bisnis kuliner
25 Jan 2023

Bisnis Restoran Gyudon khas Negeri Sakura

Kredit Tanpa Agunan atau KTA saat ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya untuk dijadikan sebagai modal usaha di bidang kuliner. Ya, bidang usaha ini memang punya potensi yang begitu besar dan menjanjikan.

Ada banyak sekali ide bisnis kuliner yang dapat kamu tekuni saat ini. Salah satunya adalah bisnis kuliner gyudon. Gyudon sendiri sudah jadi menu makanan yang cukup viral dan banyak diminati saat ini.

Makanan khas Jepang ini bisa jadi salah satu ide bisnis yang sangat menjanjikan. Peminatnya banyak dan bisa mendatangkan banyak keuntungan. Yuk, cari tahu lebih banyak lagi tentang ide bisnis satu ini.

Apa Itu Gyudon?

Sebelum membahas lebih jauh soal persiapan buka restoran gyudon, yuk kenali dulu apa sebenarnya gyudon itu. Gyudon adalah makanan khas Jepang yang sudah pasti sangat populer di sana dan menjadi makanan favorit.

Gyudon merupakan menu khas Jepang yang terdiri dari perpaduan nasi putih dan daging sapi. Penyajian makanan ini dilengkapi berbagai jenis bumbu khas dan ditambah dengan potongan bawang bombay.

Nama gyudon ini terdiri dari kata gyuuniku artinya daging sapi dan donburi artinya mangkuk. Jadi secara singkatnya, gyudon adalah sajian dari daging sapi yang dimasukkan ke dalam mangkuk.

Menurut sejarah, gyudon ini pada awalnya merupakan sajian hot pot dan dikenal dengan nama gyuunabe. Pada awalnya makanan ini terdiri dari potongan daging sapi yang dimasak dengan cara direbus bersama bawang dan sup miso.

Di tahun 1800, gyudon disajikan dengan cara yang berbeda. Beberapa orang menambahkan bahan pemanis atau warishita yang kemudian dijadikan sebagai pengganti sup miso. Kemudian mereka juga menambahkan shirataki dan mie.

Di zaman dulu, gyudon ini sebenarnya merupakan makanan yang dilihat sebelah mata dan dianggap identik dengan makanan buruh. Sampai akhirnya di tahun 1923 gyudon jadi makanan yang dipuja banyak orang karena menyelamatkan masyarakat Jepang dari kelaparan setelah gempa di daerah Kanto.

Gyudon pun terus berkembang dan jadi sangat populer sekarang. Saat ini kamu bisa melihat gyudon adalah menu nasi hangat dalam mangkuk yang dilengkapi potongan daging sapi dan irisan bawang bombay. Tak lupa lengkap dengan bumbu khas yang rasanya enak.

Persiapan Memulai Bisnis Restoran Gyudon

Jika kamu tertarik memulai bisnis gyudon ini, mari persiapkan dari sekarang. Ada banyak hal yang memang harus kamu persiapkan. Berikut adalah beberapa persiapan penting untuk memulai bisnis restoran gyudon:

  • Perhitungkan Modal

Pertama-tama kamu perlu membuat perhitungan modal terlebih dahulu. Ini sangat penting karena bisnis tidak akan bisa dimulai jika tidak ada modal dan tidak ada persiapannya.

Jadi lebih baik mulailah dulu dengan memperhitungkan modal. Perhitungan ini bisa kamu lakukan setelah riset sana-sini dan melihat harga berbagai kebutuhan untuk memulai bisnis.

Bisnis restoran gyudon ini bisa dimulai dengan rentang modal Rp150 -200 juta. Selanjutnya kamu tinggal mempersiapkan sumber modalnya. Bisa dari KTA instan dari bank yang mudah didapat dan proses pengajuannya cepat.

  • Pilih Tempat Usaha

Segera temukan tempat usaha yang tepat dan sesuai keinginan. Hal ini biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, karena kamu harus mencari tempat usaha mana yang potensial dan cukup strategis.

Pemilihan tempat usaha ini perlu mempertimbangkan banyak faktor. Tidak hanya potensinya namun juga biaya yang dibutuhkan. Kamu juga harus menentukan apakah mau sewa, beli atau membangun tempat usaha tersebut.

  • Temukan Supplier Bahan Baku

Bisnis ini bergerak di bidang kuliner jadi secara otomatis kamu harus menyediakan bahan-bahan baku untuk membuat makanan yang akan dijual. Oleh sebab itu kamu harus menemukan supplier bahan baku yang tepat.

Pastikan supplier ini menyediakan bahan baku berkualitas. Jangan lupa kamu juga harus mempertimbangkan segi harga. Jadi pastikan kamu bisa bertemu supplier yang menyediakan bahan-bahan baku berkualitas dengan harga sesuai ketersediaan modal.

  • Mulai Siapkan Peralatan dan Fasilitas

Selanjutnya kamu bisa mulai mempersiapkan peralatan dan fasilitas bisnis. Jika kamu ingin menjalankan jenis bisnis ini secara offline dengan membuka restoran, maka secara otomatis harus ada persiapan peralatan dan fasilitas.

Buat list perlengkapan apa saja yang harus dibeli. Mulai dari perlengkapan masak, peralatan makan, meja, kursi, dan banyak lagi barang-barang lain yang dibutuhkan.

  • Uji Coba Resep

Demi menghasilkan menu makanan yang enak dan sesuai selera banyak orang, kamu perlu melakukan uji coba resep. Gyudon sendiri adalah makanan yang sangat populer dan resepnya bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Tentunya kamu tidak bisa sembarangan menyajikan makanan kepada para pelanggan. Jadi harus dilakukan uji coba sampai kamu bisa mendapatkan resep yang paling sempurna.

  • Lakukan Rekrutmen

Segera lakukan rekrutmen supaya restoran gyudon bisa segera beroperasi. Rekrutmen ini dilakukan agar kamu bisa mendapat tim yang kompeten dan bisa diandalkan. Mulai dari tim masak, tim marketing, kasir, dan lain sebagainya.

Rekrutmen ini perlu diperhitungkan dengan baik. Pastikan kamu merekrut tenaga kerja dengan jumlah yang tepat dan masing-masing punya job desc yang jelas. Kamu juga harus teliti memilih orang agar tidak menyesal di kemudian hari.

  • Susun Strategi Marketing

Lanjutkan persiapan bisnis dengan menyusun strategi marketing. Ini sangat penting untuk dipikirkan sejak awal, karena bagaimanapun juga bisnismu bisa berkembang berkat teknik marketing yang tepat.

Kamu bisa mulai menyusun teknik apa saja yang akan dipakai untuk mempromosikan bisnis. Jika ingin memakai digital marketing, maka tentukan apa saja media yang akan dipakai dan siapkan juga biayanya.

Dalam hal ini kamu juga perlu memikirkan banyak penawaran promo. Apalagi saat awal-awal pembukaan restoran. Kamu perlu menghadirkan promo menarik agar ada banyak orang yang datang ke restoran gyudon tersebut.

Mulai Bisnis Restoran Gyudon dengan Modal dari digibank KTA

Kamu dapat segera memulai bisnis restoran gyudon yang penuh potensi ini dengan modal dari digibank KTA. Produk pinjaman tanpa jaminan ini cocok sekali dipakai untuk membuka usaha baru. Banyak keunggulan yang ditawarkan dan pastinya akan menguntungkan.

Selain bisa diajukan kapan saja secara online selama 24 jam, kamu bisa akses hanya melalui website go.dbs.com/kta atau melalui Aplikasi digibank by DBS. Approval-nya sangat cepat, hanya butuh waktu 60 detik. Kamu juga bisa langsung mencairkan dana hingga nominal Rp200 juta.

KTA instan ini bisa kamu atur sendiri nominalnya sesuai kebutuhan. Tenor cicilan yang diberikan juga fleksibel bisa sampai 36 bulan. Pengajuannya juga mudah tidak perlu mengumpulkan dokumen fisik apapun.

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman juga sangat simple. Hanya butuh e-KTP dan NPWP serta minimal memiliki penghasilan Rp5 juta. Kamu juga harus berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

Produk KTA dari digibank by DBS bisa jadi pilihan tepat jika kamu ingin membuka bisnis restoran gyudon. Pengajuannya mudah, prosesnya cepat, dan dana sampai Rp200 juta bisa langsung kamu manfaatkan.

Segera klik di https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan untuk mendapat informasi lengkap seputar digibank KTA.