Goulash
03 Jul 2023

Daftar Makanan Khas Hungaria, Siap Menggoyang Lidah!

Liburan di zaman modern seperti sekarang terasa jauh lebih praktis. Apalagi urusan transaksi, lebih mudah dan cepat pakai kartu kredit digital yang bisa diakses dimana saja. Bisa jadi andalan kalau kamu pergi traveling ke luar negeri.

Ada banyak destinasi luar negeri yang bisa kamu kunjungi saat ada waktu libur panjang, khususnya di Eropa! Bicara soal benua satu ini, salah satu rekomendasi yang wajib dikunjungi adalah Hungaria! Usut punya usut, ternyata negara ini punya begitu banyak pilihan kuliner lezat dan wajib untuk kamu coba!

Makanan Khas Hungaria yang Wajib Dicoba

Wisata kuliner jadi hal yang wajib kamu lakukan kalau liburan ke negara asing. Sayang rasanya kalau kamu sudah jauh-jauh ke negara orang tapi tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Ini dia beberapa makanan khas Hungaria yang wajib kamu coba:

●     Langos

Pertama ada langos, sebuah roti pipih yang sangat mudah ditemui di sepanjang jalan saat ada event masyarakat seperti karnaval. Langos merupakan sebuah roti yang dilengkapi topping berupa keju, coklat, krim asam, dan kacang.

Langos memiliki cita rasa yang khas karena dipanggang dengan tungku tradisional. After taste yang diberikan juga jauh lebih enak karena tidak mengandung minyak dalam jumlah yang berlebihan.

Masyarakat Hungaria juga menyebut makanan ini dengan nama lalanga. Ukurannya tidak terlalu besar, diameternya kurang lebih 20 cm. Meskipun begitu kombinasi rasa yang dihadirkan oleh makanan ini terasa begitu lezat.

●     Goulash

Selanjutnya ada goulash atau gulai yang jadi salah satu jenis makanan utama warga lokal. Goulash menggunakan bahan utama daging sapi dan sayuran lalu dimasak dengan kuah yang encer.

Poin menarik dari menu makanan ini terletak pada bumbu yang digunakan untuk kuahnya. Goulash punya cita rasa kuah yang mirip dengan sup khas daerah Sumatera. Rasanya pedas dari merica dan bisa memberi efek hangat pada tubuh.

Masyarakat asli Hungaria mengenal beberapa jenis atau varian goulash. Ada spaetzle beef goulash, beef goulash, dan masih banyak lagi tergantung bahan isian yang digunakan untuk mengolah makanan tersebut.

Nama goulash itu sendiri berarti gembala. Ternyata makanan ini pertama kali muncul karena diolah oleh seorang penggembala. Seiring berjalannya waktu, goulash kemudian ikut dimasak oleh warga lokal lainnya.

●     Paprikash

Lanjut ke menu berikutnya ada paprikash. Sesuai namanya, ini adalah makanan yang terbuat dari bahan utama paprika. Selain itu makanan ini juga menggunakan daging ayam, ikan, atau jamur yang membuatnya memiliki cita rasa lezat dan kaya nutrisi.

Cara memasak paprikash hampir mirip dengan rendang yang jadi salah satu makanan khas populer di Indonesia. Di dalamnya terdapat rempah bawang dan merica yang memberi cita rasa pedas sekaligus sensasi hangat bagi tubuh.

Biasanya saat memesan paprikash di sebuah restoran, kamu akan mendapatkan minuman palinka khas Hungaria. Palinka ini merupakan alkohol terbuat dari ekstrak buah anggur dan punya banyak pilihan rasa.

●     Fozelek

Jangan lewatkan juga menu sehat khas Hungaria yang satu ini. Fozelek merupakan makanan yang terbuat dari rebusan sayur dan biasanya dikonsumsi oleh warga lokal saat sedang berdiet.

Fozelek punya konsep yang hampir mirip dengan salad tapi cita rasanya punya ciri khas tersendiri. Makanan ini mengandung berbagai jenis biji-bijian seperti kacang polong, kacang hijau, lentil, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi cita rasa fozelek ini sebenarnya sangat sederhana karena tidak memakai bumbu rempah yang rumit. Bahkan pembuatannya hanya memakai sedikit minyak dan mayones.

●     Somloi Galuska

Bagi pencinta dessert, tentu wajib mencicipi somloi galuska saat berlibur ke Hungaria. Ini adalah kue manis yang jadi favorit bagi para warga lokal di sana. Cita rasanya tentu saja enak dan cocok jadi makanan penutup.

Somloi galuska adalah kue bolu yang diatasnya dilapisi krim keju, saus coklat, kismis, dan walnut. Ukurannya tidak terlalu besar, sama halnya seperti kue-kue yang biasa disajikan sebagai dessert.

Kue ini bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai kafe atau coffee shop. Menu ini juga biasanya disajikan di tempat-tempat spa yang dikunjungi oleh para turis dari mancanegara.

Saat berlibur ke Hungaria, pastikan mencicipi makanan-makanan tadi. Kamu bisa memakai digital credit card saat bertransaksi agar lebih praktis. Sebaiknya lakukan pengajuan kartu kredit segera agar pengalaman traveling-mu lebih menyenangkan.

Rekomendasi Restoran yang Populer di Hungaria

Pastikan kamu memilih restoran terbaik di Hungaria agar bisa mencicipi makanan-makanan khas di sana dengan nyaman. Berikut adalah beberapa rekomendasi restoran yang sangat populer di Hungaria:

●     Al Amir Etterem

Pertama ada restoran halal bernama Al Amir Etterem yang berlokasi tepat di tengah kota Budapest. Tempatnya sangat nyaman dan strategis jadi tidak heran kalau selalu dikunjungi oleh para turis.

Di restoran ini kamu bisa menemukan banyak pilihan menu makanan khas Hungaria. Tidak hanya itu kamu juga bisa mendapatkan banyak jenis menu halal jadi sangat aman untuk dikunjungi oleh para pemeluk agama Islam.

●     Costes

Restoran yang satu ini sempat viral di media sosial karena menawarkan fasilitas menikmati makan malam di bianglala. Tentunya ini bisa jadi pengalaman tak terlupakan bagi kamu yang sedang jalan-jalan di Hungaria.

Menariknya lagi Costes merupakan restoran dengan bintang Michelin jadi menu makanan yang dihadirkan sudah pasti lezat. Kamu harus siap dengan bujet lebih dan lakukan transaksi dengan kartu kredit digital agar lebih praktis.

●     SZEK Restaurant & Bar

Coba juga berkunjung ke SZEK Restaurant & Bar. Tempat ini menyajikan banyak sekali pilihan menu khas warga lokal. Di sana kamu punya kesempatan menikmati berbagai jenis makanan dengan cita rasa khas Hungaria.

Lokasinya juga cukup nyaman dan mudah ditemukan. Kamu bisa menikmati makanan di area indoor maupun outdoor seperti warga lokal lainnya. Cocok juga jadi destinasi jika ingin istirahat sejenak sambil menikmati cemilan khas Hungaria.

●     Beerstro 14

Bagi kamu yang ingin mencicipi cita rasa steak khas Hungaria, wajib berkunjung ke Beerstro 14. Restoran ini memiliki konsep lokasi yang sangat cantik dengan area terbuka cukup luas. Cocok jadi destinasi karena bisa jadi tempat foto-foto estetik juga.

Beerstro 14 adalah restoran steak yang sangat populer di kalangan warga lokal maupun turis. Di sana kamu bisa menikmati steak enak sambil merasakan ambience makan di tengah para turis dan warga lokal Hungaria.

●     Caviar & Bull Budapest

Lokasi restoran yang satu ini sangat direkomendasikan jika kamu ingin menikmati fine dining dengan menu seafood yang mewah. Tentunya ini akan menjadi destinasi yang sempurna apabila kamu pencinta makanan laut.

Caviar & Bull Budapest adalah restoran mewah yang sangat populer di kalangan warga lokal. Biasanya para turis juga menjadikan tempat ini sebagai destinasi karena makanannya berkualitas tinggi.

Tentunya traveling sambil wisata kuliner di Hungaria jadi terasa lebih mudah dan praktis pakai kartu kredit digital dari digibank by DBS. Proses pengajuan untuk Kartu Kredit Digital digibank sangat mudah dan banyak keuntungan yang ditawarkan. Yuk, cek informasi lengkapnya di sini.