Industri Kreatif
25 Jan 2023

Sedang Menekuni Industri Kreatif? Terapkan X Tips Ini Yuk!

Industri kreatif merupakan salah satu jenis industri yang kini sedang naik daun. Terlebih lagi kemajuan teknologi juga turut andil dalam berkembangnya industri ini. Kamu pun bisa mengembangkan industri kreatif milikmu dengan pengajuan KTA online.

Namun, kamu juga perlu mengetahui berbagai tips ampuh agar bisnismu dapat berkembang dengan baik. Simak ulasannya di bawah ini untuk mempelajarinya.

Tips Mengembangkan Bisnis Kreatif

Industri kreatif merupakan salah satu bidang bisnis favorit anak muda, terutama anak muda dengan jiwa artistik. Dengan memiliki bisnis di bidang ini, anak muda bisa menyalurkan berbagai ide kreatifnya hingga menjadi suatu produk yang bernilai.

Namun kenyataannya tidak semudah itu menekuni industri ini. Kamu perlu mempunyai berbagai strategi sebagai berikut:

  • Kenali Jenis-jenis Bisnis Kreatif

Saat ini ada berbagai jenis bisnis kreatif yang ada di pasar, mulai dari kepenulisan, desain, fotografi, dan lain-lain. Masing-masing bisnis mempunyai tantangan dan pasarnya sendiri-sendiri.

Oleh sebab itu, kenali seperti apa bisnis yang kamu inginkan. Setelah itu cari tahu seluk beluk bisnis tersebut dari apa saja yang dibutuhkan untuk membangun bisnis tersebut hingga bagaimana keadaan pasarnya. Hal-hal ini akan menjadi dasar yang bisa membantu kamu dalam mengembangkan bisnis kreatifmu ke depannya.

  • Kembangkan Kemampuan

Kemampuan yang mumpuni adalah kunci dari bisnis kreatif. Oleh sebab itu, kembangkan kemampuanmu dalam bidang kreatif yang kamu pilih dengan mengikuti berbagai pelatihan atau tutorial yang ada di internet.

Selain itu, kamu juga perlu mengembangkan kemampuanmu dalam berbisnis. Cobalah untuk mencari di internet tentang tips menjadi wirausaha atau ikut berbagai seminar kewirausahaan.

  • Tentukan Segmen Pasar yang Potensial

Segmen pasar adalah kelompok konsumen yang akan bisnismu tuju. Carilah segmen pasar yang memang berpotensi akan tertarik dengan bisnismu. Dengan begitu, kamu bisa menentukan bagaimana kamu menjalankan bisnismu, seperti berapa harga yang harus kamu buat, strategi pemasaran apa yang harus kamu jalankan, dan lain-lain.

Caranya cukup mudah. Lihatlah sekelilingmu apa yang orang-orang butuhkan. Kamu juga bisa mencari info mengenai hal tersebut di internet. Lalu sesuaikan dengan bisnis milikmu dan kelompokkan berdasarkan persamaan apa yang mereka miliki.

  • Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bisnismu

Semua produk dari suatu bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan bila dibandingkan dengan produk lainnya. Oleh sebab itu, cobalah untuk membandingkan aspek-aspek pada produkmu, seperti harga, desain, kualitas, dan lain-lain.

Dengan membandingkan produk, kamu bisa mengetahui apa kelebihan dan kekurangan produkmu. Setelah itu pun kamu bisa meningkatkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan dari produkmu.

  • Jangan Terpengaruh dengan Perang Harga

Di atas memang disebutkan bahwa kamu perlu membandingkan harga produk bisnismu dengan kompetitor. Namun perlu digaris bawahi bahwa kamu tidak perlu untuk terpengaruh akan semuanya, termasuk harga itu sendiri.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya pelaku bisnis kreatif yang menetapkan harga sangat murah. Memang harga murah ini akan menarik banyak konsumen. Namun harga yang terlampau murah ini akan memiliki dua resiko, yakni kualitas yang kurang bagus atau kerugian bagi pelaku bisnis itu sendiri.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mempunyai acuan hargamu sendiri sesuai dengan kemampuan bisnismu. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas sehingga kamu bisa meyakinkan pelanggan bahwa bisnismu memang berkualitas baik meskipun dengan harga yang telah ditentukan.

  • Manfaatkan Peluang

Saat ini terdapat berbagai peluang yang ada untuk megembangkan bisnismu, baik oleh pemerintah maupun oleh badan lainnya. Peluang ini bisa dalam bentuk pemasaran seperti pameran atau hal lainnya.

Maka dari itu, kamu harus selalu up to date  terhadap berbagai informasi yang ada. Jangan segan untuk mengeluarkan sedikit usaha untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Jadilah Unik!

Di era seperti ini, kamu akan menemukan banyak kompetitor di pasar industri kreatif. Oleh sebab itu, kamu perlu menjadi unik dengan karya yang orisinil. Dengan demikian calon pelanggan pun akan tertarik karena keunikanmu tersebut. Lantas bagaimana caranya? Yuk simak uraiannya di bawah ini.

  • Jangan Terlalu Terpaku pada Kompetitor

Mengetahui apa yang dilakukan kompetitor memang baik karena kamu bisa mengenali bagaimana persaingan bisnismu di pasar. Namun, terlalu terpaku pada kompetitor sehingga kamu merasa rendah diri pun tidak bagus pada bisnismu.

Maka dari itu, cobalah untuk memahami apa yang kamu tahu tanpa harus terpaku dengan kompetitor. Lalu, tulislah hal-hal tersebut di catatanmu.

  • Dengarkan Hatimu

Tidak sedikit para pebisnis akhirnya sukses karena mendengarkan kata hatinya sekalipun orang-orang di sekitar mencemoohnya. Oleh sebab itu, mulailah untuk mendengarkan kata hatimu mengenai apa yang akan kamu lakukan terhadap bisnismu.

Setelah itu, cobalah untuk menyortirnya mulai dari sesuatu yang harus segera dilaksanakan atau yang bisa dilakukan nanti. Tidak apa-apa sekalipun hal tersebut terdengar anti mainstream. Siapa tahu malah hal tersebut yang menjadi keunikan bisnismu.

  • Jawablah Pertanyaan dengan Solusi

Pernahkah kamu memiliki berbagai pertanyaan yang belum terjawab? Misalnya, kira-kira apa yang akan menjadi tren selanjutnya dalam industri kreatif? Atau hal apa yang menjadi masalah ketika suatu tren itu selesai?

Semua hal pasti mempunyai sesuatu yang belum terpecahkan. Maka dari itu, carilah solusinya dan terapkan pada bisnismu. Bisa jadi hal tersebut yang membuat bisnismu populer.

  • Carilah Inspirasi

Tak sedikit orang akan mengalami kebuntuan dalam industri kreatif. Kebuntuan ini bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti tidak adanya ide atau burn out karena sudah terlalu sering bekerja.

Oleh sebab itu, cobalah untuk mencari inspirasi. Inspirasi ini tak harus sama dengan bidang kreatifmu. Misalnya jika kamu menggeluti bidang desain, cobalah untuk menghadiri konser musik. Siapa tahu kamu menemukan inspirasi di sana.

  • Jalan-jalanlah

Jalan-jalan sebenarnya menjadi salah satu cara untuk menemukan inspirasi. Hal ini disebabkan tempat, pengalaman, dan kebudayaan baru akan membuka pandanganmu akan dunia sehingga bisa menambah ide kreatifmu.

Oleh sebab itu, berjalan-jalanlah. Cobalah untuk mengunjungi tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya sehingga kamu bisa memperoleh pengalaman baru.

Persiapan Dana

Tak hanya hal-hal di atas yang perlu dipersiapkan, kamu juga perlu  mempersiapkan dana untuk menekuni bisnis kreatifmu. Kebutuhan dana ini pun tergantung dari apa yang ingin kamu lakukan, yakni dari puluhan juta hingga Rp200 juta. Tak perlu khawatir akan dana tersebut karena kamu bisa menggunakan pengajuan KTA online di digibank by DBS.

digibank KTA berbeda dengan KTA di bank pada umumnya, karena kamu bisa memperoleh berbagai keuntungan seperti:

  • Pengajuan kapan saja melalui Aplikasi digibank by DBS atau laman go.dbs.com/kta
  • Proses approval hanya 60 detik
  • Bisa mengajukan pinjaman hingga Rp200 juta
  • Bebas menentukan jatuh tempo hingga 3 tahun
  • Dana dapat langsung cair ke rekening digibank by DBS
  • Syarat mudah, yakni tanpa dokumen fisik, domisili Jabodetabek, Surabaya, Semarang, atau Bandung, mempunyai NPWP dan e-KTP serta penghasilan minimal Rp5 juta per bulan.

Maka dari itu, segeralah membuat pengajuan KTA online di digibank by DBS agar kamu bisa segera mengembangkan bisnis kreatifmu. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.