balkon rumah
29 Oct 2023

Wujudkan Balkon Fungsional di Rumah dengan Pinjaman KTA

Balkon di rumah memiliki banyak manfaat, mulai dari bisa mempercantik desain rumah hingga bisa digunakan untuk ruang tambahan. Maka dari itu, apabila kondisinya memungkinkan, kepemilikan balkon di rumah dapat dikatakan sebagai sebuah keperluan.

Untuk bisa membangun balkon di rumah dengan kualitas bagus, kamu bisa memanfaatkan pinjaman KTA. Dengan mengajukan pinjaman, kamu jadi bisa menggunakan dananya untuk proses pembangunan balkon mulai dari pembelian material berkualitas hingga ke tahap finishing dan pendekorasian balkon.

Apabila kamu tertarik dan memiliki rencana untuk membuat balkon dalam waktu dekat, artikel ini akan mencoba membahas terkait jenis pemanfaatan ruang yang bisa dilakukan pada balkon hingga tips membangunnya.

Jenis-Jenis Pemanfaatan Balkon

Mengutip dari laman KBBI, balkon ini sendiri diartikan sebagai teras lantai atas pada bangunan bertingkat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, balkon di rumah bisa difungsikan sebagai ruang tambahan. Bicara mengenai fungsi balkon tersebut, pada poin ini akan dibahas mengenai apa saja jenis-jenis pemanfaatan ruang yang bisa diterapkan pada balkon.

Oleh karena itu, apabila kamu memiliki keluhan berupa luas hunian yang sempit, simak pembahasan berikut agar kamu bisa memanfaatkan balkon menjadi lebih fungsional.

●       Sebagai Ruang Penyimpanan

Salah satu pemanfaatan balkon yang bisa dilakukan yaitu menjadikannya sebagai ruang penyimpanan atau sebagai gudang. Namun apabila kamu ingin menjadikan balkon sebagai tempat penyimpanan, pastikan kamu tetap menjaga kebersihan dan kerapiannya.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan apabila ingin membuat balkon sebagai ruang penyimpanan, yaitu dengan menyiapkan box untuk menyimpan barang-barang yang kamu inginkan agar lebih rapi.

●       Sebagai Tempat Bersantai

Ide pemanfaatan balkon berikutnya yaitu menjadikannya tempat bersantai bersama keluarga. Sebagai tempat bersantai, kamu bisa meletakkan furnitur nyaman seperti sofa maupun bean bag.

Apabila lokasi hunianmu strategis, pemanfaatan balkon sebagai tempat bersantai ini bisa membuatmu menikmati suasana sunrise maupun sunset bersama keluarga.

●       Sebagai Area untuk Berkebun

Untuk kamu yang memiliki hobi merawat tanaman, kamu juga bisa menjadikan balkon sebagai area untuk berkebun. Kamu bisa membuat kebun kecil untuk tanaman-tanamanmu di balkon.

Lokasi ini terbilang sangat pas untuk berkebun karena balkon berada di luar ruangan yang membuat tanaman bisa terkena sinar matahari secara langsung. Keuntungan dari memanfaatkan balkon sebagai area berkebun, yaitu rumahmu bisa menampilkan kesan yang lebih asri dan juga lebih hidup.

●       Sebagai Tempat Berolahraga

Selanjutnya, untuk kamu yang gemar berolahraga dan tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke gym, maka kamu juga bisa memanfaatkan area balkon sebagai tempat berolahraga.

Di balkon, kamu bisa meletakkan beberapa peralatan olahraga yang biasanya kamu gunakan mulai dari barbel hingga treadmill.

Meski tidak pergi ke gym, namun dengan memiliki balkon dan beberapa peralatan olahraga sederhana, kamu tetap bisa memiliki tubuh sehat jika berolahraga dengan rutin di rumah.

Apabila kamu tertarik untuk membuat balkon yang bisa difungsikan sebagai tempat berolahraga, maka salah satu solusi pendanaan yang bisa kamu pilih untuk mewujudkannya, yaitu dengan mengajukan pinjaman KTA.

●       Sebagai Area Produktif

Pemanfaatan balkon yang juga menarik, yaitu bisa digunakan sebagai area produktif. Maksudnya, yaitu kamu bisa menyulap area balkon menjadi tempat untuk melakukan aktivitas produktif seperti misalnya untuk menyelesaikan pekerjaan, belajar, hingga mengerjakan tugas untuk anak-anak.

Agar bisa nyaman selama mengerjakan kegiatan masing-masing, maka kamu perlu meletakkan meja dan juga sofa di balkon tersebut.

●       Sebagai Tempat Bermain

Satu lagi berkaitan dengan pemanfaatan balkon, yaitu kamu bisa menjadikannya sebagai tempat bermain untuk anak.

Namun apabila kamu memilih untuk menggunakan balkon sebagai area bermain anak, pastikan kamu telah memasang pagar pembatas yang rapat dan juga kuat demi menjaga keselamatan anak saat bermain.

Nah itu dia beberapa jenis pemanfaatan ruang pada balkon yang bisa kamu pertimbangkan. Dari beberapa jenis pemanfaatan di atas, kira-kira kamu akan memanfaatkan balkonmu sebagai apa?

Tips Membangun Balkon yang Kokoh

Setelah mengetahui beberapa manfaat balkon, untuk kamu yang tertarik membuat ruang tambahan di lantai atas tersebut, berikut akan dibahas mengenai tips-tips untuk pembangunannya.

Beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan agar bisa membuat balkon yang kokoh antara lain yaitu sebagai berikut.

●       Menyiapkan Dana

Agar bisa membuat balkon yang kokoh, maka kamu perlu menyiapkan dana yang mencukupi. Salah satu solusi pendanaan yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan sebagian renovasi rumah ini antara lain, yaitu dengan mengajukan pinjaman.

Namun apabila kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman, pastikan kamu memilih produk pinjaman KTA terbaik dan terpercaya. Sebelum mengajukan pinjaman, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu terkait produk pinjaman tersebut untuk meminimalisir mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

●       Menggunakan Material Berkualitas

Tips kedua berhubungan dengan tips sebelumnya. Agar balkon yang kokoh bisa terwujud, maka dalam proses pembangunannya kamu perlu menggunakan material pondasi yang berkualitas.

Dengan menyediakan biaya yang cukup, maka kamu jadi bisa menyanggupi pembelian material terbaik untuk digunakan pada pembangunan balkon di rumahmu.

●       Memasang Pagar yang Kuat

Selain perlu memperhatikan material pondasi agar keselamatan lebih terjamin, maka kamu juga perlu memasang pagar pembatas pada balkon.

Namun tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai alat pengaman saja, pagar balkon ternyata juga bisa memberikan konsep tersendiri. Maka dari itu, kamu perlu memilih pagar dengan desain yang sesuai dengan seleramu.

Saat memilih pagar pembatas untuk balkon, maka kamu juga perlu memperhatikan kekuatannya. Beberapa material yang umumnya digunakan sebagai pagar balkon antara lain, yaitu kaca hingga baja.

●       Perhatikan Pemilihan Keramik

Apabila kamu ingin memasang keramik pada balkon, maka kamu perlu memperhatikan pemilihan keramiknya. Sebisa mungkin dalam pemilihan keramik untuk balkon ini kamu mempertimbangkan cara membersihkan dan merawatnya.

●       Dekorasikan Sesuai dengan Kebutuhan

Tips terakhir dalam pembangunan balkon ini, ialah kamu bisa mendekorasikan balkon tersebut sesuai dengan kebutuhan. Maksudnya, yaitu kamu bisa menata balkon pada hunianmu tersebut sesuai dengan pemanfaatannya.

Jadi apabila kamu akan memanfaatkan balkon hunianmu sebagai ruang bersantai, maka kamu perlu memilih furnitur-furnitur yang akan diletakkan di sana yang memang bisa digunakan sebagai tempat bersantai, seperti misalnya sofa yang nyaman.

Bagaimana, dari beberapa penjelasan di atas terkait pemanfaatan balkon dan beberapa tips agar bisa memiliki balkon yang kokoh, apakah kamu tertarik untuk merencanakan pembuatan balkon di hunianmu?

Jika tertarik, produk pinjaman dana yang direkomendasikan dan bisa kamu pilih untuk membantumu dalam mewujudkan pembangunan balkon yang kokoh dan fungsional, yaitu pinjaman DBS KTA.

Untuk bisa mengajukan pinjaman KTA dengan limit hingga mencapai Rp300 juta rupiah dengan approval hanya 60 detik ini, persyaratan yang perlu dipenuhi cukup mudah dan tanpa perlu dokumen fisik. Lebih lanjutnya terkait produk DBS KTA ini bisa kamu dapatkan dengan mengeceknya di sini.

 

 

Apply digibank KTA