Mencapai Tujuan Keuangan Dengan S.M.A.R.T

Mencapai Tujuan Keuangan Dengan S.M.A.R.T

Pernahkah Anda bermimpi ingin pergi ke tanah suci, menyekolahkan anak hingga kuliah di universitas yang terbaik, memiliki rumah impian, dan banyak mimpi-mimpi lainnya? Tentu saja pasti pernah, tapi apakah Anda sudah cukup SMART untuk mewujudkan tujuan keuangan Anda agar tercapai di waktu yang sudah Anda tentukan?

Berikut ini adalah penjelasan bagaimana tujuan keuangan bisa dicapai dengan SMART

  1. Spesific

Anda harus memulai dengan tindakan nyata yang spesifik. Bila Anda ingin mengumpulkan uang untuk membayar DP KPR maka sebaiknya Anda menetapkan berapakah setiap bulan harus menabung, apakah itu Rp 1.000.000 . Rp 5.000.000 tiap bulan.

 

Tujuan yang tidak spesifik misalnya seperti ingin mengurangi biaya hiburan tiap bulan namun tidak menyebutkan berapa biaya yang mau dikurangi.

  1. Measureable

Tujuan keuangan harus terukur. Bila ingin mencapai tujuan keuangan dengan investasi harus mengukur berapakah pertumbuhan investasi bulan ini. Bila ingin mencapainya dengan menabung harus jelas sudah berapakah jumlah tabungannya. Butuh berapa lagi untuk mencapai dana yang dibutuhkan.

Contoh yang tidak terukur itu yang mengeluarkan uang tanpa melihat berapa seharusnya budget pengeluaran harian yang dianggarkan. Membeli produk hanya berdasarkan impulsive buying.

  1. Attainable

Dalam menyiapkan dana untuk mencapai tujuan keuangan haruslah bersikap realistis. Bila memiliki pendapatan Rp 5.000.000 dan pengeluaran sebesar Rp 3.000.000 maka uang sebesar Rp 2.000.000 bisa dialokasikan untuk investasi dan proteksi diri.

Yang tidak realistis misalnya pendapatan Rp 5.000.000 namun memiliki cicilan hutang tiap bulan Rp 2.000.000 dan memiliki pengeluaran Rp 3.000.000, tidak ada uang sisa yang bisa disimpan atau diinvestasikan untuk memenuhi tujuan keuangan. Jadi sebaiknya selesaikan hutang terlebih dahulu baru mulai menyisihkan uang untuk ditabung atau investasi.

  1. Relevance

Bila ingin investasi haruslah relevan dengan tujuan keuangan. Misalnya saja ingin berinvestasi untuk mempersiapkan dana pensiun. Bila tidak disiapkan sedini mungkin maka semakin besar dana yang harus disiapkan menjelang usia pensiun.

Berinvestasi yang tidak relevan itu ketika tidak memiliki tujuan keuangan. Hanya sekedar ikut-ikutan teman atau tren bahkan spekulasi berharap mendapatkan imbal hasil yang tinggi tanpa mempelajari lebih lanjut instrumen apa yang dipilih.

  1. Time Bound

Waktu untuk mencapai tujuan keuangan sangat penting. Anda harus menetapkannya dari sejak awal. Misalnya Anda ingin mengumpulkan dana pendidikan anak sebesar Rp 200.000.000 untuk 15 tahun yang akan datang maka setiap tahunnya Anda menyisihkan dana sebesar Rp 13.333.333 atau sekitar Rp 1.111.111 setiap bulannya. Angka ini akan berubah bila Anda menginvestasikan di instrumen investasi, tentunya bisa lebih kecil uang yang disisihkan tiap bulan karena dana yang dikumpulkan akan berkembang.

Yang seringkali terjadi di kehidupan sehari-hari banyak orang yang tidak memiliki deadline kapan dana tersebut harus terkumpul. Bersikap santai karena dirasa masih jauh hari membutuhkan dananya. Menabung dan berinvestasi dari uang sisa, kalau tidak ada sisa ya tidak menabung.

Bagi Anda yang ingin belajar investasi dan membangun disiplin diri dalam investasi bisa memulai dengan investasi di deposito. Instrumen deposito ini merupakan instrumen yang memiliki resiko rendah dan dijamin hingga Rp 2.000.000 oleh LPS.

Anda bisa memulai deposito dengan nominal Rp 1.000.000 di digibank by DBS. Lewat Aplikasi digibank by DBS deposito online bisa dilakukan 24/7 tanpa perlu keluar rumah. Semua bisa dilakukan hanya lewat smartphone.

Bunga deposito yang diberikan digibank by DBS hingga 5.25% per tahunnya. Tenor yang ditawarkan mulai dari satu bulan. Tenor bulanan seperti ini juga cocok untuk menyimpan dana darurat atau menyimpan uang menganggur yang tidak akan digunakan selama setahun. Jadi daripada terpakai lebih baik disimpan di deposito.

Cara Investasi Deposito Mudah di digibank by DBS

  1. Login ke akun Aplikasi digibank by DBS Anda lalu klik tombol Deposito dan klik buka Deposito Baru
  2. Pilih kebutuhan Anda lalu klik Setuju
  3. Tulis Nominal yang ingin diinvestasikan
  4. Pilih rencana deposito lalu klik OK! untuk mulai
  5. Pilih sistem jatuh tempo dan klik OK
  6. Ketik nama yang diinginkan dan pilih ikon favorit lalu klik OK
  7. Ketik password Anda dan klik Otentikasi

Untuk investasi deposito di Aplikasi digibank by DBS ini hanya bisa disimpan dalam mata uang rupiah. Deposito ini pun hanya diperuntukkan oleh warga negara Indonesia. Anda harus memiliki rekening di Aplikasi digibank by DBS untuk membuka digibank deposito.

Deposito online dari digibank by DBS hanya bisa dicairkan sesuai dengan kesepakatan awal yang dibuat oleh nasabah. Bila mencairkan lebih awal dari tanggal jatuh tempo maka akan dikenakan pinalti.

Ayo mulai disiplin investasi dan membangun kebiasaan untuk investasi. Dimulai dari investasi rendah resiko dengan deposito online di Aplikasi digibank by DBS.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /