Bank digital
06 Sep 2023

Terapkan 5 Cara Kelola Idle Fund agar Makin Cuan

Saat menggunakan layanan bank digital untuk menabung, maka kamu akan memiliki apa yang disebut sebagai idle fund. Ini merupakan bentuk dana yang tersimpan di tabungan atau giro dalam jangka waktu cukup lama. Nah, ternyata idle fund ini sebaiknya tidak kamu diamkan saja.

Semua dana yang kamu miliki sebaiknya dikelola dengan baik dan efektif. Tujuannya agar tidak ada uang yang menganggur dan terbuang begitu saja. Apalagi jika nilainya tergerus inflasi, bisa-bisa kamu malah menyesal karena harus merugi.

Apa Itu Idle Fund?

Idle fund merupakan sebutan untuk sejumlah dana yang tidak digunakan dalam jangka waktu lumayan lama. Selain itu dana ini juga tidak akan kamu gunakan dalam waktu singkat ini.

Jadi idle fund merupakan uang yang benar-benar menganggur. Kamu tidak ingin menggunakannya dan memang tidak punya rencana untuk memakainya. Biasanya uang seperti ini akan kamu simpan di dalam rekening tabungan atau giro.

Siapapun bisa saja memiliki idle fund, baik itu individu maupun perusahaan. Jumlahnya juga bervariasi dan seringkali dilupakan begitu saja. Padahal uang yang tidak digunakan secara aktif seperti ini bisa saja tergerus inflasi dan malah membuatmu merugi.

Bayangkan saja, kamu memiliki sejumlah uang yang mungkin nominalnya lumayan besar tapi tidak dimanfaatkan. Lalu pada waktu tertentu kamu ingin menggunakan uang tersebut tapi malah nilainya berkurang. Belum lagi nilai bunga yang tidak seberapa.

Jadi lebih baik kamu mengelola idle fund ini sebaik mungkin. Pengelolaan idle fund yang tepat bisa membantu kamu mendapatkan lebih banyak keuntungan. Selain itu kamu juga tidak akan punya dana menganggur yang sewaktu-waktu bisa tergerus inflasi.

Cara Efektif Mengelola Idle Fund

Lalu apa yang bisa kamu lakukan untuk mengelola idle fund? Perlu diketahui bahwa cara terbaik untuk mengelola idle fund sebenarnya adalah lewat investasi. Dana yang menganggur dan tidak akan digunakan dalam periode dekat sebaiknya diputar kembali dalam bentuk instrumen investasi.

Tentu ada beberapa strategi yang dapat kamu aplikasikan agar idle fund ini tidak diam begitu saja dan bisa diinvestasikan. Jadi dana tersebut juga bisa menghasilkan keuntungan lebih besar. Berikut adalah 3 strategi penting dalam mengelola idle fund yang bisa kamu terapkan:

●     Tentukan Tujuan Investasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam mengelola idle fund adalah menentukan tujuan. Perlu diingat bahwa semua dana yang kamu miliki sebaiknya dipergunakan untuk tujuan tertentu. Jadi kamu sebaiknya tentukan dulu tujuannya agar tahu apa yang harus dilakukan dengan idle fund tersebut.

Tadi sudah disebutkan bahwa cara terbaik dalam menggunakan idle fund adalah dengan menginvestasikannya. Letakkan dana ini ke dalam aset investasi yang bisa memberi keuntungan. Namun kamu harus tahu dulu apa sebenarnya tujuan dari investasi yang akan dilakukan.

Jika kamu tidak memiliki tujuan apapun yang ingin dicapai, maka jadikanlah investasi ini sebagai persiapan di masa tua. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai simpanan dana darurat. Apapun itu, yang terpenting kamu memiliki tujuan jelas.

Adanya tujuan dalam berinvestasi akan sangat membantu dalam menentukan instrumen apa yang harus dipakai. Selain itu hal ini juga akan berpengaruh pada jangka waktu investasi serta berapa dana yang harus diinvestasikan. Jadi pahamilah dulu apa tujuanmu.

Idle fund ini juga bisa kamu investasikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya tersier. Misalnya saja untuk pergi liburan ke tempat-tempat impian. Kamu juga bisa menginvestasikannya agar nanti bisa membeli mobil baru dan lain sebagainya.

●     Lakukan Investasi di Instrumen yang Tepat

Selanjutnya kamu bisa mulai melakukan investasi di jenis instrumen yang tepat. Saat ini ada banyak sekali pilihan instrumen investasi dengan potensi keuntungan yang berbeda-beda. Kamu sebaiknya mempelajari satu per satu bentuk instrumen tersebut agar semakin yakin.

Satu poin penting yang harus diperhatikan saat kamu memilih instrumen investasi adalah profil risiko. Pastikan bahwa instrumen yang dipilih sudah sesuai dengan profil risikomu. Jangan memilih bentuk aset berdasarkan tren atau pengaruh orang lain semata.

Sebaiknya lihat dulu, kira-kira berapa lama idle fund tersebut akan dibiarkan menganggur. Misalnya, dalam periode waktu 1 tahun ini dana tersebut belum akan dipakai. Jadi kamu bisa mencari instrumen yang bisa diandalkan dalam kurun waktu 1 tahun tersebut.

Jika kamu ingin menggunakan instrumen jangka pendek, maka Reksadana Pasar Uang atau RDPU bisa jadi pilihan tepat. Sementara itu untuk jangka menengah kamu bisa memilih Surat Berharga Negara atau SBN. Apabila ingin berinvestasi jangka panjang maka saham akan menjadi pilihan terbaik.

●     Pilihlah Platform yang Terpercaya

Selanjutnya mulailah memilih platform yang aman dan terpercaya. Ini juga tidak kalah penting karena sekarang ada banyak sekali pilihan platform investasi yang bisa kamu temukan. Semua memberi penawaran terbaik tapi belum tentu bisa diandalkan.

Hal utama yang harus diperhatikan dalam memilih platform investasi adalah keamanannya. Pastikan sudah terdaftar OJK dan memang beroperasi secara legal. Selain itu kamu juga harus memilih platform yang memberi penawaran fitur atau layanan lengkap.

Kemudahan pemakaian aplikasi dan akses juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Dalam hal ini ada banyak aplikasi bank digital yang sekarang sudah memberi layanan investasi dengan praktis. Tinggal kamu pilih mana yang paling terpercaya dan mudah untuk dipakai.

Kemudahan pemakaian platform aplikasi sangat penting untuk dipertimbangkan agar kamu terus konsisten berinvestasi. Selain itu kamu juga bisa merasa lebih mudah mengawasi hasil investasi. Jadi semua prosesnya terasa jauh lebih praktis.

Tentu akan jauh lebih baik lagi jika platform investasi ini juga memiliki kemudahan akses informasi kondisi pasar terbaru. Jadi kamu bisa melakukan analisis dengan mudah. Kamu juga bisa mengetahui seperti apa update nilai investasi kapan saja.

Gunakan Bank Digital untuk Mengelola Idle Fund

Di zaman serba modern seperti sekarang, pengelolaan idle fund harusnya berjalan lebih mudah. Apalagi kamu bisa menggunakan aplikasi bank digital dari digibank by DBS yang mudah diakses dan memiliki berbagai keunggulan. Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa kamu nikmati:

  • Having Fun Lebih Maksimal. Di sini kamu bisa gratis transfer tanpa kuota maksimum, bayar apapun pakai QRIS, bahkan transaksi gratis pakai Rewards. Kamu juga bisa top up GoPay dan e-wallet tanpa ribet dan pakai PayLater sampai 60 bulan.
  • Masa Depan Lebih Aman. Kamu bisa menabung dengan bunga tinggi di 20 dompet, punya deposito mulai 1 bulan dengan bunga sampai 5%, investasi mulai dari Rp100 ribu. Kamu juga bisa membuat simulasi rencana masa depan dan perlindungan jiwa sampai Rp1 Miliar.
  • Semua Aman dan Mudah Lewat 1 Genggaman. Kamu bisa mengelola keuangan dengan mudah dan praktis. Pengelolaan transaksi juga sangat mudah lewat 1 aplikasi saja.

Tak perlu menunggu lama, segera gunakan bank digital digibank by DBS yang bisa memberi beragam kemudahan. Silakan klik di sini untuk mengakses informasi lebih lengkap.