pinjaman KTA online
28 Dec 2023

Wajib Tahu! Pahami Skor Kredit agar Pinjaman KTA Diterima

Kamu yang berencana untuk mengambil pinjaman kilat KTA, maka wajib familiar dengan istilah skor kredit atau credit score.  Hal ini penting, karena tidak dapat dipungkiri masih fresh di ingatan bahwa beberapa hari lalu sempat viral seorang fresh graduate yang tak diterima kerja karena riwayat BI-Checking.

Berita viral ini juga dibahas pada laman Bisnis.com, yang mana berawal dari akun X (Twitter) @workfess. Akun tersebut membahas jika ada pelamar kerja yang tidak diterima karena skor kredit di BI-Checking kotor.

Hal ini tentu membuat kamu patut waspada dan aware terhadap skor kredit milikmu.Namun sebelum itu, sebaiknya kamu ketahui definisi secara detail tentang skor kredit berikut ini!

Definisi dan Alasan Mengapa Skor Kredit Penting!

Hal yang perlu tahu bahwa sebelum menyetujui pengajuan pinjaman, pihak bank atau platform akan melakukan pengecekan terhadap skor kredit yang kamu miliki. Sehingga, aspek skor kredit ini sangat vital sebagai penentu persetujuan pinjaman yang kamu ajukan.

Jadi, kenali dulu apa itu skor kredit dan alasannya mengapa aspek ini penting. Tujuannya agar kamu dapat lebih berhati-hati untuk terus menjaga nilai skor kredit baik.

Definisi skor kredit secara singkatnya adalah angka yang bertugas sebagai estimator kemampuan peminjam atau orang yang mengajukan pinjaman dalam melunasi pinjaman atau cicilannya tepat waktu.

Angka tersebut biasanya berkisar antara 250-900 (tergantung jenis skor kredit yang digunakan), yang mana apabila angka yang kamu miliki semakin tinggi berarti kemampuan membayar pinjaman lebih baik. Selain itu, skor kredit yang baik juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan bunga yang lebih ringan.

Jika definisi skor kredit dapat kamu pahami, berikut ini alasan mengapa skor kredit itu penting bagimu. Intip ulasannya di bawah ini:

●     Indikator Riwayat Pinjaman

Skor kredit menjadi penting karena bertugas sebagai indikator riwayat pinjamanmu. Beberapa aspek mengenai riwayat pinjaman misalnya besaran pinjaman, ketepatan waktu pembayaran, periode riwayat pinjaman dan sebagainya.

Jadi, mulai sekarang kamu wajib memperhatikan riwayat pinjaman kamu agar tetap memiliki reputasi positif dalam skor kredit. Tujuannya, agar kamu tidak mendapatkan hambatan di kemudian hari ketika ingin mengajukan pinjaman lain.

●       Menguji Tingkat Tanggung Jawab

Alasan mengapa skor kredit itu penting adalah karena aspek tersebut dapat menjadi indikator tingkat tanggung jawab kamu terhadap cicilan pinjaman. Jika aspek skor kredit dihilangkan, maka risiko orang yang menunggak cicilan bahkan tidak membayarnya akan semakin tinggi.

Adanya skor kredit juga dapat menjadi semangat kamu untuk terus memperbaiki kondisi finansial dengan cara memperbaiki besaran cicilan. Nasabah atau peminjam yang bertanggung jawab akan lebih dipercaya oleh bank.

●       Tidak Menjadi Beban di Masa Depan

Adanya angka yang bertugas sebagai estimasi skor kredit berperan penting bagi kamu agar tidak terbebani di masa depan. Hal yang dapat membebani kamu di masa depan jika skor kredit buruk adalah tidak dapat mengajukan pinjaman dalam jumlah besar atau kecil ketika kamu sedang membutuhkannya.

Maka dari itu, terus jaga skor kredit dengan nilai terbaik agar kamu tidak terbebani jika membutuhkan pinjaman di masa depan. Kamu juga dapat berkomitmen pada diri sendiri untuk menjaga skor kredit tertinggi.

●       Menjadi Lebih Waspada dalam Meminjam Dana

Pada faktanya, skor kredit dapat menjadi “rem” kamu dalam meminjam dana di pinjaman KTA online, misalnya. Memiliki mindset untuk lebih bertanggung jawab dan berkomitmen untuk menjaga skor kredit dapat mengontrol dirimu untuk tidak mengajukan pinjaman untuk hal yang tidak penting.

Selalu waspada dan menjadi pribadi yang berkomitmen dalam meminjam dana akan membuat skor kredit kamu lebih stabil dan positif. Hal ini juga yang akan mempengaruhi reputasi pinjaman dana kamu di mata bank nantinya.

Jenis Skor Kredit yang Wajib Kamu Tahu sebelum Ajukan Pinjaman Kilat

Definisi skor kredit yang berfungsi sebagai indikator risiko kredit calon peminjam sudah kamu pahami. Maka, berikutnya kamu wajib mengetahui jenis-jenis skor kredit yang familiar di Indonesia. Terdapat beberapa platform yang dapat kamu gunakan untuk mengecek skor kredit.

Platform tersebut adalah Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK), IdScore, dan Fair Isaac Corporation (FICO). Ketiga platform sistem tersebut sama fungsinya. Berikut ini penjelasannya:

●       Skor Kredit OJK

Secara umum, jika kamu mengecek skor kredit pada platform sistem OJK, maka angka muncul adalah antara 1 sampai 5. Skor 1 berarti Kredit Lancar, yang mana kamu membayar cicilanmu setiap bulan tanpa tunggakan.

Skor 2 yakni Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK), yang mana kamu pernah tercatat menunggak cicilan antara 1 sampai 90 hari.

Skor 3, Kredit Tidak Lancar yang mana tunggakan cicilan kamu antara 91 sampai 120 hari. Skor 4, Kredit Diragukan, yang berarti tunggakan cicilan kamu antara 121 sampai 180 hari. Skor 5, Kredit Macet artinya kamu tercatat pernah menunggak cicilan lebih dari 180 hari.

●       Skor Kredit FICO

Jenis perhitungan skor kredit kedua adalah berdasarkan platform sistem FICO, yang mana range skor berada pada antara 300 sampai 850. Laporan data ini terbagi ke dalam 5 kategori, yaitu nilai 300 sampai 579 berarti kategori buruk. Nilai 580 sampai 669 termasuk kategori fair, sedangkan nilai 670 sampai 739 termasuk kategori baik.

Nilai 740-799 dalam skor kredit berarti tergolong sangat bagus. Terakhir, nilai 800 sampai 850 merupakan kategori luar biasa. Kamu dapat mengetahui skor kredit versi FICO di website resmi yang tersedia. Jadi, kamu termasuk golongan kategori mana, nih?

●       Skor Kredit IdScore

Lembaga atau platform terakhir yang dapat menunjukan skor kredit kamu adalah IdScore. Platform satu ini cukup kredibel jika kamu ingin memeriksa skor kreditmu, walaupun data yang dihimpun adalah data dari SLIK OJK dan data platform yang kredibel lainnya.

Untuk informasi, IdScore juga memiliki range skor kredit antara 250 sampai 900 yang mana skor 250 termasuk “very high risk”. Sedangkan skor 900 merupakan “very low risk” alias nilai skor kredit kamu bagus dan tinggi.

Kesimpulan

Ketika mengambil pinjaman dalam bentuk apapun, misal pinjaman KTA, kartu kredit, pinjaman dengan jaminan dan sebagainya wajib kamu perhatikan kemampuan dalam membayarnya. Mindset yang bijak diperlukan sebelum mengajukan pinjaman, yang mana salah satu tujuannya adalah agar skor kreditmu bagus.

Salah satu cara yang dapat membantu kamu, agar skor kredit berada di batas normal adalah memilih produk pinjaman terbaik dan tidak membebani dirimu sebagai peminjam. Salah satu produk yang dapat kamu tersebut adalah pinjaman digibank KTA.

Pinjaman ini menawarkan approval yang singkat yaitu 60 detik saja. Kamu bisa apply tanpa perlu dokumen fisik. Selain itu, kamu dapat meminjam dengan limit dana hingga Rp200 juta, plus tenor cicilan sampai 36 bulan.

Hal ini tentu menguntungkan kamu agar terus dapat membayar cicilan tepat waktu dan teratur hingga skor kredit dapat stabil. Yuk, mulai sekarang apply pinjaman kilat digibank KTA dan ciptakan skor kredit yang positif. Informasi lebih lengkap dan cara pengajuan, klik di sini!

 

 

 

Apply digibank KTA