Kredit Tanpa Agunan
14 Apr 2023

Mengapa Harus Membayar Kredit Tanpa Agunan Tepat Waktu?

Kredit Tanpa Agunan atau KTA menjadi alternatif terbaik yang banyak orang pilih untuk memenuhi sejumlah kebutuhan pokok dan life style. Kemudahan penggunaan KTA bagi sebagian orang sayangnya tidak diiringi dengan pembayaran cicilan yang tepat waktu. Sehingga hal ini menjadi masalah kedepannya.

Secara teknis, KTA memang merupakan alternatif terbaik untuk menopang segala kebutuhan hidup kamu. Namun, terdapat beberapa tanggung jawab yang wajib kamu penuhi yaitu membayar cicilan tepat waktu. Pada artikel kali ini, kamu akan menemukan alasan penting membayar cicilan KTA dengan tepat waktu.

4 Alasan Penting Bayar Cicilan KTA Wajib Tepat Waktu

Ketika memutuskan untuk mengambil dana KTA, kamu tentu mengetahui daftar tanggung jawab yang wajib kamu selesaikan. Salah satunya adalah membayar KTA secara tepat waktu, yang mana jika tidak kamu tunaikan maka akan menjadi masalah di masa depan. Berikut ini 4 alasan penting kamu wajib bayar cicilan KTA tepat waktu:

●       Memengaruhi Catatan Kredit

Apakah kamu tahu jika kamu mengambil KTA, maka kredit kamu akan tercatat di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan)? Sistem ini berfungsi untuk mencatat seluruh aktivitas atau transaksi kredit kamu. Sehingga, jika terdapat masalah pada pembayaran cicilan, maka akan memengaruhi poin SLIK kamu.

Hal ini erat kaitannya dengan kepercayaan debitur terhadap tanggung jawab cicilan Kredit Tanpa Agunan kamu. Maka dari itu, usahakan sebaik mungkin untuk mencatatkan transaksi dengan nilai terbaik pada sistem SLIK.

●       Bank Lain Akan Mudah Percaya

Alasan kedua adalah tentunya akan berpengaruh pada kepercayaan bank lain kepada kamu. Semakin cepat dan tepat waktu kamu membayar cicilan KTA, maka semakin menambah reputasi baik kamu dalam membayar kredit.

Sehingga, bank akan percaya dan dapat dengan mudah memberikan kredit pada kamu. Namun, apabila sebaliknya yaitu membayar KTA tidak tepat waktu dan cenderung “mandek” maka bank akan sulit memberikan kredit.

●       Terbebas dari Denda dan Mendapat Cashback

Mengapa kamu harus membayar KTA dengan tepat waktu? Jawabannya adalah agar kamu terbebas dari bunga denda dan kesempatan mendapatkan cashback lebih tinggi. Biasanya bank mematok bunga denda paling kecil 0,1% per harinya. Maka dari itu, usahakan untuk terhindar dari bunga ini.

Selain itu, kamu akan berkesempatan mendapatkan cashback apabila membayar cicilan KTA tepat waktu. Cashback ini dapat bervariasi jenisnya, ada yang akan memberikan voucher belanja dan bahkan memberikan cashback secara cash ke rekening kamu.

●       Beban Cicilan Berkurang

Alasan terakhir tentu menjadi alasan yang tidak kalah penting, yaitu kamu akan menjadi tenang karena beban cicilan berkurang. Ketika kamu memutuskan untuk apply KTA dengan kredit bunga rendah, berarti kamu sudah siap untuk bertanggung jawab membayar cicilannya sesuai dengan kemampuan kamu dan tepat waktu pula.

Sehingga alasan membayar cicilan KTA ‘molor’ seharusnya tidak ada lagi. Kamu harus bertanggung jawab atas keputusan pengambilan cicilan KTA sedari awal. Membayar cicilan sudah menjadi kewajiban yang tidak boleh diabaikan.

4 Tips Mudah Membayar Cicilan KTA Tepat Waktu

Kini kamu sudah mengetahui berbagai alasan mengapa harus membayar cicilan KTA tepat waktu. Maka, pada pembahasan kali ini kamu akan mengetahui beberapa tips mudah agar kamu dapat membayar cicilan KTA tepat pada waktunya. Ketahui dan terapkan 4 tips di bawah ini:

●   Persiapkan Keuangan dengan Baik

Tips pertama adalah mempersiapkan analisis keuangan kamu dengan tertata dan baik. Hal ini akan memengaruhi tingkat tanggung jawab kamu ketika membayar cicilan. Di dalam proses pelunasan KTA, kamu dapat mencatat skala prioritas keuangan kamu.

Misal, kamu lebih mengutamakan untuk melunasi KTA daripada belanja kebutuhan sekunder. Menjadi pribadi yang lebih hemat dan bijak dalam mengatur keuangan juga sangat membantu proses pelunasan KTA dengan lancar.

●   Bayar Cicilan Lebih dari Angsuran Minimum

Tips berikutnya adalah membayar cicilan melebihi dari nominal minimum yang ditetapkan. Tips ini dapat menjadi strategi agar cicilan KTA kamu cepat lunas dan beban cicilan pun menjadi semakin sedikit.

Membayar cicilan melebihi nominal yang ditetapkan pun menjadi nilai plus tersendiri pada sistem SLIK. Sehingga nantinya reputasi pembayaran kredit kamu akan semakin baik di mata bank mana saja.

●   Hindari Pengajuan Kredit dari Bank Lain

Hal yang sangat wajib dihindari apabila kamu ingin segera melunasi cicilan KTA adalah memutuskan untuk mengajukan kredit di tempat lain. Langkah satu ini merupakan langkah yang tidak bijak dan tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari pengajuan kredit di tempat lain untuk membayar cicilan KTA.

Salah satu bukti bahwa kamu merupakan nasabah yang bertanggung jawab adalah tidak menjadi nasabah yang “gali lubang, tutup lubang”. Usahakan sebaik mungkin untuk melunasi cicilan KTA pada bank pertama.

●   Manfaatkan Dana Darurat

Tips terakhir dapat kamu terapkan apabila sudah merasa tidak ada jalan lain untuk melunasi cicilan KTA. Bagaimanapun, cicilan KTA harus dilunasi agar kamu tidak terkena denda atau penalti. Kamu dapat memanfaatkan dana darurat kamu dan/atau menjual aset.

Mungkin bagi sebagian orang, menjual aset dan menggunakan dana darurat untuk membayar cicilan bukan tindakan bijak. Namun, percayalah jika lebih baik dana darurat atau aset habis tapi kamu bebas dari denda KTA.

Bayar Cicilan KTA Mudah dengan Kredit Tanpa Agunan digibank KTA

Apakah kamu cukup mengerti apabila membayar KTA harus tepat waktu? Jika sudah mengerti, perlu juga kamu ketahui bahwa terdapat produk KTA yang memudahkan kamu untuk membayar pelunasan cicilan tepat waktu. Produk tersebut adalah digibank KTA yang memungkinkan nasabahnya untuk lebih mudah membayar KTA.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Produk kredit ini menawarkan banyak keunggulan yang tidak dimiliki bank lain. Keunggulan tersebut tentunya meringankan beban nasabah yang mengajukan kredit bunga rendah bebas agunan. Beberapa keunggulan yang patut kamu ketahui berikut ini:

  • Proses approval hanya 60 detik
  • Dana cair hingga Rp200 juta ke rekening digibank by DBS
  • Bebas atur nominal kredit
  • Tenor cicilan sampai 36 bulan
  • Bebas dokumen fisik
  • Apply KTA online kapan saja 24 jam dan dimana saja melalui go.dbs.com/kta atau Aplikasi digibank by DBS
  • Syarat mudah, pastikan kamu berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, atau Semarang, berpenghasilan minimal Rp5 juta tiap bulan, dan mempunyai KTP & NPWP

Jadi, tunggu apalagi? Kamu dapat mengajukan Kredit Tanpa Agunan tanpa harus khawatir tidak dapat membayar cicilan tepat waktu. Produk KTA terbaik dari digibank KTA ini pasti amat sangat membantu kamu untuk memenuhi segala kebutuhan pokok maupun sekunder.

Dengan digibank KTA, kamu dapat menikmati kredit dan tentunya lebih tenang ketika melunasi cicilan. Jika kamu tertarik, kunjungi https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/kredit-digibank-kta dan temukan penawaran-penawaran terbaik yang dapat kamu manfaatkan.