Salon

Sedang Tren! Bisnis Salon Kecantikan yang Menjanjikan

Saat ini banyak orang berlomba-lomba untuk memulai sebuah bisnis baru. Apa kamu tertarik untuk menjadi seorang pengusaha namun bingung mau mencoba bidang apa? Nah, kamu bisa coba bisnis salon kecantikan.

Namun sebelum yakin ingin menjalankan bisnis ini, kamu juga harus memikirkan tentang modal. Jika masalah modal ini belum terpecahkan kamu bisa coba ajukan kredit tanpa agunan.

Bisnis salon kecantikan ini dapat menjadi peluang bisnis yang tentunya menguntungkan juga. Pasalnya, sekarang ini sedang sangat tren untuk memenuhi standar kecantikan. Walaupun tidak bisa dipungkiri, standar kecantikan berbeda di tiap negara, bahkan daerah.

Ketika membuat bisnis kecantikan ini, sebaiknya kamu fokus pada 1 hal terlebih dahulu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jangan memilih bisnis kecantikan dengan sembarangan. Karena nantinya kamu tidak mendapatkan keuntungan akibat kurang fokus.

Selain fokus pada 1 hal, kamu butuh keterampilan untuk mengelola salon dan juga untuk manajemen. Namun sebelum itu, sebaiknya kamu harus memikirkan juga tentang modal yang harus dimiliki.

Bagaimana caranya? Kamu bisa menggunakan kredit bunga rendah, yang akan dibahas secara lebih lanjut nanti

Peluang Bisnis Salon Kecantikan

Memiliki penampilan yang menarik dan memukau pasti menjadi impian dan dambaan semua orang. Ada beberapa jenis perawatan dasar yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah seperti mandi secara rutin, memotong kuku, serta melakukan perawatan sederhana lain.

Namun terkadang ada orang yang ingin tampil lebih dan membutuhkan jasa dan bantuan untuk memoles penampilannya. Misalnya saja orang ingin melakukan lulur, manicure, pedicure, spa, dan masih banyak lagi. Tentunya ini akan menjadi ladang cuan yang bisa diprospek.

Sebagian besar pelanggan bisnis salon kecantikan adalah wanita dibandingkan dengan pria. Maka, kamu bisa mempertimbangkan untuk prospek target market ini.

Untuk bisnis salon, kebanyakan akan fokus pada rambut terlebih dahulu. Bila kamu ingin memulai bisnis salon dan fokus pada segala macam perawatan tentang rambut, kamu bisa menyimak penjelasan jenis-jenis perawatannya berikut ini dan belajar.

Jenis Perawatan Rambut Untuk Prospek Bisnis Salon Kecantikan

Pernah dengar pepatah mengenai rambutmu adalah mahkotamu? Kalimat ini memang sangat benar karena rambut perlu dijaga dan juga dirawat dengan baik.

Tidak bisa dipungkiri bahwa perawatan harus dilakukan secara menyeluruh dan kadang tidak bisa dilakukan sendiri. Inilah yang membuat orang harus datang ke salon. Tentunya, ini akan membuka peluang bisnis untuk kamu.

Berikut adalah jenis perawatan rambut untuk prospek bisnis salon kecantikan yang perlu kamu ketahui:

  1. Perawatan Hair Mask

Mungkin untuk sebagian besar orang, kurang tahu bahwa perawatan rambut tidak hanya tentang keramas saja. Konsumen juga harus melakukan perawatan bernama hair mask. Bagaimana cara kerja perawatan ini?

Sama seperti namanya, untuk hair mask ini caranya hampir sama dengan masker pada wajah. Ketika melakukan perawatan masker rambut, oleskan cairan hair mask pada rambut secara perlahan dan tunggu pada rambut.

Setelah itu bilas ketika sudah ditunggu selama kurang lebih 20 menit. Hair mask ini sangat cocok untuk mengatasi rambut rontok.

  1. Perawatan Hair Spa

Apakah kamu tahu tentang perawatan rambut yang satu ini? Biasanya orang akan melakukan hair spa agar rambut mereka berkilau dan lebih lembut.

Selain itu, bila ada masalah yang terjadi dengan kulit kepala atau rambut, maka hair spa menjadi solusi yang tepat. Apa saja yang bisa diatasi oleh hair spa?

  • Ketombe
  • Rambut rontok
  • Rambut bercabang
  • Rambut rusak karena sering dicatok atau menggunakan hair dryer
  • Kulit kepala sangat berminyak

Ketika konsumen mendapatkan perawatan hair spa, maka mereka akan mendapatkan serum dan vitamin yang berguna untuk menguatkan rambut.

  1. Perawatan Smoothing Rambut

Perawatan satu ini membuat rambut lebih rapi. Ketika konsumen melakukan perawatan jenis ini, maka dibutuhkan bahan kimia yang khusus. Biasanya setelah proses smoothing rambut, hasilnya akan bertahan selama maksimal 8 bulan.

  1. Perawatan Keratin Rambut

Ini adalah jenis perawatan yang sedang menjadi tren akhir-akhir ini. Untuk pelanggan salon yang ingin memiliki rambut yang halus dan indah, perawatan keratin bisa menjadi opsi yang patut untuk dipertimbangkan.

  1. Perawatan Creambath Rambut

Perawatan jenis ini adalah yang paling populer diantara yang lain. Orang pasti akan langsung minta untuk di-creambath saat datang ke salon kecantikan khusus rambut. Apa saja manfaat dari melakukan creambath?

  • Membuat rambut yang kering menjadi lebih lembab.
  • Mencegah terjadinya kerusakan rambut dari akar.
  • Memberikan nutrisi tambahan pada rambut.
  • Memberikan perawatan yang intensif untuk rambut yang rontok.

Tips Membuat Salon Kecantikan Budget Sampai 80 Juta

Setelah mengetahui tentang berbagai macam jenis perawatan kecantikan, terutama untuk rambut, apakah kamu tertarik untuk mencoba? Berikut ini adalah tips yang bisa kamu coba terapkan saat saat memulai bisnis salon kecantikan.

  1. Memastikan Jenis Spesialisasi Layanan Salon Kecantikan

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, ketika ingin membuka bisnis baru di bidang salon kecantikan, coba pastikan di bidang apa bisnis ini akan fokus. Misalnya, salon yang fokus pada perawatan rambut.

  1. Susun Rencana Bisnis

Untuk memulai bisnis salon kecantikan dan bisnis apapun, kamu harus mulai dengan rencana bisnis (business plan). Hal ini bertujuan agar bisnismu bisa berjalan dengan baik dan tetap on the track.

Rencana bisnis ini meliputi segmen konsumen, konsep salon, pilihan lokasi, peralatan yang dibutuhkan. Selain itu, sumber daya manusia, pembiayaan, pemasok produk, dan rencana pemasaran juga termasuk ke dalam rencana bisnis.

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi bisa sangat menentukan keberhasilan bisnis salon kecantikan. Menemukan lokasi yang strategis akan berdampak baik pada binismu. Hal pertama yang harus kamu pastikan saat memilih lokasi adalah akses.

Pastikan konsumen bisa mengakses salon dengan mudah. Maka dari itu sebaiknya pilih tempat di pinggir jalan raya. Selain itu ketika mencari lokasi pastikan salon kecantikan milikmu nanti dekat dengan target konsumen.

  1. Tentukan Biaya Operasional

Kamu harus menghitung biaya operasional yang dibutuhkan oleh salon. Seperti biaya peralatan, sewa tempat, upah pegawai, dan pelatihan. Setelah itu baru kamu bisa menentukan layanan apa saja yang akan kamu tawarkan kepada konsumen. Serta harga jual.

Pastikan bayaran dari layanan tersebut menutupi biaya operasional dan sudah termasuk keuntungan bisnis yang kamu dapatkan. Buatlah laporan keuangan yang rinci untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya.

  1. Promosikan Salon Kecantikan

Setelah membuat perencanaan bisnis dan mendapatkan lokasi yang strategis, selanjutnya adalah menyusun rencana promosi salon. Kamu bisa memasarkan salon kecantikan sebelum salon dibuka untuk mengenalkan bsinis dan mengumpulkan calon konsumen.

Selain itu cara paling ampuh dalam memasarkan layanan adalah memulainya dari orang-orang terdekat. Promosikan salon kecantikanmu ke keluarga, kerabat, dan sahabat. Minta tolong kepada mereka untuk ikut menyebarkan info soal launching salon.

  1. Update dengan Tren Kecantikan

Jika kamu membuka bisnis salon kecantikan yang berfokus dengan perawatan rambut, kamu harus update dengan tren hair treatment terbaru. Tambah jenis perawatan baru pada daftar layanan untuk menarik konsumen baru

Selain itu kamu juga harus mengikuti tren potongan rambut setiap tahunnya. Cari tahu model rambut apa yang sedan ngetren saat ini. Hal tersebut akan menjadi nilai lebih untuk salon milikmu.

  1. Berkomitmen

Hal terakhir yang juga tidak kalah penting adalah komitmen. Untuk menjalankan bisnis kamu harus bisa berpegang teguh pada komitmen. Ingat selalu niat awal kamu merintis bisnis salon kecantikan.

Dengan komitmen yang kuat kamu akan selalu bisa memberikan pelayanan yang maksimal. Maka, bisnismu lambat laun akan berkembang pesat.

Cara Membuat Budget Salon Kecantikan

Perencanaan keuangan atau budget merupakan bagian esensial dari sebuah bisnis. Baik untuk usaha kecil, menengah, dan besar. Secara garis besar budget adalah perencanaan keuangan yang disusun sistematis untuk periode waktu tertentu.

Dengan mengatur budget bisnismu, kamu bisa membuat alokasi dana yang tepat sasaran. Memiliki perencanaan yang baik juga menguntungkan karena bisnis bisa berjalan dengan lancar dan kondisi keuangan sehat. Fungsi budget meliputi perencanaan, koordinasi, dan controlling.

Ada 3 cara yang perlu dilakukan untuk membuat budget, di antaranya yaitu:

  1. Tentukan Tujuan dari Setiap Budgeting

Setiap kali kamu membuat budgeting tentukan tujuannya. Untuk apa perencanaan keuangan tersebut kamu buat. Apa tujuan bisnis yang saat ingin kamu capai dan untuk melaksanakannya pasti dibutuhkan biaya.

Dengan menentukan budget berdasarkan tujuan bisnis, kamu bisa membuat perencanaan keuangan yang lebih efisien dan tepat sasaran. Tidak akan terjadi pemborosan biaya yang bisa membuat bisnis salon kecantikanmu rugi.

  1. Buat Tujuan Strategis Jangka Panjang dan Pendek

Setelah menentukan tujuan, pisahkan mana yang termasuk tujuan jangka pendek. Serta mana yang jadi tujuan jangka panjang. Dengan begitu kamu bisa memisahkan budget untuk masing-masing tujuan. Strategi ini juga membuat perencanaan keuangan berjalan lebih efektif.

Misalnya untuk tujuan pendek yaitu produk dan perlengkapan salon yang habis pakai serta upaya pemasaran. Sedangkan jangka panjang contohnya alat-alat salon, barang-barang inventaris, pelatihan, dan yang lainnya.

  1. Susun Alokasi Dana

Setelah tahu tujuan dan memisahkannya menjadi tujuan jangka pendek dan jangka panjang, kamu bisa mulai membuat alokasi dana. Lakukan perhitungan biaya yang rinci dan sesuai.

Jika perlu kamu bisa melalui riset atau survei ke salon-salon kecantikan lain. Untuk membeli produk dan alat sebaiknya kamu juga melakukan riset. Hal ini akan sangat berguna untuk mendapatkan barang yang bagus dengan harga yang sesuai kesanggupan.

Solusi Kredit Bunga Rendah dari digibank KTA

Sudah semangat memulai bisnis salon kecantikan, tapi bingung dengan urusan modal? Kamu bisa pilih kredit tanpa agunan (KTA) dari digibank by DBS. Dengan nama produknya digibank KTA.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Kamu bisa mendapatkan pinjaman modal sampai Rp80.000.000. Proses pengajuannya dilakukan secara online lewat Aplikasi digibank by DBS atau situs resmi.

Keunggulan digibank KTA

Produk KTA dari digibank by DBS mempunyai sejumlah keunggulan yang mempermudah kamu mendapatkan dana untuk mengembangkan bisnis. Di antaranya yaitu:

  • Pengajuan pinjaman dilakukan secara online kapan saja, 24 jam
  • Proses approval cuma 60 detik
  • Pinjaman yang kamu ajukan langsung cair ke rekening digibank by DBS milikmu
  • Kamu bebas mengatur jumlah pinjaman sesuai kebutuhan, hingga Rp80.000.000
  • Pilihan tenor atau masa pembayaran cicilan sampai 36 bulan
  • Tidak perlu melampirkan dokumen fisik untuk persyaratan. Semua proses pengajuannya dilakukan secara online.
  • Berkas yang harus kamu siapkan cukup e-KTP dan NPWP
  • Syarat lainnya kamu harus berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang atau Surabaya.
  • Penghasilan bulanan minimum Rp5.000.000.

Tertarik untuk menjalankan bisnis salon kecantikan? Ajukan kredit tanpa agunan di digibank by DBS sekarang! Info selengkapnya bisa kamu temukan di:

https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/kredit-digibank-kta

Kamu juga bisa langsung mendaftar dan mengajukan pinjaman lewat laman tersebut.

 

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /