diversifikasi melalui instrumen yang lain. Bisa dalam bentuk obligasi dan saham dengan nilai keuntungan yang menjanjikan. Dari contoh ini, kamu bisa jabarkan bahwa tujuan keuangan SMARTER sudah mencakup beragam elemen yaitu:

  • Specific: membeli rumah di tahun 2033.
  • Measurable: jumlah dana yang dibutuhkan Rp800 juta.
  • Achievable: bisa tercapai menggunakan investasi. Agar lebih terukur modal dan hasil investasi, kamu bisa memanfaatkan Goal Calculator Investment dari digibank by DBS
  • Relevant: ada upaya yang bisa dilakukan yaitu investasi lewat berbagai jenis instrumen.
  • Time specific: ada waktu 10 tahun untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Evaluate: tujuan keuangan ini bisa dievaluasi tiap 1 tahun sekali. Kamu bisa mem
  • Revise: dana yang dibutuhkan bisa direvisi agar tujuan tercapai sesuai kondisi saat itu.

Selain penerapan metode SMARTER, tujuan keuangan juga bisa lebih mudah dicapai dengan adanya manajemen keuangan yang baik. Dalam hal ini kamu perlu memastikan adanya layanan perbankan yang mendukung. Mulai dari proses menabung yang mudah hingga fasilitas transfer uang yang aman.

Hal ini sangat dibutuhkan karena bagaimanapun juga pengelolaan keuangan akan sangat berpengaruh pada pencapaian tujuanmu. Jika kamu bisa mengelola uang dengan baik, menabung dengan aman, dan melakukan transaksi sesuai kebutuhan, maka tujuan finansial lebih mudah dicapai.

Di zaman sekarang ini pengelolaan rekening lebih praktis secara digital dan layanan transfer uang memang semakin mudah untuk didapat. Namun pastikan kamu tetap bijak bertransaksi dan mengelola isi rekeningmu. Jangan sampai manajemen keuangan berantakan dan metode SMARTER tidak bekerja secara efektif.

Cara Transfer Uang Mudah dan Aman Pakai Bank Digital

Kini kamu bisa melakukan transaksi dengan mudah kapan saja dimana saja pakai layanan bank digital. Layanan ini secara tidak langsung akan membantu kamu mengelola keuangan dan mencapai tujuan keuangan sesuai keinginan. Jadi pemakaian layanan ini juga ikut tergabung dalam metode SMARTER yang kamu pakai.

Jika kamu ingin melakukan transfer uang aman dan mudah, lakukan saja melalui bank digital dari digibank by DBS. Berikut beberapa keuntungan yang akan kamu rasakan dari layanan ini:

  • Gratis transfer tanpa kuota menggunakan BI-Fast.
  • Real-time antar bank.
  • Limit transaksi besar sampai Rp 250 juta per transaksi per hari.
  • Transfer 24/7 melalui aplikasi.

Tidak ada syarat minimum saldo yang harus kamu penuhi agar bisa menikmati fasilitas gratis transfer melalui digibank by DBS ini. Melalui layanan ini kamu juga bisa mendapat kemudahan transfer uang dan transaksi dengan mudah sehingga manajemen keuangan lebih efektif.

Silakan klik di sini untuk mengakses informasi lebih lengkap tentang digibank by DBS dan beragam fiturnya.


Download digibank