Contoh Laporan Keuangan
08 Nov 2023

Cara Membuat dan Contoh Laporan Keuangan Rumah Tangga Sehat

Menciptakan kestabilan finansial dalam rumah tangga memerlukan seni mengelola keuangan dengan bijak. Bagian krusial dari perjalanan ini melibatkan pembuatan dan analisis laporan keuangan rumah tangga yang sehat. Namun, tak hanya sebatas itu, urusan transfer uang juga merupakan langkah strategis untuk menyempurnakan manajemen keuangan keluarga.

Pasalnya, tidak semua orang paham bahwa transfer uang beda bank yang dikenakan biaya bisa membuat pengeluaran membengkak apabila transaksi yang dilakukan secara terus menerus. Disinilah pentingnya kenapa kamu harus membuat laporan keuangan rumah tangga. Tujuannya, adalah demi menjaga keuangan stabil.

Kabar baiknya, apabila kamu mendapatkan kendala biaya transfer beda bank yang tidak menyediakan sistem gratis, kini sudah tersedia fitur BI-FAST dari aplikasi digibank by DBS yang bisa kamu manfaatkan pembayaran berbagai keperluan, seperti biaya sekolah anak, les, membeli keperluan keluarga, membayar listrik dan lainnya.

Panduan Mudah Membuat Laporan Keuangan Rumah Tangga

Keuangan rumah tangga sering kali menjadi berantakan ketika dana tidak dioptimalkan untuk kebutuhan yang benar-benar menjadi prioritas. Agar terhindar dari masalah ini, langkah-langkah proaktif dapat diambil, seperti menyusun rencana anggaran yang matang, mencatat setiap pengeluaran secara rinci, membuat laporan keuangan bulanan, dan secara berkala melakukan evaluasi untuk memastikan keuangan tetap terkendali.

Catatan pengeluaran harian bisa menjadi rambu-rambu agar kamu tidak membelanjakan uang di luar rencana sehingga semua kebutuhan utama dalam rumah tangga dapat terpenuhi. Kebutuhan masing-masing rumah tangga berbeda, karena itu kamu sebagai pengelola merupakan orang yang paling mengetahui apa yang perlu mendapat prioritas. Cara membuat laporan rumah tangga diantaranya:

1.      Buat rencana pengeluaran

Kesalahan yang sering terjadi sehingga meski pendapatan keluarga tinggi namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup adalah karena tidak mempunyai rencana pengeluaran. Hal ini menyebabkan mudah berbelanja dan tidak berpikir sebelum mengeluarkan uang yang menyebabkan habis sebelum waktunya.

Rencana pengeluaran akan menjadi pengingat dan pengontrol sehingga dapat menjadi penahan untuk tidak mengeluarkan uang di luar rencana yang sudah disusun sebelumnya. Selain membuat rencana, tekad untuk konsisten menjalankannya sangat penting sehingga agar keluarga tetap aman.

2.      Buat tujuan keuangan

Masing-masing keluarga dapat mempunyai tujuan keuangan sesuai kesepakatan anggotanya. Sebagai contoh untuk merenovasi rumah satu tahun ke depan, membeli mobil baru dua tahun ke depan dan seterusnya.

Pengeluaran besar tersebut perlu disiapkan jauh-jauh hari sehingga pada saat membutuhkan sudah tersedia dana yang cukup. Tujuan keuangan yang jelas, baik jumlah maupun waktunya akan membuat semua anggota keluarga konsisten mengikuti rencana keuangan tersebut

Sebagai cara agar keuangan tetap aman, kamu bisa segera transfer uang untuk tujuan tersebut ke rekening yang sudah disiapkan begitu mendapat penghasilan. Transfer uang lewat apa saja? Saat ini banyak cara yang bisa menjadi pilihan, mulai dari datang ke bank, melalui ATM hingga menggunakan aplikasi yang sudah tersimpan di smartphone.

3.      Manfaatkan fitur yang banyak terdapat di smartphone

Setelah membuat rencana dan tujuan keuangan, berikutnya adalah menuliskannya dalam berbagai media. Kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada pada smartphone untuk membuat catatan. Saat ini banyak fitur yang tersedia untuk memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan, baik secara online maupun offline.

Beberapa aplikasi yang dapat dibuka dari smartphone sudah menyediakan menu pencatatan secara lengkap, termasuk pengelompokan jenis transaksi. Penggunaan aplikasi ini selain mudah juga fleksibel sebab kamu bisa membawa catatan dan menulis laporan kapan saja. Kamu juga dapat menampilkan transaksi sesuai kebutuhan. 🡪 ini agains sama feature spending tracker kita yang membantu user untuk track pengeluarannya.

4.      Cek daftar aset dan liabilitas

Salah satu kesalahan dalam membuat laporan keuangan adalah hanya fokus pada pendapatan pokok dan pengeluaran harian saja tanpa memperhitungkan total aset yang dimiliki. Laporan keuangan yang baik memuat semua aset dan liabilitas atau beban yang harus diselesaikan oleh keluarga tersebut.

Pada saat akan memulai untuk menulis laporan keuangan bulanan, sebelumnya kamu perlu menghitung jumlah aset yang dimiliki, baik berupa rumah, tanah, kendaraan, logam mulia, tabungan dna produk investasi. Kamu juga perlu menuliskan jumlah utang yang harus dibayar, termasuk bunga pinjaman dan tanggal jatuh tempo.

Pencatatan yang rinci akan memudahkan kamu untuk mengetahui progress setiap bulan kekayaan keluarga, apakah bertambah atau mengalami penurunan. Penurunan kekayaan keluarga menunjukkan bahwa dalam rumah tangga mengalami masalah keuangan yang perlu segera mendapat solusi.

5.      Catat transaksi harian  

Selanjutnya yang sangat penting adalah mencatat semua transaksi harian. Catatan ini memuat semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada hari tersebut. Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan dalam membuat laporan keuangan keluarga adalah menyepelekan pengeluaran dengan nominal kecil sehingga tidak mencatatnya.

Beberapa pengeluaran sering tidak dicatat diantaranya adalah bayar parkir, jajan anak dengan nominal kecil, membeli barang yang cukup murah dan lainnya. Pengeluaran tersebut jika dikumpulkan dalam satu bulan nominalnya bisa cukup besar dan dapat mempengaruhi cash flow atau arus kas keluarga.

Pencatatan yang rinci dan detail memudahkan kamu untuk mengetahui pos mana yang terlalu besar namun masih mungkin diturunkan sehingga bisa mengalokasikan untuk keperluan lain.

Kamu juga bisa mengalokasikan pengeluaran yang tidak perlu ke dalam tabungan atau investasi agar bisa berkembang. Kemudahan transfer antar bank sangat membantu kamu dalam mengalokasikan pengeluaran ke pos lain.

Dalam hal ini, kamu akan sangat terbantu dengan hadirnya aplikasi digibank by DBS yang memiliki fitur spending tracker. Kamu tidak lagi repot membuat catatan transaksi harian rumah tangga secara manual. Cukup dengan fitur spending tracker yang ditawarkan digibank by DBS, kamu bisa melacak sekaligus merencanakan semua pengeluaran bulanan, memantau keuangan serta mengalokasikan budget sesuai kebutuhan. 

Contoh Laporan Keuangan Rumah Tangga

Kamu dapat memulai untuk membuat laporan keuangan yang sederhana untuk mengetahui arus kas dan pertambahan kekayaan rumah tangga. Meski sederhana namun pencatatan keuangan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan finansial dan menjadi rambu agar kamu lebih berhati-hati dalam menggunakan uang di periode berikutnya:

Manfaatkan Bank Digital untuk Keperluan Transfer Uang yang Aman

Banyaknya transaksi harian maupun berkala menuntut kamu untuk segera menyelesaikan berbagai keperluan tersebut, termasuk dalam hal pembayaran. Agar lebih cepat dan praktis, untuk urusan transfer uang kamu bisa memanfaatkan digibank by DBS.

Kini kamu bisa transfer antar rekening kapan saja dan dimana saja. Selama ada jaringan internet, berbagai kebutuhan perbankan bisa diselesaikan tanpa hambatan. digibank memfasilitasi berbagai keperluan transaksi dengan aplikasi yang mudah digunakan dari smartphone.

Adapun beberapa keunggulan lainnya transfer uang dari digibank by DBS, di antaranya:

  • Gratis transfer tanpa kuota pakai BI-Fast untuk melakukan pembayaran berbagai keperluan rumah tangga.
  • Real-time antar bank, pembayaran kebutuhan harian dan bulanan bisa cepat
  • Limit transaksi Rp250 juta/transaksi/hari, Kamu yang mempunyai banyak kebutuhan tidak perlu khawatir over limit saat melakukan transaksi
  • 24/7 lewat aplikasi, kapan saja dan dimana saja bisa melakukan transaksi tanpa dibatasi jam kerja.

Tidak perlu khawatir gagal transfer tidak memenuhi ketentuan saldo minimal sebab pengiriman uang menggunakan digibank tidak ada syarat minimal saldo. Anda bebas bertransaksi kapan saja dengan jumlah berapapun.

Memanfaatkan layanan transfer uang melalui digibank by DBS tidak hanya mempermudah proses keuangan, tetapi juga memungkinkan kamu untuk membuat laporan keuangan yang rinci dan akurat setiap bulan dengan bantuan fitur spending tracker di aplikasi digibank by DBS.

Dengan demikian, kamu pun akan lebih mudah memantau sekaligus mengelola keuangan rumah tangga. Data laporan keuangan rumah tangga tersebut bisa menjadi bahan dalam mengelola cash flow sehingga kesejahteraan keluarga dapat meningkat. Untuk info detail tentang digibank, bisa cek di sini.


Download digibank