toko bunga
28 Dec 2023

Raih Cuan dengan 9 Tips Kembangkan Bisnis Toko Bunga

Setiap bisnis, supaya bisa dikenal oleh lebih banyak orang sangat perlu untuk melakukan pengembangan. Hal ini perlu juga diaplikasikan ketika kamu sedang menjalankan bisnis toko bunga.

Pengembangan pada toko bunga ini perlu dilakukan agar bisnismu tersebut tidak berhenti di satu titik saja. Namun tentunya dalam mengembangkan sebuah bisnis, kamu tidak bisa melakukannya asal-asalan.

Ada hal penting yang perlu kamu perhatikan, termasuk ketersediaan budget yang mencukupi. Alih-alih khawatir, saat ini kamu bisa mencoba mengajukan pinjaman bunga rendah untuk membantu pendanaan pengembangan bisnis toko bunga.

Pembahasan tentang tips lain dalam mengembangkan bisnis toko bunga dapat kamu ketahui melalui informasi berikut!

Tips dan Strategi Mengembangkan Bisnis Toko Bunga

Dalam rangka mengembangkan sebuah bisnis, kamu perlu menentukan tujuan pengembangannya terlebih dahulu. Seperti misalnya apabila kamu ingin mengembangkan bisnis toko bunga dengan tujuan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan, maka kamu perlu menyesuaikan tujuan tersebut dengan strategi pengembangan yang akan dilakukan.

Apabila kamu tertarik untuk mengembangkan bisnis toko bunga agar bisa mendatangkan lebih banyak cuan, berikut ini ada beberapa tips dan strategi yang bisa kamu aplikasikan:

●       Menyusun dan Mematangkan Rencana Bisnis

Tips pertama yang perlu kamu terapkan dalam rangka mengembangkan sebuah bisnis toko bunga ialah kamu perlu menyusun dan mematangkan strategi rencananya. Pada tahap ini kamu dapat menentukan tujuan bisnis apa saja yang ingin dicapai selama melakukan proses pengembangan.

●       Memastikan Ketersediaan Modal

Apabila rencana bisnis toko bunga sudah dimiliki dengan matang, maka berikutnya kamu perlu memastikan ketersedian modal untuk mengembangkan bisnis sesuai rencana tersebut.

Bicara soal mempersiapkan modal untuk mengembangkan bisnis toko bunga, apabila kamu membutuhkan dana untuk kebutuhan tersebut, saat ini kamu dapat mengajukan pinjaman bunga rendah.

Dengan mengajukan pinjaman dari bank, kamu jadi bisa mengembangkan bisnis toko bungamu dengan lebih cepat dan hasilnya bisa maksimal.

●       Melakukan Kerja sama dengan Distributor Bunga Terbaik

Berikutnya, apabila kamu ingin bisnis toko bungamu berkembang dan mendapatkan lebih banyak keuntungan, kamu dapat memulainya dengan mencari distributor bunga yang terbaik.

Dengan menawarkan produk dalam kondisi baik, yang dalam kasus ini ialah bunga segar, maka bisnismu tentunya akan lebih menarik banyak konsumen.

Dalam mencari distributor bunga, selain perlu memperhatikan kualitasnya, kamu juga perlu mempertimbangkan harganya. Sebelum memutuskan, ada baiknya kamu membandingkan antara distributor bunga yang satu dengan distributor yang lain agar bisa mendapatkan pilihan yang paling tepat.

Alternatif lain yang juga bisa dilakukan apabila kamu ingin menawarkan produk bunga segar berkualitas ialah dengan cara menanamnya sendiri. Namun tentunya cara ini akan lebih merepotkan ditambah lagi kamu memerlukan lahan yang cukup luas untuk bisa melakukannya.

●       Membuka Cabang Baru

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis, termasuk salah satunya membuka cabang bisnis toko bunga yang baru.

Apabila kondisi bisnismu yang sekarang memang sudah berada di tahap yang besar dan justru kewalahan apabila diurus hanya dalam satu toko saja, maka kamu bisa mempertimbangkan pembukaan cabang toko yang baru.

Selain dapat mempermudah kegiatan operasional dalam berbisnis, nyatanya dengan membuka cabang toko bunga yang baru juga dapat memperkenalkan bisnismu tersebut ke lebih banyak orang yang berpotensi menjadi calon konsumen. Dengan kondisi tersebut, maka kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk memperbesar keuntungan bisnis.

●       Menentukan Tempat yang Strategis

Kemudian apabila kamu berencana mengembangkan bisnis dengan cara membuka cabang toko bunga yang baru, maka supaya ke depannya dapat berjalan dengan lancar, kamu perlu memilih lokasi yang strategis.

Ada beberapa faktor yang bisa membantumu dalam menentukan lokasi strategis untuk bisnis, termasuk bisnis toko bunga. Mengutip dari laman Binus, beberapa faktor yang mempengaruhi penentuan lokasi sebuah bisnis di antaranya, yaitu sumber daya alam, fasilitas transportasi, tanah untuk kebutuhan ekspansi, hingga lingkungan di sekeliling

Dengan memperhatikan beberapa faktor tersebut, artinya juga kamu memperhatikan kenyamanan untuk para konsumen. Tidak hanya itu, dalam membuka cabang toko bunga baru, tentunya kamu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Selain perlu memperhatikan faktor-faktor yang disebutkan, kamu juga perlu mempertimbangkan budget yang dimiliki. Jangan terlalu memaksa untuk membuka cabang toko bunga dengan ukuran yang besar apabila budget-mu belum mencukupi.

Namun apabila kamu membutuhkan tambahan dana, saat ini kamu dapat mengajukan pinjaman KTA online untuk memenuhi kebutuhan mengembangkan bisnis ini, lho.

●       Melakukan Analisis Terhadap Kompetitor dan Pasar

Dalam proses mengembangkan sebuah bisnis, penting untuk kamu melakukan berbagai analisis termasuk analisis terhadap kompetitor dan juga analisis pasar.

Dengan melakukan pengamatan, kamu jadi bisa menentukan langkah-langkah seperti apa yang bisa kamu lakukan agar toko bungamu tersebut dapat bersaing dengan toko-toko bunga yang lain.

Dari pengamatan yang dilakukan, tentukanlah poin pembeda dalam bisnismu, entah itu dari segi produk maupun pelayanan yang bisa membuat para konsumen lebih tertarik untuk juga mengunjungi toko bungamu.

●       Mematangkan Keterampilan SDM

Memiliki SDM yang kompeten sangat penting untuk membuat toko bungamu berkembang menjadi lebih besar. Oleh karena itu penting untuk mencari karyawan yang memang mengerti tentang hal-hal berkaitan dengan bunga yang tokomu jual, seperti cara merawat, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, apabila bisnismu menawarkan jasa merangkai bunga, maka penting juga untuk mengadakan kelas pelatihan agar skill merangkai bunga yang dimiliki oleh para karyawanmu bisa terus terasah dengan baik.

Dengan memiliki karyawan yang kompeten dalam melakukan pekerjaannya, maka tentunya hal ini juga akan membuat pelanggan menjadi lebih puas.

●       Menggencarkan Promosi

Supaya bisnis toko bunga dapat berkembang dengan baik, maka kamu perlu menggencarkan kegiatan promosi. Kamu bisa mempromosikan bisnis tokomu secara online dengan memanfaatkan berbagai platform sosial media maupun secara offline dengan menyebarkan brosur.

Semakin banyak kegiatan promosi yang dilakukan, maka potensi toko bunga milikmu dikenal oleh lebih banyak orang juga akan lebih besar.

●       Membangun Networking yang Luas

Tips lain yang juga bisa diterapkan dalam rangka mengembangkan bisnis toko bunga dan meningkatkan keuntungannya ialah dengan membangun networking yang luas.

Kamu bisa bekerja sama dengan berbagai bisnis yang lain yang sekiranya dapat menguntungkan bisnis toko bungamu juga, seperti event organizer, wedding organizer, dan lain-lain.

Kesimpulan

Mengembangkan bisnis toko bunga bukanlah perkara mudah. Kamu perlu mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik mulai dari perencanaan strategi, pemilihan distributor bunga, hingga langkah promosi yang harus dilakukan.

Untuk mendorong kelancaran pengembangan bisnis toko bunga, tentunya hal ini akan sangat terbantu apabila didukung dengan kesiapan dana. Oleh karena itu apabila kamu membutuhkan biaya tambahan untuk mengembangkan bisnis toko bunga, kamu dapat mengajukan pinjaman di bank, seperti misalnya digibank KTA.

Melalui produk pinjaman ini, kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan limit dana hingga Rp200 juta. Menariknya lagi produk ini menawarkan keunggulan yakni apply tanpa dokumen fisik, proses approval hanya 60 detik, dan cicilan hingga 36 bulan.

Apabila tertarik dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pinjaman bunga rendah digibank KTA ini, kamu dapat klik di sini!

 

 

 

Apply digibank KTA