side hustle
25 Jan 2023

6 Ide Side Hustle yang Bikin Untung di 2023

Kredit tanpa agunan bisa kamu gunakan untuk mengembangkan side hustle. Dengan side hustle, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Nah, belum tahu side hustle apa saja yang sebaiknya dicoba? Lebih baik, gali ide-ide seputar hal tersebut.

Artikel ini akan membahas seputar side hustle, terutama sejumlah ide yang bisa kamu coba untuk dapatkan penghasilan tambahan. Belum tahu apa saja ide-ide tersebut? Kalau begitu, jangan lewatkan pembahasan dalam artikel satu ini.

Apa Itu Side Hustle?

Side hustle merupakan pekerjaan yang dilakukan dengan tujuan utama untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain dari penghasilan utamamu. Motif utamanya yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Pada dasarnya, aktivitas side hustle tidak terlalu jauh dengan pekerjaan utama yang kamu lakukan secara waktu biasanya mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore, kemudian secara skill maupun fokus pekerjaan.

Namun ada pula beberapa orang yang melakukan side hustle justru tidak ada kaitannya dengan pekerjaan utama mereka, bahkan sangat bertolak belakang. Perbedaan tersebut tentu bukan menjadi penghalang bagi kamu untuk memiliki side hustle. Selama kamu memiliki kemampuan dan keinginan yang kuat untuk terus belajar, tentu akan menunjang kamu untuk sukses.

Lalu Apa Bedanya dengan Side Job?

Pada dasarnya, side hustle dan side job sama-sama bertujuan untuk mendapatkan uang tambahan, namun disamping itu, side hustle memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan side job. Untuk membedakan antara side hustle dengan side job, berikut penjelasannya :

●       Fleksibilitas

Side hustle memungkinkan kamu memiliki lebih banyak kebebasan dan memegang kendali penuh atas apa yang kamu lakukan, seperti waktu dan seberapa banyak kamu ingin melakukannya.

Kamu juga tidak perlu menyetujui perjanjian yang mengikat atas suatu pekerjaan. Ini karena kamu memiliki persentase pengambilan keputusan yang lebih besar atas pekerjaan yang dilakukan.

Sedangkan side job, merupakan posisi dimana kamu lebih kepada orang yang membutuhkan pekerjaan dan pengambil keputusan terbesar adalah pemberi kerja yang didasari oleh perjanjian mengikat.

●       Miliki Kesempatan Kerja Sesuai Minat

Tak hanya fleksibilitasnya yang tinggi, side hustle jug amemungkinkan kamu untuk bekerja sesuai dengan minat yang kamu sukai. Hal ini menunjukkan bahwa pekerjaan tersebut melibatkan hasrat pribadi dalam kesibukan sampingan tersebut.

Bahkan bukan tidak mungkin pada akhirnya side hustle menjadi pekerjaan utamamu. Kamu juga akan lebih mudah mengeksplorasi lebih banyak ide dan keinginan yang kamu miliki. Sedangkan side job tidak memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi kemampuan dan ide yang kamu miliki karena sudah diberikan batasan tertentu oleh pemberi kerja.

Apa Saja Keuntungan Miliki Side Hustle?

Memiliki side hustle tentu akan memberikan kamu penghasilan tambahan. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, terdapat beberapa keuntungan lainnya, diantaranya :

●       Kestabilan Finansial

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tujuan utama side hustle adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang tah lain untuk mencapai kestabilan finansial.

Ketika side hustle yang dilakukan berjalan lancar, pemasukan yang didapatkan secara otomatis akan bertambah. Namun untuk mencapainya, tentu bukanlah hal yang mudah, terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya, maka dari itu perlu dilakukan secara konsisten.

●       Kesempatan Mengejar Minat dan Bakat

Pada kenyataannya, tidak semua orang dapat bekerja sesuai dengan minatnya. Namun, hal tersebut dapat terwujud dengan side hustle. Cara ini dapat kamu jadikan alternatif untuk mengejar karir sesuai dengan minat kamu.

Misalnya kamu memiliki minat dalam hal digital marketing, kamu dapat bekerja sama dengan teman untuk membuat proyek membuat konten yang disebarluaskan melalui berbagai platform.

●       Tingkatkan Kemampuan dan Belajar Hal Baru

Seperti halnya minat, side hustle dapat memungkinkan kamu memiliki kesempatan dalam mengembangkan kemampuan atau bahkan eksplorasi kemampuan baru. Dengan begitu, secara perlahan, kamu dapat meningkatkan nilai dirimu sendiri.

●       Memperluas Peluang dan Memperbanyak Relasi

Side hustle mengharuskan kamu bekerja di dunia yang berbeda dengan kebiasaan kamu. Dengan melakukannya tentu akan membuka lebih banyak peluang dalam mendapatkan penghasilan tambahan.

Tak hanya itu, side hustle juga memungkinkan kamu mendapatkan lebih banyak relasi yang tentunya akan menguntungkan kamu di masa depan. Bekerja dengan banyak orang akan membuat kamu mengenal dan mengetahui bagaimana cara memperlakukan orang dengan karakter yang berbeda-beda.

Apabila kinerja yang kamu perlihatkan baik, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih banyak dan mampu menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Kesimpulannya adalah, ketika kita memiliki cukup banyak relasi, maka peluang untuk mendapatkan berbagai kesempatan bekerja akan terbuka lebar.

●       Menambah Motivasi

Adanya side hustle dapat menjadi penambah motivasi kamu dalam menjalani hari. Yang mungkin pada awalnya kamu tidak semangat jika harus bangun pagi, dengan adanya side hustle setidaknya dapat menumbuhkan kembali motivasi kamu untuk dapat mencapai tujuan hidup.

Ide Side Hustle yang Bisa Dicoba

Terdapat banyak sekali ide side hustle yang dapat kamu lakukan. Beberapa contoh yang dapat kamu coba, diantaranya:

●       Vlogger

Pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan yang membebaskan seseorang untuk berekspresi, namun tetap mengutamakan tanggung jawab kepada penonton. Dengan menjadi seorang vlogger, kamu dapat pergi kemanapun dan membagikan pengalaman menarikmu dengan orang banyak.

Pastikan untuk menghasilkan video yang berkualitas baik agar penonton lebih nyaman saat menontonnya. Kamu dapat membeli kamera berkualitas untuk menunjang kegiatan pembuatan kontenmu.  

●       Influencer

Semakin berkembangnya media sosial, dapat kamu manfaatkan sebagai wadah untuk menjadi sosial media influencer.

Kamu dapat memulainya dengan membangun self branding kemudian membuat konten yang menarik pula. Apabila sudah cukup berkembang, kamu dapat membuka jasa endorse produk dengan menetapkan tarif tertentu.

●       Fotografer atau Videografer

Jika kamu memiliki kemampuan dan minat dalam bidang fotografi, kamu dapat mencoba side hustle yang satu ini. Profesi satu ini cukup dicari banyak pihak dari berbagai industri. Penghasilannya pun cukup menjanjikan.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menjual foto hasil jepretan ke beberapa website atau aplikasi, dari situ kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan.

●       Dropshipper

Menjadi dropshipper juga cukup menjanjikan. Cobalah membuat toko dan menjual barang dengan sistem dropship. Apabila kamu tidak memiliki cukup modal, kamu hanya cukup menjual produk tanpa harus menyimpan stok barang.

●       Tutor Les Privat

Menjadi seorang Tutor les privat juga dapat menjadi side hustle yang menjanjikan. Promosikan kemampuan kamu lewat sosial media atau dari mulut ke mulut, dengan begitu akan semakin banyak orang yang mengetahui kemampuan yang kamu miliki.

●       Catering

Untuk kamu yang memiliki hobi memasak, side hustle satu ini tentu menjadi side hustle yang tepat. Mengingat kebutuhan akan pangan selalu ada dan tidak akan pernah ada habisnya, tentu menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Sekalipun membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun jika kamu bisa menghasilkan hidangan yang lezat, tentu akan banyak orang yang mempercayaimu menyediakan hidangan di acara spesial mereka.

Bagaimana Cara Memulainya?

Untuk memulai side hustle, tentunya kamu membutuhkan berbagai persiapan. Berikut ini beberapa cara yang perlu kamu lakukan, yaitu :

●       Tentukan Waktu yang Dimiliki

Pastikan bahwa kamu memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pekerjaan ini. Sesuaikan dengan pekerjaan utama yang kamu miliki. Jika kamu tidak mengaturnya dengan benar, akan berdampak buruk pada keduanya.

Pekerjaan utama dapat terganggu, kamu akan kehilangan fokus pada masing-masing pekerjaan, dan selalu merasa kelelahan. Maka dari itu, penting bagi kamu membagi waktu dengan baik, karena selain memudahkan kamu melakukan dua pekerjaan sekaligus, ini juga akan mencegah kamu mengambil keputusan yang salah di masa depan.

●       Mulai dari Hal Kecil

Langkah kedua yaitu, apabila kamu merasa bahwa kamu merupakan orang yang cenderung nekat dalam melakukan suatu hal, pastikan untuk berpikir sejenak terlebih dahulu mengenai langkah yang sebaiknya dilakukan.

Mulailah dari hal kecil, karena dengan memulai dari hal yang kecil tidak akan merugikan kamu. Justru akan memungkinkan kamu dapat menginvestasikan kemampuan dengan bijak dari awal.

Dengan begitu, akan mencegah kamu mendapati resik yang sekiranya dapat merugikan. Kamu juga dapat menyusun perencanaan secara lebih matang sebelum mengambil sebuah keputusan.

●       Tentukan Jenis dan Buat Rencana

Untuk melakukan side hustle, terdapat tiga kriteria yang harus kamu miliki, yaitu :

o   Kamu ahlinya

Melakukan hal yang kamu kuasai dapat mempermudah pengerjaannya dan mungkin saja bisa lebih memahami cara membuat pekerjaan tersebut lebih efektif dan efisien.

o   Kamu menikmati melakukannya

Pastikan bahwa hal yang kamu lakukan merupakan hal yang kamu senangi, karena kamu akan menunggu untuk dapat melakukannya lagi

o   Kamu bisa menghasilkan uang dengan melakukannya

Uang menjadi tujuan akhirnya, pastikan bahwa yang kamu lakukan dapat menghasilkan penghasilan tambahan untuk dapat membantumu mencapai kestabilan finansial yang diharapkan

●     Membuat Rencana Mendapatkan Modal

Salah satu tantangan terbesar memulai side hustle adalah dana awal untuk digunakan sebagai modal. Sekalipun rencana yang kamu miliki sudah dirasa hebat, namun kamu tetap membutuhkan uang.

Modal yang harus kamu siapkan ini terlepas dari penghasilan pekerjaan utama. Hindari mencampurkan keuangan pekerjaan utama dan side hustle.

Maka dari itu, kamu dapat mencari sumber dana lain seperti kredit tanpa agunan. Tapi apa itu kredit tanpa agunan? Ialah sistem kredit dana yang dilakukan tanpa mengharuskan adanya jaminan.

●       Membuat Jadwal dan Realisasikan

Jika langkah-langkah sebelumnya sudah kamu lakukan dengan baik, selanjutnya yaitu membuat jadwal yang sesuai dengan aktivitas kamu, kemudian realisasikan dengan cepat dan tepat.

Dapatkan Modal untuk Side Hustle dengan digibank KTA 

Bersama digibank KTA, kamu dapat menjalankan side hustle dengan lebih lancar, terutama bagi pekerjaan yang mengharuskan membeli peralatan cukup canggih seperti fotografer atau videografer. Mengapa harus digibank KTA? Karena digibank KTA memberikan banyak manfaat, diantaranya:

  • Kamu bisa apply 24 jam tanpa ribet, dimanapun, dan kapanpun, dengan mengakses melalui Aplikasi digibank by DBS atau melalui website go.dbs.com/kta.
  • Persetujuan pengajuan kredit tanpa agunan ini hanya membutuhkan waktu 60 detik saja.
  • Dapatkan kredit yang dapat cair hingga Rp200 juta
  • Kamu bebas menentukan jumlah pencairan dana kredit.
  • Kamu bisa mendapatkan tenor hingga 36 bulan.
  • Pengajuan kredit tanpa agunan ini tanpa dokumen fisik
  • Untuk mengajukan kredit tanpa jaminan, pastikan kamu memiliki e-KTP dan NPWP, sedang berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, dan berpenghasilan minimal Rp5 juta Rupiah.

Tunggu apalagi? Segera ajukan kredit tanpa agunan digibank KTA dan kembangkan side hustle yang bikin untung. Klik https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/kredit-digibank-kta untuk ketahui informasi lebih lanjut mengenai produk kredit tanpa jaminan ini.