Digital banking
07 Sep 2023

Personal Finance yang Wajib Dikelola Agar Mandiri Finansial

Pengelolaan keuangan pribadi atau personal finance merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari yang seringkali terlupakan oleh banyak orang. Tidak hanya tentang cara mengelola uang, personal finance juga melibatkan pengambilan keputusan bijak terkait investasi, tabungan, utang dan perencanaan keuangan jangka panjang yang bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan digital banking.

Digital banking adalah tool yang bisa kamu gunakan untuk mengelola keuangan dengan mudah dan praktis. Kini, platform perbankan online yang merupakan solusi layanan perbankan era digital telah populer digunakan sebagian besar masyarakat untuk menyesuaikan tuntutan kehidupan modern. Penggunaannya sangat praktis dan bisa diakses dengan fleksibel melalui smartphone, tanpa terbatas waktu dan tempat.

Tujuan Utama Pengelolaan Personal Finance

Kamu mungkin berpikir tentang urgensi dan apakah tujuan utama dari pengelolaan keuangan pribadi? Pengelolaan keuangan pribadi merupakan proses yang krusial dalam kehidupan setiap orang. Menggunakan cara yang tepat, kamu bisa mencapai tujuan finansial, terhindar dari masalah keuangan dan menciptakan masa depan yang stabil secara ekonomi. Lebih jauh mengenai tujuan pengelolaan keuangan pribadi yang bisa kamu capai, seperti berikut ini.

  1. Menghindari Utang yang Berlebihan

Salah satu tujuan utama pengelolaan keuangan pribadi adalah menghindari utang yang berlebihan. Utang yang tidak terkendali dapat menjadi beban finansial yang sangat berat dan mengganggu kehidupan sehari-hari. Dengan mengelola keuangan dengan bijak, kamu bisa terhindari dari jerat utang yang sulit dilunasi.

  1. Membentuk Dana Darurat

Dana darurat sangat penting dalam pengelolaan keuangan pribadi. Dana darurat digunakan untuk menghadapi kejadian tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, krisis kesehatan atau kebutuhan mendesak. Dana darurat memberikan perlindungan finansial terhadap risiko yang mungkin terjadi.

  1. Investasi untuk Masa Depan

Pengelolaan keuangan pribadi melalui investasi memberi manfaat menghasilkan uang lebih banyak. Kamu bisa berinvestasi melalui digital banking yang menyediakan produk investasi untuk membantu mencapai tujuan keuangan jangka panjang seperti pensiun yang nyaman, pendidikan anak-anak atau membeli properti.

  1. Mengelola Pengeluaran

Pengelolaan keuangan pribadi juga mencakup mengendalikan pengeluaran. Hal ini berarti kamu membuat anggaran, memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan dan mengurangi pemborosan. Menggunakan cara ini, kamu bisa mengalokasikan uang dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  1. Mengembangkan Kemandirian Finansial

Memahami jenis-jenis keuangan pribadi yang harus diperhatikan merupakan langkah pertama menuju finansial yang lebih mandiri dan stabil. Dilansir dari situs sikapiuangmu kondisi keuangan tersebut juga diistilahkan dengan kebebasan finansial yang mulai berkembang pesat mulai tahun 2010 melalui gerakan FIRE (Financial Independent, Retire Early). Kondisi ini berarti kamu memiliki kendali penuh atas keuangan yang kamu miliki dan tidak bergantung pada bantuan finansial dari pihak lain, serta bisa membuat keputusan keuangan yang tepat.

Jenis Personal Finance Harus Diperhatikan agar Mandiri Finansial

Apa saja langkah-langkah meraih kebebasan finansial? Kebebasan atau kemandirian finansial yang diinginkan semua orang bisa kamu capai dengan memperhatikan jenis-jenis keuangan pribadi dan mulai mengelolanya dengan cara bijak. Berikut ini jenis-jenis keuangan pribadi tersebut.

  1. Pendapatan (Income)

Pendapatan merupakan sumber utama yang masuk ke dalam arus kas yang wajib kamu kelola dengan bijak. Pengelolaan pendapatan secara umum adalah dengan membuat anggaran bulanan dan menerapkan manajemen keuangan yang sehat. Kamu wajib mengalokasikan pendapatan ke dalam beberapa komponen kebutuhan, misalnya untuk kebutuhan harian, pembayaran utang dan cicilan, tabungan, investasi dan asuransi. Pendapatan bisa kamu peroleh melalui gaji bulanan, bonus, fee dari pekerjaan sampingan, hingga deviden hasil investasi.

  1. Pengeluaran

Kebalikan dari pendapatan, yaitu pengeluaran yang merupakan arus kas keluar dari dana yang kamu kelola melalui digital banking atau saldo bank konvensional untuk memenuhi kebutuhan harian, termasuk pembayaran tagihan rutin dan cicilan atau utang, hingga hiburan. Pengeluaran bergantung pada pendapatan yang kamu miliki. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati melakukannya agar jumlahnya tidak melebihi pendapatan. Jika pengeluaran lebih besar dari pendapatan, kemungkinan yang kamu lakukan adalah berutang untuk menutupi kebutuhan. Jika utang digunakan untuk kebutuhan konsumtif dan hiburan, atau kamu mengambil cicilan yang melebihi batas kemampuan membayar, ini menunjukkan kamu belum melakukan pengelolaan keuangan dengan bijak dan tepat.

  1. Tabungan (Savings)

Menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk tabungan adalah langkah penting dalam personal finance. Ada berbagai jenis tabungan, termasuk tabungan darurat, tabungan pendidikan dan tabungan pensiun. Tabungan darurat penting untuk menghadapi kejadian tak terduga seperti kecelakaan atau pemutusan pekerjaan. Sedangkan tabungan pendidikan dan pensiun membantu bisa membantu kamu mengamankan masa depan yang lebih baik untuk anak dan diri sendiri. Kamu bisa menggunakan berbagai metode yang mengajarkan cara mengalokasikan sebagian pendapatan untuk tabungan. Untuk itu dibutuhkan komitmen dan konsistensi agar kamu bisa melakukannya tanpa merasa terbebani. Hindari menabung dari sisa pendapatan bulanan yang kamu peroleh, melainkan dengan langsung menyisihkannya sejak awal.

  1. Investasi

Investasi merupakan cara menabung tingkat lanjut dan membuat uang bekerja keras untuk kamu. Investasi membantu kamu mencapai FIRE atau kemandirian finansial dengan cara yang lebih cepat, namun kamu wajib mempelajari lebih dulu profil risiko setiap instrumen investasi yang mungkin terjadi. Ada berbagai instrumen investasi yang menawarkan keuntungan sekaligus memiliki tingkat risiko yang berbeda, yaitu saham, obligasi, reksa dana, properti dan emas. Memahami jenis-jenis instrumen investasi, risiko dan strategi investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan kamu merupakan kunci untuk mencapai kestabilan finansial.

  1. Asuransi

Asuransi adalah perlindungan finansial sebagai persiapan menghadapi risiko kehidupan, seperti penyakit, kematian mendadak, kecelakaan, kecurian aset berharga atau kebakaran properti. Jenis asuransi yang perlu dipertimbangkan adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan bermotor dan asuransi rumah. Kini kamu bisa membeli layanan asuransi secara online yang mudah dan praktis. Digital banking adalah platform perbankan yang juga menyediakan produk-produk asuransi yang kamu butuhkan. Pilihlah produk yang tepat dengan premi yang menyesuaikan pendapatan kamu. Kamu bisa mengatur pembayaran premi secara debet saldo otomatis agar lebih praktis dan terhindar dari keterlambatan pembayaran.

  1. Manajemen Utang

Utang bisa menjadi beban yang mengganggu kestabilan finansial jika tidak dikelola dengan baik. Pada kasus-kasus tertentu, kamu boleh saja mengambil utang dan cicilan, misalnya untuk modal bisnis, pembelian rumah dan kendaraan yang bisa kamu gunakan dalam jangka panjang. Namun, jika kamu mengambil utang untuk kebutuhan konsumtif dan hiburan, sebaiknya kamu pikirkan lebih dulu. Ini termasuk penggunaan kartu kredit, KTA, pinjaman online, dan penggunaan fitur paylater. Sebelum melakukan peminjaman, kamu wajib memahami syarat dan ketentuan yang berlaku, termasuk urusan tanggal jatuh tempo, bunga, denda, dan metode pembayaran kembali. Bijak mengelola utang merupakan langkah tepat menuju kemandirian finansial yang ingin kamu capai.

Kelola Personal Finance melalui Digital Banking Terbaik

Mengelola personal finance bisa kamu lakukan dengan lebih teratur dan efektif melalui digital banking. Kamu bisa memilih digibank by DBS yang merupakan aplikasi perbankan digital terbaik yang sudah digunakan dan direkomendasikan banyak orang.

 

Kamu bisa menikmati banyak keuntungan mengelola keuangan melalui aplikasi tersebut. Pasalnya, digibank by DBS memiliki sederet keunggulan, antara lain:

  • Having fun jadi lebih maksimal. Ini cara cerdik bikin hidup kamu lebih all-out dengan melakukan transaksi transfer tanpa kuota dengan gratis.
  • Masa depan jadi lebih aman. Ini cara cerdik berinvestasi dengan mudah mulai Rp 10 ribu di lebih dari 120 produk dan asuransi hingga Rp 1 milyar.
  • Semua aman dan mudah dalam 1 genggaman. Kamu bisa kelola rekening keuangan pribadi dan atur penggunaan kartu kredit melalui 1 aplikasi saja.

Segera ambil langkah tepat untuk mengelola personal finance kamu melalui digital banking digibank by DBS. Keuangan yang mandiri dan stabil kini bukan lagi sekadar impian, kamu bisa mencapainya dengan mudah dan cepat. Tertarik informasi produk selengkapnya? Langsung klik di sini sekarang juga.