Cerdik Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
01 Apr 2024

Cerdik Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

Tips Cerdik Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

Cerdik dalam Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

  1. Siapkan dana darurat
  2. Kurangi beban pengeluaran keluarga
  3. Hidup sederhana
  4. Ikuti perkembangan ekonomi
  5. Lunasi Utang
  6. Hanya belanja kebutuhan esensial
  7. Mulai berhemat dan menabung

Siapa bilang menghadapi ketidakpastian ekonomi harus bikin pusing?Dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi, salah satu kunci utamanya adalah mengelola keuangan dengan bijak, terutama dalam hal menabung. Keuangan dan tabungan menjadi pondasi yang kuat untuk melindungi diri dari goncangan ekonomi yang mungkin terjadi. Dengan memiliki tabungan yang mencukupi, kita dapat lebih tenang menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi di sekitar kita.

Meski begitu, Sahabat digibank juga perlu tahu langkah cerdik guna mengantisipasi ketidakpastian ekonomi tersebut. Kira-kira, apa saja?

1. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang disiapkan untuk menghadapi kondisi dimana kamu harus mengeluarkan uang dalam jumlah untuk untuk memenuhi kebutuhan yang tidak direncanakan. Karena sifatnya insidental, kebutuhan ini bisa datang kapan saja.

Besarnya dana darurat bisa disesuaikan dengan perkiraan. Untuk memudahkan dalam menyiapkan kebutuhan, kamu bisa mengacu pada kebutuhan bulanan. Agar lebih aman, kamu bisa menyiapkan dana darurat sekitar 6 sampai 12 kali pengeluaran bulanan.

2. Kurangi Beban Pengeluaran Keluarga

Menambah pendapatan merupakan cara ideal agar keuangan keluarga tetap aman dalam menghadapi kondisi ekonomi yang tidak stabil, namun untuk bisa menambah income tidak selalu mudah.

Langkah yang bisa dilakukan Sahabat digibank adalah melakukan penghematan sehingga pendapatan yang ada bisa bermanfaat lebih maksimal. Untuk bisa mengurangi pengeluaran keluarga, sebelumnya kamu perlu mengevaluasi pos mana yang dirasa boros, sedangkan sebenarnya banyak pengeluaran yang bisa dipangkas.

Kamu bisa mengurangi beban pengeluaran keluarga, seperti mempertimbangkan kembali apakah perlu membayar TV berlangganan, mengganti menu keluarga dengan yang lebih hemat. Langkah untuk bisa mengurangi beban keluarga juga bisa dengan meninjau kembali sarana transportasi yang biasa digunakan dan memilih yang lebih hemat.

3. Hidup sederhana

Tidak sedikit orang yang bergaya hidup melebihi kemampuan finansial hanya karena ikut trend atau tidak mau ketinggalan dengan teman. Sebenarnya, kamu tidak perlu mengikuti kebiasaan ini dan sebaiknya lebih fokus untuk menata keuangan.

Hidup lebih sederhana bukan berarti kurang menikmati hidup, lho! Dalam hal ini kita belajar lebih memprioritaskan dan fokus pada hal-hal penting, kayak hubungan sama orang yang tersayang, pengalaman yang bikin bahagia, dan mensyukuri apa yang sudah ada tanpa terus-terusan memiliki keinginan berlebih. Dengan hidup sederhana, kita bisa menemukan kebahagiaan dari hal-hal kecil dan merasa puas dengan apa yang udah kita miliki. Jadi, meskipun simpel, hidup bisa tetap menyenangkan dan berarti, kan?

Tidak perlu gengsi atau takut dianggap ketinggalan zaman, sebab nanti yang akan menikmati kebiasaan yang kamu lakukan adalah diri kamu sendiri. Lebih baik mulai dari sekarang hidup hemat agar mempunyai banyak cadangan aset untuk menghadapi perubahan ekonomi yang tidak menentu.

Baca Juga: Tabungan: Manfaat, Penyebab Sulit Menabung & Tips Suksesnya

4. Ikuti Perkembangan Ekonomi

Hal ini penting agar kamu bisa memproyeksikan kondisi yang mungkin terjadi di beberapa waktu mendatang. Dengan demikian kamu bisa melakukan antisipasi dan mengatur strategi agar kondisi finansial tetap aman.

Ikutilah informasi up to date yang banyak dimuat di media sosial maupun media cetak. Kamu juga bisa ikut dalam forum yang banyak membahas masalah ekonomi. Perubahan tersebut tidak selalu berdampak buruk, bahkan bisa jadi membuka peluang baru untuk membuka usaha sehingga secara finansial kamu tetap aman.

5. Lunasi Utang

Utang seringkali dijadikan solusi untuk menghadapi masalah finansial. Padahal kenyataannya tidak demikian. Justru utang yang diambil dengan tidak bijak bisa menyebabkan kondisi keuangan memburuk dan menimbulkan masalah baru karena beban angsuran setiap bulan akan mengurangi kemampuan kamu dalam memenuhi kebutuhan.

Karena itu, kuncinya adalah membuat prioritas hal-hal apa saja yang akan kamu jadikan hutang, dan atur dengan baik jangka waktu untuk segera bisa melunasi utang tersebut.

6. Fokus pada kebutuhan esensial

Banyak orang yang terjebak dalam belanja secara impulsif, yaitu tidak berpikir terlebih dulu apakah perlu membeli barang tersebut. Jika terus terjadi, hal ini bisa menjadi penyebab masalah finansial yang berdampak pada ketidakmampuan ketika terjadi perubahan ekonomi karena kamu tidak mempunyai cadangan dana.

Untuk menghindari hal ini, pastikan kamu membuat daftar belanja dan selalu konsisten untuk mengikuti daftar tersebut. Cerdik lah dalam memanfaatkan promo sebisa mungkin, agar pengeluaran pun bisa ditekan.

Sebaiknya membuat skala prioritas barang mana yang harus dibeli sekarang, bisa ditunda bahkan dapat dicoret dari daftar belanja. Cara ini cukup ampuh untuk mengamankan keuangan dan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan lain yang lebih penting.

7. Mulai berhemat dan menabung

Hemat dan menabung merupakan dua hal penting agar kamu siap menghadapi ketidakpastian ekonomi. Berhemat tidak berarti pelit pada diri sendiri, tetapi lebih cermat dalam menyiapkan keuangan di masa mendatang yang penuh dengan ketidakpastian.

Sedangkan dengan menabung berarti kamu sudah menyiapkan dana untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang yang besarnya tidak menentu. Kamu bisa dengan mudah membuka tabungan online di digibank by DBS untuk menyimpan uang yang kamu miliki dan menggunakannya pada saat benar-benar membutuhkan.

Sebagai contoh, Tabungan Maxi di digibank by DBS, dengan bunga tinggi, bisa menjadi pondasi kamu dalam mengamankan uang, dan  merencanakan keuangan dengan baik

Kamu bisa memanfaatkan fitur Dompet untuk mengatur pos-pos tabungan atau alokasi budget  agar lebih rapi sesuai kebutuhan. Dompet tersebut pun bisa dengan mudah kamu ubah namanya sehingga lebih personal dan sesuai dengan tujuan kamu menabung. 

Untuk membuka rekening digibank by DBS sangat mudah dengan proses 100% digital, hanya perlu melakukan verifikasi wajah dengan fitur face biometric, selfie langsung dari smartphone-mu, dan menyiapkan e-KTP. Dengan 1 Aplikasi digibank, tak hanya menabung, kamu bisa melakukan berbagai transaksi harian hingga berinvestasi secara online dalam 1 aplikasi saja.

Pakai juga fitur BI-Fast, dimana kamu bisa gratis transfer tanpa kuota

Tunggu apalagi, segera buka tabungan digibank dan nikmati manfaatnya untuk mengantisipasi ketidakpastian ekonomi. Klik sini untuk lebih detailnya.