Rumah
20 Jun 2023

Upgrade Interior Rumah ke Gaya Tropical Pakai KTA Online

Memiliki rumah idaman tentu menjadi keinginan hampir semua orang. Bahkan banyak orang yang sudah memiliki konsep tersendiri yang ingin diaplikasikan pada rumah mereka nantinya. Dengan menggunakan KTA online, kamu dapat mewujudkan impian memiliki rumah dengan berbagai desain.

Dengan banyaknya referensi desain rumah saat ini, tentu lebih mempermudah kamu memilih desain seperti apa yang sekiranya cocok dengan keinginanmu. Salah satu desain yang tengah jadi perbincangan saat ini khususnya di Indonesia adalah desain interior bergaya tropical.

Mengingat Indonesia memiliki iklim tropis dan kekayaan alamnya yang melimpah, tentu menjadi inspirasi bagi gaya desain interior satu ini. Gaya tropical yang diterapkan pada desain interior rumah, dapat memberikan kesan hangat dan ceria.

Pengertian Gaya Tropical, Aplikasikan dengan KTA Online

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis yang ditandai dengan matahari yang bersinar sepanjang tahun, curah hujan tinggi dan tingkat kelembabannya pun tinggi.

Tak heran jika desain interior dengan gaya tropical sangat pas untuk diterapkan di wilayah Indonesia. Untuk desain tropical sendiri merupakan gaya yang mengadaptasi bangunan yang lebih baik untuk menghadapi iklim tropis berikut dengan segala karakteristiknya.

Desain gaya tropical akan membuat setiap bagiannya terlihat pasif yang secara otomatis seluruh elemen yang ditampilkan dapat digunakan tanpa membutuhkan energi tambahan seperti penggunaan AC atau lampu di siang hari. Pemanfaatan cahaya alami akan lebih difokuskan disini.

Tak heran jika gaya tropical ini diminati banyak orang karena memiliki daya tariknya tersendiri. Selain dilihat dari sisi estetikanya, gaya tropical ini juga secara tidak langsung dapat lebih menghemat biaya yang harus dikeluarkan pemilik rumah.

Ciri-ciri Gaya Tropical dalam Desain Interior

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai gaya tropical dalam desain interior, berikut ini beberapa ciri-cirinya yang perlu kamu ketahui:

●     Memiliki Ruang Terbuka

Konsep gaya tropical selalu mengedepankan keleluasaan dan kebebasan dengan meminimalisir adanya sekat yang membatasi setiap ruangan yang ada. Penggunaan sekat yang berlebihan akan menghilangkan kesan tropical, membuat rumah terasa lebih sempit dan membuat aktivitas menjadi terganggu.

Apabila penggunaan sekat memang diharuskan, kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan beberapa perabotan multifungsi. Hal penting lainnya agar rumah terlihat lebih luas yaitu dengan menggunakan jendela ukuran besar sehingga memungkinkan cahaya alami dapat masuk dengan maksimal.

●     Menggunakan Material Lokal

Karena gaya satu ini sangat berkaitan dengan alam, maka penggunaan material lokal pun menjadi hal yang sangat penting. Kamu dapat memanfaatkan sumber daya yang dapat ditemui di daerah setempat seperti kayu, bambu, batu alam, dan masih banyak lagi material lainnya.

Kamu juga dapat memanfaatkan barang bekas yang dapat menampilkan kesan tropical selama barang tersebut dinilai masih layak pakai. Penggunaan barang seperti ini akan memberikan kesan yang lebih natural dan juga unik pada ruangan tersebut.

●     Menggunakan Warna Netral

Kamu perlu menyadari bahwa pemilihan warna sangat berperan penting dalam sebuah rumah karena akan menampilkan visual yang tentunya akan dilihat oleh setiap orang yang menghuninya.

Pemilihan warna yang tepat dapat mendukung suasana alam yang ingin ditonjolkan sari gaya tropical ini. Gunakanlah warna netral baik pada dinding, furniture, atau elemen interior lainnya sehingga dapat dipadupadankan dengan warna alam seperti cokelat, hijau dan masih banyak lagi.

●     Penggunaan Partisi Sebagai Pengganti Tembok

Jika kamu memerlukan pembatas antara satu ruangan dengan ruangan lain, namun tidak ingin menjadikan tembok sebagai pembatasnya, kamu dapat menggunakan partisi sebagai alternatif pengganti tembok.

Untuk tetap menonjolkan gaya tropical, sebisa mungkin kamu membuat lubang atau celah pada partisi tersebut sehingga sirkulasi udara pada ruangan tersebut tetap baik.

Penggunaan partisi semacam ini tentu akan lebih memudahkan dan dapat menekan biaya renovasi atau pembangunan rumah.

●     Jalur Sirkulasi Udara yang Banyak

Karena gaya tropical ingin memberikan kesan yang segar dan terbuka, maka suhu ruangan pun harus terjaga dengan baik. Kamu dapat menggunakan jendela dan ventilasi yang cukup banyak untuk berfungsi sebagai pengatur sirkulasi udara.

Sirkulasi udara yang baik juga akan mempengaruhi kondisi perabotan dan dinding di dalam rumah sehingga menjadi lebih tahan lama dan menghindari tingkat kelembaban yang tinggi karena dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih cepat terjadi.

Penggunaan jendela dan ventilasi udara dalam jumlah yang banyak juga bermanfaat untuk memberikan pencahayaan alami pada ruangan sehingga kamu dapat meminimalisir penggunaan energi listrik.

●     Dekorasi Tanaman Bersifat Wajib

Rasanya tak lengkap jika gaya tropical tidak dilengkapi dengan dekorasi berupa tanaman hidup baik di luar maupun di dalam rumah. Penggunaan dekorasi tanaman ini bersifat wajib untuk desain interior bergaya tropical.

Selain menambah nilai estetik pada rumah kamu, penggunaan dekorasi tanaman juga memiliki manfaat lain seperti membuat rumah lebih segar dan menjaga kesehatan mental penghuninya karena tanaman dapat mengurangi tingkat stress dan kecemasan yang dialami seseorang.

Ingin Gunakan Gaya Tropical? Ini Tipsnya

Untuk memudahkan renovasi rumah bergaya tropical yang menggunakan dana dari KTA online bunga rendah, berikut ini beberapa tips menerapkannya:

●     Perhatikan Setiap Detail yang Ingin Digunakan

Untuk menampilkan pola-pola alam yang bergaya tropical, penggunaan elemen alam yang menjadi ciri khas iklim tropis dapat kamu gunakan. Kamu dapat mengkombinasikan berbagai referensi pola seperti flora dan fauna eksotis, furniture dengan lapisan kain bergaya tropical hingga tanaman kering seperti daun palem besar untuk hiasan.

Namun perlu kamu ingat, karena gaya tropical memiliki pola campuran dengan kombinasi warna cerah, kamu tetap perlu memastikan ruangan tetap terlihat enak saat dipandang. Pastikan untuk memadu padankan konsep secara berkesinambungan.

●     Gunakan Warna yang Sesuai dengan Gaya Tropical

Umumnya, gaya tropical menggunakan warna dan pola yang cukup berani pada ruangan. Namun jika kamu kurang menyukai efek yang terlalu mencolok pada ruangan, kamu dapat menggunakan sentuhan gaya tropical yang segar melalui permainan warna.

Beberapa warna dasar yang sering diaplikasikan pada gaya tropical adalah warna kuning, biru dan hijau. Warna tersebut dapat memberikan kesan semangat dan cerah layaknya iklim tropis. Kombinasikan warna-warna cerah tersebut dengan warna yang lebih netral sehingga lebih seimbang dan tetap nyaman saat dipandang.

●     Letakkan Tanaman Membuat Ruangan Lebih Hidup

Kamu dapat menambahkan tanaman hidup yang disimpan di dalam ruangan yang dapat memberikan kesan lebih hidup pada ruangan. Saat memilih tanaman, kamu dapat mencari tanaman dengan corak dan warna yang kontras, seperti tanaman anthurium.

Selain mudah untuk didapatkan, tanaman tersebut memiliki warna yang cerah sehingga membuat siapa saja yang memandangnya merasa bersemangat. Kamu juga dapat memilih bunga lily jika ingin memberikan kesan lebih redup pada ruangan.

Kamu juga dapat membuat taman kecil di dalam rumah yang bisa mendapatkan cahaya matahari secara langsung sehingga membuat interior rumah terlihat lebih asri dan nyaman. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan kolam ikan atau air mancur kecil di area taman tersebut.

●     Perhatikan Setiap Detail dan Tekstur yang Digunakan

Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah penggunaan setiap detail dan tekstur yang ingin ditonjolkan pada ruangan di rumahmu. Kamu dapat menggunakan karpet bercorak tropis untuk memaksimalkan konsep tropical yang memberikan efek hangat dan ceria.

Kamu juga dapat menambahkan hiasan berupa anyaman untuk menambah tekstur pada ruangan sehingga membuat rumah terasa lebih nyaman. Namun pastikan agar setiap penggunaan detail atau tekstur harus selaras dengan konsep yang kamu inginkan agar tetap terlihat estetik.

●     Tambahkan Karya Seni Bergaya Tropis

Jika kamu ingin memunculkan gaya tropis yang tidak terlalu mencolok, kamu dapat menambahkan beberapa karya seni baik dalam bentuk lukisan atau elemen lain yang bergaya tropis.

Dengan begitu, sekalipun ruangan kamu tidak penuh dengan pola tropis, namun dengan hadirnya karya seni tersebut, kamu tetap dapat merasakan konsep tropisnya.

Beberapa karya seni bertema tropical misalnya lukisan burung yang ada di dedaunan, lukisan daun palem atau bahkan batung dengan konsep tropical lainnya. Karya seni semacam ini tentu akan menarik perhatian siapa saja yang mengunjungi rumahmu.

●     Penggunaan Furniture Kayu Membuat Ruangan Lebih Menawan

Furniture kayu dengan warna coklat gelap yang menonjol yang dikombinasikan dengan corak ruangan bernuansa tropical akan memberikan kesan lebih alami dan lebih menawan saat dipandang. Furnitur kayu yang dapat kamu gunakan seperti kursi, meja maupun lemari.

Elemen kayu ini juga dapat dikombinasikan dengan dinding berpola daun palem atau gorden dan elemen kain lain yang memiliki pola tropis. Rona cahaya yang muncul dari furniture kayu akan membuat suasana rumah menjadi lebih hangat dan indah.

●     Bisa Terapkan Konsep Monokrom pada Gaya Tropical

Jika kamu tidak menyukai warna cerah di rumah, kamu juga dapat memodifikasi gaya tropical dengan menggunakan warna monokrom. Kamu tetap dapat menghadirkan elemen tropical namun dalam warna abu-abu, hitam dan putih sehingga nuansa yang diberikan lebih lembut.

Mengkombinasikan lantai kayu dengan furniture kayu berwarna abu-abu juga menjadi salah satu konsep yang sering digunakan oleh para pecinta gaya tropical. Kamu juga bisa membuat lukisan bergaya tropical namun dengan menggunakan warna gelap. Dengan begitu sisi maskulinnya pun tetap hadir dan membuat rumah lebih estetik.

●     Memilih Aksesoris yang Tepat

Pastikan kamu memilih aksesoris ruangan yang menakjubkan dan menempatkan aksesoris seperti furniture, lukisan, jam dinding dan aksesoris lainnya. Kamu juga dapat menambahkan beberapa elemen lain seperti mangkuk dengan bahan daun atau pot tanaman otentik handmade yang memiliki ciri khas.

Jika kamu sudah memiliki rencana membuat rumah dengan gaya tropical, kamu bisa mendapatkan dana untuk merenovasi rumah menjadi bergaya tropical dari DBS KTA. Pinjaman Kredit Tanpa Agunan ini menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan dana hingga Rp300 juta.

Kini kamu dapat mulai berfokus untuk menyiapkan berbagai hal untuk membangunnya termasuk persiapan dananya. Termasuk menyiapkan berbagai furniture yang kamu inginkan.

Wujudkan impianmu memiliki rumah dengan gaya tropical dan tak perlu khawatir untuk biaya, serahkan pada DBS KTA. Apabila kamu tertarik dengan informasi lebih lanjut mengenai KTA dan promo lainnya, caranya cukup mudah yaitu dengan mengunjungi link berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan.

 

 

Apply digibank KTA