sampah plastik
29 Oct 2023

Ubah Sampah Jadi Cuan, Yuk Coba Bisnis Daur Ulang Plastik

Celah bisnis bisa diambil dari berbagai sisi termasuk dari suatu isu masalah. Meningkatnya sampah plastik dari tahun ke tahun membuat kita semakin khawatir dengan kelestarian lingkungan.

Dari masalah ini kita bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Bisnis daur ulang sampah plastik bisa mendatangkan keuntungan sekaligus mengurangi sampah plastik di sekitar kita.

Jika kamu menjalankan bisnis ini sebaiknya kembangkan terus sampai membuahkan hasil yang maksimal. Dengan pinjaman kilat kamu bisa memperbesar skala bisnis dan mengolah lebih banyak sampah untuk mendukung kelestarian lingkungan.

Tips Mengembangkan Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik

Bisnis daur ulang sampah plastik ini cukup menjanjikan apalagi jumlah sampah di Indonesia terus meningkat. Pasokan bahan baku yang melimpah membuatmu tidak perlu bersusah-payah mencarinya.

Meski begitu, menjalankan bisnis daur ulang sampah plastik tidak semudah yang dibayangkan bahkan banyak yang gagal di tengah jalan. Kalau kamu sedang mengembangkan bisnis ini sebaiknya ikuti tips berikut agar berjalan lancar.

●     Cari Tahu Metode Daur Ulang Sampah Plastik Terbaru

Sama seperti usaha di bidang lain, bisnis daur ulang sampah plastik juga perlu mengikuti perkembangan yang ada. Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat metode daur ulang plastik terus berkembang.

Oleh karena itu, kamu wajib mencari tahu tentang cara daur ulang sampah plastik yang ter-update. Perbanyak belajar, membaca, dan bertukar pikiran dengan pelaku bisnis lainnya agar mendapat bekal dan wawasan yang cukup.

●       Menyiapkan Modal

Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan dalam mengembangkan bisnis daur ulang sampah plastik adalah modal. Tanpa modal kamu akan kesulitan mengembangkan bisnis ini, terutama dalam mempersiapkan peralatan daur ulang yang baru.

Memperbesar skala daur ulang juga diperlukan lahan yang luas untuk menampung pasokan sampah. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan tempat yang lebih besar dari sebelumnya. Jika kekurangan modal kamu bisa menggunakan pinjaman online KTA dari bank.

●       Membeli Mesin Baru

Setelah mendapat modal dan menyediakan tempat baru, langkah selanjutnya adalah membeli mesin daur ulang baru. Harganya sangat bervariasi tergantung jenis dan produsen yang membuatnya.

Salah satu jenis mesin daur ulang yang wajib kamu miliki yaitu mesin pengubah sampah plastik menjadi BBM (Bahan Bakar Minyak). Alat ini biasanya disebut mesin pirolisis, sekarang sudah banyak tempat daur ulang yang menggunakannya.

●       Menambah SDM yang Kompeten

Percuma saja membeli mesin bagus kalau SDM yang mengoperasikannya kurang kompeten? Nah, agar hasilnya maksimal kamu harus merekrut karyawan yang sudah ahli di bidangnya. Paling tidak mereka memiliki pengalaman mengoperasikan mesin daur ulang.

Selain bagian operator mesin, SDM di bagian lain juga harus kompeten. Dengan begitu, produktivitas bisnis akan meningkat sehingga jumlah sampah yang didaur ulang akan semakin banyak.

●       Memperluas Koneksi

Saat kamu memperbesar skala bisnis maka jumlah sampah plastik yang dibutuhkan akan bertambah berkali-kali lipat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kamu harus menjalin koneksi dengan beberapa pengepul sampah plastik untuk diajak kerja sama.

Selain dengan pengepul sampah plastik kamu juga perlu menjalin koneksi dengan pihak-pihak yang terkait dengan bisnis ini. Supaya proses operasional bisnis bisa berjalan lancar dan membawa banyak dampak positif.

Itulah tadi beberapa tips mengembangkan bisnis daur ulang sampah plastik yang tepat. Jika membutuhkan tambahan dana kamu bisa menggunakan pinjaman kilat untuk mengembangkan bisnis.

Langkah-langkah Daur Ulang Sampah Plastik

Saat ini ada beberapa metode daur ulang sampah plastik, masing-masing memerlukan langkah-langkah yang berbeda. Namun, tidak semua tempat daur ulang menerapkan metode ini karena berbagai alasan.

Salah satunya karena keterbatasan modal untuk membeli mesin daur ulang. Kebanyakan tempat daur ulang di Indonesia biasanya mengolah sampah plastik menjadi biji plastik karena modalnya lebih sedikit dan prosesnya lebih mudah.

Jika ingin mengolah sampah plastik dengan metode yang berbeda kamu bisa menerapkan 2 metode berikut ini:

●       Cara Mengelola Sampah Plastik Menjadi BBM

Metode ini belum terlalu banyak diterapkan tempat daur ulang di Indonesia. Proses daur ulang ini menggunakan metode pirolisis, yaitu proses degradasi pada suatu bahan dengan tenaga panas tanpa oksigen untuk menghasilkan produk berupa gas, cair, dan padat.

Dikutip dari serumpun.babelprov, mesin pirolisis biasanya menggunakan bahan bakar LPG dan dilengkapi reaktor untuk tempat memasukkan sampah plastik. Jenis sampah plastik yang digunakan yaitu:

  • Botol atau gelas minuman.
  • Label botol plastik.
  • Keresek plastik yang sudah dicacah.

Mesin tersebut juga membutuhkan pasir zeolite atau karbon aktif untuk bahan katalisator. Berikut langkah-langkah daur ulang sampah plastik menjadi BBM:

  • Sampah plastik dicacah terlebih dulu lalu dimasukkan ke dalam reaktor mesin.
  • Lalu ditambah pasir zeolite atau norit setelah itu ditutup rapat.
  • Reaktor akan dipanaskan oleh tungku pembakar menggunakan LPG.
  • Selanjutnya mesin akan menghasilkan produk padat dan gas. Produk padat tetap berada di dalam reaktor dalam bentuk arang. Sementara produk gas akan mengalir melewati pipa ke bagian tabung kondensasi.
  • Lalu gas tersebut mengalami proses pendinginan, sehingga mengubahnya menjadi cairan. Cairan tersebut dikumpulkan di dalam tabung penampungan dan dapat diolah menjadi BBM.

Namun, sebelum dipakai sebagai BBM cairan tersebut harus melewati proses destilasi fraksionasi bertahap. Meski tergolong rumit, metode daur ulang ini cukup efektif untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang semakin tinggi. Ditambah lagi konsumsi BBM di Indonesia juga cukup besar.

●       Cara Mengelola Sampah Plastik Menjadi Paving Block

Permintaan paving block di pasar Indonesia semakin tinggi, bersamaan dengan itu jumlah sampah plastik terus meningkat. Dari dua hal tersebut kita bisa memanfaatkan sampah plastik untuk membuat paving block.

Dikutip dari medcom, berikut beberapa langkah mengolah sampah plastik menjadi paving block:

  • Sampah plastik yang sudah terkumpul harus disortir berdasarkan jenisnya terlebih dulu.
  • Setelah disortir sampah plastik dipanaskan dengan perbandingan 2:1 antara jenis sampah plastik kemasan dan sampah plastik botol.
  • Langkah selanjutnya memasukkan sampah plastik ke dalam kuali atau wajan besar yang sudah dipanaskan selama 20 menit atau sampai plastik tersebut meleleh.
  • Sampah plastik yang sudah mencair dituang ke dalam cetakan dan dipadatkan selama 5 menit melalui mesin manual sampai berbentuk seperti paving block.

Metode daur ulang sampah plastik ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi bisnis daur ulang yang ingin menambah skala produksi. Nilai jual paving block juga lebih tinggi dibandingkan menjual biji plastik biasa.

Setelah mengetahui dua metode daur ulang sampah plastik di atas, apa kamu siap mengembangkan bisnismu menjadi lebih besar lagi? Jika membutuhkan modal usaha, kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan pada digibank KTA tanpa perlu memberikan dokumen fisik apa pun.

Limit pinjaman hingga Rp200 juta dengan approval cuma 60 detik. Proses pengajuan mudah dan cepat karena dilakukan secara online di Aplikasi digibank by DBS.

Tertarik mengajukan pinjaman KTA? Klik di sini untuk mendapat informasi seputar syarat dan tata cara pengajuannya. Yuk ajukan pinjaman kilat di digibank KTA sekarang.

 

 

Apply digibank KTA